Serba Susah!! Berikut Ini Tips Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi

Dibuat oleh blogunik

Akibat dari pandemi Covid-19 yang hingga kini masih menyebar di Indonesia, membuat beberapa sektor salah satunya sektor ekonomi menjadi bermasalah.

Banyak anggota masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan, bahkan tidak sedikit yang harus kehilangan pekerjaannya. Para pengusaha pun juga semakin kesulitan untuk menjalankan bisnisnya.

Kondisi keuangan yang kacau ini membuat beberapa orang harus mencari beberapa alternatif untuk tetap bisa menstabilkan keuangannya. Maka dari itu disaat pandemi seperti sekarang ini, kamu dituntut harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar tidak kesulitan dan kebutuhan pun dapat terpenuhi.

Lantas bagaimana cara mengelola keuangan? Berikut ini beberapa tips mengelola keuangan di masa pandemi

1. Memahami Mana Kebutuhan dan Keinginan

Tips Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi

photo via glints.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu memahami mana kebutuhan dan keinginan. Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan yang wajib dipenuhi seperti makan dan kebutuhan lainnya.

Namun kadang kita tidak sengaja menggunakan uang untuk keinginan kita sendiri seperti membeli baju baru, liburan hingga membeli gadget baru walaupun gadget yang kita punya sekarang masih layak digunakan.

Memang sih tindakan tersebut boleh-boleh saja dilakukan mengingat uang-uang tersebut hasil dari kerja keras sendiri. Namun jika dipikirkan kembali, apakah beberapa keinginan tersebut harus terpenuhi saat ini juga atau bisa ditunda terlebih dahulu. Mengingat kondisi keuangan yang tidak menentu seperti saat ini.

Maka dari itu pikirkan baik-baik sebelum mengambil keputusan, agar tidak menyesal kemudian.

2. Menghitung Semua Pendapatan

Ketika kita menerima pendapatan bulanan, kamu juga perlu menghitung pendapan yang masuk setiap bulannya. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa membagi semua dana yang kamu punya untuk memenuhi kebutuhanmu sehingga pengelolaan keuangaan menjadi lebih mudah.

3. Membuat Daftar Pengeluaran Bulanan

Tips Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi

photo via ncte.org

Agar kamu tidak boros dalam menggunakan uang, akan lebih baik lagi jika kamu membuat sebuah daftar pengeluaran bulanan. Hal ini dapat membantumu dalam mengelola keuangan agar menjadi lebih efektif dan pengeluaranmu pun tidak akan membengkak. Jika kamu sudah membuat daftar pengeluaran setiap bulannya, kamu akan mengetahui mana kebutuhan yang memang harus dipenuhi setiap bulannya.

4. Mencatat Semua Transaksi Keuangan

Hal ini mungkin membuat sebagian orang merasa kesusahan atau malas. Namun mencatat semua transaksi keuangan yang kamu lakukan sangat penting.

Terlebih saat ini ada banyak sekali transaksi yang dilakukan secara online, hal ini akan membuatmu mengetahui berapa pengeluaran sebulan yang telah kamu habiskan dan berhati-hati agar tidak boros.

5. Siapkan Dana Darurat

Tips Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi

photo via hsastore.com

Banyak orang mungkin tidak memikirkan dana darurat. Namun tahukah kamu mempersiapkan dana darurat termasuk salah satu hal yang sangat penting. Terkadang semua yang telah kamu rencanakan sudah berjalan dengan baik, namun kedepannya tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi.

Maka dari itu kamu harus menyiapkan dana darurat agar anggaran lainmu tidak akan terganggu ketika sesuatu hal terjadi. Pastikan untuk menyisihkan uang setiap bulannya di akun tabungan yang berbeda untuk menyimpan dana darurat agar tidak tercampur.

6. Sisihkan Pendapatan Untuk Tabungan, Asuransi dan Investasi

Selain menyiapkan dana darurat, kamu juga perlu menyisihkan uangmu untuk tabungan, asuransi dan investasi. Ketiga hal ini merupakan cara mengelola keuangan yang baik dan bermanfaat untuk jangka panjang sebagai tabungan masa depan.

Asuransi bermanfaat untuk melindungi diri dari biaya kesehatan, Investasi bisa digunakan untuk tabungan jangka panjang sehingga uang yang kamu miliki tidak akan habis begitu saja. Sedangkan tabungan berguna untuk keperluan saat ini dan masa depan.

7. Hindari Berhutang Dengan Bunga Tinggi

Tips Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi

photo via ariesadhar.com

Kondisi pandemi yang panjang ini membuat adanya ketidakpastiaan dalam pendapatan. Ini pun berdampak pada kemampuan untuk membayar cicilan hutang berbunga tinggi seperti kartu kredit dan pinjaman online menjadi tidak pasti. Nah, untuk menghindari dari hutang, sebaiknya kalian mengerem keinginan untuk berbelanja yang rasanya kurang dibutuhkan atau bisa ditunda.

8. Hindari Pembelian Dengan Sistem Cicilan

Terakhir, tips mengelola keuangan di masa pandemi Covid-19 ini yaitu hindari pembelian barang dengan sistem cicilan. Tundalah dahulu keinginanmu untuk membeli barang yang rasanya belum terlalu dibutuhkan meskipun dalam pilihan pembayarannya ada sistem cicilan.

Di kondisi pandemi saat ini, berhemat dan menyimpan setiap uang jauh lebih penting daripada membeli sesuatu yang bersifat meningkatkan harga diri atau gengsi. Meskipun kamu sudah memiliki tabungan atau dana darurat untuk membelinya, akan lebih baik menunda keinginan tersebut hingga masa krisis selesai.

 

Itulah beberapa tips mengelola keuangan di masa pandemi yang sebaiknya kamu lakukan saat ini. Tidak ada kata terlambat untuk melakukannya, kamu hanya cukup melakukannya segera dan semoga tips diatas bermanfaat untuk semuanya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait