Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Dan Dewasa

2 minggu, by blogunik

Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Dan Dewasa

Menjadi dewasa bukan berarti menjadi tua, karena nyatanya dewasanya seseorang tidak ditentukan oleh usia mereka. Buktinya kita sering melihat ada anak berumur belasan tahun yang sudah mampu bersikap dewasa, sementara ada juga orang tua berusia lebih dari 40 tahun yang malah bersikap tidak dewasa dan kekanak-kanakan.

Kedewasaan sendiri merupakan sesuatu hal yang berkaitan tentang sikap dan pola pikir dalam bertindak atau merespons sesuatu. Menjadi dewasa tandanya siap untuk menghadapi segenap persoalan dengan kepala yang dingin serta bijak. Menjadi dewasa juga berkomitmen untuk hidup lebih baik dan lebih matang dari kemarin.

Menjadi dewasa tentu saja membawa banyak dampak baik bagi diri sendiri dan juga orang sekitar. Pasalnya kedewasaan dibutuhkan oleh semua orang karena bisa membantu dalam menyelesaikan masalah.

Nah buat kamu yang masih merasa kekanak-kanakan dan belum mampu bersikap dewasa, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa. So let’s check it out guys!

1. Belajar dari pengalaman

Belajar dari pengalaman adalah salah satu cara yang tepat untuk menuju pribadi yang dewasa. Pasalnya pengalaman memang guru yang sangat berharga bagi kita dalam menjalani kehidupan. Pengalamanlah yang merubah pemikiran seseorang yang awalnya biasa menjadi lebih baik dan dewasa.

Bukan hanya dari pengalaman diri sendiri, namun belajarlah juga dari pengalaman orang lain. Dari berbagai pengalaman yang kamu dapat baik dari pengalaman diri sendiri dan orang lain, kamu bisa belajar banyak agar bisa lebih baik dalam menjalani kehidupan.

Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Dan Dewasa

photo via businessinsider.com

2. Tumbuhkan selalu keinginan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan

Jangan pernah cepat merasa puas. Untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa, kamu tidak boleh puas hanya dengan ilmu dan wawasan yang kamu miliki sekarang. Sebaiknya selalu tumbuhkan keinginan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan agar dirimu menjadi seseorang yang mampu berpikiran terbuka alias open minded. Dengan menjadi pribadi yang mampu berpikiran terbuka, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam menyikapi sesuatu hingga mmapu memandang masalah dalam berbagai sudut pandang.

Selain itu, bijaksana dalam hal ini juga bisa memiliki banyak arti seperti selalu bersikap hati-hati, peduli dengan orang lain, tahu mana yang baik dan buruk dan lain-lain. Pengetahuan dan wawasan yang luas akan menyelamatkan seseorang dari sikap dan tindakan kurang tepat dalam mengambil suatu keputusan.

Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Dan Dewasa

photo via coachadi.com

3. Berusaha untuk bersikap tenang saat dihadapkan dengan situasi yang sulit

Jika kamu dihadapkan dengan sebuah masalah yang sulit, maka berusahalah untuk bersikap tenang. Bersikap tenang disini bukan berarti kamu tidak peduli dengan masalah yang ada di depan mata. Bersikap tenang disini justru berarti mampu mengontrol emosi. Dengan mengontrol emosi dan bersikap tenang, kamu bisa berpikir jernih dalam mencari solusi yang bijak atas masalah yang dihadapi.

4. Jangan bertindak gegabah dalam mengambil keputusan

Masih berkaitan dengan poin di atas, untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa, hendaknya kamu berusaha hati-hati dalam mengambil keputusan. Pikirkan segala sesuatunya dari berbagai sudut pandang sebelum mengambil keputusan. Pikirkan juga dampak baik dan buruknya sebelum kamu memutuskan sesuatu. Jangan berindak gegabah yang mana pada akhirnya bisa saja membuat kamu menyesal dan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Cara menjadi pribadi yang lebih dewasa

photo via andrealoewen.ca

5. Terbuka dengan kritik dan saran dari orang lain

Ada orang yang “mengatai balik” seseorang jika dirinya mendapat kritik dan saran dari orang tersebut. Jika kamu tidak terima kritikan oleh orang lain, maka itu tandanya kamu belum bisa bersikap dewasa. Meski bukan hal mudah untuk diterima lapang dada, namun berusahalah menjadi pribadi yang terbuka dengan kritik dan saran dari orang lain. Namun bedakan mana kritikan yang bersifat membangun dengan kritikan yang bersifat ke “penghinaan” ya guys!

Selalu terbuka untuk menerima kritik dan saran dari orang lain adalah hal yang bijaksana dan sikap yang terbilang dewasa, baik secara tindakan maupun pikiran. Jangan menganggap semua kritik yang ditunjukkan kepadamu sebagai bahan menjatuhkan. Justru dengan kritik kamu harus berupaya agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Terimalah kritikan sebagai langkah memperbaiki diri, dari sana akan terlihat jelas jika kamu sudah menjadi pribadi yang dewasa dan bijaksana secara pikiran.

