Tempat Wisata di Klungkung – Bali yang Mempesona

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Nggak cuma Gianyar yang terkenal akan tempat wisata alam, seni dan budayanya seperti Ubud, namun Klungkung juga memiliki banyak wisata alam, seni dan budaya yang memukau dan wajib dikunjungi. Klungkung sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Bali. Meskipun merupakan kabupaten yang kecil namun Klungkung menyimpan banyak keunikan, salah satunya adalah wilayahnya yang dipisahkan oleh lautan, yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang terkenal hingga mancanegara. Yap, ketiga pulau kecil tersebut merupakan bagian dari Klungkung dan terkenal sebagai destinasi wisata favorit para wisatawan lokal hingga internasional.

Nah Buat kamu yang butuh referensi baru mengenai tempat jalan-jalan terbaik di Bali, Klungkung bisa menjadi tempat yang tepat. Di sini kamu tidak akan dimanjakan dengan wisata alam yang memukau namun juga akan dibuat takjub dengan kemegahan seni dan budaya yang dimilikinya. Untuk itu, berikut beberapa tempat wisata di Klungkung Bali yang menawan!

1. Kerta Gosa

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via hotels.com

Yang pertama ada Kerta Gosa. Tempat ini merupakan tempat bersejarah yang dipenuhi dengan seni khas Bali yang menakjubkan. Daya tarik utamanya adalah Bale Kambang, yang merupakan bangunan dengan arsitektur khas Bali abad 17 dan kelilingi kolam yang disebut Taman Gili. Selain itu, pada langit – langit atap Bale Kambang terdapat lukisan Wayang yang mengambarkan tentang hukum Karma Pahala.

Tak hanya itu, di tempat wisata ini juga terdapat sebuah museum yang menyimpan benda bersejarah peninggalan kerajaan Klungkung, dan benda yang di gunakan oleh pengadilan adat tradisional Bali pada jaman dulu.

Alamat: Jl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

2. Puri Agung Klungkung

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via kulkulbali.co

Puri Agung Klungkung adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Klungkung, yang terletak di Central Semarapura. Di sini kamu bisa mempelajari sejarah kerajaan dan gaya arsitektur yang sangat megah khas Bali. Salah satu daya tarik dari Puri ini adalah Pemedal agung yang merupakan jejak yang masih tersisa dari kemegahan Kerajaan Klungkung di masa lampau melawan tirani belanda. Pemedal agung merupakan sebuah gapura yang menjulang tinggi dengan struktur yang kokoh dari abad ke-17. Bangunan ini terbuat dari batu bata dan batu padas ditambah dengan pamor bubuk dan gula pasir sebagai perekat.

Selain itu, ada juga Kulkul Puri Klungkung yang terkenal ajaib. Kulkul atau kentongan yang ada di Puri Klungkung ini dipercayai dapat berbunyi secara gaib. Jika kulkul berbunyi padahal tidak ada yang memukul maka di yakini akan ada musibah yang terjadi. Kulkul ini sangat pantang di suarakan, penduduk dan pihak puri membiarkan Kulkul ini berbunyi secara alami.

Alamat : Jl. Untung Surapati, Semarapura Tengah, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

3. Pura Goa Lawah

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via visitbali.id

Selanjutnya ada Pura Goa Lawah yang merupakan salah satu destinasi wisata religi umat Hindu dan juga merupakan tempat wisata yang terkenal akan keunikannya. Keunikan pura ini adalah adanya goa yang berada di bawah pepohonan rindang. Selain itu di dalam dinding mulut gua terdapat banyak kelelawar bergantungan. Maka dari itu, pura ini disebut dengan Pura Goa Lawah yang artinya Pura Goa Kelelawar. Pura ini juga berdekatan dengan pantai sehingga selesai sembahyang dan menikmati keindahan pura, pelancong dapat menikmati pemandangan pantai sekaligus berwisata kuliner khas olahan laut yang lezat.

Alamat : Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

4. Air Terjun Tukad Unda

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via instagram.com/baliregion

Rekomendasi tempat wisata terbaik di Klungkung berikutnya adalaj Air Terjun Tukad Unda. Tempat wisata ini selalu ramai pengunjung bukan hanya di musim liburan namun juga di hari-hari biasa. Pasalnya, wisata air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan kenyamanan untuk bermain air dan berburu foto yang kece.

Air Terjun Tukad Unda sendiri memiliki sungai yang bertingkat dua dengan aliran air yang tenang dan jernih. Karena bentuknya yang bertingkat ini, aliran sungai terlihat bagaikan air terjun. Selain itu, ada juga batu-batu besar terdampar di hulu sungai sehingga membuatnya terlihat lebih indah dan unik. Namun kamu harus berhati-hati, karena ketika hujan, aliran air di sungai ini bisa sangat berbahaya.

Alamat : Tukad Yeh Unda, Semarapura Kelod Kangin, Kec. Karangasem, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

5. Bakas Levi Rafting & Elephant Tour

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via instagram.com/bakas_adventure

Buat kamu yang suka liburan yang lebih menantang, bisa banget mengunjungi Bakas Levi Rafting & Elephant Tour yang berlokasi di Desa Bakas, Klungkung. Di tempat ini kamu bisa menikmati petualangan rafting menyusuri sungai Melangit dan ditemani pemandangan yang indah dan menyejukkan.

Selain rafting, kamu juga bisa menikmati keasrian alam Desa Bakas dengan berkeliling menaiki gajah. Kamu juga bisa memberi makan hingga memandikan gajah.

Alamat : Bakas, Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali 80752

6. Bukit Belong Gunaksa

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via instagram.com/chao.pisey

Bukit Belong Gunaksa menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Klungkung yang menyajikan hamparan pemandangan berbukit dan persawahan yang memanjakan mata. Dari kejauhan, kamu juga bisa melihat birunya lautan yang membuat tempat ini menjadi buruan banyak orang untuk berburu foto instagenik.

Lokasinyapun berada di puncak bukit yang dipenuhi dengan ilalang. Terdapat beberapa pohon yang kerap dijadikan sebagai tempat peneduh dan bagian dari objek foto.

Alamat : Jl. Raya Gunaksa, Gunaksa, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

7. The Monkey Bar At Bella Vista

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via instagram.com/_neitsab27

Buat kamu yang sedang mencari tempat rekreasi sekaligus asik untuk tempat nongkrong, maka kamu bisa mengunjungi The Monkey Bar At Bella Vista yang berada di Klungkung.

Meski bar, namun The Monkey Bar At Bella Vista ini berbeda dari bar-bar pada umumnya. Pasalnya bar ini memiliki daya tarik utama berupa kolam renang modern yang berada di atas area bukit dan langsung menghadap ke alam. Tidak hanya itu, ada juga patung Budha raksasa yang berada di tepian kolam yang pastinya langsung mencuri perhatian ketika kamu berada di tempat wisata ini.

Dengan keunikan yang dimilikinya, nggak heran jika The Monkey Bar At Bella Vista menjadi salah satu buruan bagi pengunjung yang memiliki hobi berswafoto. Karena selain berenang dan menikmati makanan serta minuman yang disajikan, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang memanjakan mata dan berburu foto instagramable.

Alamat : Jl. Bukit Abah, Besan, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

8. Pasar Seni Kota Semarapura

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via pagguci.com

Tak perlu bingung mencari oleh-oleh khas Klungkung dimana, karena kamu bisa berkunjung ke Pasar Seni Kota Semarapura atau Pasa Seni Klungkung. Di pasar ini, ada berbagai produk kerajinan dan kesenian khas Klungkung yang bisa kamu beli sebagai cinderamata dan oleh-oleh. Mulai dari kain songket khas Klungkung, kain tenun, kain endek, wayang, lukisan, pakaian khas Bali dan souvenir-souvenir khas Bali lainnya.

Menariknya, kamu bisa tawar menawar harga saat berbelanja di Pasar ini, dan jika beruntung, kamu bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang miring lho.

Alamat : Jalan Puputan No. 7, Desa Semarapura Kangin, Klungkung, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali

9. Desa Wisata Kamasan

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via balipuspanews.com

Desa Wisata Kamasan di Klungkung Bali adalah salah satu tempat wisata terbaik di Klungkung yang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya karena keindangan alam yang ada di sana, tetapi juga keelokan seni tradisional yang menjadi ciri khas Desa Kamasan.

Di desa wisata ini, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan seni yang tercipta dalam lukisan wayang. Lukisan wayang dari Desa Kamasan ini memiliki detail yang unik dan memiliki pesan dalam setiap gambar yang dilukis. Tak hanya seni lukis wayang, di Desa Kamasan Klungkung juga berkembang seni tari, seni ukir, seni musik, serta kerajinan perak dan emas. Menariknya, kamu juga bisa melihat langsung proses melukis atau pengrajin yang sedang bekerja.

Alamat : Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali, Indonesia.

10. Museum Nyoman Gunarsa

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via tempatwisatadibali.info

Bagi kamu pecinta wisata seni, maka museum milik Nyoman Gunarsa ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Tempat ini dibangun dengan gaya Bali modern yang terdiri dari 3 lantai. Dua lantai pada bangunan ini diperuntukkan untuk memajang hasil karya seni berupa lukisan, koleksi barang antik dan patung. Kemudian satu lantai lagi diperuntukkan untuk ruang pameran, seperti untuk seniman mancanegara ataupun lokal yang ingin menggelar acara pameran lukisan. Karya yang dipajang di museum Nyoman Gunarsa memadukan seni klasik dan modern, perpaduan kedua unsur seni tersebut mendominasi hasil karya di tempat ini.

Alamat : Jl. Pertigaan Banda No. 1, Takmung, Banjarangkan, Takmung, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80716

11. Monumen Puputan Klungkung

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via twitter.com/punapibali

Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Monumen Puputan Klungkung yang berdiri megah di dekat Kerta Gosa. Monumen Puputan Klungkung dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dan ksatria kerajaan Klungkung melawan serangan penjajah Belanda pada tanggal 28 April 1908. Di tempat ini, kamu bisa melihat patung raja Klungkung Ida I Dewa Agung Jambe bersama pengikutnnya dan melihat gambaran kisah perjuangan rakyat Klungkung dalam perang puputan melawan Belanda.

Setelah lelah melihat-lihat monumen, kamu bisa beristirahat di bale bengong yang berada di setiap sudut halaman monumen sambil menunggu sore hari sampai pasar malam (sengol) yang dikenal sebagai pusat kuliner yang terkenal di Klungkung buka dan kamu dapat berwisata kuliner dan memanjakan perut kamu.

Alamat : Kec. Klungkung, Semarapura Tengah, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

12. Pantai Kusamba

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via instagram.com/balimadetour

Pantai Kusamba merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Klungkung Bali. Meski tidak sepopuler wisata pantai yang ada di Bali lainnya, namun Pantai Kusamba memiliki keunikan tersendiri sehingga sangat sayang jika dilewatkan.

Pantai Kusamba sendiri memiliki pasir hitam yang lembut dengan air laut yang biru dan jernih serta ombak yang landai. Di pantai ini kamu bisa melihat jejeran perahu nelayan dan melihat para nelayan yang menangkap ikan di laut dengan cara yang tradisional. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat proses pembuatan garam secara tradisional di tempat wisata satu ini.

Alamat : Jl. Pura Segara No.16, Kusamba, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

13. Nusa Penida

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via instagram.com/nusapenidaexcitedtour

Seperti yang kita ketahui, Kabupaten Klungkung memiliki 3 buah pulau yakni, Pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Dari ketiga pulau tersebut yang terbesar adalah Pulau Nusa Penida. Menyebrang ke Pulau ini, kamu akan dimanjakan dengan banyak tempat wisata yang eksotis dan indah.

Di pulau Nusa Penida ini, kamu bisa mengunjungi Broken Beach (Pasih Uug), Angel’s Billabong, Kelingking Beach, Mata Air Seganing, Pantai Kristal, Atuh, Diamond, Bukit Teletubies, Malibu Point, Manta Point dan Batu Meling.

Nggak hanya itu, ada juga wisata religi umat Hindu seperti Pura Giri Putri, Dalem Ped dan Puncak Mundi. Menariknya, kamu juga bisa menikmati sensasi berlayar dengan Quicksilver cruise yang akan mengajak kamu menikmati keindahan bahari di sekitar pulau. Menjelajahi Nusa Penida tak cukup hanya sehari, jadi siapkan waktu dan budget agar liburan kamu lebih menyenangkan.

14. Nusa Lembongan

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via instagram.com/balilivin

Selanjutnya adalah Nusa Lembongan, pulau kecil ini merupakan salah satu pulau yang terkenal dikalangan wisatawan. Pariwisata Nusa Lembongan ini banyak menawarkan hal menarik dan tempat-tempat indah sebagai tujuan liburan pulaunya yang kecil, mudah untuk dijelajahi.

Sampai di pulau ini, kamu akan disambut dengan pantai berpasir putih, hutan bakau dirimbuni pepohonan hijau, serta keindahan pemandangan bawah laut. Selain itu, ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di pulau ini mulai dari aktivitas petualangan di darat dan aktivitas watersport di laut hingga berburu tempat foto Instagrammable.

Beberapa destinasi yang populer di Nusa Lembongan adalah Devil’s Tear, Yellow Bridge, Dream Beach, Pantai Jungut Batu, Mushroom Bay hingga Mangrove Forest.

15. Nusa Ceningan

Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Menawan

photo via instagram.com/youaint.goldenx

Satu lagi tempat wisata di Klungkung Bali yang wajib untuk dikunjungi adalah Nusa Ceningan yang merupakan satu dari ketiga pulau yang menjadi bagian Kabupaten Klungkung. Nusa Ceningan ini dapat diakses melalui Nusa Lembongan. Dimana kamu bisa melewati Yellow Bridge atau jembatan kuning untuk dapat sampai ke Nusa Ceningan.

Nusa Ceningan merupakan pulau paling kecil, namun menyuguhkan pemandangan laut yang indah serta memiliki sejumlah tempat rekreasi alam menarik. Sebagian besar pesisirnya menawarkan pantai pasir putih yang indah. Disini kamu bisa mengunjungi banyak tempat menarik seperti Pantai Ceningan, Secret Beach, Blue Lagoon, Mahana Points hingga Gua Burung Walet.

Nah itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Klungkung Bali yang menawan dan wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Pulau Dewata ini. Jadi buruan siapkan waktu dan budget yang cukup untuk liburan spesial di Klungkung, Bali!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.