Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula Agar Menjadi Pro

3 minggu, by blogunik

Tips Mobile Legends untuk pemula

Kamu seorang newbie dan sedang mencari tips dalam bermain Mobile Legends agar lebih pro? Tenang, mungkin kumpulan tips berikut bisa membantu kamu!

Mobile Legends merupakan game mobile bergenre MOBA yang dikembangkan oleh Moonton, perusahaan pengelola game asal China. Kalian yang memainkan game ini diharuskan untuk mempertemukan dua tim yang bertanding untuk menghancurkan base lawan dan mempertahankan base mereka sendiri. Game satu ini menjadi salah satu game paling banyak digemari oleh penggemar game didunia termasuk di Indonesia. Bahkan game ini sudah memunculkan banyak turnamen untuk yang amatir hingga profesional.

Selain cukup menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Game ini juga bisa memberikan pundi-pundi rupiah jika dilakukan dengan serius. Namun buat kamu yang masih pemula dan memiliki banyak kendala dalam bermain Mobile Legends. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu coba ketika bermain Mobile Legends. So let’s check it out guys!

1. Pastikan koneksi internet stabil

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via support.google.com

Mobile Legends adalah jenis game online sehingga kamu memerlukan koneksi internet yang stabil dan tidak putus-putus. Dengan adanya koneksi internet yang stabil, permainan kamu akan berjalan lancar tanpa adanya hambatan seperti nge-lag, koneksi putus dan lain-lain. Jika sudah lag, maka kamu akan mati dalam permainan. Perlu kalian ketahui bahwa game Mobile Legends tidak membutuhkan koneksi internet yang cepat, namun membutuhkan koneksi yang stabil dan tidak putus putus. Jadi sebelum bermain pastikan koneksi internet rumah kamu stabil ya!

2. Kuasai satu hero

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via mariobd.com

Tips selanjutnya adalah kamu harus menguasai minimal satu hero. Mobile Legends memiliki 49 hero yang bisa digunakan para pemain. Hero tersebut terbagi menjadi beberapa role, antara lain: Assassin, Tank, Fighter, Mage, Marksman dan Support. Bagi kamu yang pemula, disarankan untuk menguasai satu hero yang menurut kalian paling mudah digunakan dan kalian harus memahami bagaimana skill dari hero tersebut. Untuk mempelajarinya, kalian bisa masuk ke dalam Mode Custom dan langsung memilih fitur Practice untuk belajar skill-skill hero. Kamu bisa memilih beberapa rekomendasi hero Mobile Legends untuk pemula seperti Zilong, Eudora, Layla, Miya, Saber, Akai dan Rafaela.

3. Tentukan build item hero

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via gadgetapa.com

Setelah menentukan hero yang kamu sukai, kamu juga harus mengatur build item hero. Pengaturan tersebut ada dalam menu Preparation > Build. Lalu, kamu bisa memilih hero mana yang ingin kamu atur build-nya. Nah buat kamu yang pemula dan masih binging dengan cara build hero Mobile Legend, maka kamu bisa menggunakan rekomendasi build item dari Top Player yang juga tersedia di laman yang sama.

4. Upgrade emblem

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via wikihow.com

Nah buat kamu yang ingin lebih pro dalam bermain game ini, kamu harus mengupgrade emblem yang kamu gunakan. Emblem sendiri adalah suatu variabel yang dapat ditingkatkan untuk menambah efek tertentu. Emblem terbagi atas Physical, Magical, Marksman, Mage, Fighter, Jungler, Tank, dan Support. Setiap Emblem memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan Emblem cocok dengan hero yang ingin kalian gunakan seperti emblem Magic untuk hero-hero bertipe Mage, emblem Physical Assassin untuk hero Assassin dan Tank untuk hero dengan role Tank.

5. Tentukan battle spell

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via aminoapps.com

Tips bermain Mobile Legends berikutnya bagi para pemula adalah menentukan battle spell. Buat para penggemar Mobile Legends pasti mengetahui betul kalau battle spell adalah hal yang cukup penting untuk membantu pemain dalam sebuah pertandingan. Battle Spell sendiri adalah salah satu skill tambahan di game Mobile Legends, skill ini tidak bisa kamu anggap remeh karena sangat penting. Setiap pemain bisa menggunakan 1 dari 12 battle spell yang disediakan. Nah buat para pemula, kalian bisa menggunakan Battle Spell seperti Execute, Inspire, Healing Spell, Retribution dan Purify.

6. Perhatikan mini map

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via esportsku.com

Jangan asal bergerak kesana-kemari, kamu perlu memperhatikan mini map yang selalu muncul di pojok kiri atas permainan Mobile Legends. Dengan adanya mini map ini kita dapat melihat dimana team kita berada dan memantau dimana saja musuh berada. Kita juga bisa mengetahui tempat lord atau turtle, pemberitahuan (ping) cepat dan masih banyak lagi.

7. Pastikan level trus meningkat/leveling

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via bluestacks.com

Tips bermain mobile legend bagi pemula berikutnya adalah terus meningkatkan level atau bahasa kerennya leveling. Semakin tinggi level kamu dari lawan, maka kamu akan mudah mengalahkan lawan kamu. Nah cara mudah meningkatkan level bagi para pemula adalah dengan menghabisi minion lalu menghabisi monster hutan, menggunakan spell retribution, dan membeli salah satu item jungle.

8. Jangan egois dalam memilih hero

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via oneesports.gg

Mobile legends adalah game yang seru jika dimainkan bersama-sama team. Jika kalian pemula, dan bermain dalam team yang semua anggotanya pemula, maka jangan cenderung memilih hero Mage ataupun Marksman. Ini sering terjadi pada pemain pemula yang biasanya akan memilih hero Mage ataupun Marksman. Jika bermain dalam team pemula, cobalah mengalah dengan menggunakan hero Tank, Fighter ataupun Assassin sehingga permainan akan menjadi lebih efektif.

9. Jangan malas menonton live streaming permainan orang lain yang lebih profesional

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via youtube.com (bisdakgamers)

Tidak ada mata pelajaran Mobile Legends di sekolah, maka dari itu kamu harus berusaha sendiri untuk menguasai permainan online ini. Salah satunya dengan sering-sering menonton live streaming permainan orang lain yang lebih profesional atau para gamers yang sudah pro dalam permainan ini agar dapat mencuri ilmu dari mereka. Kamu bisa mempelajari bagaimana cara mereka menggunakan setiap hero dengan baik dan benar. Bahkan kamu bisa mencuri cara para pemain profesional dalam mengatasi team noob Mobile Legend. Saat ini ada banyak sekali pemain profesional Mobile Legends yang merekam pertandingan mereka dan mengunggahnya di situs YouTube atau Facebook yang bisa kamu pilih seseuai gamers favorit kalian.

10. Fokus hancurkan tower/turret

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via fingma.blogspot.com

Tips bermain Mobile Legends bagi pemula berikutnya adalah fokus untuk menghancurkan tower. Seperti yang kita tujuan utama permainan Mobile Legends adalah untuk menghancurkan base lawan. Maka dari itu, kamu harus menghancurkan Turret alias tower yang berada di area musuh. Namun banyak dari para pemain baru yang lebih mementingkan untuk membunuh banyak musuh daripada menghancurkan tower. Semakin cepat kalian menghancurkan tower, maka kemenangan akan lebih cepat diraih. Perlu diketahui, tidak peduli berapa pun jumlah kill dan assists, jika kalian tidak menghancurkan Turret, jangan berharap kamu bisa menang.

11. Bermain aman, dan selalu bersama teman se-team

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via bluestacks.com

Sering sekali terjadi pada pemain pemula. Mereka bertindak nekat, terburu-buru dan lupa dengan teman satu team, sehingga membuatnya mati dengan mudah. Buat kamu yang pemula hendaknya harus bermain aman. Jangan terpancing untuk mengalahkan musuh sendiri atau maju sendirian saat ada lawan bergerombol. Pastikan kamu selalu bersama dengan teman se-team agar saat ada musuh yang menyerang, kamu bisa dibantu. Intinya bermain hati hati adalah salah satu cara menjadi pro player Mobile Legends.

12. Utamakan kerjasama team

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via apkpure.com

Seperti yang disebut diatas, teman se-team sangatlah penting. Kamu bisa bekerja sama dengan team untuk menghancurkan base lawan. Jadi nggak heran kalau game ini makin asyik jika dilakukan jika “Mabar” alias Main Bareng. Dengan mabar, kalian bisa memiliki peluang besar untuk menang saat match di Mobile Legends. Namun pastikan player yang kalian ajak mabar tersebut adalah player yang lebih pro dari kamu, sehingga kamu yang masih pemula bisa lebih diarahkan olehnya.

13. Jangan sepelekan tanda peringatan

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via moba-garena.blogspot.com

Jangan menjadi player yang keras kepala dan nekat, kamu juga harus memperhatikan tanda peringatan yang terkadang muncul saat permainan. Perlu kamu ketahui, tanda peringatan di game Mobile Legends (ML) itu ada 3, diantaranya adalah Attack (serang), Retreat (mundur) dan Gather (berkumpul). Peringatan ini tidak bisa disepelekan karena merupakan perintah dari teman yang melihat situasi di dalam game.

14. Jangan menjadi AFK

Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

photo via reddit.com

Kalau sudah terlibat dalam sebuah permainan, apalagi team-mu sedang berjuang mengalahkan musuh, maka janganlah melarikan diri dari game dengan menjadi AFK. AFK alias Away From Keyboard sendiri adalah sebutan untuk pemain yang meninggalkan permainan tanpa kembali lagi. Nah jika hal ini kalian lakukan, selain merugikan diri sendiri juga akan merugikan teman se-team. Credit Score kamu akan dikurangi sebagai hukuman, maka pastikan Credit Score harus tetap berjumlah 100. Semakin sering AFK, maka akan ada patokan minimal dari Credit Score yang membuat kamu nggak bisa bermain pada mode rank.

Akhir Kata

Nah itu dia beberapa tips dalam bermain Mobile Legends untuk pemula yang bisa kamu coba agar bisa menjadi pro player ke depannya. Namun, meskipun bermain game ini sangat menyenangkan, apalagi bisa menghasilkan uang jika mengikuti turnamen, kamu tetap harus bijak dalam membagi waktu kamu. Jangan sampai, game ini membuat aktifitas sehari-hari kamu menjadi terganggu ya!

+1
Artikel Terkait