Tempat-Tempat Menakjubkan Di Dunia Yang Akan Muncul Saat Air Laut Surut

    Unik, Aneh & Lucu, Traveling
Iklan

Di dunia ini ada begitu banyak tersebar tempat-tempat yang unik, menakjubkan, hingga mengerikan baik buatan manusia ataupun dibentuk oleh alam. Ada pula tempat-tempat indah yang memiliki akses yang unik, ada yang memiliki akses yang gampang ditempuh, ada yang ekstrim dan ada pula beberapa tempat menakjubkan yang hanya dapat diakses saat air laut sedang surut. Penasaran dimana saja tempat menakjubkan tersebut?? Yuk cek disini!

 

1. Passage du Gois, Prancis

photo via : aeneidpotatos.deviantart.com

photo via : gettyimages.com

Passage du Gois adalah jalan yang tidak hanya unik tapi sangat berbahaya. jalan yang menghubungkan Teluk Bakar dengan pulau Noirmoutier ini hanya bisa dilalui dijam-jam tertentu saat air laut sedang surut. Jika air laut sedang pasang, sepanjang 2,58 mil jalanan ini akan hilang karena tenggelam sedalam 13 kaki di bawah air.

photo via :  www.ohmymag.com

photo via :  www.pinsdaddy.com

Jadi jika kalian tidak sengaja lewat jalanan ini pastikan untuk mengetahui jadwal air pasang surutnya ya!, tapi kalau sudah terlanjur terjebak, kalian tenang saja karena dijalan ini sudah disiapkan menara penyelamatan yang lumayan tinggi untuk mereka yang sudah terlanjur terjebak di tengah jalanan Passage du Gois ini.

 

2. Kuil Stambheshwar Mahadev, India

photo via : www.ghoomindiaghoom.com

photo via : www.ghoomindiaghoom.com

photo via : www.ghoomindiaghoom.com

photo via :  www.panoramio.com

Kuil Stambheshwar Mahadev terletak di Kavi Kamboi, Gujarat, India. Lokasinya terletak sangat dekat dengan laut sehingga orang-orang hanya bisa beribadah disana saat air surut. Tempat suci tersebut berusia lebih dari 150 tahun dan terletak di dekat Teluk Cambay.

 

3. Mont Saint Michel, Prancis

photo via : tetradiogallikon.weebly.com

photo via : youtube.com

photo via : time.com

photo via :  www.all-free-photos.com

Lagi-lagi Prancis memiliki tempat yang aksesnya akan tertutupi air saat laut pasang berupa istana. Tempat yang dikenal dengan nama Mont Saint Michel ini usianya juga sudah mencapai ratusan tahun. Istana ini termasuk salah satu bangunan yang memiliki arsitektur indah dan membuat tempat ini tak pernah sepi dari wisatawan.

 

4. Laut Jindo, Korea Selatan

photo via : grimsdiary.blogspot.co.id

photo via :  youarequeerhere.com

Pulau Jindo berada di semenanjung bagian selatan Korea Selatan. Pulau ini dikelilingi lautan yang mana tiap dua tahun sekali, terjadi fenomena lautan yang seolah terbelah. Namun sebenarnya lautan di Pulau Jindo tidaklah benar-benar terbelah melainkan surut. namun surutnya bukan cuma dua atau lima meter, melainkan panjangnya mencapai 2,8 km dan lebarnya mencapai 60 meter. Dan surutnya pun bisa hingga 1 jam lamanya.

photo via : koreabizwire.com

photo via : koreabizwire.com

Ketika surut itulah, masyarakat Pulau Jindo turun langsung ke laut dan mencari kerang. Mereka juga bisa menyeberang ke pulau tetangga, Pulau Modo yang dikemas menjadi sebuah festival bernama ‘Jindo Miracle Sea Road Festival’. Tapi rupanya, fenomena tersebut hanya berlangsung dua kali dalam setahun yang biasanya terjadi di awal tahun.

 

5. Bandara Barra, Skotlandia

photo via :  www.adventuretravel.co.id

photo via : www.nextbamz.com

photo via : www.picquery.com

photo via :  airport.id

Barra merupakan salah satu bandara yang terletak di pesisir barat Skotlandia yang memiliki jadwal kedatangan maupun penerbangan yang disiplin. Bagaimana tidak, bandara ini akan tenggelam saat air laut di sekitar mulai pasang. Bila penerbangan tidak sesuai jadwal otomatis pesawat pengunjung tidak memungkinkan untuk mendarat dengan baik.

 

6. Gunung St Michael Cornwall, Inggris

photo via :  www.duaransel.com

photo via : www.nationaltrust.org.uk

Gunung St Michael di Cornwall, Inggris, adalah situs dari sebuah biara kuno. Legenda mengatakan tempat ini dulunya adalah gunung, rumah bagi Cormoran Raksasa yang akan menyeberang ke darat untuk mencuri ternak ketika ia lapar.

photo via : www.cornwalllive.com

photo via :  www.christopherlong.co.uk

Pulau berbatu kecil ini terdapat sebuah kastil dari abad pertengahan yang dapat dinikmati pengunjung saat air laut sedang surut dimana akan terlihat jalan setapak dari bebatuan granit yang digunakan sebagai jalan untuk mencapai kastil tersebut. Namun jika laut sedang pasang kalian juga tetap bisa berkunjung ke kastil ini karena layanan kapal feri akan mengantarkan pengunjung ke pulau ini.

 

7. Manjuyod White Sandbar, Filipina

photo via :  www.thetravellingpinoys.com

photo via : filipinaroses.com

photo via : noelizm.blogspot.co.id

photo via :  firsttimetravels.com

Filipina juga mempunyai destinasi wisata favorit wisatawan yang akan akses jalannya akan tenggelam sewaktu-waktu. Manjuyod White Sandbar merupakan sebuat cottage di mana kamu bisa merasakan santai di tengah laut ketika air sedang pasang. Saat surut, perjalanan menuju cottage ini harus terlebih dahulu melewati pasir-pasir halus dengan pemandangan yang memanjakan mata.

 

8. Four horses, Inggris

photo via :  www.dailymail.co.uk

photo via :  www.dailymail.co.uk

photo via : edition.cnn.com

photo via :  www.dailymail.co.uk

Empat ekor kuda berdiri di tepi Sungai Thames, tapi kalian hanya akan melihatnya saat air surut. Patung-patung ini berada di dekat Jembatan Vauxhall, tidak jauh dari Gedung Parlemen. Saat air sungai meluap, kuda-kuda ini tampak berjalan di dalam air dan itulah yang membuat banyak pengunjung terhibur.

 

9. Angel Road,Shodoshima-Jepang

photo via :  medium.com

photo via :  jp.zekkeijapan.com

photo via : 4travel.jp

photo via :  best-trip.info

Banyak tempat-tempat di Jepang yang populer dikunjungi oleh pasangan-pasangan yang sedang dimabuk cinta. Salah satunya adalah Angel Road yang terletak di Shodoshima, Kagawa, Jepang ini. Menurut legenda, tempat indah yang jalurnya hanya terlihat saat air sedang surut ini, jika pasangan berjalan mengikuti jalan ini sambil berpegangan tangan, maka pasangan itu akan mendapatkan kebahagiaan dalam hubungannya. Jika ingin menikmati angel road dengan keadaan sepi makan kalian harus kesanan sekitar 3 jam sebelum air laut surut karena saat itulah suasana angel road masih sepi oleh pengunjung dan jalur nya pun masih terlihat indah dimana masih diselimuti tipis oleh air laut.

 

10. Tanah Lot, Bali-Indonesia

photo via :  www.bali-indonesia.com

photo via :  www.indonesia.travel

photo via : www.krisnatoursbali.com

photo via : mavibalirentals.com

Tanah lot ini merupakan objek wisata yang sangat terkenal karena tanah lot merupakan objek yang mempunyai karang raksasa yang berada ditengah pantai yang di atasnya terdapat pura. Eksotisnya Pura yang berada di atas karang raksasa tersebut pada sore hari tidak dapat dinikmati secara dekat karena adanya gejala alam yang disebut pasang surut.

 

11. Pulau Segajah, Kalimantan Timur

photo via :  traveltodayindonesia.com

photo via :  sheilamaulidaf.wordpress.com

photo via : ksmtour.com

photo via : akhwattraveler.wordpress.com

Pulau ini ada di Kalimantan Timur. Pulau Segajah ini hanya ada pas siang hari, di mana terjadi surut air laut. Kalau air laut sudah pasang, jangan harap pulau ini ada. Pulau Segajah ini punya hamparan pasir yang begitu putih bersih dan air lautnya pun jernih. Meski kemunculannya hanya ada saat siang hari, banyak loh wisatawan yang rela berpanas-panas ria di Pulau Segajah.

 

12. Pulau Gosong, Kepulauan Seribu, Jakarta

photo via :  www.inovasee.com

photo via : www.inovasee.com

photo via : riskydarmawan.blogspot.co.id

photo via :  www.inovasee.com

Pulau satu ini terletak di sekitaran Jakarta. Pulau Gosong ini bisa menghilang sewaktu-waktu. Pulau ini ada di Kepulauan Seribu, tak jauh dari Pulau Perak. Pulau ini hanya ada saat air laut surut, tepatnya saat siang hari dan bersiaplah untuk berpanas-panas ria saat di sana karena di pulau ini tidak ada tanaman satupun, hanya ada hamparan pasir putih yang akan menemanimu sembari melihat beningnya air laut.

 

13. Gua Chikura, Jepang

photo via :  www.kagoshima-kankou.com

photo via :  www.kagoshima-kankou.com

Gua Chikura ini adalah gua yang terbentuk melalui proses pengikisan bebatuan oleh ombak dalam rentang waktu yang lama. Pengunjung hanya bisa masuk ke dalam ketika air laut surut. Terkadang diadakan event khusus di dalam gua ini. Tempat wisata yang cocok untuk menikmati suasana fantasi.

photo via :  www.kagoshima-kankou.com

photo via :  www.kagoshima-kankou.com

Pemandangan akan berubah sesuai dengan pasang surut air laut. Pemandangan laut paling indah bila dilihat dari dalam gua. Cobalah berkunjung ke sini dengan mencari tahu waktu surut pada masing-masing musim.

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >