Tips Dan Cara Mengatasi Bad Mood Saat PMS

Tips dan cara mengatasi bad mood saat PMS

Premenstruation Syndrome (PMS) merupakan salah satu kondisi yang terjadi sebelum wanita mengalami haid. Gejala PMS ini biasanya muncul 1 – 2 minggu sebelum hari pertama menstruasi setiap bulannya. Ketika PMS mulai menyerang, para wanita biasanya mengalami perubahan fisik, perilaku hingga emosi, ini dikarenakan adanya perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron di tubuh wanita menjelang masa menstruasi.

Jadi tidak heran menjelang kedatangan tamu bulanan, para wanita menjadi lebih sensitif. Sedikit-sedikit merasa kesal dan sedikit-sedikit merasa senang di hari yang sama. Memang sih hal tersebut terbilang wajar, namun terkadang kondisi ini sedikit menganggu aktivitas sehari-hari. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini tips dan cara mengatasi bad mood saat PMS

1. Sempatkan Diri Untuk Me Time

Tips Dan Cara Mengatasi Bad Mood Saat PMS

photo via bundafinaufara.com

Ketika kamu dalam masa PMS, sesibuk apapun itu aktivitas harianmu cobalah untuk menyempatkan diri untuk me time. Ada beragam hal yang bisa kamu lakukan seperti menonton film, mendengarkan musik favorit, berbelanja, ke salon dan lainnya. Pokoknya lakukan hal-hal yang membuat hatimu senang karena jika kamu senang moodmu juga otomatis akan bagus.

2. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup saat PMS

Photo via polysleep.ca

Istirahat yang cukup juga dapat mengatasi bad mood ketika PMS. Ketika wanita sedang PMS beberapa orang mungkin mengalami nyeri badan dan mudah kelelahan. Nah, ketika kedua hal ini sedang dirasakan oleh wanita tak dipungkiri lagi moodnya akan langsung terjun bebas. Untuk itu akan lebih baik jika kamu tidak terlalu aktif beraktivitas terlebih dahulu. Akan lebih baik jika kamu beristirahat yang cukup agar keesokan harinya kamu lebih semangat dalam menjalani hari-hari.

3. Hindari Perdebatan

Tips Dan Cara Mengatasi Bad Mood Saat PMS

photo via zonamahasiswa.id

Ketika PMS, mood pun sering berubah-rubah dan menjadi lebih sensitif. Ketika kamu merasa kurang mood, usahakan untuk menghindari segala jenis perdebatan baik itu di tempat kerja, teman maupun pacar. Hal ini cara yang tepat agar kamu tidak beradu argumen yang entah akhirnya akan seperti apa. Kamu juga bisa katakan ke lawan bicaramu, jika hal itu bisa dibahas lain waktu saja karena kamu dalam kondisi yang tidak bisa berpikir panjang.

4. Lakukan Relaksasi

Saat moodmu benar-benar hancur, cobalah untuk menarik diri dari keramaian dan rileks sejenak untuk mengatur emosi. Merelaksasikan tubuh dipercaya dapat mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik dan mengurangi ketegangan akibat PMS. Kamu juga dapat memberikan pijatan ringan pada tubuh untuk mengurangi ketegangan otot. Selain itu kalau kamu gemar yoga, kamu juga bisa melakukannya.

5. Perbaiki Pola Makan

Tips Dan Cara Mengatasi Bad Mood Saat PMS

photo via jovee.id

Agar mood selama PMS tidak semakin parah, coba deh untuk memperbaiki pola makan. Ketika PMS makanlah dalam porsi kecil namun lebih sering untuk mengurangi perut kembung. Selain itu, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi seperti gandum, buah-buahan dan sayuran. Makanan yang harus kamu hindari ketika PMS yaitu makanan yang mengandung tinggi garam serta kurangi makanan atau minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi bad mood saat PMS datang. Meskipun sangat sulit untuk mengatur emosi ketika PMS, tapi tidak ada salahnya mencoba.

Artikel Terkait