Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Setiap orang pasti ingin hidup bahagia, hidup di dunia yang penuh dengan segala tantangan dan rintangan kerap kali membuat manusia menjadi tidak bahagia. Di tengah kehidupan yang penuh dengan berbagai beban, tanggung jawab dan tekanan, manusia menjadi lebih mudah sedih dan gelisah. Namun beberapa masalah dan tuntutan bisa berjalan dengan baik jika kita bisa mengolah perasaan, pikiran dan diri untuk bahagia dalam berbagai tekanan. Jika saat ini kamu sedang merasa lelah dengan kehidupan, berikut ini ada beberapa tips agar hidup menjadi lebih bahagia yang bisa kamu lakukan.

1. Tersenyum dan tertawalah

Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

photo via drfrankrosengaus.com

Ketika seseorang merasa bahagia atau senang mereka akan memperlihatkan senyuman dari bibirnya. Selain tersenyum, terkadang mereka juga tertawa dan ini menunjukkan tanda jika hati seseorang sedang gembira. Ketika suasana hati sedang tidak baik-baik saja, cobalah untuk tersenyum untuk memancing rasa bahagia menghampiri diri. Selain itu, mulailah hari dengan tersenyum ketika kamu bangun pagi. Di dunia yang banyak permasalahan dan tekanan ini, senyum dan tertawa menjadi salah satu upaya agar seseorang dapat bertahan dan menikmati hidupnya.

2. Rutin Berolahraga

Mungkin selama ini kamu malas untuk berolahraga, namun untuk membuat hidupmu lebih bahagia kamu bisa mencoba berolahraga secara rutin. Dengan berolahraga secara rutin kamu dapat mengurangi beban stres, gejala depresi, rasa cemas hingga pikiran berlebihan. Tak hanya itu saja, dengan berolahraga kamu juga dapat menaikan perasaan bahagia dan rasa percaya diri. Kamu tak perlu berolahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan saja seperti yoga, pilates dan zumba.

3. Tidur Yang Cukup

Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

photo via jayride.com

Kualitas tidur juga perlu diperbaiki akan perasaan menjadi lebih bahagia. Pada umumnya, manusia memerlukan waktu istirahat sekitar 7 hingga 9 jam per-harinya. Selain waktu, tempat tidur juga harus nyaman agar tidur semakin nyenyak. Pastikan kamar tidur agar selalu bersih dan rapi dan jika bisa matikan lampu ketika tidur karena dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan mata.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Selanjutnya, untuk membuat hidup lebih bahagia jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat. Hidup bahagia bisa didapat jika seseorang mampu menjaga kesehatan tubuhnya. Maka dari itu konsumsilah makanan yang kaya nutrisi dan gizi. Beberapa zat gizi tertentu bahkan dikaitkan dengan kondisi psikologis seperti karbohidrat yang dapat melepaskan serotonin atau hormon kebahagiaan. Ada juga makanan tinggi protein yang melepaskan dopamin dan norepinefrin, senyawa yang berefek baik untuk meningkatkan konsentrasi.

5. Beri Pujian Pada Orang Lain

Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

photo via journal.sociolla.com

Agar hidup menjadi lebih bahagia kamu bisa memberikan pujian yang tulus pada orang lain. Memberikan pujian tak hanya dapat menyenangkan hati orang lain saja tapi juga sangat bermanfaat untuk diri sendiri. Hal ini dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih baik karena dipengaruhi oleh orang lain.

6. Jangan Larut Dalam Kesedihan

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, namun beberapa orang mungkin memiliki karakter introvert. Namun bagi orang introvert tetap memerlukan waktu untuk bercerita dan bersosialisasi dengan satu atau dua yang dipercaya. Salah satu cara agar kamu merasa tidak sendirian dan larut dalam kesedihan, kamu bisa mencoba merawat hewan peliharaan seperti anjing atau kucing di rumah sebagai teman agar hidup lebih berwarna. Adanya hewan peliharaan di rumah dapat mempengaruhi tingkat kebahagiaan karena hewan peliharaan akan bertingkah lucu yang membuat perasaan lebih bahagia dan tenang.

7. Kontrol Penggunaan Smartphone dan Media Sosial

Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

photo via somersetlive.co.uk

Tahukah kamu jika melihat berita buruk di media sosial dapat mempengaruhi pikiran menjadi negatif? Untuk itu cobalah untuk mengontrol pemaikan smartphone dan membuka media sosial. Di awal memang sangat sulit melakukan hal ini, tapi tak ada salahnya untuk mencoba menghindari smartphone untuk sementara. Kegiatan yang biasanya kamu habiskan untuk melihat smartphone bisa digantikan dengan membaca buku, berbaring atau berjalan-jalan. Kegiatan ini dapat membuatmu lebih banyak memikirkan hal positif.

8. Ciptakan Ritual Self Care Yang Sesuai Dengan Diri

Normal bagi manusia memiliki perasaan yang baik dan turun, untuk mendapakan kebahagiaan dalam hidup penting untukmu mengenali diri sendiri. Selain itu memiliki kemampuan mengantasipasi pemikiran maupun perasaan yang bisa merugikan diri sendiri juga penting kamu miliki. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu menciptakan ritual self care yang sesuai dengan diri. Hal ini dapat dilakukan setiap kamu membutuhkannya. Kegiatan ini sangat baik karena dapat memunculkan pikiran positif sehingga dapat memberikan kebahagiaan dalam hidup. Kamu bisa melakukan hal yang kamu suka seperti membeli makanan favorit, memasak, jalan-jalan, menonton hingga mendengarkan musik yang kamu sukai.

9. Alokasikan Waktu dan Rezeki Untuk Orang Lain

Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

photo via nu.or.id

Berbuat kebaikan juga dapat mempengaruhi kebahagiaan diri lho. Selain memberikan pujian kepada orang lain, kamu juga bisa memberikan sebagian waktu atau rezeki yang kamu miliki kepada orang lain. Cobalah untuk donasi atau menyalurkan sumbangan kepada seseorang baik secara langsung ataupun lewat lembaga yang sudah terpercaya. Selain itu, kamu juga bisa berbagi dengan memberi makanan kepada hewan liar yang kamu lihat. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengajukan diri untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan kerelawanan yang diadakan oleh yayasan sosial.

10. Agendakan Me-time

Jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan, sebab dirimu sendiri juga membutuhkan kebahagiaan maka dari itu jangan lupa untuk melakukan me-time. Me-time ini sangat bermanfaat untuk kebahagiaan diri, ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menyenangkan diri mulai dari menonton film, bertamasya atau makan sendirian di restoran favorit. Me-time ini juga menjadi solusi yang tepat untuk mengembalikan fokus pada diri sendiri.

11. Terima Kenyataan Ketika Keadaan Pahit Datang

Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

photo via mensagenscomamor.com

Tips agar hidup menjadi lebih bahagia selanjutnya yaitu menerima kenyataan ketika keadaan pahit datang. Memang terlihat kejam, namun perlu diketahui tak selamanya hidup selalu dihiasi dengan yang manis-manis saja. Pasti akan datang juga saat-saat pahit ataupun sedih. Yang bisa kamu lakukan hanya menerima semua keadaan. Jika keadaan tidak menyenangkan, bersedihlah namun jangan lupa untuk bangkit kembali karena masa depan masih panjang dan akan datang masa-masa bahagia itu.

Itulah beberapa tips agar hidup menjadi lebih bahagia. Jika saat ini kamu sedang merasa tidak bahagia, cobalah untuk menerapkan tips-tips diatas. Semoga tips diatas membantu!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.