15 Tempat Wisata Terbaik di Banyuwangi

2 minggu lalu, by blogunik

Tempat Wisata Di Banyuwangi

0

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung timur pulau Jawa. Daerah satu ini dikenal memiliki keindahan alam yang menawan mulai dari pesisir pantainya hingga pegunungannya yang menarik untuk dikunjungi. Daerah ini juga sempat meraih beberapa penghargaan kelas dunia dalam kategori pariwisata salah satunya yaitu 12th UNWTO Awards Forum dan UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism. Buat kalian yang ingin berkunjung ke Banyuwangi, berikut ini ada beberapa tempat wisata Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan

1. Kawah Ijen

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Kawah Ijen

Photo via instagram.com/rizmazara

Kawah Ijen adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi. Disini kita dapat menikmati keindahan kawah hijau kebiruan yang tercipta akibat kadar belerang yang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, di kawah ijen ini kamu juga bisa melihat blue fire yang dipercaya hanya ada dua di dunia. Buat kalian yang ingin melihatnya diharapkan untuk menggunakan jaket karena suhu di puncak sangat dingin bisa mencapai 2 derajat celcius.

2. Jawatan Perhutani

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Djawatan Perhutani

Photo via instagram.com/ekoyulist

Jawatan Perhutani dulunya adalah kantor dari pengelola kereta api daerah Banyuwangi. Namun saat ini sudah tidak digunakan lagi dan sekarang dijadikan sebagai tempat wisata Banyuwangi. Tempat wisata satu ini di tumbuhi dengan deretan pohon trembesi tua yang memenuhi area. Selain itu pohon-pohon ini pun menjulang tinggi dan berukuran raksasa, kita yang berada dibawahnya terlihat sangat kecil. Hal yang menarik di tempat ini yaitu pohon-pohon tersebut ditutupi dengan lumut-lumut, sehingga terlihat sangat indah dan cocok dijadikan background foto.

Alamat : Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

3. Taman Nasional Baluran

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Taman Nasional Baluran

Photo via instagram.com/efendyada

Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di Bnayuputih, Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Selain itu, tempat ini juga sebagai tempat berkumpulnya sejenis hewan dan tumbuhan yang beragam. Buat kamu yang ingin berfoto ala savana kamu bisa mengunjungi tempat wisata satu ini.

Alamat : Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

4. Pantai Pulau Merah

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Pantai Pulau Merah

Photo via instagram.com/galangwnie

Buat kamu yang ingin ke pantai, kamu bisa mengunjungi Pantai Pulau Merah. Pulau Merah sendiri adalah sebutan untuk pulau kecil di seberang pantai yang terletak di Desa Sumber Agung. Dimana dikatakan pulau ini dapat memancarkan cahaya warna merah ketika sunset. Selain itu, disini juga kamu bisa surfing karena pantai ini memiliki ombak dan angin yang cocok untuk peselancar.

Alamat : Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

5. Wisata Pinus Songgon / Rumah Pohon

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Wisata Pinus Songgon

Photo via instagram.com/cttntr

Wisata Pinus Songgon/Rumah Pohon adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi. Wisata pinus songgon ini tidak hanya ditumbuhi dengan pohon pinus saja, namun juga memiliki latar belakang pemandangan gunung yang indah. Tempat wisata satu ini dilengkapi dengan camping ground dan outbond. Disini terdapat permainan seperti flying fox, naik kuda, soft gun, rafting dan lainnya.

Alamat : Sumberagung, Sumberbulu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

6. Taman Nasional Alas Purwo

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Taman Nasional Alas Purwo

Photo via instagram.com/herinisoebari

Siapa yang tidak mengenal Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu taman nasional yang terletak di Banyuwangi. Taman nasional ini memiliki ekosistem flora dan fauna yang beragam. Selain itu taman ini juga cocok buat kamu yang suka wisata petualangan.

Alamat : Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

7. Pantai Plengkung

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Pantai Plengkung

Photo via instagram.com/donnylopez949

Pantai Plengkung atau yang sering disebut dengan nama G Land adalah salah satu pantai di ujung selatan Banyuwangi. Pantai Plengkung ini juga dinobatkan sebagai pantai dengan ombak terbaik kelas dunia. Tak heran jika pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing. Jika kalian tidak tertarik untuk berselancar, disini juga terdapat hutan tropis yang mengelilingi pantai.

8. Waduk Bajul Mati

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Waduk Bajul Mati

Photo via instagram.com/garnisiga

Waduk Bajul Mati adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi dimana terletak di perbatasan Situbondo dan Banyuwangi. Waduk Bajul Mati ini sering juga dikatakan sebagai Raja Ampat van Java. Waduk Bajul Mati ini terletak diantara Gunung Baluran dan Pegunungan Ijen, waduk ini membendung sungai bajulmati sebagai sumbernya. Hal yang menarik disini yaitu pemandangan pulau-pulau kecil di tengah waduk yang persis seperti di Raja Ampat. Tak hanya itu saja, kalian juga dapat melihat puncak gunung ijen dan gunung baluran.

Alamat : Area Hutan, Watukebo, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

9. Desa Wisata Osing Kemiren

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Desa Wisata Osing Kemiren

Photo via instagram.com/_febrian

Jika berkunjung ke Banyuwangi jangan lupa untuk mengunjungi Desa Wisata Osing Kemiren ini. Desa wisata ini ditinggali Suku Osing dimana suku Osing adalah suku keturunan dari kerjaan Hindu Jawa Blambangan asli. Mereka berbeda dari suku jawa dan hal ini bisa dilihat dari adat istiadat dan bahasa yang digunakan. Di desa ini ada berbagai macam atraksi dan wisata yang menarik, salah satunya yaitu atraksi Barong Osing.

Alamat : Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

10. Kawah Wurung

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Kawah Wurung

Photo via instagram.com/wildjourney_

Kawah Wurung adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi. Tempat wisata satu ini tidak jauh dari kawah ijen dan tempat ini juga sering disebut sebagai bukit Teletubbies. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini memiliki hamparan rumput yang berwarna hijau. Buat kamu yang ingin mengunjungi Kawah Wurung ini datanglah pada bukan Maret hingga Juni karena pada saat ini rumput-rumputnya masih hijau dan segar.

Alamat : Margahayu, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

11. Gunung Raung

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Gunung Raung

Photo via instagram.com/sam_bahri13

Buat kamu yang gemar mendaki tak ada salahnya kamu mendaki Gunung Raung. Secara geografis Gunung Raung terletak diantara kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Bondowoso. Gunung Raung ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh gunung lainnya di Indonesia yaitu kaldera yang sangat luas bahkan terluas kedua setelah Tambora. Gunung Raung ini memiliki ketinggian diatas rata-rata yaitu 3.344 mdpl sehingga diperlukan persiapan khusus untuk bisa sampai di puncak.

12. Bangsring Underwater

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Bangsring Underwater

Photo via instagram.com/ferdiahmadi_

Jika kamu suka snorkeling, kamu bisa mengunjungi tempat wisata satu ini yaitu Bangsring Underwater. Tempat wisata ini dikelola secara swadaya oleh nelayan setempat dan mendapatkan penghargaan Kalpataru dari pemerintah pusat. Di sini kamu bisa berenang bersama ikan nemo, ikan hiu dan menikmati pemandangan coral dibawah laut.

Alamat : Jl. Situbondo – Banyuwangi, Bangsring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

13. Pantai Teluk Hijau

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Pantai Teluk Hijau

Photo via instagram.com/anankirioke

Pantai Teluk Hijau atau Green Bay adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang harus kamu kunjungi. Tempat wisata satu ini cukup aman untuk berenang karena ombaknya tidak terlalu berbahaya. Yang menarik dari tempat ini yaitu tempatnya masih asri dan terkadang kita bisa melihat sekawanan monyet dari dekat. Namun kamu harus waspada karena monyet ini sering mencuri dan merampas barang bawaan pengunjung.

14. Pantai Marina Boom

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Pantai Marina Boom

Photo via instagram.com/arumdwi_indahsari

Pantai satu ini berada di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi dimana dulunya pantai ini adalah pelabuhan. Saat ini aktivitas pelabuhan masih ada, namun tidak terlalu ramai. Tempat wisata di Banyuwangi satu ini wajib kamu kunjungi. Tempat ini memiliki pantai yang bersih, banyak tempat makan dipinggir pantai dan banyak gazebo. Selain itu, tempat ini juga memiliki beberapa spot selfie yang indah.

15. Air Terjun Jagir

Tempat Wisata Di Banyuwangi - Air Terjun Jagir

Photo via instagram.com/syaulin.dzk

Air Terjun Jagir adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang bisa kamu pilih untuk menikmati alam yang masih asri. Air terjun jagir ini memiliki 3 aliran air terjun, air terjun pertama terletak dibawah badan jalan dengan ketinggian sekitar 10 meter. Air terjun kedua berada di belakang rumah warga yang biasa disebut air terjun bersaudara. Air terjun ketiga letaknya agak masuk ke dalam dengan menyusuri jalan berbatu mengikuti aliran air ke atas membutuhkan waktu 15 – 20 menit untuk sampai di air terjun ini.

Alamat : Dusun Krajan, Kp. Anyar, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Itulah beberapa tempat wisata terlengkap di Banyuwangi. Jika kamu sedang berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata diatas ini.

0
Artikel Terkait