Ternyata Ini Lho Penyebab Munculnya “Mata Panda” Yang Tanpa Kamu Sadari

    Kesehatan

Aktivitas yang terlalu sibuk terkadang membuat kita melupakan kesehatan diri sendiri. Bukan hanya kesehatan secara keseluruhan, namun juga pada tampilan fisik seperti kulit wajah. Buktinya, ketika kamu tertidur terlalu larut, maka tubuh kamu akan lemas dan tidak bertenaga keesokan harinya. Tak hanya itu saja, kulit wajahmu juga terlihat pucat dan mata kamu juga seperti mata panda. Nah, hal inilah yang ditakutkan sebagian wanita, karena lingkaran hitam pada mata ini merusak penampilan mereka. Mata panda sendiri tidak hanya karena begadang saja, namun ada faktor lainnya. Berikut ini beberapa penyebab munculnya mata panda yang tanpa kamu sadari :

 

1. Posisi Tidur

Photo via : www.spine-health.com

Kamu pasti selalu berpikir kurangnya waktu tidur menyebabkan si mata panda ini muncul, namun tahukah kamu ? posisi tidur juga bisa menyebabkan mata panda itu muncul. Posisi tidur yang miring dapat membuat daerah sekitar mata menjadi hitam karena wajah akan menekuk pada bantal dan membuat mata jadi menegang.

 

2. Paparan Sinar Matahari

Photo via : www.healthline.com

Kamu juga tahu, banyak terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat kulit wajah menjadi merah dan kusam. Karena paparan sinar matahari ini yang membuat lingkaran mata menjadi menghitam. Paparan sinar matahari ini dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak melanin, sehingga terjadi penggelapan kulit dibawah mata.

 

3. Terlalu banyak garam atau kafein

Photo via : onehallyu.com

Buat kamu yang suka mengkonsumsi makanan asin atau kafein, ada baiknya kamu menguranginya dari sekarang. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin dan kafein dapat membuat sekitar daerah mata menghitam.

 

4. Terlalu banyak menggunakan makeup

Photo via : http://www.rafichowdhury.com

Pernahkah kamu tidak menghapus riasan atau makeup sebelum tidur ? selain memicu munculnya jerawat sisa riasan juga memicu terjadinya perluasan lingkaran hitam pada area mata. Maka dari itu hapuslah riasan terutama pada bagian mata, jika kamu tidak menghapus makeup, terutama bagian mata maka hal tersebut akan mengiritasi mata dan menyebabkan cairan berkumpul dan mata menjadi bengkak.

 

5. Memijat atau menggaruk mata

Photo via : www.heightseyecenter.net

Kebiasaan memijat dan menggaruk mata, ternyata juga bisa membuat sekitar daerah mata menghitam lho. Daripada buat mata kamu hitam, sebaiknya kamu relaksasikan mata dengan masker timun, supaya lebih lembab dan mata jadi tenang.

 

6. Genetik

Photo via : http://www.sayidaty.net

Jika sudah berbagai cara kamu lakukan, namun si mata panda tak hilang juga ada kemungkinan itu karena faktor genetik atau keturunan. Jika itu karena faktor genetik, maka sulit untuk mencerahkannya kecuali kamu konsultasi ke dokter kulit.

 

7. Terlalu lama di depan laptop

Photo via : http://doramakun.ru

Buat kamu yang suka nonton drama marathon, hati-hati lho. Itu juga bisa mmebuat sekitar matamu menjadi hitam. Itu terjadi karena mata kamu bisa stress dan pembuluh darah menjadi melebar sehingga daerah sekitar mata terlihat gelap. Setidaknya kamu harus mengistirahatkan matamu sekitar 30 detik setiap jam untuk memulihkan mata kembali.

 

8. Cairan yang mengumpul

Photo via : http://www.sheknows.com

Ada beberapa hal yang membuat cairan menumpuk seperti sirkulasi menstruasi, diet tinggi garam, pengobatan dan cuaca. Menumpuknya cairan ini di mata membuat darah mengumpul dibawah sehingga membuat daerah mata menjadi gelap.

 

9. Alergi

Photo via : www.healthline.com

Reaksi alergi, kulit kering dan ekzema biasanya dapat membuat kulit jadi gatal dan bengkak sehingga membuat pembuluh darah melebar sehingga bagian disekitar mata menjadi gelap.

 

10. Tubuh tak terhidrasi dengan baik

Photo via : http://saratogaartsfestival.org

Dehidrasi terjadi saat seseorang kehilangan cairan berlebih daripada yang diminumnya. Hal ini menyebabkan tubuh tidak memiliki cukup air untuk menjalankan fungsinya. Jika hal ini terjadi, ini bisa mempengaruhi banyak hal seperti diare, demam, keringat berlebih dan memicu munculnya lingkaran hitam pada area mata.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >