Tips Memilih Kartu Kredit Untuk Pemula Beserta Pilihannya

Dibuat oleh blogunik

Siapa nih yang belum pernah menggunakan kartu kredit? Belakangan ini tips memilih kartu kredit untuk pemula dan pilihan kartu kredit terbaik untuk pemula sedang menjadi pencarian hangat lho! Meski bukan sebuah kebutuhan pokok, namun memiliki kartu kredit di zaman sekarang memang bisa jadi solusi tepat untuk memudahkan kehidupan sehari-hari khususnya untuk bertransaksi.

Kartu kredit sendiri adalah alat pembayaran secara non tunai dengan menggunakan kartu yang diterbitkan oleh bank. Kartu kredit dapat membantu kamu untuk melakukan transaksi di awal dan dibayarkan oleh bank, namun pada akhirnya kamu harus membayar nominal yang sudah di tentukan oleh pihak bank setiap awal bulan ke bank bersangkutan.

Kartu kredit juga memberikan banyak manfaat bagi pengguna seperti kepraktisan dalam bertransaksi, bahkan transaksinya bisa dicicil dengan bunga sampai 0 %. Belum lagi ada banyak rewards yang bisa kamu dapatkan setiap menggesekkan kartu kredit. Selain itu, kartu kredit juga memberikan kemudahan dalam bertransaksi di luar negeri karena label Visa dan Mastercard yang melekat di alat pembayaran nontunai ini menjadi akses transaksi di banyak negara, sehingga kamu tidak perlu lagi menukarkan uangmu ke mata uang negara yang kamu tuju demi bisa transaksi.

Namun setiap ada kelebihan, tentu ada kekurangan. Begitupun dengan kartu kredit. Ini karena kartu kredit bisa dibilang sebagai tempat berhutang. Meski meberikan kemudahan dalam bertransaksi, namun pemakaian yang tidak bijak justru akan membuat kamu kewalahan saat harus membayar tagihan. Kartu kredit bisa sangat bermanfaat bila kamu tahu cara memanfaatkannya, namun kalau tidak tahu cara menggunakannya dengan baik, bisa-bisa kartu kredit hanya akan membuat kamu tercekik tagihan yang tidak kunjung lunas hingga akhirnya kamu bisa dikejar-kejar debt collector.

Maka dari itu, buat kamu yang masih pemula dan awam dengan kartu kredit, ada baiknya kamu ketahui beberapa tips dalam memilih kartu kredit untuk pemula berikut ini. So let’s check it out guys!

Tips Memilih Kartu Kredit untuk Pemula

Tips Memilih Kartu Kredit Untuk Pemula

photo via health.clevelandclinic.org

1. Ketahui bahwa kartu kredit itu adalah bentuk lain hutang

Buat kamu yang tertarik memiliki kartu kredit, ketahuilah bahwa kartu kredit sebenarnya adalah bentuk lain dari hutang. Artinya, setiap kali kamu bertransaksi menggunakan kartu kredit, maka ada kewajiban yang wajib diselesaikan saat jatuh tempo.

Meskipun pembayaran dengan kartu kredit terasa lebih ringan atau tanpa beban. Kamu tetap harus bijak dalam menggunakannya. Jangan mentang-mentang limit kartu kredit kamu besar, kamu merasa punya banyak uang sehingga membeli sesuatu secara berlebihan. Ingatlah bahwa kartu kredit itu bukan kartu debit atau tambahan uang. Kartu kredit itu adalah hutang. Sehingga penting sekali memahami atau membangun kesadaran bahwa kartu kredit itu hutang yang harus dibayar saat jatuh tempo.

2. Pelajari mekanisme menggunakan kartu kredit

Tips memilih kartu kredit untuk pemula selanjutnya adalah mempelajari mekanisme menggunakan kartu kredit. Seperti yang kita tahu, Pemegang kartu kredit (card holder) akan diberikan kredit limit, sehingga kamu tidak boleh menggunakannya melebihi limit yang telah ditetapkan oleh bank penerbit kartu kredit. Bila penggunaan melebihi limit tertentu maka kamu harus membayar kelebihan tersebut dengan tingkat bunga yang lebih tinggi. Belum lagi, kamu dibebankan angsuran wajib pada setiap tanggal jatuh tempo setiap bulannya sesuai yang ditetapkan issuer atau bank.

Untuk itu, baik besar ataupun kecil limit kartu kredit, kamu harus mempelajari mekanisme penggunaan dari kartu kredit. Dimana, pemegang kartu kredit membeli barang atau jasa dan biaya pembelian untuk sementara ditanggung oleh pihak bank, lalu pemegang kartu kredit harus membayar kepada bank setiap bulan dalam bentuk tagihan.

3. Tentukan tujuan dari penggunaannya

Menentukan tujuan dari penggunaan kartu kredit juga menjadi salah satu tips penting dalam memilih jenis kartu kredit yang tepat bagi pemula. Sebelum memutuskan untuk mengajukan kartu kredit ke bank, kamu harus mengetahui dengan benar tujuan kamu dalam mengajukan kartu kredit. Apakah untuk memenuhi kegemaran belanja kamu? Atau untuk membayar berbagai tagihan rumah tiap bulan seperti biaya listrik, air, wifi dll. Jika sudah jelas, maka kamu bisa mengajukan jenis kartu kredit yang sesuai kepada pihak bank.

Buat para pemula yang ingin memilih kartu kredit, ada banyak jenis kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk kebutuhan transaksi yang tinggi, kamu bisa mempertimbangkan untuk memiliki kartu kredit yang memiliki point reward maupun penawaran promo. Point reward maupun potongan harga pada promo tentu akan dapat menghemat pengeluaran kamu.

Selain itu, jika kamu suka belanja, maka ada banyak kartu kredit yang memberikan cashback hingga 5%, potongan harga di berbagai merchant, dan point reward, seperti BCA Visa Platinum, HSBC Visa Platinum, Citibank Cash Back Visa Platinum. Buat para penyuka travelling, ada CIMB Niaga AirAisa Big Card yang siap memberikan fasilitas cicilan 0% untuk 3 bulan. Kamu juga bisa memilih ANZ Travel Visa Signature untuk dapat memanfaatkan cashback BBM sebesar 50%.

4. Pertimbangkan biaya yang dibebankan

Tips memilih kartu kredit untuk pemula berikutnya adalah dengan mempertimbangkan berbagai biaya yang dibebankan. Biaya yang dimaksud adalah biaya iuran tahunan, biaya administrasi, biaya bunga, dan biaya lainnya.

Kamu bisa memilih kartu kredit yang menawarkan iuran tahunan terendah atau justru gratis. Pilih pula kartu kredit yang menawarkan biaya-biaya administrasi terendah, misalnya seperti biaya tarik tunai, biaya penggantian kartu, atau biaya over limit. Dengan mempertimbangkan hal ini, kamu pun bisa mengontrol pengeluaran dan kondisi keuangan kamu tetap stabil.

5. Pilih limit kartu kredit yang sesuai dengan penghasilan kamu

Umumnya, pihak bank akan menawarkan kartu kredit dengan limit dua sampai tiga kali lipat dari gaji bulanan kamu. Misalnya kamu memiliki penghasilan Rp 5 juta tiap bulannya. Maka pihak bank akan menawarkan limit Rp 10 juta. Meski begitu, bukan berarti kamu harus mengambil limit tersebut. Ada baiknya kamu memilih limit kartu kredit yang sesuai dengan penghasilan kamu tiap bulannya. Selain itu, kamu juga harus menggunakan kartu kredit dalam batas wajar dan pastikan tagihannya tidak lebih besar dari gaji bulanan kamu.

6. Cari tahu manfaat dari promo kartu kredit yang akan digunakan

Tips memilih kartu kredit untuk pemula berikutnya adalah dengan mencari tahu benefit dari promo kartu kredit yang akan digunakan. Perlu kalian ketahui, salah satu kelebihan dari kartu kredit adalah menjanjikan banyak promo dan reward untuk pengguna kartu kredit. Mulai dari promo makan, travel, penginapan, hingga belanja. Promo yang diberikan umumnya berupa diskon. Ada diskon 10 persen, 15 persen, 20 persen, hingga 60 persen buat momen tertentu. Belum lagi rewards berupa poin yang bisa ditukarkan. Jika kamu ingin bertransaksi, kamu tinggal mencari promo yang sesuai dengan yang disuguhkan oleh kartu kredit tersebut. Selama kamu bisa memanfaatkan promo seperti diskon, cashback, hingga poin rewards, maka kamu tetap bisa menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

7. Pilih bank penerbit dengan kualitas layanan terbaik

Memilih bank penerbit yang memberikan kualitas layanan yang baik dan terpercaya adalah tips memilih kartu kredit untuk pemula selanjutnya yang harus kamu perhatikan. Pasalnya, sebagai pengguna kartu kredit, kamu juga berhak mendapatkan pelayanan terbaik dari pihak bank penerbit termasuk pula layanan pengaduan yang bermutu, meski kartu kredit yang dipakai memiliki limit kecil.

Selain itu, pastikan kamu memilih kartu kredit dari bank yang memberikan fasilitas terbaik. Seperti fasilitas asuransi kecelakaan, fasilitas airport lounge, dan fasilitas lain yang penting dan kamu butuhkan sesuai dengan kegiatan kamu.

8. Cek keamanan dari kartu kredit

Satu lagi tips penting dalam memilih kartu kredit bagi pemula adalah dengan mengecek keamanan dari kartu kredit. Perlu dipahami bahwa kartu kredit pun menyimpan risiko-risiko yang patut kita waspadai. Maka dari itu penting halnya untuk benar-benar mencari tahu keamanan yang ditawarkan dari jenis kartu kredit yang akan digunakan.

Sebaiknya pilih bank yang punya syarat ketat akan pengajuan kartu kredit. Seperti meminta fotokopi KTP, foto diri, fotokopi NPWP, dan tanda tangan dari calon penggunanya dll. Syarat yang ketat biasanya minim akan penyalahgunaan kartu kredit oleh oknum nakal.

Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik untuk Pemula

Bagi yang belum pernah memiliki kartu kredit sebelumnya, dan tertarik untuk mengajukan kartu kredit ke pihak bank pilihanmu. Maka pilihan kartu kredit untuk pemula ini bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki.

Saat ini hampir semua bank menawarkan kartu kredit untuk para nasabah. Namun bank juga biasanya memiliki banyak kriteria dalam memberikan kartu kredit. Tapi, tenang saja karena untuk para pemula, ada beberapa jenis kartu kredit tertentu yang memang diperuntukkan untuk pemula alias baru pertama kali menggunakan kartu kredit.

Ketahuilah bahwa kartu kredit untuk pemula biasanya tidak mengharuskan kamu memiliki penghasilan yang tinggi. Persyaratan gaji minimal dari Bank Indonesia untuk bisa mengajukan kartu kredit adalah Rp 3 juta per bulan. Jadi buat kamu yang ingin memiliki kartu kredit namun gaji pas-pasan, tetap dapat memiliki kartu kredit. Nah berikut beberapa pilihan kartu kredit terbaik yang cocok untuk pemula.

1. Kartu Kredit BCA Everyday Card

Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik untuk Pemula

photo via bca.co.id

Kartu kredit terbaik yang cocok untuk pemula diawali dengan kartu kredit dari BCA yakni BCA Everday Card. Minimal penghasilan bulanan untuk mengajukan kartu kredit ini hanya Rp 3.000.000. Selain itu, BCA Everday Card juga memberikan fitur Cashback sebesar 5% dalam wujud Reward BCA untuk penggunaan kartu di Hypermarket dan SPBU.

Keuntungan lain dari BCA Everday Card adalah cicilan bunga 0,5 persen per bulan sampai dengan tenor 36 bulan. Tenor ini termasuk paling lama di pasaran, hampir tidak ada kartu lain menawarkan tenor cicilan selama ini. Iuran tahunan untuk BCA Everday Card pun cukup murah yakni Rp 125.000 per tahun. Menariknya untuk tahun pertama akan digratiskan dari iuran ini.

2. Kartu Kredit Citibank Citi Simplicity+

Tips Memilih Kartu Kredit Untuk Pemula

photo via citibank.co.id

Selanjutnya ada Kartu Kredit Citibank Citi Simplicity+ yang cocok untuk pemula karena iuran tahunannya cukup rendah yakni Rp 350.000 per tahun. Persyaratan untuk pengajuan kartu kredit ini juga cukup mudah, dimana pendapatan minimum yang harus kamu miliki adalah Rp 60.000.000 per tahun atau Rp 5.000.000 per bulan. Syarat usia harus 21 tahun ke atas dan dokumen yang diperlukan hanya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) serta Slip Gaji.

Di samping persyaratan yang mudah, menggunakan kartu kredit Citibank Citi Simplicity+ ini, kamu juga akan mendapatkan potongan sebesar 10% biaya bunga setiap kamu membayar tepat waktu. Tidak ada batas maksimum potongan bunga. No Late Fees alias bebas biaya keterlambatan pembayaran dan No Over Limit Fees alias Bebas biaya pemakaian di luar batas kredit.

3. Kartu Kredit Mandiri Gold/Mandiri Everyday Card

Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik untuk Pemula

photo via mandirikartukredit.com

Kartu kredit yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah kartu kredit dari bank Mandiri. Buat para pemula yang bergaji pas-pasan yakni Rp 3000.000 per bulan. Bank Mandiri menawarka 2 jenis kartu kredit yang pas buat kamu yakni Mandiri Gold dan Mandiri Everyday Card.

Mandiri Gold sendiri menawarkan limit mulai Rp 2000.000 dengan iuran tahunan Rp 300.000 dengan fasilitas cicilan dan poincash. Sedangkan Mandiri Everyday Card menawarkan limit mulai dari minimum Rp 2000.000 dengan iuran tahunan Rp 300.000 dan fasilitas mengubah transaksi menjadi cicilan tetap dengan bunga hingga 1% per bulan serta cicilan dana tunai hingga 12 bulan.

Selain dua jenis kartu kredit untuk pemula dengan gaji pas-pasan di atas, Mandiri juga mengeluarkan berbagai jenis kartu kredit untuk kebutuhan travel, belanja, olahraga dll yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

4. Sinarmas Cashback Visa Platinum

Tips Memilih Kartu Kredit Untuk Pemula

photo via banksinarmas.com

Sinarmas Cashback Visa Platinum menjadi alternatif lain kartu kredit yang cocok untuk pemula. Kartu kredit ini merupakan salah satu kartu yang memberikan gratis iuran tahunan seumur hidup. Dengan penadapatan minimal Rp 3000.000 per bulan, kamu sudah bisa mengajukan kartu kredit ini ke bank Sinarmas.

Sinarmas Cashback Visa Platinum memberikan keuntungan berupa cashback 0,5% untuk transaksi ritel di dalam maupun luar negeri. Diskon di lebih dari 20.000 gerai rekanan Sinarmas. Serta nilai tukar kurs yang kompetitif.

5. Kartu Kredit HSBC Gold Card

Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik untuk Pemula

photo via hsbc.co.id

Kartu Kredit HSBC Gold adalah kartu kredit yang disediakan untuk kebutuhan sehari-hari. Pendapatan minimal untuk dapat mengajukan kartu kredit ini adalah Rp 4.500.000 per bulan. Kartu kredit dari HSBC ini menonjolkan fasilitas cicilan. Kamu bisa mengubah transaksi belanja menjadi cicilan sampai 24 bulan dan tarik tunai juga bisa menjadi cicilan selama 24 bulan.

Keuntungan lain dari kartu kredit ini adalah cicilan tetap dengan bunga 0% serta tenor hingga 12 bulan di merchant-merchant pilihan atau bunga ringan dengan tenor hingga 24 bulan. Kamu juga bisa menikmati diskon hingga 50% dengan HSBC Poin Rewards di lebih dari ribuan outlet serta penukaran e-voucher belanja. Menariknya, Kartu Kredit HSBC Gold Card menetapkan iuran tahunan hanya Rp 300.000.

6. CIMB Niaga Classic Visa/MasterCard

Tips Memilih Kartu Kredit Untuk Pemula

photo via pilihkartu.com

Bank CIMB Niaga memiliki kartu kredit untuk pemula, yaitu CIMB Niaga Classic. Kartu kredit ini memiliki 2 jenis yakni CIMB Niaga Classic berlogo Visa dan CIMB Niaga Classic berlogo MasterCard. Kartu kredit ini sangat cocok untuk pemula karena persyaratan yang cukup mudah. Minimal penghasilan bulanan untuk dapat mengajukan kartu kredit ini adalah Rp 3.000.000 per bulan.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas seperti gratis iuran tahunan seumur hidup untuk kartu berlogo MasterCard. Dan gratis iuran tahunan 2 tahun pertama untuk kartu berlogo VISA. Pembelanjaan ritel dengan CIMB Niaga Classic juga bisa diubah menjadi cicilan tetap dengan jangka waktu angsuran 3, 6 dan 12 bulan. Kamu juga bisa mendapatkan 2 Poin Xtra setiap pembelanjaan Rp 10.000 menggunakan kartu kredit ini.

7. Kartu Kredit UOB YOLO Card

Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik untuk Pemula

photo via uob.co.id

Rekomendasi kartu kredit untuk pemula berikutnya adalah kartu kredit UOB YOLO Card. Dengan persyaratan penghasilan minimum adalah Rp 5.000.000 per bulan untuk status Karyawan Tetap dengan masa bekerja minimum 6 bulan di perusahaan saat ini dan telah bekerja selama 1 tahun dan wiraswasta dngan masa usaha minimum 2 tahun.

Kartu Kredit UOB YOLO Card memiliki fitur yang memanjakan pemegang kartu kresit seperti gratis iuran tahunan di tahun pertama. Dan tahun berikutnya tetap gratis dengan syarat minimal transaksi 1x dengan nilai minimal Rp 100.000 transaksi setiap bulan sejak disetujui. Namun jika syarat tidak terpenuhi, kamu akan dikenakan iuran tahunan Rp 300.000.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati cicilan 0% hingga 6 bulan untuk kategori hotel & travel, baik online maupun travel agent. Jangka waktu cicilan 3 dan 6 bulan. Gratis Voucher Grab Rp 20.000 setiap melakukan 5x transaksi ritel dengan nilai minimal Rp 100.000 per transaksi.

8. Kartu Kredit BNI JCB Gold

Tips Memilih Kartu Kredit Untuk Pemula

photo via bni.co.id

Kartu Kredit BNI JCB Gold merupakan Kartu Kredit yang diterbitkan oleh BNI menggunakan logo JCB International sebagai prinsipal dengan desain Tematik Jepang. Kartu kredit ini cocok untuk kamu yang pemula dengan gaji pas-pasan. Pasalnya persyaratan untuk mengajukan kartu kredit ini hanya mengharuskan kamu memiliki penghasilan Rp 3000.000 perbulan alias Rp 36.000.000 per tahun. Limit dari karut kredit ini mulai dari Rp 3.000.000 atau Rp 4.000.000 yang tentunya sudah cukup untuk kebutuhan hidup.

Fasilitasi yang diberikan oleh kartu kredit ini adalah kita bisa mengubah transaksi menjadi cicilan tetap dengan bunga ringan minimal Rp 500.000. Kamu juga bisa transfer sisa dari limit kredit ke rekening pribadi kamu. Selain itu, ada juga BNI Reward Point dalam setiap pembelanjaan Rp 2.500 dan kelipatannya mendapatkan 1 reward point. Menariknya, kamu juga mendapatkan asuransi perjalanan saat pesan tiket pesawat menggunakan kartu kredit ini.

9. Kartu Kredit Mega Visa Silver

Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik untuk Pemula

photo via bankmega.com

Rekomendasi kartu kredit untuk pemula berikutnya adalan Kartu Kredit Mega Visa Silver. Kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank Mega ini adalah kartu pengganti uang tunai yang menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan baik untuk berbelanja ataupun berpergian kemanapun. Untuk mengajukan kartu kredit ini, syaratnya cukup mudah. Dimana minimal penghasilan perbulan yang harus di penuhi adalah Rp 3000.000 per bulan.

Kartu kredit ini memberikan limit perbulan sebesar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000/Bulan dengan iuran tahunan sebesar Rp 300.000/Tahun. Kamu bisa menikmati mega reward point untuk seluruh transaksi. Ada juga fitu Mega Pay 0% atau bunga ringan untuk transaksi di Metro Dept Store dan berbagai merchant pilihan. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati penawaran dan diskon-diskon spesial dari Bank Mega ketika menggunakan kartu kredit ini.

10. Permata Reward Classic Visa Card

Tips Memilih Kartu Kredit Untuk Pemula

photo via pilihkartu.com

Satu lagi pilihan kartu kredit yang cocok untuk pemula adalah Permata Reward Classic Visa Card. Kartu kredit ini adalah kartu yang di persembahkan bagi mereka yang menginginkan kemudahan dan kepraktisan dalam berbagai transaksi dimana pun dan kapan pun.

Minimal penghasilan untuk dapat mengajukan kartu kredit ini adalah Rp. 3.000.000 per bulan. Kamu bisa memilih limit kartu sesuai kebutuhan yang dimulai dari Rp 3.000.000 – Rp 39.000.000 dengan iuran tahunan sebesar Rp 200.000 per tahun.

Setiap transaksi yang kamu lakukan akan mendapatkan poin reward yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik seperti mileage, lounge atau shopping voucher. Ada juga fitur SimplePay 0% 3 bulan untuk transaksi hotel, maskapai dan travel.

Kamu juga bisa bebas iuran tahunan 1 tahun pertama untuk kartu utama dan 5 kartu tambahan. Suku bunga transaksi dan tarik tunai sebesar 2% per bulan atau 24% per tahun.

Nah itu dia beberapa tips dalam memilih kartu kredit untuk pemula beserta rekomendasi kartu kredit terbaik yang cocok untuk pemula yang bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki. Semoga artikel kali ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.