20 Rekomendasi Tempat Wisata Pacitan Terbaru Yang lagi Hits

Dibuat oleh blogunik

Tempat wisata Pacitan terbaru dan hits belakangan ini banyak diburu oleh wisatawan. Nggak heran sih, pasalnya Pacitan menawarkan banyak keunikan yang jarang kamu temukan di tempat lain. Meski tak sepopuler kota lainnya di Jawa Timur, Pacitan memiliki objek wisata alam menakjubkan yang wajib untuk dikunjungi seperti goa, pantai, sungai hingga pegunungan. Nah buat kamu yang berencana untuk berlibur ke Pacitan, berikut 20 rekomendasi tempat wisata Pacitan Terbaru yang lagi hits. So let’s check it out guys!

Daftar Isi

20 Tempat Wisata Pacitan Terbaru

1. Goa Gong

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via totabuan.news

Kalau ngomongin Pacitan, Goa Gong tentu nggak bisa lepas dari pesona yang dimiliki Pacitan. Goa Gong bisa dikatakan sebagai salah satu daya tarik utama wisata di Pacitan. Goa satu ini menawarkan pemandangan stalagtit yang artistik. Bahkan, Goa Gong dinobatkan sebagai goa terindah se Asia Tenggara. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 700 hingga 800 m dan memiliki 7 ruang goa yang besar dengan keunikan masing-masing.

Di dalam salah satu ruang goa ini terdapat ruang yang di sebut dengan sendang bidadari, ruang tersebut terdapat genangan air yang jernih. Selain itu, Goa Gong juga memiliki batu yang apabila di pukul akan menghasilakn bunyi seperti gong sehingga goa ini di sebut dengan Goa Gong.

Lokasi : Jl. Salam, Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63553

2. Goa Luweng Jaran

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via instagram.com/inainu.id

Tak kalah menarik dari Goa Gong, Goa Luweng Jaran juga menjadi salah satu tempat wisata paling hits yang berada di Pacitan. Goa satu ini cocok buat kamu yang suka tantangan yang memacu adrenalin. Pasalnya untuk menelusuri goa dengan jalur vertikal ini, kamu harus turun menuju perut bumi. Goa ini mempunyai kedalam 48.000 meter menuju ke inti bumi. Ada lorong goa yang panjang hingga menembus goa lain. Bahkan menurut cerita, panjang ini bisa mencapai 48 km.

Meski cukup menantang, namun kamu akan disuguhi dengan pemandangan unik dan menakjubkan. Didalam goa ini, kamu akan menemukan lorong yang bercabang-cabang dan bertingkat. Stalagtit dan stalagmit menjuntai dengan aneka bentuk yang indah, selain itu terdapat pula cave pearl, ornamennya berbentuk seperti kilauan mutiara dengan ukuran sebesar kelereng hingga kepalan tangan yang terbentuk dari Calcium Salt. Untuk memasuki goa ini kamu harus mempersiapkan peta Goa dan peralatan yang memadai agar penjelajahanmu lancar dan aman.

Lokasi : Jlubang, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur

3. Pantai Srau

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via voinews.id

Selain wisata goa, Pacitan juga terkenal akan keindahan pantainya yang eksotis. Salah satu tempat wisata pantai di Pacitan yang menawarkan pemandangan yang indah adalah Pantai Srau. Pantai satu ini menawarkan air laut yang jernih dan pasir putih yang halus. Satu hal yang unik dari Pantai Srau adalah terdapat tiga kawasan pantai yang disebut sebagai Pantai Srau 1, 2, dan 3. Di pantai Srau 1, kamu akan menemui pasir putih sehalus bedak berpadu dengan buih putih dari ombak besar khas pantai selatan. Pantai Srau 2, pasirnya lebih kasar dan dikelilingi jejeran batu karang sehingga kamu bisa bermain air dengan lebih aman. Pantai Srau 3 sedikit berbeda dengan dua pantai lainnya. Tanpa hamparan pasir, pantai ini berupa jejeran batu karang yang bisa kamu gunakan untuk duduk sembari menikmati pemandangan.

Lokasi : Ds Candi, Kec Pringkulung, Pacitan, Jawa Timur

4. Pantai Klayar

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via instagram.com/pantaiklayarpacitan

Pantai Klayar merupakan salah satu tempat wisata pantai paling populer di Pacitan. Kepopuleran Pantai Klayar bahkan membuat pantai ini kerap dipadati oleh wisatawan domestik ataupun mancanegara. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki pemandangan pesisir pantai yang begitu indah. Kamu yang berkunjung ke pantai ini tidak boleh melewatkan kesempatan untuk sekedar berfoto.

