Tips Memilih Pergaulan Yang Positif Dan Membangun

Dibuat oleh blogunik

Kalau zaman dulu, para orang tua mengajarkan kita untuk tidak pilih-pilih dalam berteman, namun sepertinya, wejangan tersebut sudah tidak berlaku lagi dizaman sekarang ini.

Menjalin pertemanan atau bergaul memang sangatlah penting di hidup ini karena merupakan salah satu cara untuk menjalin interaksi sosial dengan lingkungan sekitar. Selain itu, manusia juga merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Maka dari itu, memiliki teman atau kelompok sosial sangatlah penting karena kita dapat saling melengkapi, saling tolong menolong bahkan dapat bekerja sama.

Namun yang menjadi masalah adalah, apakah mereka yang ada dalam lingkaran pergaulanmu merupakan orang-orang yang bisa memberikan dampak positif dan bukannya dampak buruk kepadamu?

Karena pada kenyataannya, tidak semua orang memiliki karakter yang positif seperti yang kamu bayangkan. Disekitar kita banyak orang-orang yang berkepribadian buruk, kasar dan sebagainya. Banyak juga yang namanya toxic people alias orang-orang yang “beracun”. Toxic people ini merupakan pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional. Nah orang-orang berkepribadian negatif ini yang harus kita hindari.

Memiliki pergaulan yang sehat tentunya akan membawa dampak positif untuk diri sendiri serta lingkungan sekitar, sedangkan pergaulan yang tidak sehat hanya akan membawa dampak negatif untuk diri sendiri. Untuk itu, berikut merupakan beberapa tips dalam memilih pergaulan yang positif dan membangun yang bisa kamu terapkan dalam hidup kamu!

1. Bergaulah dengan orang-orang yang lebih sukses

Clay Mask Terbaik Untuk Mencerahkan Kulit Wajah

photo via freepik.com

Tips memilih pergaulan yang positif dan membangun yang pertama adalah dengan bergaul dengan orang-orang yang sukses dibidangnya masing-masing. Dengan bergaul dengan orang yang lebih sukses maka dapat membantu kita dalam mengembangkan pikiran menuju kemungkinan-kemungkinan yang lebih besar. Kita juga dapat pengaruh positif dalam meningkatkan kualitas hidup, karir, serta bisnis ke tahapan selanjutnya.

Meski bergaul dengan orang-orang yang kehidupannya jauh lebih sukses dari kita dapat menimbulkan rasa minder, namun percayalah bahwa ada kalanya kita harus keluar dari zona nyaman. Bergaul dengan orang-orang sukses bisa memperkenalkanmu kepada kehidupan yang lebih baik, informasi yang lebih baru, serta tingkat kehidupan berkualitas.

2. Pilih teman dengan nilai dan goals yang serupa

Selain bergaul dengan orang-orang yang sukses, kamu juga perlu memilih teman dengan nilai dan goals yang serupa denganmu. Dengan memilih pergaulan yang menganut nilai yang sama akan membuatmu tidak mudah kompromi atau dipengaruhi secara negatif oleh orang-orang tidak menjunjung tinggi nilai serta standar yang kamu anut.

Selain itu, kamu juga harus memilih teman yang memiliki tujuan atau goals yang serupa denganmu. Misalnya sama-sama ingin menjadi seorang orang sukses di bidang masing-masing dan sebagainya. Dengan memiliki pergaulan dengan orang-orang yang memiliki goals yang jelas dan serupa denganmu, maka kamu akan lebih bersemangat dalam mencapai tujuan kamu.

3. Pilih pergaulan yang haus akan pengetahuan

Tips dalam memilih pergaulan yang positif dan membangun selanjutnya adalah dengan memilih pergaulan yang haus akan pengetahuan. Selama kita hidup, tentunya kita akan terus berlajar, bertumbuh dan terus berusaha untuk menjadi versi terbaik dirimu sendiri.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk memiliki pergaulan yang dipenuhi oleh pribadi-pribadi yang haus akan pengetahuan, pasalnya kamu bisa saling belajar satu sama lain dengan berbagi informasi.

Nah dalam hal ini, kamu juga bisa melihat mana teman yang baik dan mana yang tidak. Teman yang baik adalah mereka yang mampu mendengarkan, menerima kritik, dan mampu menghormati perbedaan pendapat tanpa menghakimi.

4. Miliki pondasi yang kuat

Clay Mask Terbaik Untuk Mencerahkan Kulit Wajah

photo via happyfamilies.com.au

Miliki pondasi yang kuat sebagai pertahanan diri merupakan salah satu tips agar kamu tidak salah bergaul dan tetap berada dalam circle pergaulan yang positif dan membangun.

Pondasi yang kuat ini bisa didapat dari pendidikan dalam keluarga atau pendidikan agama. Dengan pondasi yang kuat kalian bisa memiliki prinsip yang kuat dan memiliki keyakinan yang teguh sehingga tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif dalam pergaulan.

5. Jangan takut untuk menolak ajakan teman

Selanjutnya jangan pernah takut untuk menolak ajakan teman jika ajakan tersebut merupakan ajakan yang negatif atau ajakan untuk berbuat keburukan. Di usiamu saat ini, tentu kamu sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, maka jangan ragu untuk menolak secara tegas jika ada teman kamu yang mengajakmu untuk melakukan susuatu yang buruk baik secara verbal maupun nonverbal.

Ingatlah bahwa pengaruh buruk akibat pergaulan biasanya muncul pertama kali dalam bentuk ajakan. Jadi jangan takut untuk menolak ajakan teman untuk berlaku buruk. Lebih baik kehilangan satu teman yang toxic daripada kehilangan masa depan.

6. Jangan terpancing bujukan teman

Clay Mask Terbaik Untuk Mencerahkan Kulit Wajah

photo via ticbeat.com

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, selain menolak ajakan negatif teman, kamu juga harus bisa mengontrol diri agar tidak terpancing dengan bujukan teman yang cenderung negatif.

Bujukan-bujukan berbau negatif dari teman ini biasanya sifatnya lebih memaksa, jika tidak dituruti maka akan diberikan konsekuensi seperti bully ataupun sejenisnya. Kamu juga bisa dijauhi dan dimusuhi ketika kamu tidak mengiyakan bujukannya.

Sekali lagi, jangan takut kehilangan teman-teman yang memiliki kepribadian toxic seperti ini. Teman-teman seperti ini hanya akan membuat diri kalian rugi dan terpengaruh ke pergaulan yang negatif.

7. Bedakan mana yang baik dan mana yang buruk

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kita juga harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Bedakan mana pergaulan yang bermanfaat bagi kalian dan mana circle pertemanan yang akan menjerumuskan kalian ke hal-hal yang negatif.

Circle pertemanan yang positif, akan mengarahkan kamu ke jalan yang benar dan mengantarkan kamu dalam kesuksesan. Sebaliknya, circle pertemanan yang negatif, hanya akan merugikan diri kamu sendiri.

8. Pilih teman yang dapat diajak saling berbagi

Tips dalam memilih pergaulan yang positif dan membangun berikutnya adalah dengan memilih teman yang dapat menjadi tempat saling berbagi. Carilah teman yang baik dimana mereka tidak hanya mau didengarkan namun juga mau mendengarkan. Carilah teman yang selalu ada di kala suka maupun duka dan hindari teman yang hanya ada dikala suka saja.

Circle pertemanan yang baik adalah lingkup pertemanan yang terhindar dari orang-orang yang toxic. Memiliki 1-2 teman namun berkualitas lebih baik daripada memiliki banyak teman namun toxic people semua.

9. Pilih pergaulan yang dapat mendorong dan menantang ke arah perkembangan diri

Clay Mask Terbaik Untuk Mencerahkan Kulit Wajah

photo via inc.com

Satu lagi tips memilih pergaulan yang positif dan membangun yang bisa kamu terapkan dalam hidup adalah dengan memilih pergaulan yang dapat mendorong dan menantang ke arah perkembangan diri.

Pilihlah teman yang bisa memberikan dukungan bahkan tantangan padamu untuk bisa mengembangkan diri lebih baik. Teman jenis ini adalah motivator yang sangat berharga. Teman yang baik juga akan selalu berada disisi kamu ketika kamu mengalami kesulitan dengan memberikan kekuatan untuk membangkitkan semangat juangmu.

Hindari teman-teman yang terlihat baik diluarnya saja namun aslinya hanya ingin menjatuhkan dirimu saja. Teman-teman seperti ini biasanya selalu mengomentari atau mengkritik apa yang kamu lakukan tanpa memberikan solusi yang positif. Teman-teman seperti ini biasanya hanya iri denganmu, sehingga ingin menjatuhkan kamu yang sedang berada diatas sehingga sepantaran dengan mereka.

Nah itu dia beberapa tips dalam memilih pergaulan yang positif dan membangun yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan kalian. Ingatlah, tidak semua orang tumbuh dengan kebiasaan yang baik, sehingga agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang buruk, hendaknya kamu bisa lebih pintar dalam memilih pergaulan mana yang memang bermanfaat dan positif untuk masa depan. Semoga artikel kali ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.