6. Jangan overthinking

Tips berikutnya yang bisa kamu terapkan dalam menuju pribadi yang lebih dewasa adalah janganlah memikirkan segala sesuatunya secara berlebihan atau bahasa populernya “overthinking”. Karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan memang kurang baik, termasuk dalam hal berpikir. Bersikap overthinking hanya menunjukkan kalau kamu belum siap menghadapi berbagai permasalahan hidup. Itu tandanya kamu belum menjadi pribadi yang dewasa dalam berpikir. Hal ini akan berdampak buruk dan membuat kamu selalu berpikiran negatif, merasa cemas bahkan depresi hingga anxiety.

Cara menjadi pribadi yang lebih dewasa

photo via genesistherapy.org

7. Berusaha menjadi orang yang berjiwa besar

Orang yang bersikap dewasa adalah orang yang mampu berjiwa besar. Jika ada yang menghina, menyakiti hati dan bersikap jahat kepada kamu, maka jangan dibalas. Tenangkan dirimu dan bersikap diam bisa menjadi pilihan yang tepat. Diam bukan berarti kamu mengiyakan apa yang mereka katakan dan lakukan kepadamu. Namun diam disini berarti kamu mengontrol emosi dan tidak terpancing ke dalam hal buruk yang mereka sengaja ciptakan untuk membuat kamu menjadi terlihat buruk.  Jika tidak dapat diabaikan, katakan dengan tegas bahwa komentar mereka kasar. Jika dia meminta maaf, maka maafkan dengan ikhlas dan jika dia tidak meminta maaf, maka jangan dihiraukan dan tinggalkan saja. Anggaplah perbuatan jahat yang dia lakukan hanya sebuah batu kerikil yang bisa dengan mudah kamu langkahi.

8. Tumbuhkan rasa percaya diri

Untuk menjadi pribadi yang dewasa, hendaknya kamu menumbuhkan rasa percaya diri. Orang yang dewasa tidak akan meragukan diri sendiri ataupun memiliki keinginan untuk menjadi seseorang yang bukan diri mereka. Jadilah diri sendiri dan jangan meminta maaf untuk keunikan atau keanehan yang kamu miliki, walaupun orang lain tidak berkenan. Selama perilaku kamu tidak merugikan orang lain, maka kamu bebas mengekspresikan diri. Selain itu, waspadai juga kritik dari dalam diri sendiri. Jika kamu memiliki pikiran negatif mengenai diri sendiri dan meragukan kemampuan diri sendiri, maka gantilah isi pikiran negatif kamu dengan balik menyemangati diri sendiri.

Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Dan Dewasa

photo via military.com

9. Jadilah pribadi yang bertanggung jawab

Bagian paling penting untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa adalah mempertanggungjawabkan kata-kata dan tindakan kamu sendiri. Setiap kata-kata serta tindakan yang kamu lakukan memiliki konsekuensi bagi diri kamu sendiri dan juga orang lain. Maka penting halnya untuk berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Jika segala sesuatunya tak berjalan sesuai ekspektasi kamu, maka akui kesalahan dan lakukan berbagai hal untuk memperbaikinya. Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari hal-hal yang diakibatkan oleh dirimu sendiri.

10. Cobalah untuk menjadi pribadi yang mandiri

Ingin menjadi lebih dewasa, namun masih bersikap manja? Jangan harap deh kamu bisa menjadi orang yang dewasa. Menjadi dewasa berarti menyadari bahwa kamu harus bertanggung jawab atas kehidupan kamu sendiri. Jadi buat kamu yang usianya telah matang dan telah memiliki penghasilan sendiri, berusahalah untuk memenuhi kehidupan diri sendiri dan jangan terus-terusan bergantung hidup pada orang tua. Jangan berharap orang lain yang akan memperhatikan dan memenuhi kebutuhan kamu karena kamu harus bisa mandiri untuk dapat melangkah menjadi pribadi yang dewasa.

Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Dan Dewasa

photo via freepik.com

11. Jangan sering-sering mengeluh hanya karena masalah kecil

Mengeluh sih boleh saja jika kamu merasa lelah dan jenuh. Namun jika kamu mengeluhkan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah, itu menunjukkan kamu kamu masih kekanak-kanakan. Mengeluh bukanlah sifat mereka yang dewasa. Karena mengeluh tidak bisa menyelesaikan permasalahan yang kita miliki. Cobalah untuk mengurangi keluhan dan lakukan hal lain yang bisa membantu merefresh otak kamu tanpa harus stres karena permasalahan yang dihadapi.

12. Hilangkan sifat egois dan tumbuhkan rasa peduli pada orang lain

Mereka yang kekanak-kanakan biasanya dipenuhi dengan sifat yang egois, maka dari itu, kamu yang ingin menjadi pribadi yang lebih dewasa hendaknya menghilangkan sifat egois yang ada dalam diri kamu. Jangan menjadi orang yang selalu ingin diperhatikan dan tidak ingin mengetahui masalah sekitar ataupun orang lain.

Meskipun kamu tidak ingin ikut campur dengan masalah orang lain, bukan berarti kamu bisa bersikap seenaknya dan abai dengan situasi yang terjadi. Jika ingin lebih dewasa cobalah untuk peduli pada orang lain. Meski tidak dapat membantu, namun kamu tetap harus menjaga perasaan orang lain dengan bersifat tenang dan menjaga sopan santun. Sopan santun sendiri merupakan salah satu bentuk pendewasaan diri dengan menghormati dan menghargai orang lain.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa dalam menghadapi kehidupan. Bagaimana menurut kamu guys?

0
Artikel Terkait