Tak hanya itu saja, kamu bahkan dapat menemukan seruling laut yang tidak bisa kamu temukan di pantai lainnya. Seruling laut sendiri merupakan batu karang besar yang mempunyai celah di tengahnya. Dan setiap kali batu tersebut terkena ombak maka akan menimbulkan bunyi bunyi siulan seperti seruling. Sayangnya kamu tidak di rekomendasikan berenang di laut karena ombak yang sangat kencang dapat membahayakan.

Lokasi : Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

5. Pantai Banyu Tibo

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via instagram.com/dolansolo

Kalau di Pantai Klayar kamu bisa menemukan seruling laut, maka di Pantai Banyu Tibo kamu bisa menikmati dua fenomena alam yang indah sekaligus. Yup tak hanya pemandangan pantai yang indah, di tempat ini kamu juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang mengarah langsung ke laut. Pantai yang mempunyai pasir putih ini merupakan pertemuan anatara air tawar dan air laut dengan pemandangan yang eksotis. Selain bermain di air terjun, kamu juga bisa berenang di laut, menikmati panorama alam, atau melihat hempasan ombak ke kawasan tebing di sebelah barat Pantai Banyu Tibo.

Lokasi : Ds Widoro, Kec Donorejo, Pacitan, Jawa Timur

6. Pantai Ngandul

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via garispantai.com

Tempat wisata Pacitan terbaru dan sedang hits dikalangan wisatawan adalah Pantai Ngandul. Letak pantai satu ini memang sedikit tersembunyi, tapi popularitasnya membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Pantai Ngandul ini berbeda dari pantai pada umumnya, pasalnya pantai ini lebih menyerupai tebing yang menghadap ke laut. Terlebih tebing tersebut memiliki aliran sungai yang langsung bermuara ke laut, yang pada akhirnya menghasilkan fenomena air terjun mini yang memanjakan mata.

Lokasi : Widoro, Donorojo, Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

7. Pantai Tawang

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via tempatwisata.pro

Tempat wisata terbaik di Pacitan berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tawang. Pantai ini memiliki daya tarik yang unik bagi para wisatawan untuk berkunjung. Dimana pantai ini tidak memiliki pasir yang berwarna putih, melainkan pasir yang berwarna coklat kehitaman. Meski terdengar tidak menarik, tetapi kamu akan dibuat takjub dengan kapal-kapal nelayan yang berjejer rapi di tengah laut sehingga memberikan nuansa yang instagramable. Selain itu, destinasi wisata ini juga terbilang sepi dan cocok bagi mereka yang ingin membuat pikiran kembali fresh terlebih pantai ini menjadi spot terbaik untuk kegiatan memancing.

Lokasi : Desa Katipugal, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Jawa Timur

8. Pantai Karang Bolong Pacitan

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via phinemo.com

Selanjutnya ada Pantai Karang Bolong yang merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Pacitan. Pantai Karang Bolong ini merupakan pantai yang masih satu garis dengan pantai Klayar. Lokasinya bahkan berdekatan. Namun keindahannya memang tak banyak dikenal oleh para wisatawan.

Pantai, atau lebih tepat disebut tebing ini, memiliki keunikan dalam pemandangannya. Dipantai ini kamu bisa menemukan karang yang berlubang, yang oleh orang lokal disebut sebagai Karang Bolong, ini terjadi akibat kikisan ombak yang menghantam terus-terusan. Selain itu juga ada air terjun kecil, yang sumber airnya berasal dari air sungai dan langsung bermuara ke laut. Hanya saja, air terjun ini hanya dapat terlihat di musim penghujan.

Lokasi : Kelurahan Sendang, Desa Donorojo , Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

9. Pantai Kasap

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via instagram.com/mbolangjatim

Nggak perlu mahal-mahal ke Raja Ampat untuk menikmati keindahan gugusan karang-karang raksasa yang hampir menyerupai pulau mini, sebab di Pantai Kasap yang terdapat di Pacitan, kamu bisa menikmati keindahan alam layaknya di Raja Ampat. Lewat salah satu bukit yang terdapat di Pantai Kasap, kamu akan melihat keindahan Pantai Kasap dengan gugusan karang yang cantik dengan lanskap yang menarik. Pantai satu ini juga menjadi spot terbaik di Pacitan untuk menikmati matahari terbenam.

Lokasi : Watukarung, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur

10. Sungai Maron

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via instagram.com/seasia.co

Kalau di Amerika Selatan ada Sungai Amazon, maka di Pacitan ada Sungai Maron. Sungai Maron ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Pacitan yang menawarkan pemandangan indah layaknya di sungai Amazon. Sungai ini memiliki air yang begitu jernih sampai berwarna kebiruan dan merupakan sumber air warga sekitar dan habitat alami ikan tawar.

Ditempat ini kamu dapat menyewa perhau bersama psangan untuk menyusuri aliran sungai yang menyuguhkan pemandangan yang eksotik. Di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang masih sangat alami dan menyejukkan. Aliran sungai yang tenang dengan udara yang masih segar akan membuat perjalanmu semakin menyenangkan.

Lokasi : Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

11. Sungai Cokel

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via instagram.com/indoflashlight

Selain Sungai Maron, ada juga Sungai Cokel atau Kali Cokel yang merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menarik dikunjungi di Pacitan. Tempat ini bisa jadi alternatif aktivitas susur sungai selain Sungai Maron. Pemandangannya sangat indah, dengan deretan pohon kelapa berjajar di tepian sungai dan deretan tumbuhan liar yang menambah nuansa sejuk dan asri di tempat ini. Sungai satu ini bermuara sampai Pantai Watukarung, sehingga kamu bisa menyusuri sungai sampai lautan lepas.

Tak hanya menyusuri seungai, kamu juga bisa sepuasnya berenang dan bermain air di sungai ini karena Sungai Cokel memiliki karakter air yang cukup jernih, lantaran sumbernya berasal dari Goa Luweng Jaran.

Lokasi : Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

12. Barong Wetan Candi Pringkuku

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via instagram.com/jarambahnusantara

Barong Wetan Candi Pringkuku merupakan tempat wisata Pacitan terbaru yang bisa menjadi referensi liburan kamu tahun ini. Tempat wisata ini merupakan sebuah sungai dengan air biru kehijauan didukung dengan pepohonan kelapa yang rindang. Di tempat wisata terbaru Pacinta ini, kamu bisa menyusuri sungai dengan cara mendayung perahu berukuran kecil. Disinilah keseruan akan dimulai dimana kamu diharuskan untuk kompak ketika mendayung. Selain wahana perahu dayung, kamu juga bisa menemukan adanya sepeda air.

Lokasi : Jl. Dadapan Watukarung, Kerok Wetan, Candi, Kec. Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur

13. Gunung Lanang

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via instagram.com/mandrapahlawa

Buat kamu yang suka dengan pegunungan, maka jangan lewatkan untuk menjelajah Gunung Lanang di Pacitan. Puncak Gunung Lanang bisa menjadi spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan dan panorama Pacitan dari ketinggian. Menariknya, di gunung ini kamu bisa berkemah dan menyaksikan terbitnya matahari pagi dan tenggelamnya matahari dari kejauhan dengan pemandangan tiada duanya.

Lokasi : Mantren, Kebonagung, Mantren, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

14. Grojogan Dhuwur Pacitan

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via instagram.com/amazingtrip19

Tak kalah dari kota lainnya di Jawa Timur, Pacitan juga memiliki wisata air terjun yang memukau. Salah satunya adalah Grojogan Dhuwur. Wisata air terjun ini menawarkan pemandangan yang asri dengan bebagai macam pepohonan yang menghijau. Air terjun ini juga dilengkapi dengan sebuah kolam raksasa dengan warna natural, biru dan jernih. Air terjun atau Grojogan Dhuwur ini terdiri dari tiga aliran air terjun utama, yang mengalir deras sepanjang waktu. Tepat dibawah grojogan atau air terjun, kolam panjang bisa menjadi arena untuk menikmati kesegaran airnya, baik itu berendam atau berenang menyusuri kejernihan sungainya.

Lokasi : Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur

15. Grojogan Mbedayu

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via wisatalengkap.com

Selain Grojogan Dhuwur Pacitan, Grojogan Mbedayu juga merupakan tempat wisata yang sayang jika dilewatkan. Tempat wisata ini cocok buat kamu yang hobi trekking lantaran tempatnya yang cukup tersembunyi di dalam hutan sehingga mengharuskan setiap pengunjung untuk melakukan trekking yang cukup menantang. Meski harus melewati jalan yang berliku dan melelahkan, namun saat tiba di Grojogan Mbedayu, rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang tersaji dengan indah didepan mata.

Lokasi : Desa Bolosingo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

16. Jurug Gringsing

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via instagram.com/indraiswanto84

Tempat wisata di Pacitan berikutnya yang wajib kamu sambangi adalah Jurug Gringsing. Jurug Gringsing sendiri merupakan air terjun berundak dengan debit air yang tidak cukup deras dengan keindahan yang tak tertandingi. Menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Pacitan, Jurug Gringsing menyediakan sejumlah spot yang bagus untuk kamu berfoto. Ada juga spot khusus dengan background air terjun dan gundukan berbentuk “hati”, yang menambah kesan instagramable. Tak hanya itu, ada juga gubuk untuk kamu bersantai seraya menikmati aliran air sungai yang jatuh dari atas.

Lokasi : Ploso, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

17. Beiji Park (Pacitan Indah)

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via instagram.com/pacitantrip

Beiji Park merupakan salah satu tempat wisata baru di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Tempat ini menawarkan wisata alam sekaligus spot selfie yang instagramable. Beiji Park sendiri merupakan hutan wisata alam yang menarik dan cocok untuk berfoto. Kamu bisa berfoto di tengah hutan yang telah dihias dengan cantik dan estetik sehingga kesan menyeramkan pada hutan tak akan kamu temukan di tempat ini. Ditempat ini kamu bisa berswafoto dengan background payung berwarna-warni bergantung di pohon yang dapat menambah kesan ceria dalam fotomu.

Tak hanya itu, Beiji Park juga menyediakan banyak gazebo unik dan estetik untuk kamu beristirahat. Ada juga wahana kecil yang didesain khusus untuk pengunjung. Wahana ini juga bisa digunakan wisatawan untuk berfoto dengan tema liburan di alam. Hal yang paling menarik dari spot selfie Beiji Park adalah wisatawan bisa berswafoto dengan berlatarkan pemandangan Teluk Pacitan. Kamu bisa memandangi bentang alam Kota Pacitan dan Teluk Pacitan dari ketinggian.

Lokasi : Jl. Raya Tompak Rinjing, Beji, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

18. Telogo Sono

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via instagram.com/hendry_sasmita

Tempat wisata yang tak kalah menarik lainnya di Pacitan adalah Telogo Sono. Telaga ini dikelilingi perbukitan hijau, mirip dengan pegunungan di sekitar Ranu Kumbolo. Karena keindahan alam tersebut, banyak orang yang menyebut Telogo Sono dengan Ranu Kumbolonya Pacitan. Tempat wisata ini juga memiliki air yang bening dan bersih bahkan dari kejauhan air yang menyegarkan ini berwarna biru kehijauan. Dengan keindahan alam yang ditawarkan, tak heran jika tempat wisata ini kerap didatangi pengunjung yang ingin merasakan sensasi yang menyegarkan dan menenangkan.

Lokasi : Dusun Sono, Desa Kalikuning, Kecamatan Tulakan, Pacitan, Jawa Timur

19. Wisata Pinus Gemaharjo

Tempat Wisata Pacitan Terbaru

photo via tripjalanjalan.com

Buat kamu yang suka dengan tempat wisata yang rindang-rindang dan menyejukkan, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke Wisata Pinus Gemaharjo. Tempat wisata ini merupakan sebuah hutan pinus dengan pemandangan yang eksotis. Tak hanya deretan pohon pinus yang bisa kamu temui, kamu juga akan disuguhi dengan view perbukitan dan lanskap di sekitarnya yang sangat mengesankan untuk diambil gambarnya.

Di tempat wisata pinus Gemaharjo ini, kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai fasilitas penunjang untuk menikmati indahnya hutan pinus. Fasilitas ini antara lain bergantung di hammock, menyusuri jembatan, serta menaiki gardu pandang untuk mengabadikan momen kamu. Karena keeksotisan hutan pinus Gemaharjo dan pemandangannya, lokasi ini menjadi salah satu yang paling populer

Lokasi : Kaligondang, Gemaharjo, Kec. Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

20. Bukit Semar

Tempat Wisata Terbaik di Pacitan

photo via travelingyuk.com

Satu lagi tempat wisata terbaik di Pacitan adalah Bukit Semar. Berdiri dipuncak bukit ini, kamu dapat menyaksikan perbukitan nan hijau dan Laut Selatan di kejauhan sebagai background. Bukit satu ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan indahnya sunrise dan sunset. Menariknya, Bukit Semar juga merupakan perbukitan yang kerap diselimuti oleh kabut dan awan yang bergerak naik dengan lambat, sehingga membuatnya seperti negeri diatas awan.

Lokasi : Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Itu dia 20 rekomendasi tempat wisata Pacitan terbaru yang lagi hits yang wajib kamu kunjungi untuk liburan akhir tahun. Jadi sudah menentukan akan mengunjungi objek wisata mana dulu guys?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *