Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

1 bulan, by blogunik

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

Jerawat merupakan masalah kulit yang serius yang sering di hadapi oleh setiap orang, terutama remaja. Munculnya pun bisa di bagian tubuh yang cenderung berminyak dan banyak berkeringat, seperti wajah, dada, bahu, dan punggung. Tak hanya membuat sakit jika jerawatnya meradang, tapi juga dapat mengganggu penampilan, apalagi bila sampai menimbulkan bekas.

Salah satu hal yang membuat jerawat meninggalkan bekas yang membandel adalah terlalu sering memencet jerawat. Padahal jerawat tidak boleh dipencet karena bisa memicu infeksi maupun bekas luka yang mengganggu penampilan. Namun kebanyakan orang sering merasa gemas, tidak tahan untuk tidak memencet bintik jerawat di wajahnya.

Nah buat kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat, berikut beberapa tips ampuh dan aman dalam mengobati dan merawat jerawat agar tidak menimbulkan bekas. Let’s check it out guys!

Cara Merawat Jerawat Agar Tidak Menimbulkan Bekas

1. Selalu jaga kebersihan kulit

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via brit.co

Ketidak bersihan menjadi salah satu faktor utama yang bisa membuat kulit menjadi berjerawat. Untuk itu, kamu harus rutin membersihkan wajah dengan pembersih khusus jerawat di pagi dan malam hari atau menggunakan metode double cleanser. Selain itu, menjaga kebersihan kulit wajah juga penting melakukannya dengan cara tidak menyentuh kulit wajah menggunakan tangan yang tidak bersih. Hindari kebiasaan menyentuh kulit dengan sengaja secara langsung apalagi saat sedang berjerawat. Menyentuhnya saja tidak boleh, apalagi hanya sekedar meraba-raba karena penasaran dengan kondisi jerawat. Bila kamu terbiasa dengan kebiasaan kurang baik tersebut, bisa menyebabkan bakteri yang hinggap di tangan memicu jerawat menjadi iritasi.

2. Kompres dengan es saat jerawat meradang

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via gifer.com

Jerawat yang berukuran besar dan nyeri karena peradangan cenderung akan meninggalkan bekas. Untuk mencegah adanya bekas luka, kurangi peradangan dengan menaruh es yang dibalut kain bersih di sekitar jerawat. Ini bisa menenangkan isi jerawat yang meradang tanpa harus mengiritasi kulit kamu.

3. Hindari menggosok kulit atau memencet jerawat dengan jari

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via rachaelrayshow.com

Hal fatal yang tidak boleh dilakukan selama merawat jerawat agar tidak menimbulkan bekas adalah menggosok apalagi memencet jerawat dengan jari. Memencet jerawat bisa memaksa isi jerawat malah masuk lebih dalam lagi ke lapisan dermis kulit. Ini bisa menyebarkan infeksi ke jaringan lain dan memperparah peradangan. Selain itu, memencet jerawat juga bisa menimbulkan bekas jerawat yang bersifat permanen. Sebaiknya biarkan jerawat kamu mengering dan sembuh dengan sendirinya dengan bantuan obat atau segera konsultasikan ke dokter untuk perawatan wajah lebih lanjut. Selain itu, kamu juga bisa memasang plester, perban, atau stiker jerawat khusus supaya tangan kamu tidak refleks menyentuh, memencet, atau memecahkan jerawat.

4. Jangan mengopek kulit kering pada jerawat

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via insider.com

Setelah memencet jerawat, kemungkin ada bekas kulit kasar yang menganggu. Banyak orang gemar mengopek kulit keras atau keropeng tersebut karena merasa gemas. Keropeng adalah “perban” alami kulit yang melindungi lukanya saat memulihkan diri. Mengambil keropeng kulit bekas jerawat bisa membuat proses penyembuhan jerawat tersebut makin lama. Ini juga akan meningkatkan kemungkinan adanya jaringan parut atau bekas luka jerawat yang permanen.

5. Hindari menggunakan eksfoliator selama berjerawat

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via dermstore.com

Tips merawat jerawat agar tidak berbekas selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan eksfoliator selama berjerawat. Saat wajahmu sedang berjerawat butiran-butiran kasar pada produk eksfoliator dapat membuat jerawat semakin iritasi dan meradang. Sebaiknya gunakan kembali eksfoliator setelah kulit wajah stabil. Artinya, jerawat sudah benar-benar bersih dari kulit wajah.

Pasalnya, penggunaan eksfoliator pada wajah yang telah stabil dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Setelah jerawat hilang dari wajah, kamu bisa menggunakan eksfoliasi jenis scrub wajah. Gunakan scrub dengan pijatan lembut. Jangan terlalu kuat menekan kulit wajah dengan scrub, karena hal ini bisa membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan memicu jerawat muncul kembali.

6. Hindari makeup untuk sementara waktu

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via mybios.me

Bagi sebagaian orang, menutupi jerawat dengan menggunakan makeup menjadi salah satu jalan keluar yang sering dilakukan. Padahal, kebiasaan ini tidak baik dilakukan selama kamu masih berjerawat. Justru kebiasaan ini bisa memperburuk keadaan jerawat kamu. Kalau kamu ingin jerawat hilang tanpa bekas, maka hindarilah untuk mengenakan makeup apapun selama kulit masih berjerawat.

Namun buat kamu yang profesinya mengharuskan kamu menggunakan makeup, maka kamu harus lebih bijak dalam mengaplikasikan makeup. Usahakan untuk memilih makeup yang natural dan hindari kosmetik yang bisa menyumbat pori-pori. Pilihlah produk yang tidak mengandung minyak atau berlabel noncomedogenic.

Selain itu, jangan mengoleskan alas bedak atau concealer pada bagian kulit yang luka dan terbuka karena risiko bakteri masuk ke jerawat jadi tinggi. Kamu sebaiknya mengoleskan obat berupa gel yang akan menutupi bagian tersebut dan pastikan pori-pori kulit kamu tertutup sebelum memakai makeup apa pun sebagai cara mencegah bekas jerawat muncul.

7. Tetap gunakan sunscreen

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via huffpost.com

Selanjutnya kamu harus tetap menggunakan sunscreen. Meskipun kamu sedang berjerawat namun penggunaan sunscreen tetap penting agar jerawat kamu tidak semakin meradang. Meski bergitu, banyak orang yang takut menggunakan sunscreen saat sedang berjerawat. Hal ini dikarenakan sunscreen bisa membuat kulit berminyak dan tidak nyaman. Padahal menggunakan sunscreen selama kulit berjerawat itu sangatlah penting. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari peradangan pasca hiperpigmentasi yang disebabkan oleh polusi, debu, dan paparan negatif sinar UV.

8. Gunakan produk kecantikan yang dikhususkan untuk kulit berjerawat

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via thebeautyinsideout.com

Saat wajah berjerawat, kulit cenderung akan lebih sensitif. Jadi, penting untuk menggunakan produk kecantikan seperti skincare dan makeup dengan kandungan yang tepat. Pilihlah skincare yang memang ditujukan untuk tipe kulit berjerawat. Biasanya, produk anti acne mengandung bahan aktif yang bisa membantu meredakan jerawat serta meminimalisasi bekas jerawat.

9. Rawat kulit wajah setiap saat, tidak hanya saat berjerawat

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via fineartamerica.com

Banyak orang yang hanya berfokus merawat kulit saat sedang berjerawat saja. Sedangkan saat jerawat telah hilang, banyak yang menghentikan perawatannya. Padahal itu adalah sebuah kesalahan besar. Seharusnya, kamu harus selalu membuat kulit bersih, melalukan perawatan sebelum, selama, dan setelah berjerawat. Dengan tetap konsisten merawat wajah, maka akan membuat kulit selalu bersih dan terhindar dari jerawat apalagi sampai meninggalkan bekas.

Cara alami hilangkan bekas jerawat

Setelah jerawat hilang, terkadang akan muncul bekas jerawat berupa jaringan parut, bintik kemerahan, atau bahkan keloid. Biasanya bekas jerawat tersebut akan muncul jika jerawat dipecahkan atau dipencet dengan cara yang kurang tepat. Bekas jerawat inipun ada yang bersifat permanen, sehingga memerlukan penanganan khusus.

Namun untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu harus mengatahui tingkat keparahan jerawat yang kamu alami. Jerawat ada yang bersifat ringan, sedang, hingga parah. Jerawat ringan umumnya berbentuk bintik atau komedo, sedangkan jerawat sedang ditandai dengan benjolan kecil berwarna merah dan terasa lunak yang terkadang disertai nanah. Kondisi ini disebut juga jerawat papula dan pustula. Sementara itu, jenis jerawat yang tergolong jerawat parah antara lain jerawat batu, jerawat kistik, dan akne fulminans.

Jenis jerawat yang bisa ditangani di rumah adalah jerawat ringan dan sedang, sedangkan jerawat yang parah sebaiknya ditangani dokter kulit karena berisiko menyebabkan bekas jerawat yang besar.

Untuk mengatasi bekas jerawat yang kecil dan tidak terlalu parah, kamu dapat melakukan perawatan sendiri di rumah dengan mengoleskan bahan alami, seperti madu, lidah buaya atau aloe vera, dan lemon, pada bekas jerawat. Atau bisa juga menggunakan beberapa bahan-bahan alami berikut ini!

1. Bubuk kayu cendana yang dibuat pasta

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via stylecraze.com

Bubuk kayu cendana dapat bekerja secara ajaib untuk menutupi pori-pori kulit yang besar bekas jerawat. Caranya oleskan pada bekas jerawat sebelum tidur dan gunakan semalaman, lalu bilas dengan air dingin di pagi hari. Pemakaian yang rutin akan mendapatkan hasil yang bagus.

2. Bubuk kayu cendana yang dicampur dengan air mawar

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via ebay.com.au

Cara menghilangkan bekas jerawat berikutnya, kamu bisa mencampurkan bubuk kayu cendana dengan air mawar. Caranya oleskan pada bekas jerawat sebelum tidur dan gunakan semalaman lalu bilas dengan air dingin di pagi hari. Tapi jika kulit menjadi kering, cobalah ditambahkan susu dalam ramuan bubuk cendana itu dan gunakan hanya beberapa jam saja tak perlu semalaman.

3. Usap-usap pori-pori yang terbuka bekas jerawat dengan es batu

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via skincare.com

Pori-pori kulit sehabis jerawatan biasanya membesar, untuk mengencangkannya bisa diusap-usap dengan es batu di wajah selama 15 menit.

4. Gunakan timun atau tomat

Tips Mengobati Dan Merawat Jerawat Agar Tidak Berbekas

photo via freepik.es

Menggosok-gosokkan kulit bagian dalam timun atau tomat ke wajah adalah cara lain menghilangkan bekas jerawat. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Tomat tidak hanya mengecilkan pori-pori tapi juga menghilangkan komedo dan cocok untuk pengobatan kulit berminyak.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengobati dan merawat jerawat agar tidak meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan. Bagaiamana menurut kalian guys? Semoga artikel kali ini bermanfaat!

1+
Artikel Terkait