Tempat Ngabuburit Favorit Di Yogyakarta. Wajib Buat Dikunjungi Nih

    Traveling, Gaya Hidup, Info

Bulan puasa telah datang, jika membicarakan tentang bulan puasa tentunya hal yang menarik adalah saat berbuka puasanya. Waktu berbuka merupakan waktu yang dinantikan selama bulan puasa. Biasanya sambil menunggu waktu berbuka puasa,  orang-orang akan melakukan banyak kegiatan, kegiatan ini biasanya disebut ngabuburit. Buat kamu yang berada di sekitaran Jogja atau kamu warga Jogja. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa ngabuburit bersama keluarga atau teman di tempat-tempat favorit di Yogyakarta. Berikut ini tempat-tempat ngabuburit favorit di Yogjakarta :

 

1. Alun-alun Kidul

Photo via : http://spotunik.com

Alun-alun Kidul merupakan salah satu tempat ngabuburit favorit di Jogja. Tempat ini merupakan tempat nongkrong anak-anak muda sembari menunggu waktu berbuka puasa. Disini kamu bisa menyewa sepeda atau naik odong-odong dan yang tak ketinggalan kamu bisa mencoba tradisi masangin yaitu masuk di antara dua beringin kembar dengan cara mata tertutup dengan kain. Saat berbuka puasa kamu bisa membeli di sepanjang jalan yang mengelilingi alun-alun. Di deratan tersebut banyak pedagang yang menjajakan aneka minuman khas Jogja dan makanan. Setelah itu kamu bisa lanjut beribadah, karena tempat ini dekat dengan Masjid Gede Kauman.

 

2. Malioboro

Photo via : http://naradatour.com

Malioboro merupakan salah satu pusat belanja murah favorit warga. Tempat satu ini bisa kamu jadikan pilihan untuk ngabuburit. Sambil menunggu waktu berbuka puasa kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang jalan Malioboro. Disana banyak ada pedagang yang menjual pernak-pernik, kaos, batik, dan lain-lain. Selain itu, disini kamu bisa menikmati alunan musik dari seniman jalanan yang memainkan serangkaian musik tradisional. Pada saat berbuka kamu bisa mampir di angkringan yang terdapat di sepanjang jalan Malioboro.

 

3. Candi Ratu Boko

Photo via : http://www.tanahnusantara.com

Candi Ratu Boko merupakan salah satu tempat ngabuburit favorit di Jogja. Disini kamu bisa melihat sunset yang dipadukan dengan arsitektur candi yang indah. Candi Ratu Boko ini berada di ketinggian alam terbuka yang hijau. Untuk makan berbuka puasa, ada baiknya kamu membawanya sendiri walaupun disini banyak penjual makanan.

 

4. Bukit Bintang Hargo Dumilah

Photo via : digitaloceanspaces.com

Bukit Bintang Hargo Dumilah berada di jalan Patuk. Tempat ini menjadi tempat ngabuburit seru jika kamu suka dengan alam bebas. Disini kamu ditawarkan pemandangan yang indah, kamu bisa melihat gemerlapnya lampu-lampu kota Jogja dari ketinggian. Saat berbuka puasa tiba, kamu bisa mampir di beberapa warung sederhana yang ada di Bukit Bintang ini sambil menikmati pemandangan kota dari atas.

 

5. Pasar Dadakan Jalan Kaliurang

Photo via : gamatechno.com

Saat bulan ramadhan, kamu akan melihat pasar dadakan di jalan Kaliurang. Di pasar ini kamu banyak menemukan penjual takjil dan makanan khas berbuka puasa. Di pasar dadakan Kaliurang ini tidak hanya menjual takjil dan makanan khas puasa saja, disini juga menjual makanan dari luar daerah bahkan luar negeri.

 

6. Bukit Watu Lumbung Parangtritis

Photo via : http://vacationpassage.com

Salah satu tempat yang bisa kamu jadikan tempat ngabuburit yaitu Bukit Watu Lumbung Parangtritis. Bukit ini tidak terlalu terjal dan mudah diakses sehingga kawasan ini sangat asyik untuk dijadikan tempat ngabuburit. Pemandangan yang indah bisa kamu lihat dari kedai yang terletak di atas bukit Watu Lumbung ini. Untuk berbuka puasa, kamu bisa menghampiri di Kedai Wedangan Watu Lumbung yang menawarkan berbagai menu tradisional.

 

7. Candi Prambanan

Photo via :https://www.vebma.com

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah komplek candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya, dengan Candi Siwa sebagai candi utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter yang menjulang di tengah komplek candi-candi kecil. Candi Prambanan bisa kamu jadikan tempat favorit untuk ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

 

8. Masjid Gedhe Kauman

Photo via : http://jalan-jalanselaw.blogspot.co.id

Masjid Gedhe Kauman bisa kamu jadikan tempat untuk menunggu waktu berbuka puasa. Disini kamu bisa mengaji, dzikir dan ibadah lainnya. Pada saat hari Kamis di bulan puasa, biasanya para pengunjung yang datang kesana selalu dibagikan takjil berupa gulai kambing.

 

9. Kampung Ramadhan Kauman

Photo via : https://citraceritajogja.wordpress.com

Setiap datangnya bulan Ramadhan, kampung ini selalu mengadakan bazzar dengan menjual beraneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Meskipun berada di gang yang sempit, namun kepopulerannya tidak perlu diragukan lagi sebagai tempat ngabuburit di Jogja.

 

10. Jalur Gaza

Photo via : http://majalahkuntum.com

Jalur Gaza sendiri merupakan singkatan dari “Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zebra Ada”. Jalur Gaza ini bisa ditemukan di sekitar Masjid Mutohirin yang ada di jalan Sorogenan. Kawasan ini dipenuhi jajaran gubug yang menjual berbagai macam menu camilan, makanan dan minuman yang bisa dijadikan menu berbuka puasa.

 

11. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Photo via : https://jowonews.com

Kampung Ramadhan Jogokaryan berada di daerah Mantrijeron. Tempat ini merupakan salah satu tempat ngabuburit favorit masyarakat. Ketika setelah waktu Ashar kawasan ini berubah menjadi pasar takjil dadakan dengan beraneka menu jajanan dan minuman untuk berbuka puasa. Selain itu, disini juga terdapat banyak makanan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia sepeti roti cane khas Aceh dan bika ambon khas Medan. Setiap ramadhan, akan ada berbagai perlombaan anak-anak, seperti adzan dan hafalan Alquran. Di masjid sendiri akan dibagikan 1.000 takjil gratis buat kamu yang kebetulan akan berbuka puasa sekaligus sholat maghrib di sana.

 

12. Sindu Kusuma Edu Park

Photo via : https://www.sobatjogja.com

Salah satu tempat yang bisa kamu jadikan tempat ngabuburit yaitu Sindu Kusuma Edu Park. Disini kamu bisa ngabuburit sambil bermain di wahana-wahana permainan yang ada. Sindu Kusuma Edu Park ini terletak di Jalan Jambon, Sleman, Yogyakarta.

 

13. Pasar Dadakan Glagahsari

Photo via : travelingyuk.com

Pasar Dadakan Glagahsari hampir sama dengan kampung Ramadhan. Disini kamu bisa membeli aneka takjil saat ngabuburit di kawasan Glagah Sari. Menu jajanan disini sangat cocok dihidangkan untuk berbuka puasa bersama keluarga atau teman.

 

14. Titik Nol Kilometer

Photo via : dolandolen.com

Titik Nol Kilometer ini berada di selatan Malioboro. Tempat ini bisa kamu jadikan tempat ngabuburit bersama teman atau keluarga. Suasana ramai selalu terlihat di Titik Nol Kilometer ini, terutama jika menjelang berbuka puasa. Selain menunggu waktu berbuka puasa, disini kamu bisa menyaksikan berbagai aksi kreatif seniman jalanan dalam menghibur pejalan kaki.

 

15. Gunung Api Nglanggeran

Photo via : https://www.pegipegi.com

Lokasi ini bisa dibilang agak jauh dari pusat kota. Namun keindahannya akan terbayar selama perjalanan saat mengunjunginya. Di sepanjang perjalanan menuju kawasan ini, kamu bisa menikmati kemegahan dari sususnan bongkahan bebatuan besar yang membentuk daerah gunung serta keindahan awan dan hamparan rumput hijau dan suasana perkotaan dibawahnya.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >