Tipe dan Jenis Jilbab Yang Harus Diketahui Oleh Para Hijaber

2 minggu, by blogunik

Tipe dan jenis jilbab

Tipe dan jenis jilbab saat ini semakin bermacam-macam dan jelas terus mengikuti perkembangan zaman. Banyak sekali jenis jilbab yang mudah ditemui di pasaran mulai dari modern, praktis atau instan hingga yang terbaru. Tak hanya bervariasi dari segi model, bentuk dan coraknya, namun juga bervariasi dalam hal bahan. Hal ini membuat para hijabers dapat tampil lebih stylish dan trendi dalam berbagai kesempatan.

Buat para hijabers, tentu memiliki berbagai macam jenis dan model jilbab menjadi sebuah keharusan agar penampilan kamu bisa lebih stylish dan berbeda setiap harinya. Namun jika kamu hanya mengenal pashmina, hijab segi empat atau hijab instan saja, maka wajib hukumnya kamu mengetahui jenis-jenis jilbab berikut ini!

14 Jenis dan Tipe Jilbab

1. Jilbab Segi Empat

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Segi Empat

photo via tokopedia.com

Sesuai dengan namanya jilbab segi empat adalah jilbab yang berbentuk persegi empat sama sisi atau kotak. Setiap bagian sisinya dirapikan dengan mesin obras, dijahit, ataupun dineci. Untuk jilbab segi empat yang karater tepinya dibiarkan terurai tanpa dirapikan disebut jilbab rawis. Jilbab segi empat ini juga dikenal dengan nama jilbab paris karena dulu kebanyakan jibab segi empat ini diproduksi menggunakan bahan paris.

Perlu diketahui, jilbab persegi empat standar memiliki ukuran 110 x 110 cm namun ada juga yang berukuran 115 x 115. Sekarang ada yang namanya jilbab segi empat syari yaitu ukuran 120, 130, 140 dan paling lebar dijual dipasaran ada 150 cm.

2. Jilbab Segitiga

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Segitiga

photo via zalora.co.id

Selanjutnya ada jenis jilbab segitiga yang wajib kamu ketahui. Sesuai namanya, jilbab segitiga adalah jilbab yang memiliki bentuk dasar berupa segitiga dan biasanya memiliki bandana berupa list yang memberikan kesan mewah. Jilbab segitiga direkomendasikan bagi kamu yang ingin tampil di acara resmi maupun pesta. Untuk jilbab jenis ini sekarang hadir dengan berbagai macam model dan motif yang begitu menarik mengikuti perkembangan mode.

3. Pashmina (Jilbab Persegi Panjang)

Jenis-Jenis Jilbab - Pashmina (Jilbab Persegi Panjang)

photo via zalora.co.id

Jenis jilbab selanjutnya yang populer dikenakan oleh para hijabers adalah Pashmina. Pashmina adalah jilbab atau kerudung yang memiliki bentuk dasar berbentuk persegi panjang. Ukuran pashmina umumnya berukuran 75 cm x 150 cm dan 175 cm. Namun ada beberapa produk mempunyai ukuran jilbab yang berbeda seperti 120 cm sampai 200 cm. Jilbab tipe ini cocok buat kamu yang gemar mengkreasikan bentuk jilbab.

4. Bergo

Jenis-Jenis Jilbab - Bergo

photo via zalora.co.id

Bergo merupakan salah satu jenis jilbab instan yang sering digunakan oleh para hijabers dalam keseharian. Bergo memiliki ciri khas tambahan pet (bantalan busa) di bagian depannya yang praktis dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari. Dengan kemunculan kerudung atau jilbab instan bergo ini, tentu akan semakin memudahkan muslimah untuk tampil praktis dengan hijabnya. Bahkan cara menggunakannya juga sangat simpel tinggal dimasukkan ke kepala saja.

5. Jilbab Instan Modifikasi

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Instan Modifikasi

photo via zalora.co.id

Selanjutnya ada jilbab instan modifikasi yang merupakan salah satu jenis jilbab yang sering digunakan oleh para hijabers. Jilbab instan modifikasi sendiri merupakan jilbab atau kerudung yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat langsung digunakan tanpa jarum meski hanya dengan melilitnya saja. Jilbab instan modifikasi mempunyai berbagai macam variasi, ada jilbab modifikasi pashmina, dan lain-lain.

6. Jilbab Syiria

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Syiria

photo via zalora.co.id

Jenis-jenis jilbab berikutnya yang wajib kamu ketahui adalah jenis jilbab syria. Jilbab syria adalah jenis jilbab bergo yang tidak menggunakan pet (bantalan busa) di jilbabnya. Jilbab jenis ini sangat mudah digunakan karena modelnya sama dengan jilbab bergo yakni langsung di masukkan ke kepala. Tak heran jika jilbab jenis ini banyak digemari para hijabers.

7. Jilbab Scarf Panjang

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Scarf Panjang

photo via zalora.co.id

Banyak disukai oleh kalangan millenial, jilbab scarf panjang menjadi salah satu jenis jilbab yang paling trendi dan gampang dimodifikasi sesuai keinginan. Jilbab scraft panjang sebenarnya merupakan jilbab yang menyerupai bentuk jilbab pashmina, bedanya jilbab scraft panjang kainnya lebih tipis pada umumnya dan lebih panjang dari pashmina. Jilbab ini begitu banyak digemari karena terlihat sangat modis, lembut dan feminim. Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni dengan mengenakan ciput atau inner ninja dan memakai scarf sebagai jilbab serta menyematkan jarum pentul atau peniti dimana mengkreasikan sesuai keinginanmu.

8. Jilbab Jumbo

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Jumbo

photo via zalora.co.id

Jilbab jumbo adalah salah satu jenis hijab yang cocok digunakan buat kamu yang ingin berpenampilan syar’i. Pasalnya, sesuai namanya yang jumbo, jilbab jenis ini memiliki ukuran jumbo atau panjang, ada yang menggunakan pet (bantalan busa) ada juga yang tidak menggunakan busa. Kelebihan dari jilbab ini adalah dapat menutupi tubuh dan dapat digunakan sebagai mukena. Jilbab ini biasanya disebut jilbab syar’i dikarenakan menutupi bagian dada kebawah. Jilbab jumbo umumnya terbuat dari bahan yang adem seperti bahan Della, Jersey serta spandek sutra.

9. Jilbab Cape

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Cape

photo via Jilbab Cape

Selain jilbab jumbo, kamu juga bisa menggunakan jenis jilbab cape untuk dapat berpenampilan modis dan stylish meskipun dalam busana syar’i. Seperti cape pada umumnya, jenis jilbab cape ini memiliki potongan tanpa lengan dengan tambahan penutup kepala yang memang berfungsi sebagai kerudung. Model jilbab seperti ini dapat menutupi tubuh dengan sempurna tanpa menunjukkan lekuk tubuh, sehingga bagus sebagai pilihan jilbab syar’i yang modis.

10. Jilbab Turban

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Turban

photo via shopee.com.my

Selanjutnya ada turban. Turban sebenarnya bukan bagian dari jenis jilbab, melainkan salah satu salah satu gaya berhijab yang modis. Ciri khasnya adalah lilitan kain di atas kepala. Biasanya jilbab model ini bisa dibentuk dari kerudung pashmina maupun jilbab segi empat. Konsep hijab turban ini bisa dikatakan easy going dan nyaman dipakai saat aktivitas apapun. Menggunakan turban juga mampu memunculkan tampilan unik dan menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini, ada banyak turban dalam bentuk instan sehingga bisa dengan mudah digunakan dan dipadukan dengan ciput.

11. Jilbab Rajut

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Rajut

photo via zalora.co.id

Jenis jilbab selanjutnya bukan lagi dibedakan dari model ataupun bentuk, melainkan dari cara pembuatannya. Seperti namanya, jilbab rajut adalah jilbab yang cara pembuatannya dengan cara dirajut. Jilbab jenis ini umumnya memiliki bentuk persegi hingga persegi panjang dengan detail pada setiap sudutnya. Namun, untuk menggunakannya kamu perlu memilih tempat yang sesuai agar tidak merasa gerah. Karena pada dasarnya bahan dari jilbab yang satu ini cukup tebal dan panas, jadi akan cocok digunakan pada cuaca dingin untuk menghangatkan.

12. Jilbab Lengan

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Lengan

photo via zalora.co.id

Jenis jilbab lainnya yang perlu kamu ketahui adalah jilbab lengan. Sesuai namanya, jilbab lengan merupakan jenis jilbab yang memiliki lengan sebagai tempat untuk tangan yang menyambung langsung dengan jilbab. Jilbab ini masuk dalam jenis jilbab instan sehingga sangat mudah dalam penggunaannya. Jilbab lengan ini memiliki dua fungsi yakni bisa digunakan sebagai jilbab serta baju sekaligus. Sayangnya, jilbab ini tidak mempunyai banyak model karena umumnya hanya memiliki pita atau motif di bagian dada sehingga cocok untuk kamu yang ingin tampil sederhana namun menarik.

13. Jilbab Hoodie

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Hoodie

photo via shopee.co.id

Selanjutnya ada jenis jilbab hoodie yang merupakan salah satu model jilbab instan yang cara penggunaaanya seperti memakai topi atau hoodie. Banyak hijabers yang menggunakan jilbab model ini karena mampu memberikan kesan yang fashionable bagi pemakainya. FYI, jilbab ini ternyata dipopulerkan dan dirilis oleh aktris Zaskia Sungkar yang laris di pasaran sehingga diikuti oleh produsen hijab lain.

14. Jilbab Monochrome

Jenis-Jenis Jilbab - Jilbab Monochrome

photo via hijabbergomurah.wordpress.com

Satu lagi jenis jilbab yang wajib ada dilemari kamu adalah jilbab monochrome. Jilbab monochrome sendiri merupakan tipe jilbab yang motifnya terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan putih. Walaupun saat ini sudah berkembang menjadi banyak pilihan warna seperti, putih dan coklat, merah dan putih, biru dan putih, pink dan putih, atau hijau dan putih. Motif yang dimiliki pun bentuknya beragam. Mulai dari motif polkadot, kotak – kotak, zig – zag, garis – garis, dan masih banyak lagi. Jilbab monochrome cocok dipadukan dengan kemeja, kaos, atau atasan polos. Sehingga menimbulkan kesan yang lebih ceria namun juga tidak terlihat begitu ramai.

Nah itulah beberapa tipe dan jenis jilbab yang sudah Blog Unik rangkum untuk diketahui oleh kalian para hijabers, agar dapat tampil berbeda setiap saat. Kira-kira mana nih yang jadi favorit kalian?

0
Artikel Terkait