Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Aman

Dibuat oleh blogunik

Cita-cita kurus tapi hobi makan? Hal ini selalu menjadi salah satu penyebab kenapa banyak orang sangat susah untuk menurunkan berat badan mereka ataupun mendapatkan berat badan ideal mereka. Jadi nggak heran kalau tips menurunkan berat badan dengan cepat dan aman selalu menjadi topik yang banyak dicari khususnya bagi mereka yang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Apalagi saat ini sudah banyak orang yang mulai menyadari pentingnya berat badan ideal bukan hanya untuk penampilan namun juga untuk kesehatan.

Perlu kalian ketahui, menurunkan berat badan pada dasarnya adalah memperhatikan asupan kalori yang masuk dan kalori yang keluar. Artinya kamu hanya perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu makan dan minum. Namun memperhatikan metabolisme tubuh juga merupakan hal penting. Karena tak semua orang memiliki metabolisme yang baik. Sehingga jika kamu mengurangi kalori secara berlebih, itu justru buruk bagi kesehatan kamu. Kekurangan energi juga bisa memperlambat metabolisme, dan bisa membuat kamu kekurangan beberapa nutrisi.

Jadi secara garis besar, kamu hanya perlu memangkas sedikit kalori yang selama ini kamu konsummi. Untuk amannya, konsumsi kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu dan cukup pangkas 500 kalori dari kebutuhan kalori harianmu. Namun perlu diingat setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda.

Nah buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu coba, namun perlu diingat bahwa tak semua cara menurunkan berat badan aman untuk kesehatan. Untuk itu, kali ini, Blog Unik hadir dengan beragam tips untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Kira-kira seperti apa? Berikut ulasannya!

1. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Aman

photo via nypost.com

Salah satu cara menurunkan berat badan yang cepat dan aman adalah dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran rendah karbohidrat dan sayuran yang berdau hijau serta buah-buahan. Sayuran berdaun hijau dipenuhi dengan nutrisi dan kaya akan serat. Bahkan sayuran juga memiliki kalori yang sangat rendah. Jadi sebanyak apapun kamu makan sayuran, kamu tidak perlu khawatir dengan kalori yang akan meningkat.

Beberapa sayuran yang termasuk kedalam sayuran rendah karbohidrat atau rendah kalori adalah Brokoli, kembang kol, bayam, tomat, kubis, kubis Brussel, Swiss chard, selada dan timun.

2. Cukupi kebutuhan protein

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

photo via recipes.timesofindia.com

Selain mengonsumsi lebih banyak sayuran, kamu juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan protein kamu. Kebanyakan orang yang diet takut mengkonsumsi protein, padahal protein yang tercukupi sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot kamu ketika menurunkan berat badan.

Diet dengan protein yang tercukupi dapat membantu mengurangi keinginan dan pikiran obsesif tentang makanan hingga 60%. Protein yang cukup juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan ngemil larut malam.

Nah kebutuhan protein setiap orang berbeda-beda namun umumnya, kebutuhan rata-rata perorangnya adalah 56–91 gram per hari untuk rata-rata pria dan 46–75 gram per hari untuk rata-rata wanita.

Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein adalah daging seperti daging sapi, ayam, babi ataupun domba. Kamu juga bisa mengkonsumsi ikan seperti salmon, udang dan ikan trout. Telur hingga sumber protein nambati seperti buncis,biji-bijian, quinoa, tempe, dan tahu juga bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

3. Jangan takut dengan lemak

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Aman

photo via mydr.com.au

Buat kamu yang sedang diet, jangan takut untuk mengkonsumsi makanan yang berminyak atau berlemak. Sebab, kamu juga tetap membutuhkan sedikit lemak untuk membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan tidak membuat kamu merasa sedang diet ketat. Namun lemak yang dibicarakan disini adalah lemak sehat.

Pilihan yang baik untuk mendapatkan kebutuhan lemak sehat adalah dari ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Mereka memiliki lemak tak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), dan membantu menjaga berat badan.

4. Jangan melewatkan sarapan

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

photo via food.ubc.ca

Meski sedang diet, namun kamu tidak diperbolehkan untuk melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan tidak akan membantu kamu menurunkan berat badan. Kebiasaan ini justru membuat kamu kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Sarapan terbaik dan paling sehat adalah sarapan yang akan membuat kamu kenyang, dan mencegah keinginan ngemil di siang hari. Untuk sarapan, kamu bisa mengonsumsi antara 400 dan 500 kalori dan pastikan kamu memasukkan sumber protein seperti telur, biji-bijian hingga sayuran dan buah.

5. Sempatkan untuk meminum kafein yang cukup setiap harinya

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Aman

photo via earth.com

Kafein sangat penting untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Konsumsi kafein dapat meningkatkan metabolisme kamu saat sedang diet. Menurut Dietary Guidelines for American, kamu dapat mengonsumsi hingga 400 mg kafein setiap harinya. Kafein adalah diuretik alami , yang dapat mengurangi kembung, dan sumber antioksidan yang sangat baik, yang melindungi sel kamu dari kerusakan. Kafein ini bisa kamu temukan pada kopi ataupun pada teh, jadi kamu yang nggak suka dengan kopi bisa menggantinya dengan teh hijau tanpa gula.

