Biar Nggak Ketipu, Ini lho Tips Dan Cara Belanja Online Yang Aman

Tips Dan Cara Belanja Online Yang Aman

Di era teknologi yang semakin berkembang ini segala sesuatunya terasa sangat mudah dilakukan, salah satu yang paling terasa yaitu berbelanja online. Kini ada banyak sekali situs jual beli online yang menawarkan berbagai macam barang. Tak heran jika banyak orang-orang yang tertarik berbelanja online, apalagi harga yang ditawarkan pun lebih murah ketimbang dari pasarannya.

Selain itu, barangnya pun langsung diantarkan ke rumah-rumah, jadi tak perlu repot-repot mengantre atau keluar untuk mencarinya. Wajar jika banyak yang tertarik, kamu mungkin salah satunya?

Tapi yang perlu di INGAT! Ketika kamu memutuskan untuk berbelanja online, kamu harus LEBIH cermat dalam mengambil keputusan, agar terhindar dari tindakan penipuan online. Buat kalian yang gemar berbelanja online atau ingin mencoba berbelanja online, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak tertipu. Berikut ini ada beberapa tips dan cara berbelanja online yang aman

1. Pilih Situs Belanja Online Yang Terpercaya

Pertama, pilihlah situs belanja online yang terpercaya. Saat ini ada banyak sekali situs-situs belanja online yang menjamur, pastinya kita merasa bingung ketika hendak memilih yang mana. Terlebih situs-situs tersebut menyediakan berbagai macam pilihan dan penawaran yang menarik.

Akan lebih baik jika kamu memilih situs belanja online yang sudah terpercaya atau namanya sudah besar. Situs online terpercaya biasanya sudah dilengkapi dengan metode perlindungan yang terjamin keamanannya.

2. Pahami Hak Dan Kewajiban Konsumen

Mungkin tidak banyak yang mengetahui, kita juga harus memahami hak dan kewajiban sebagai konsumen. Terkadang karena kita tidak memahaminya, kita sebagai konsumen tidak berani melapor jika merasa dirugikan oleh para pelaku usaha. Padahal kita berhak untuk melaporkannya agar kejadian tidak menyenangkan tidak terulang kembali.

3. Lihat Kebijakan Situs Belanja Online Terhadap Data Pribadi

Tips Dan Cara Belanja Online Yang Aman

photo via infiniteasia.co.id

Pastikan kamu sudah membaca dan memahaminya sebelum melakukan transaksi. Jangan sampai ada poin yang menyebutkan bahwa pengelola situs web, boleh memberikan data pribadi konsumen ke pihak lainnya. Situs belanja online terpercaya biasanya memberikan layanan yang maksimal, jika kamu ikut memahami aturan yang berlaku. Terdapat kontak layanan pengaduan konsumen, identitas pelaku usaha, informasi label, petunjuk penggunaan hingga kebijakan tentang data diri dan lainnya.

4. Perhatikan Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku

Masing-masing situs belanja online tentunya memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku dalam pemakaian jasa yang ditawarkan situs online. Para pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna dibawah hukum.

5. Pilih Seller Yang Memiliki Reputasi Baik

Tips Dan Cara Belanja Online Yang Aman

photo via simplybusiness.co.uk

Meskipun kita berbelanja di situs online terbesar sekalipun, tak menutup kemungkinan masih ada saja penjual yang tidak jujur. Sehingga yang menjadi korbannya para konsumen. Mengantisipasi hal ini, sebaiknya pilih seller yang memiliki reputasi terbaik.

Mencari informasi tentang seller terbaik pada situs online tidaklah sulit, karena biasanya situs online tersebut menandainya dengan tanda baik itu star+, bintang ataupun lainnya. Jika sebuah toko ditandai dengan star+, bintang besar maka semakin terpercaya seller tersebut.

Selain situs belanja online, banyak orang juga berjualan dengan media sosial. Nah untuk melihat reputasi dari penjual ini, lihat saja testimoni orang-orang yang sudah berbelanja disana. Semakin banyak testimoni yang baik maka sellernya memiliki reputasi baik dan begitu juga sebaliknya.

6. Waspada Jika Produk Sangat Murah

Konsumen mana yang tidak tertarik dengan harga produk yang murah? Ketika kamu tidak sengaja melihat produk yang harganya sangat murah dan di foto terlihat sangat bagus apalagi ditambah-tambah terbuat dari bahan berkualitas terbaik. Nah, kamu harus hati-hati, jangan langsung membelinya. Karena ini salah satu trik penjual agar banyak orang yang membelinya.

Perlu di ingat, para penjual pastinya tidak ingin rugi. Dengan harga murah, tentu saja kualitas bahan produk yang dijual dibawah standar, ada kualitas tentunya ada harga yang harus dibayar. Apalagi produk tersebut mencantumkan brand-brand terkenal, sudah pasti produk tersebut palsu.

7. Teliti Membaca Deskripsi Produk

Tips Dan Cara Belanja Online Yang Aman

photo via esquiremag.ph

Karena kita berbelanja online, tentu saja tidak bisa melihat kondisi fisik produknya secara langsung. Maka dari itu kita perlu dengan cermat membaca deskripsinya. Pada umumnya di dalam deskripsi akan dijelaskan tentang bahan, warna, ukuran dan lainnya. Jika dirasa kurang lengkap, kalian bisa chat sellernya terlebih dahulu untuk detail produk yang lebih jelas. Kebanyakan orang merasa dicurangi atau dibohongi karena menerima pesanan tidak sesuai dengan keinginannya. Mungkin mereja kurang teliti membaca deskripsi produk yang akan dibelinya.

8. Lihat Review Dari Pembeli Sebelumnya

Tak hanya deskripsi saja yang harus kamu perhatikan ketika membeli produk di situs online, review dari pembeli juga perlu kamu perhatikan. Dengan melihat review ini kamu bisa mengetahui apakah toko ini dapat dipercaya atau tidak. Jangan lupa, perhatikan seberapa banyak review positif yang ada. Jika ada banyak review positif, kamu bisa lebih tenang saat membeli produk di seller tersebut. Biasanya dalam sebuah review juga disematkan gambar produknya, nah dengan begitu kamu sudah bisa memperkirakan produk apa yang nantinya kamu dapatkan.

9. Baca Kebijakan Pengembalian Barang

Tips Dan Cara Belanja Online Yang Aman

photo via esqnews.id

Jangan lupa baca juga kebijakan pengembalian barang, karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik. Maka harus ada garansi jika barang yang diterima ternyata rusak.

10. Pilih Cara Pembayaran Yang Paling Aman

Dalam berbelanja online, menggunakan rekening bersama memang menjadi salah satu cara teraman karena tehindari dari resiko penipuan. Sistem dari rekening bersama ini, uang yang telah ditransferkan tidak akan langsung sampai ke penjual jika barang yang dipesan belum sampai ke tangan pembeli. Melainkan penjual baru bisa mendapatkan uangnya ketika pembeli sudah mengkonfirmasi keberhasilan dari transaksi yang dilakukan.

Tapi ketika barang tidak kunjung datang atau barang tidak sesuai maka uang yang telah di transferkan akan kembali ke pembeli. Sistem rekening bersama ini sudah digunakan oleh situs belanja online yang besar.

Namun bagaimana dengan belanja online yang dimedia sosial? Kamu bisa melakukan pembayaran dengan cara COD (Cash On Delivery). Jika barang sudah diterima pembeli maka pembeli bisa langsung membayarkannya.

11. Gunakan Pengiriman Terpercaya

Tips Dan Cara Belanja Online Yang Aman

photo via w3cargo.com

Jika berbelanja di situs online terbesar, jasa pengiriman yang digunakan sudah pasti terpercaya. Ada berbagai macam jasa pengantaran yang biasanya digunakan yaitu J&T, JNE, SiCepat, GoSend, Ninja Express, Pos Indonesia dan lainnya. Barang yang yang sudah kita beli juga bisa kita lihat trackingnya dalam aplikasi sehingga bisa kita pantau keberadaannya. Nah jika kalian membeli produk di online shop lainnya, pastikan untuk meminta nomor resi-nya kepada penjual dan tracking barang kamu.

12. Hati-hati Dengan Social Engineering

Penipuan yang paling banyak terjadi pada saat berbelanja online yaitu rekayasa sosial atau social engineering. Para pelaku biasanya mengontak korban dengan mengaku sebagai karyawan situs belanja online, kemudian mereka akan mengajak pembeli untuk bertransaksi di luar situs atau meminta data rahasia seperti PIN password dan kode OTP. Padahal PIN password dan kode OTP merupakan data pribadi yang tidak boleh kita berikan kepada siapapun itu. Maka dari itu, jika ada hal yang seperti ini jangan pernah kalian tanggapi.

13. Jangan Menyimpan Informasi Kartu Kredit Di Toko Online

Tips Dan Cara Belanja Online Yang Aman

photo via rgcadvertising.com.au

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyalahgunaan informasi kartu kredit oleh orang lain yaitu tidak menyimpan informasi kartu kredit di toko online. Jika ada pertanyaan apakah ingin informasi kartu kredit di ingat atau disimpan secara otomatis untuk kemudahan, pastikan untuk memilih “tidak”. Jangan lupa juga untuk log out dari situs online setelah bertransaksi untuk mencegah penyalahgunaan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

14. Simpan Bukti Transaksi

Online shop yang terpercaya akan memberikan bukti transaksi dan biasanya melalui email. Sebelum barang sampai dirumah, simpan baik-baik bukti transaksi tersebut. Jika sewaktu-waktu ada masalah dengan barang yang di beli, bukti pembayaran ini bisa menjadi bukti.

15. Cek Paket Dan Hilangkan Jejak Data

Tips Dan Cara Belanja Online Yang Aman

photo via freepik.com

Ketika paket sudah sampai ditangan, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka dan memeriksa isi dalam paket. Apakah sudah sesuai dengan yang kita beli? Jika tidak sesuai dengan yang kita beli, kita bisa melaporkan langsung ke penjualnya. Pastikan juga jika barang yang diterima tidak mengalami kerusakan, karena bisanya ada beberapa paket yang rusak akibat proses pengiriman.

Tak sampai disitu, hal satu ini mungkin banyak yang mengabaikannya yaitu menghilangkan jejak data. Ketika membeli barang secara online, identitas pembeli seperti nama, alamat hingga nomor telepon akan terpajang di depan bungkusan atau kardus. Nah, data-data ini sebaiknya kamu hilangkan terlebih dahulu. Bisa kamu gunting atau hancurkan hingga tidak bisa terbaca lagi. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan yang bisa saja mengatasnamakan kita.

Itulah beberapa tips dan cara berbelanja online yang aman. Pastikan kamu untuk mengikuti langkah-langkah diatas agar kamu terhindar dari penipuan. Bagaimana sudah siap untuk berbelanja online?

No items
Artikel Terkait