Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Kamu Kunjungi

2 tahun lalu

Bandung merupakan salah satu kota yang banyak dijadikan pilihan sebagai tempat untuk berlibur, Bandung dikenal akan wisata alam yang sangat indah selain itu juga tempat belanja, dan kuliner. Cuaca yang sejuk dan pemandangan indah menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Nah, berikut ini bebrapa tempat wisata di bandung yang wajib kamu datangi :

1. Kawah Putih

Photo via : http://kawahputihciwidey.com

Kawah putih merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten bandung tepatnya di Ciwidey kurang lebih sekitar 50 KM ke arah selatan dari kota Bandung. Kawah putih merupakan tempat wisata alam yang terbentuk karena letusan gunung patuha. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca. Kawah putih berada pada ketinggian 2400 mdpl, oleh karena itu suhu di Kawah putih cukup dingin dengan suhu antara 8 hingga 22 derajat celcius. Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda.

Alamat : Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka : 07.00 – 17.00
HTM : Rp. 18.000

 

2. Situ cileunca

Photo via : /www.wisatania.com

Photo via : http://elhaqiadventure.com

Situ cileunca terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung berjarak sekitar kurang lebih 45 KM dari Kota Bandung. Situ Cileunca merupakan salah satu keindahan Bandung Selatan yang menjadi wisata favorit karena memiliki panorama alam yang luar biasa indahnya.

Alamat : Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam Buka : –
HTM :
Rp. 5000 hari biasa dan Rp. 10.000 hari libur.
Out Bound Rp. 150.000-450.000/orang.
Arum Jeram : Rp. 150.000/Orang.

 

3. Situ Patenggang

Photo via : http://blog.airpaz.com

Photo via : alkisahikmah.blogspot.com

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh. Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Situ patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan terutama bagi mereka yang baru pulang dari tempat wisata Kawah Putih. Jaraknya dari wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Alamat : Jln Ciwidey Ranca Bali, Desa Patengan Kecamatan Ranca Bali Kabupaten Bandung Jawa Barat
Jam Buka : –
HTM :
Senin – Jumät
Wisatawan Lokal : Rp 18.000
Wisatawan mancanegara : Rp 135.000

Sabtu – Minggu (Weekend)
Wisatawan Lokal : Rp. 20.500
Wisatawan mancanegara : Rp 185.000

Tarif Parkir
Roda 2 : Rp 3.500
Roda 4 : Rp 11.500
Bus/Truk : Rp 22.000

 

4. Stone Garden

Photo via : http://www.brobali.com

Photo via : http://blog.reservasi.com

Stone Gareden merupakan sebuah kawasan perbukitan taman batu, disebut taman batu karena di kawasan ini terhampar luas bebatuan yang memiliki berbagai bentuk unik dan fotogenik, menurut cerita, bebatuan yang menjulang disini adalah bekas danau zaman purbakala.

Alamat : Citatah, Padalarang, Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka : 07.00 – 18.00
HTM : Rp. 10.000/orang

 

5. Ranca Upas

Photo via : http://blog.airpaz.com


Photo Via : yorkgoods.com

Ranca Upas adalah salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yang terbaik dan merupakan kawasan bumi perkemahan terpopuler bagi para wisatawan. Objek  wisata ini terletak pada ketinggian 1700 mdpl sehingga suhu udara nya cukup dingin. Fasilitas yang disediakan area camping, penangkaran rusa, outbond, kolam pemandian air panas dan juga taman wisata air waterboom. Ranca Upas memiliki luas area yang sangat luas sekitar 215 Hektar.Sebagai salah satu kawasan Hutan lindung di Bandung,kawasan Upas merupakan sebagai tempat konservasi berbagai macam tumbuhan Flora langka seperti Jamuju, Huru, Hamirug, Kihujan, Kitambang serta aneka Fauna seperti Burung dan Rusa.

Alamat : Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11 Rancabali,Ciwidey Bandung
Jam Buka : Setiap hari Senin – Minggu, 24 jam
HTM :
Perorang Rp.10.000
Kendaraan Roda 4 Rp.5.000
Kendaraan Roda 2 Rp.2.000
Kendaraan Bus Rp.20.000

 

6. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Photo Via : allesgroen.files.wordpress.com


Photo Via : http://www.outingnusantara.com

Taman Hutan Raya ini terletak di kawasan Dago Pakar, sekitar kurang lebih 7 KM dari Kota Bandung. Adapun di dalam thr ini yaitu Goa Belanda, Goa Jepang, dan curug omas. Suasana yang sejuk dengan hamparan pohon tinggi membuat liburan menjadi sempura.