6. Hindari minuman manis

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

photo via laserdentistnj.com

Salah satu cara mudah menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi konsumsi minuman manis, seperti soda, jus, boba, minuman berasa dan alkohol. Gantilah dengan minuman nol kalori seperti air lemon, teh tanpa pemanis, atau kopi hitam. Meskipun memiliki kandungan kalori yang tinggi, namun minum minuman manis, tidak akan membuat kamu kenyang seperti ketika kamu memakan sayuran ataupun makanan tinggi protein. Jadi jika kamu tetap mengonsumsi minuman manis tanpa memperhatikan kalorinya, maka rencana diet kamu akan gagal total.

7. Tidur lebih awal

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Aman

photo via us.cnn.com

Seperti yang kita tahu, tidur sangat penting karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun kualitas tidur yang buruk adalah salah satu faktor terbesar penambahan berat badan. Jadi kalau kamu ingin program diet kamu berhasil, maka pastikan kamu memiliki kualitas tibur yang baik. Kurangi begadang dan tidur lebih awal. Pastikan kamu dapat tidur sekitar 7-8 jam permalamnya.

8. Minum air putih yang cukup

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

photo via healthline.com

Normalnya kita harus minum 6 sampai 8 gelas cairan setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Namun air putih adalah yang paling sehat karena tidak memiliki kalori. Selain itu, sebuah studi juga menunjukkan bahwa minum air putih sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori dan membuat kita cepat kenyang sehingga efektif dalam menurunkan berat badan.

9. Makan secara perlahan

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Aman

photo via lifeadvancer.com

Tips menurunkan berat bdan dengan cepat dan aman selanjutnya adalah dengan makan secara perlahan. Ada banyak orang yang makan dengan cepat, padahal kebiasaan makan cepat dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Jadi, mulai sekarang, makanlah secara perlahan. Sebab makan perlahan mampu membuat kamu cepat merasa kenyang dan mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan. Ini karena ketika kamu makan dengan perlahan, maka kamu akan mengunyah makanan lebih lembut sebelum menelannya. Dan hal ini ternyata dapat mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.

10. Mulailah mengurangi porsi makan kamu dengan menggunakan piring yang kecil

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

photo via intueat.ru

Tips ampuh untuk menurunkan berat badan lainnya adalah mengurangi porsi makan kamu. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan ukuran piring yang lebih kecil. Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu kamu makan dengan porsi yang lebih kecil. Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, kamu mungkin bisa perlahan-lahan terbiasa makan dalam porsi kecil tanpa merasa lapar. Diperlukan waktu sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa sudah kenyang, jadi makanlah perlahan dan berhentilah makan sebelum kamu merasa kenyang.

11. Jangan melewatkan jam makan

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Aman

photo via eatthis.com

Bukan hanya sarapan yang pantang untuk dilewatkan, namun melewatkan makan siang dan makan sore atau malam juga tidak dianjurkan. Melawatkan jam makan untuk menurunkan berat badan tidak akan berhasil, justru hal tersebut akan membuat kamu ingin makan berlebih dikemudian hari dan merusak metabolisme tubuh. Misalnya saja kamu melewatkan sarapan dan makan siang, hal ini akan mendorong kamu makan berlebih di malam harinya. Jadi makanlah sesuai jadwal biasanya.

Makan 3 kali sehari dan dua camilan setiap hari masih wajar asalkan tetap dalam batas kalori harian kamu. Kamu bisa membagi kalori harian kamu secara merata pada menu sarapan, makan siang maupun malam. Kamu juga perlu merencanakan porsi makan agar kamu tidak makan lebih dari yang dibutuhkan.

12. Jangan menjauhkan diri dari makanan kesukaan kamu

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

photo via eatthis.com

Tak ada yang melarang kamu makan gorengan saat diet. Melarang makanan hanya akan membuat kamu semakin menginginkannya. Tidak ada alasan kamu tidak dapat menikmati camilan sesekali selama kamu tetap memperhatikan kalori harian kamu. Kamu juga harus ingat dengan Cheat day yang merupakan satu hari spesial yang mengizinkan kamu untuk mengonsumsi apa saja, tanpa memikirkan segala sesuatu tentang diet.

13. Rencanakan makanan diet kamu

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Aman

photo via ketosuccesssecrets.net

Tips menurunkan berat badan yang aman selanjutnya adalah dengan merencanakan makanan diet kamu. Cobalah untuk merencanakan apa menu sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan kamu selama seminggu, namun pastikan kamu tetap memperhatikan jatah kalori harian kamu. Ini akan membantu kamu dalam program diet yang kamu sedang lakukan.

14. Gerakkan tubuh kamu

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

photo via freedesignfile.com

Satu lagi tips yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman adalah dengan menggerakkan tubuh kamu. Jangan jadi kaum mager yang hobinya menumpuk lemak ditubuh. Kamu bisa aktif bergerak, seperti berolahraga. Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, olahraga dapat membantu membakar kalori berlebih yang tidak dapat hilang melalui diet saja. Melakukan aktivitas aerobik 30 menit sebelum makan malam juga mampu meningkatkan laju metabolisme bahkan hingga dua atau tiga jam setelah kamu berhenti melakukan aerobik.

Itu dia beberapa tips menurunkan berat badan dengan cepat dan aman yang bisa kamu coba. Bagaimana menurut kalian? Tidak sulit untuk ditiru bukan?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *