Tips Makeup Anti Luntur Agar Wajahmu Fresh Sepanjang Hari

2 bulan lalu, by blogunik

0

Sekarang ngaku deh, siapa nih diantara kalian yang ketika pagi makeupnya masih maksimal, tapi setelah sampai di tempat kerja ataupun setelah sampai di tempat kondangan, makeup kamu sudah luntur sehingga menampilkan wajahmu yang belang dan berminyak? Kesel bukan? Siapa juga yang tidak kesal ketika makeup yang sudah susah payah dibuat malah luntur ditengah-tengah acara. Seringkali cuaca panas menjadi musuh besar bagi ketahanan makeup. Pasalnya keringat yang mengucur diseluruh tubuh memungkinkan makeup bisa luntur bahkan hanya dalam beberapa jam.

Untuk mengatasi permasalahan tentang makeup yang tidak tahan lama tersebut, kamu bisa melakukan beberapa tips long lasting makeup berikut ini sehingga makeup kamu tidak mudah luntur dan wajahmu tetap fresh dan maksimal sepanjang hari.

1. Pastikan kulit wajah bersih dan lakukan eksfoliasi secara rutin

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via shutterstock.com

Untuk menghasilkan makeup yang awet sapanjang hari, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kulit wajah kamu bersih. Sebab jika kamu merias wajah yang masih kotor, maka riasanmu cenderung akan luntur.

Perlu diketahui, ternyata saat tidur, kulit kita akan menghasilkan sebum dan melepas sel kulit mati di permukaan kulit. Karena itu di pagi hari kamu wajib membersihkan wajah dengan facial wash yang lembut. Selain membersihkan, mencuci wajah di pagi hari juga bisa membuat wajah kamu lebih segar.

Selain itu, lakukan juga eksfoliasi beberapa kali dalam seminggu untuk menyingkirkan sel kulit mati pada kulit wajah kamu. Pasalnya jika kamu mengaplikasikan makeup diatas kulit yang memiliki banyak sel kulit mati, maka kulit bisa mengelupas dan terlihat bersisik. Hal ini juga membuat makeup tidak terlihat segar dan cepat luntur. Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan memijat halus kulit dengan produk scrub pilihanmu.

2. Lembabkan kulit

photo via charlottetilbury.com

Setelah memastikan kulit wajah kamu bersih, segera aplikasikan pelembab pada kulit wajah hingga leher. Pasalnya kulit yang lembab dapat mengunci makeup lebih baik dibandingkan kulit yang kering.

Namun pastikan kamu memilih produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Untuk kulit yang berminyak, gunakan merk pelembap untuk kulit berminyak yang bebas minyak atau tipe gel. Sementara untuk kulit kering gunakan pelembap kulit yang lebih menutrisi.

Selain itu, untuk penggunaan di siang hari, sebaiknya kamu juga memilih moisturizer yang telah dilengkapi dengan kandungan SPF dan PA untuk menjaga kulit dari efek buruk sinar UV. Setidaknya pilihlah produk pelembab yang memiliki kandungan SPF 15 untuk melindungi kulit dari matahari.

Namun bagi kamu yang tinggal didaerah yang banyak sinar matahari atau sinar mataharinya lebih menyengat kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 45. Pilih juga moisturizer yang mengandung antioksidan sehingga bisa melindungi kulit kamu kari polusi dan radikal bebas.

Penting untuk diingat! Pastikan untuk menghindari pelembab wajah yang terlalu kaya dan memiliki tekstur yang terlalu creamy di siang hari. Pelembap seperti ini membuat wajah terlalu licin sehingga rias wajah tidak menempel dengan bagus.

3. Pastikan untuk menggunakan primer

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via sundaymore.com

Menggunakan primer adalah salah satu kunci untuk mendapatkan hasil makeup yang tahan lama atau long lasting makeup. Namun banyak yang melewatkan produk kecantikan satu ini karena berbagai macam alasan, padahal primer sangat penting untuk ketahanan makeup.

Untuk itu, setelah kalian mengaplikasikan pelembab, pastikan kalian juga mengaplikasikan primer secukupnya ke seluruh wajah, terutama pada area T-zone pada wajah yang rentan berminyak. Primer tidak akan mengganggu fungsi dari pelembap yang kamu gunakan, namun menjaga keadaan kulit wajah jika sewaktu-waktu kulit menjadi kering atau berminyak di siang hari. Saat penggunaannya, pijat perlahan untuk memastikan primer meresap ke dalam pori-pori kulit.

4. Jangan lupa menggunakan primer untuk mata atau concealer cair

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via stylecaster.com

Tidak hanya pada wajah, kamu juga harus mengaplikasikan primer mata pada kelopak mata kamu. Kamu juga bisa menggunakan concealer cair untuk menggantikan produk ini. Penggunaan primer mata ataupun concealer cair ini akan membuat eyeshadow yang nantinya kamu gunakan menjadi tahan lama, sekaligus dapat menegaskan lipatan pada kelopak mata. Selain itu, primer mata atau concealer cair juga mampu membuat warna eyeshadow menjadi semakin hidup. Primer pada mata juga dapat membantu eyeliner untuk tidak luntur saat digunakan sepanjang hari.

5. Pilih foundation yang matte

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via khadijabeauty.com

Banyak produk foundation yang menjamin ketahanannya hingga 24 jam. Produk seperti ini patut dicoba untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan sepanjang hari. Agar makeup tidak mudah bergeser, pilihlah foundation dengan hasil akhir matte. Foundation matte bisa menahan minyak lebih baik sehingga makeup kamu akan lebih awet seharian. Untuk hasil yang lebih maksimal, aplikasikan foundation menggunakan beauty blender yang agak basah. Sehingga produk bisa benar-benar masuk ke kulit.

Namun selalu pastikan kamu memilih warna foundation yang sesuai dengan tone kulit kamu. Sebaiknya kamu juga memilih foundation dengan daya coverage medium to high. Foundation yang memiliki coverage tinggi bisa menutup ketidaksempurnaan pada kulit.

6. Gunakan bedak translusens

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via ipsy.com

Meskipun foundation yang kamu gunakan memiliki daya coverage tinggi namun kamu tetap membutuhkan bedak untuk mengunci foundation agar tidak bergeser. Agar tetap terlihat natural kamu bisa menggunakan jenis bedak translusens. Bedak ini tidak berwarna atau sedikit berwarna dan memberikan penampilan matte pada wajah tanpa semakin menutupi kulit seperti bedak berwarna.

Untuk mengaplikasikannya dengan benar kamu harus menggunakan brush kemudian memulas bedak sedikit demi sedikit secara perlawan dan merata ke wajah agar hasilnya maksimal. Dengan menggunakan bedak, kamupun dapat memiliki makeup yang tahan lama.

7. Gunakan powder eyeshadow

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via merdeka.com

Dalam pemilihan eyeshadow, pastikan kamu menggunakan powder eyeshadow daripada jenis-jenis eyeshadow lainnya. Mengaplikasikan powder eyeshadow diatas kelopak mata yang telah dilapisi primer mata sebelumnya dapat menghasilkan eyeshadow yang tahan lama. Sedangkan eyeshadow jenis krim cenderung luntur dengan lebih mudah.

Saat memilih eyeshadow pilih yang memiliki formula lembut, mudah diaplikasikan, dan mudah dibaur pada kelopak mata. Pastikan juga warnanya intens namun tetap natural sehingga bisa mendefinisikan tampilan mata kamu.

8. Pilihlah eyeliner yang waterproof dan tahan terhadap minyak serta tidak mudah pecah dan luntur

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via rotana.net

Bagi kebanyakan wanita eyeliner adalah salah satu produk makeup yang nggak boleh ketinggalan. Dengan eyeliner mata akan tampak lebih tajam, indah dan dramatis. Namun, eyeliner juga rentan untuk luntur dan tidak bertahan seharian. Untuk membuat eyeliner tidak luntur dan tidak mudah pecah ataupun berantakan, kamu harus memilih eyeliner yang berkualitas tinggi. Pastikan eyelinermu waterproof dan tahan terhadap minyak serta tidak mudah pecah dan luntur.

Ada baiknya menggunakan eyeliner cair daripada eyeliner cream. Pasalnya eyeliner cair lebih tahan lama, tidak mudah luntur dan melobor kebagian bawah mata yang bisa membuatmu terlihat seperti hantu. Untuk mencegah hal tersebut, caranya adalah dengan memoles eyeliner cair sebanyak dua kali di kelopak mata setelah menggunakan eyeshadow dengan begitu, riasan mata kamu akan lebih awet.

9. Gunakan maskara anti air atau waterproof

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via watsons.co.id

Setelah menggunakan eyeliner, tahap selanjutnya adalah menggunakan maskara. Untuk membuat maskara tahan lama di bulu mata kamu dan tidak luntur kemana-mana, pastikan kamu menggunakan maskara anti air atau waterproof. Maskara anti air atau anti luntur bekerja dengan baik untuk menjaga mata terlihat segar seharian. Maskara anti air tidak akan luntur jika mata kamu basah karena menangis.

Jika maskara anti air membuat bulu mata kamu terlalu kering atau menjadi rontok, cobalah untuk mengaplikasikan maskara biasa terlebih dahulu, baru maskara tahan air untuk melapisinya.

10. Gunakan dua 2 jenis blush on berbeda

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via maquillaje.com

Setelah riasan mata, para wanita biasanya akan menggunakan blush on untuk dapat tampil fresh dan merona. Blush termasuk yang mudah diaplikasikan dan biasanya lebih tahan lama daripada bedak. Kuncinya, kamu harus tahu cara untuk memulasnya secara merata agar mendapatkan tampilan alami sesuai yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hasil blush on yang tahan lama dengan menggunakan 2 jenis blush on berbeda. Pertama, kamu bisa aplikasikan blush on krim, kemudian disusul blush on bubuk untuk mengatur warna. Usahakan untuk menggunakan warna yang berbeda, seperti oranye dan merah muda.

11. Gunakan lip liner dan lipstik matte yang tahan lama

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via oslobodjenje.ba

Bagi kebanyakan wanita, tiada hari tanpa menggunakan lipstik. Bisa dikatakan lipstik adalah item yang wajib hukumnya dibawa kemana-mana untuk mempertahankan kecantikan wanita sepanjang hari, karena memang lipstik akan memberikan daya tarik pada bibir seseorang.

Nah untuk membuat lipstik tahan lama sehingga kita nggak perlu capek-capek memulas lipstik setiap sehabis makan, adalah dengan menggunakan lipstik matte. Lipstick matte jauh lebih tahan lama dibanding lipstick biasa, tapi jangan lupa untuk mengoleskan lipbalm sebelum lipstick matte agar bibir kamu jadi lembab dan tidak kering.

Tips membuat lipstik menjadi tahan lama lainnya juga bisa dengan menggunakan foundation yang tidak mengandung minyak pada bibir sebelum menggunakan lipstik. Kemudian bentuk garis dan isi bibir dengan lip liner, kemudian baru aplikasikan lipstik matte favorit kamu.

Dengan begitu lipstik akan menempel dengan sempurna dan tahan lama di bibir kamu. Tidak hanya itu, foundation tanpa minyak ini juga berguna untuk membuat warna lipstik kamu lebih hidup dan terlihat lebih cantik.

12. Kunci makeup dengan setting spray

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via lookecosmetics.com

Tahap terakhir, pastikan kamu menyemprotkan wajah dengan setting spray begitu selesai makeup. Setting spray berguna untuk mengunci makeup agar dapat menempel dengan lama di kulit wajah kamu. Setting spray juga akan mengunci makeup tetap berada di tempatnya sepanjang hari. Tidak hanya itu, setting spray juga bisa membantu mengontrol minyak berlebih yang menjadi faktor makeup mudah luntur. Ada banyak merk setting spray yang bagus untuk membantu menjaga makeup mu agar tidak luntur, namun pilihlah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu ya.

Tips Makeup Anti Luntur Lainnya

Setelah kamu mengetahui tips cara bermakeup agar mendapatkan hasil makeup yang tahan lama dan tidak mudah luntur, ternyata masih ada lho beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar makeup yang kamu gunakan dapat bertahan lama sepanjang hari. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!

1. Jangan menyentuh wajah dengan tangan

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via instyle.com

Untuk menjaga makeup yang sudah susah payah kamu aplikasikan ke wajah agar lebih tahan lama, maka sebisa mungkin jangan menyentuh wajah dengan tangan. Pasalnya menyentuh wajah dapat membuat makeup luntur lhp. Belum lagi semua minyak dan kuman yang ada di ujung jari kamu. Semakin sedikit kamu menyentuh wajah, semakin bertahan lama makeup di wajah kamu.

Setiap kali kamu menyentuh wajah, maka kamu akan menghapus sedikit rias wajah dan meningkatkan risiko rias wajah menjadi luntur. Maka dari itu, sebisa mungkin jangan sentuh wajah dengan jari-jari kamu.

2. Jangan menggunakan makeup wajah yang terlalu berat saat cuaca panas

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via brilio.net

Tips makeup tidak mudah luntur berikutnya adalah dengan menghindari riasan makeup tebal saat cuaca sedang panas. Pasalnya keringat yang muncul akan membuat riasan wajah mudah luntur dengan lebih mudah. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kamu memberi perhatian lebih pada riasan mata dimana kamu harus menggunakan riasan mata yang anti air atau waterproof.

Saat cuaca sedang panas, mengenakan begitu banyak rias wajah bukanlah ide yang bagus. Keringat membuat rias wajah luntur dengan lebih mudah. Langkah terbaik pada keadaan seperti ini adalah dengan menggunakan produk rias mata yang anti air atau waterproof. Seperti alis-alis anti air, eyeliner anti air, hingga maskara anti air.

3. Pilih produk sesuai jenis kulit

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via bp-guide.id

Sebelum mengaplikasikan makeup yang tahan lama, pastikan kamu memilih produk makeup sesuai jenis kulit. Kamu yang memiliki jenis kulit berminyak harus membeli produk kosmetik tabur yang bebas dari zat berminyak untuk memastikan riasan wajah tahan lama. Sedangkan kamu yang memiliki kulit jenis kombinasi atau kering sebaiknya memilih make-up berbasis cream atau yang diaplikasikan menggunakan stick.

4. Memilih produk tahan air

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via mirror.co.uk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk mendapatkan hasil makeup yang tahan lama, maka kamu harus memilih produk makeup yang tahan air alias waterproof. Maskara tahan air, eye shadow, dan produk kosmetik lainnya sangat cocok untuk mereka yang memiliki jenis kulit berminyak atau keringat berlebih. Hal tersebut karena jenis produk ini tidak memerlukan pengulangan untuk memakainya dan tetap terlihat bagus selama berjam-jam.

5. Jauhkan rambut dari wajah

Tips-Makeup-Anti-Luntur-Agar-Wajahmu-Fresh-Sepanjang-Hari

photo via get-the-look.ca

Nah tips menjaga makeup agar tidak mudah luntur selanjutnya adalah dengan menjauhkan rambut dari wajah sepanjang hari. Kamu bisa menata rambutmu dengan menggelungnya ke atas atau menjepit ponimu agar tak menyentuh dahi.

Tapi jika kamu tetap ingin menggunakan poni, pastikan ponimu selalu dalam keadaan kering, tidak lepek dan basah, dengan begitu, makeupmu tidak akan mudah luntur dan penampilanmu akan terlihat selalu fresh sepanjang hari.

Demikian tips makeup tidak mudah luntur atau anti luntur yang bisa kamu terapkan jika bermakeup nanti sehingga wajahmu dapat terlihat fresh dan maksimal sepanjang hari. Dengan tips diatas, kamu nggak akan perlu repot-repot untuk touch up setiap saat. Selamat mencoba guys!

0
Artikel Terkait