Alamat : Kompleks Tahura Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka : 06.00 – 18.00
HTM :
Domestik : Rp. 11.000
Wisatawan Luar : Rp. 76.000

 

7. Taman Begonia

Photo Via : club.iyaa.com


Photo Via : http://bandung.panduanwisata.id

Objek wisata ini menyuguhkan berbagai macam jenis bunga balinea. Bunga balinea yaitu jenis bunga begonia bali yang indah, cocok dijadikan tanaman hias baik itu di pekarangan rumah ataupun dimana saja. Bunga begonia bali ini mempunyai warna yang manarik seperti merah, merah muda. Selain itu terdapat cafe dengan view bunga balinea yang sangat indah berwarna-warni.

Alamat : Jalan Raya Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka : 08.00 – 17.00
HTM :
Harga Tiket Masuk Taman Begonia Lembang – Rp. 10.000 free es lilin dan minuman segar
Harga Berfoto dengan kamera DSLR Khusus – Rp. 50.000
Foto Preweding – Rp. 250.000 per 2 jam (paket tersebut sudah termasuk tiket masuk 5 orang, bila lebih dari 2 jam maka dikenakan biaya 100.000 perjam)

 

8. Observatorium Bosscha

Photo via : pergidulu.com

 Photo via : pergidulu.com

Photo via : http://yosefwiratmoko.blogspot.co.id

Observatorium bosscha adalah sebuah tempat pengamatan bintang yang terletak di Kabupaten Bandung Barat tepatnya di Lembang. Tempat ini selain cocok untuk refreshing juga dapat menambah wawasan mengenai ilmu astronomi. Tempat ini juga dulunya digunakan untuk pembuatan film petualangan sherina. Tidak bisa sembarangan orang masuk ke tempat ini, kalian harus mendaftar terlebih dahulu. Observatorium Bosscha tidak menerima pengunjung yang datang mendadak. Observatorium Bosscha TIDAK menerima kunjungan pada hari Senin, Minggu dan hari libur nasional, pergantian tahun, serta seminggu sebelum dan sesudah Idul Fitri.

Alamat : Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka :
Kunjungan Siang
Selasa – Kamis (rombongan sekolah/institusi)
Sesi I : 09.00
Sesi II : 11.00
Sesi III : 13.00

Jumat (rombongan sekolah/institusi)
Sesi I : 09.00
Sesi II : 13.00

Sabtu (khusus keluarga/perorangan)
09.00 – 14.00 (sesi terakhir dimulai jam 13.00)

Kunjungan Malam
April -Oktober (3 hari per bulan)
17.00 – 20.00

HTM :
Kunjungan Siang
Rp 7.500/orang, kapasitas 200 Orang

Kunjungan Malam
Rp 10.000/orang, kapasitas 200 Orang

 

9. Terminal Wisata Grafika Cikole

Photo via : pergidulu.com

Photo via : http://udaindra.blogspot.co.id

Photo via : http://udaindra.blogspot.co.id

Terminal wisata grafika cikole adalah tempat wisata, restoran serta penginapan di lembang yang berada di kaki gunung dengan ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut. Udara yang sejuk dengan suhu 20 derajat celcius dan kontur area Terminal Wisata Grafika Cikole yang berbukit dikelilingi hutan pinus di area seluas 9 hektar merupakan tempat wisata di bandung lembang yang tepat untuk menyelenggrakan aktifitas outbound bagi keluarga, instansi, sekolah dan keluarga.

Alamat : Jl. Raya Tangkuban Parahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka : –
HTM : Gratis

 

10. Lereng Anteng

Photo via : http://klikalamat.com

Photo via : sikucingmanis.wordpress.com

Photo via : http://www.tesyasblog.com

Lereng anteng merupakan salah satu tempat makan baru di Bandung yang cukup populer. Konsep yang unik menjadikan tempat makan ini banyak dikunjungi, tempat ini sangat cocok untuk dinner dengan kekasih. Lrtak tempat makan ini terletak di Punclut, Pageurmaneuh berjarak kurang lebih 13 KM dari kota Bandung.

Alamat : Kampung Pagermaneuh, RT. 02/04, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Pagerwangi, Lembang, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka : 08.00 – 22.00
HTM : –

 

11. Gunung Tangkuban Perahu

Photo via : http://www.hargatiketwisata.xyz

Photo via : http://www.senengdolan.com

Objek wisata ini sangat terkenal karena legendanya. Gunung tangkuban perahu terletak di desa Sukajaya, Kecamatan Lembang berjarak sekitar 20 KM ke arah utara Kota Bandung. Keindahan gunung dan juga kawah menjadi objek utama di wisata ini, dengan fasilitas yang lengkap tempat ini wajib kamu kunjungi.

Alamat : Jalan Raya Tangkuban Perahu, Lembang, Jawa Barat
Jam Buka : –
HTM :
Wisatawan Lokal Rp 15.000
Wisatawan Mancanegara Rp 50.000

 

12. Bukit Bintang

Photo via : http://www.wisatake.com


Photo via : rhinochofathanoilham.wordpress.com


Photo via : http://anekatempatwisata.com

Puncak Bintang Bandung merupakan tempat wisata alam di Bandung yang relatif terbilang baru. Lokasinya berada di puncak bukit, tidak jauh dari warung daweung atau moko yang sudah lebih dulu dikenal para traveller. Karena itu pula tempat ini sering disebut juga puncak bintang moko atau puncak bintang bukit moko.Tempat ini ketika malam hari akan menjadi sangat indah, kerlap kerlip lampu perkotaan terlihat dari tempat ini. Disarankan untuk mendatangi tempat ini ketika malam hari, karena akan terlihat sangat indah.

Alamat : Jalan Raya Tangkuban Perahu, Lembang, Jawa Barat
Jam Buka : 07.00 – 20.00
HTM : Rp. 3.000

 

13. Air Panas Ciater

Photo via : http://anekatempatwisata.com


Photo via : www.pegipegi.com

Saat kamu berada di Jawa Barat belum lengkap rasanya bila belum mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada disana. Jawa barat sendiri merupakan propinsi yang memiliki banyak objek wisata menarik salah satunya adalah Pemandian Air Panas Ciater. Air panas ciater terletak di perbatasan Subang. Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, sumber air panas ini berasal dari gunung tangkuban perahu. Bagi Anda yang suka berendam wajib kunjungi tempat ini.

Alamat : Jl. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat
Jam Buka : Buka 24 jam
HTM :
Tiket Masuk Area Pemandian Rp 22.000/orang
Tiket Masuk Kolam Air Panas Utama Rp 80.000/orang
Tiket Masuk Kolam Pemandian Sederhana Rp 20.000-Rp 55.000/orang

 

14. Farm House

Photo via : http://duniakulinerbandung.com


Photo via : egieligius.wordpress.com


Photo via : egieligius.wordpress.com

Farm House Lembang merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung yang belakangan ini banyak dikunjungi. Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Bandung, namun bagi kamu yang sudah jauh-jauh datang dijamin gak bakalan kecewa deh. Farm House ini memiliki suasana khas Eropa, dan tentunya kamu bisa berfoto dengan memakai kostum khas Belanda atau Indian dengan latar belakang depan rumah Hobbit. Selain itu kamu juga bisa bermain dengan hewan ternak dan berkeliling di kawasan yang tampak seperti perkampungan kecil di Eropa. Untuk harga tiket masuknya dibandrol dengan harga Rp. 20.000 itu termasuk susu murni dan sosis gratis lho.

Alamat : Jl. Raya Lembang No. 108 Lembang Bandung Barat.
Jam Buka : –
HTM : Rp. 20.000

 

15. Museum Geologi

Photo via : orsonkersen.wordpress.com


Photo via : http://anekatempatwisata.com

Photo via : http://www.adindut.com


Photo via : http://anekatempatwisata.com

Museum Geologi Bandung adalah sebuah museum yang sudah menjadi bangunan bersejarah di kota Bandung, sehingga menarik minat banyak wisatawan. Museum yang dilindungi dan dirawat oleh pemerintah ini dibangun pada tanggal 16 Mei 1928 dan sempat direnovasi dengan dana bantuan dari Jepang sehingga saat ini tetap dalam kondiri baik sebagai tempat wisata yang layak dikunjungi di Bandung. Setelah renovasi, Museum Geologi Bandung dibuka kembali oleh Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000. Selain sering mendapatkan kunjungan wisata, Museum Geologi Bandung juga sering kali menjadi tempat tujuan study tour sekolah-sekolah yang berlokasi di kota Bandung dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan koleksi yang dimiliki Museum Geologi Bandung sangat berguna untuk pendidikan serta mempunyai nilai-nilai sejarah kehidupan dan pelestarian alam yang sangat mendidik. Koleksi yang dimiliki oleh Museum Geologi Bandung yaitu bebatuan, fosil, dan mineral. Di tempat ini pengunjung juga dapat mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya dengan benar, cara mengolah energi, dan lain-lain.

Alamat : Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka : 09.00 – 15.30
HTM :
2.000 Rupiah untuk pelajar
3.000 Rupiah untuk wisatawan lokal
10.000 Rupiah untuk wisatawan asing.

 

16. Trans Studio Bandung

Photo via : http://www.diarysivika.com


Photo via : http://www.diarysivika.com


Photo via : http://www.diarysivika.com


Photo via : http://www.diarysivika.com

Trans Studio Bandung adalah kawasan wisata terpadu di Bandung, Indonesia, tepatnya di area Bandung Supermal. Trans Studio dibangun pada areal seluas 4,2 hektare dengan investasi mencapai Rp2 triliun sehingga menjadikan sebagai kawasan hiburan terluas dan terlengkap di Bandung. Wahana yang terdapat menawarkan petualangan dan sensasi baru yang tidak kalah menantang seperti pendahulunya yaitu Trans Studio Resort Makassar yang dibuka pada tahun 2008. Trans Studio Bandung dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2011. Trans Studio Bandung adalah taman bermain yang paling komplet di kota Bandung

Alamat : Jalan Jendral Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka : 10.00 – 19.00
HTM :
Senin s.d. Jumat: Rp170.000,-
Sabtu dan Minggu / Hari Libur: Rp270.000,-
Tambahan Rp250.000,-  untuk VIP Access, untuk Jalur Antrian Cepat dengan Pintu Khusus.
Berlaku untuk seluruh wahana dan atraksi sepuasnya atau dapat berkali-kali.
Tiket masuk Trans Studio menggunakan kartu Mega Cash, harga kartu adalah Rp10.000,-. Kartu Mega Cash dapat digunakan untuk melakukan transaksi di semua outlet di dalam Trans Studio Theme Park.

 

17. Kebun Teh Rancabali

Photo via : iklantravel.com


Photo via : pakejmurahlawatanbandung.blogspot.co.id


Photo via : traveloka.com

Perkebunan Teh Ranca Bali berada pada level ketinggian 1.628 meter diatas permukaan laut (dpl) dengan panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok. Hamparan pepohonan teh yang tertata rapi dengan udara yang sangat sejuk menjanjikan kesan yang tak biasa kepada siapapun pengunjungnya. Perkebunan teh ini mengolah dua komoditi yakni teh dan kina yang didukung oleh pabrik pengolahan CTC dan Orthodoks. Perkebunan teh ini terlihat sangat indah dan menawan yang keberadaannya tepat di pinggir jalan, dimana umumnya berada pada posisi yang lebih rendah dari pinggiran jalan serta susunannya yang rapat, menjadikan perkebunan ini layaknya hamparan babut hijau segar yang menyiramkan nuansa dan suasana sejuk, indah, tentram, sehingga tak cukup alasan untuk tidak mengunjunginya.

Alamat : Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka : 08.00 – 18.00
HTM :
Rp. 5.000/ orang.
Rp. 30.000 Menggunakan jasa pemandu

 

18. De’ Ranch

Photo via : deranchlembang.com


Photo via : YouTube

De’Ranch memberikan nuansa baru dalam wisata alam dengan menampilkan nuansa peternakan di mana kuda masih merupakan hewan pekerja yang utama seperti di zaman cowboy. Nikmati suasana peternakan sambil menunggang kuda dengan kostum khas cowboy, lahan hijau dan aktifitas lainnya untuk seluruh keluarga.

Alamat : Jalan Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka :
Buka setiap hari,
kecuali hari Senin
Hari biasa: 09.00 – 17.00
Weekend/hari libur: 08.00 – 18.00

HTM :
Selasa-Jumat
09.00-17.00 WIB
Rp. 5.000 (susu sapi de ranch)

Sabtu dan Minggu
08.00-18.00 WIB
Rp. 5.000 (susu Sapi De Ramch)

 

19. Little Seoul

Photo via : http://liburansamakeluarga.blogspot.co.id


Photo via : http://www.thefoodxplorer.com


Photo via : http://www.infobdg.com

Nah, buat kamu para pecinta Kpop atau kamu penggemar kdrama, kalian wajib datang ke Chingu Cafe di Bandung. Di tempat ini kamu akan menemukan Little Seoul yang dijamin keren banget. Cafe ini berkonsep kota Seoul, cafe ini terbagi menjadi beberapa kawasan dan tema, ada yang bertema kawasan kuliner dan ada juga yang seperti sedang berada di dalam kereta. Kamu juga tak perlu kawatir dengan harga makanan disini, karena harganya lumayan terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa menyewa baju tradisional Korea yaitu Hanbok.

Alamat : Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka : 10.00 – 22.00
HTM : –

 

20. Kampung Tulip

Photo via : http://viralisata.blogspot.co.id


Photo via : http://www.wisatabagus.net


Photo via : http://www.destinasibandung.co.id

Kampung tulip ini berlokasi di daerah Ciwastra, wisata lokal ini bernuansa international. Disini kamu akan merasakan seang di Belanda karena beberapa bangunannya dibuat ala bangunan di negara asal tulip tersebut. Ada kincir angin, ada sampan di danau buatan, berkunjung ke rumah bernuansa shabby chic hingga memakai baju khas Belanda.

Alamat : Komplek Banyu Biru Blok H No. 17, Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Mekarjaya, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka : 09.00 – 17.00
HTM : Rp. 6.000

Baca Juga