Tips Merayakan Tahun Baru di Rumah Saja

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Nggak bisa jalan-jalan pas tahun baru? Tenang, ada banyak tips merayakan tahun baru 2022 agar tetap seru meski hanya di rumah saja lho!

Tahun baru memang menjadi momen paling spesial yang pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang didunia setiap tahunnya. Nggak heran jika banyak orang didunia merayakan tahun baru dengan suka cita, mulai dari membuat pesta kembang api, makan-makan, menari, berlibur ketempat-tempat wisata atau ke luar negeri dan berbagai aktivitas menggembirakan lainnya.

Sayangnya, untuk menyambut tahun baru 2022, kita masih harus bersabar dan menahan keinginan untuk berkumpul dengan banyak orang dan berlibur ke luar kota maupun ke luar negari untuk menghindari meluasnya wabah COVID-19. Apalagi saat ini diketahui kalau kasus positif COVID-19 varian Omicron telah memasuki Indonesia.

Sehingga tak ada cara yang lebih baik dengan merayakan tahun baru dirumah saja. Meski hanya dirumah saja, bukan berarti momen tahun baru kalian akan membosankan. Pasalnya, ada banyak tips yang bisa kamu coba agar perayaan tahun baru 2022 tetap meriah meski hanya dirumah saja. Kira-kira apa saja? Berikut beberapa tips merayakan tahun baru di rumah saja agar tetap seru dan meriah! So let’s check it out guys!

1. Dekorasi rumah semeriah mungkin

Tips Merayakan Tahun Baru Di Rumah Saja

photo via tricitypropertysearches.com

Nggak bisa liburan kemana-mana apalagi staycation di villa atau resort buat ngerayaain tahun baru? Meski hanya dirumah saja tapi kamu juga bisa menciptakan suasana tahun baru yang meriah lho. Salah satunya dengan mendekorasi rumah kamu.

Kamu dan keluarga bisa mendekorasi rumah kamu dengan aneka hiasan bertema tahun baru seperti terompet, balon-balon dan konfeti warna-warni yang menyerupai kembang api. Bekerja sama mendekorasi rumah dengan keluarga tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan membuat persiapan menyambut tahun baru menjadi lebih berkesan meski hanya di rumah.

2. Pakai OOTD terbaik kamu

Penampilan juga harus on point meski merayakan tahun baru dirumah saja. Kamu bisa menggunakan OOTD terbaik kamu dan menggunakan makeup yang cantik. Kamu juga bisa mengajak orang tua dan saudara-saudara kamu untuk menggunakan OOTD terbaik mereka. Karena meski hanya dirumah saja, kamu dan keluarga bisa melakukan pemotretan dengan background dekorasi rumah yang berkilauan. Sesi foto akan menjadi lebih menyenangkan karena dilakukan bersama keluarga tercinta.

3. Pesta kembang api di halaman rumah

Tips Merayakan Tahun Baru Di Rumah Saja

photo via dorsetfireprotection.co.uk

Biar nggak sepi-sepi amat, pesta kembang api tentu menjadi hal wajib dilakukan ketika merayakan tahun baru di rumah, pasalnya, pesta kembang api akan membuat malam tahun baru menjadi lebih meriah. Ketika detik-detik pergantian tahun, kamu bisa mulai menyalakan kembang api bersama keluarga dan saudara-saudara kamu. Nggak perlu kembang api yang besar, cukup menyalakan kembang api sparkles yang cukup aman dipegang oleh anak-anak, maka tahun baru akan menjadi lebih berkesan.

Namun jika diantara kalian ada yang sudah berpengalaman menyalakan kembang api seperti jenis fountains firework, rockets firework ataupun dandelion firework, tentu akan jadi lebih seru. Namun tetap perhatikan keamanan dan keselamatan selama melakukan pesta kembang api ya!

4. Makan malam meriah bareng keluarga

Selain pesta kembang api, menyambut tahun baru rasanya nggak afdol jika tidak ada acara makan malamnya. Kamu dan keluarga bisa saling bekerja sama untuk memasak dan menyiapkan makan malam yang enak untuk menyambut tahun baru. Mulai dari hidangan favorit keluarga, makanan pembuka, hingga makanan penutup bisa kamu sajikan langsung di meja makan. Makan bersama keluarga di malam tahun baru tentu menjadi momen yang paling spesial apalagi semua anggota keluarga berkumpul di meja makan. Yang lagi diet, bisa cheat day dulu di malam tahun baru!

5. Bakar-bakaran atau BBQ-an di rumah

Tips Merayakan Tahun Baru Di Rumah Saja

photo via kidssunnah.com

Biar makan malamnya lebih berkesan, kamu dan keluarga juga bisa BBQ-an di halaman rumah ataupun di rooftop rumah kamu. Kamu bisa memilih model BBQ-an ala western ataupun ala Korea sesuai selera kamu dan keluarga.

Bahkan jika budget pas-pasan, kamu bisa memilih untuk memanggang ayam, ataupun membakar jagung ataupun ikan. Apapaun itu, meski hanya membakar marshmallow, selama dilakukan bersama keluarga ataupun teman, tentu akan membuat suasana malam tahun baru menjadi lebih meriah dan berkesan. Buat kamu yang mengadakan acara BBQ-an di rooftop, tentu besar kemungkinan kamu bisa melihat pesta kembang api secara gratis.

6. Menonton film terbaru

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan untuk meriahkan malam tahun baru di rumah adalah dengan menonton film terbaru bersama keluarga. Sulap ruang keluarga kamu menjadi bioskop dadakan dan kamu beserta keluarga bisa berkumpul di depan TV dan nonton film-film favorit sambil makan popcorn.

Seperti yang kita tahu, menonton film terbaru kini nggak harus pergi ke bioskop, karena ada banyak layanan streaming film yang tersedia di Google Play dan Apple Store seperti Netflix, HBO, Disney+ Hotstar, Viu dan lain-lain.

7. Bikin camilan bareng

Tips Merayakan Tahun Baru Di Rumah Saja

photo via nyonyalicious.com.au

Membuat camilan bareng keluarga juga bisa menjadi kegiatan seru untuk menyambut malam tahun baru. Dari pada membeli, kamu bisa mengajak anggota keluarga kamu untuk membuat camilan sendiri. Nggak usah yang susah-susah, kamu bisa membuat camilan seperti pisang goreng, cireng, cookies atau kue kering lain dan berbagai camilan murah meriah lain. Meski sederhana, namun jika dilakukan bersama tentu akan sangat seru.

8. Main game seru bareng keluarga

Ide kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan untuk merayakan tahun baru di rumah saja adalah bermain game bersama keluarga. Ajak adik kakak, sepupu, ayah, ibu, om, tante atau bahkan kakek nenek kamu untuk ikut bermain sehingga lebih ramai dan seru.

Selain main game consol atau game online, kamu dan keluarga bisa bermain game papan seperti Catur, Monopoli, Scrabble, Ular Tangga, Werewolf: One Night Ultimate Werewolf, dan Ludo.

Kamu dan keluarga juga bisa bermain kartu remi, atau biar nambah seru, kamu bisa mengajak seluruh anggota kerluarga kamu untuk bermain truth or dare. Tentu akan sangat seru dan malam tahun baru tidak akan terlewat dengan membosankan.

9. Karaoke bersama

Tips Merayakan Tahun Baru Di Rumah Saja

photo via thespruce.com

Tips merayakan tahun baru agar menjadi meriah walau hanya dirayakan dirumah saja adalah dengan karaokeran bersama keluarga. Sambil menunggu waktu pergantian tahun, kamu dan keluarga bisa bernyanyi bersama. Nggak ada salahnya jika sekali-kali kamu dan keluarga bernyanyi lagu favorit dengan keras agar suasana tahun baru menjadi lebih meriah. Tidak harus menggunakan sound system, karena dengan pemutar musik atau YouTube kamu juga sudah bisa bernyanyi bersama-sama.

10. Pajamas party

Nah buat yang ciwi-ciwi, kamu dan saudara-saudara kamu juga bisa mengadakan pesta piyama atau pajamas party untuk melewati malam tahu baru agar lebih seru. Bahkan kamu bisa mengajak orang tua kamu untuk ikutan pesta piyama sehingga memberikan nuansa yang lebih spesial.

Siapkan piyama terlucu dan terbaik kamu dan jangan lupa dekor kamar kamu biar jadi lebih menarik. Adakan pesta kecil-kecilan didalam kamar bersama keluarga tercinta. Dan yang paling penting, jangan lupa mengabadikan momen bahagia tersebut.

11. Pesta kostum

Tips Merayakan Tahun Baru Di Rumah Saja

photo via buffalonews.com

Meski bukan helloween namun kamu juga bisa mengadakan pesta kostum untuk meriahkan suasana tahun baru yang hanya dirumah saja. Apalagi ketika tahun baru, rumah kamu menjadi markas untuk keluarga besar berkumpul, tentu pesta kostum akan menjadi lebih seru. Bayangkan saja, ketika pesta kembang api, kalian akan berkumpul di halaman ataupun di rooftop dengan kostum-kostum yang unik, pasti akan membuat suasana malam tahun baru menjadi lebih berkesan.

12. Tukar kado

Meski nggak wajib, namun tukar kado menjadi ide kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk memeriahkan malam tahun baru. Ajak seluruh anggota keluarga untuk saling mempersiapkan kado yang nantinya akan ditukar. Kamu dan keluarga bisa menyepakati berapa budget untuk kado yang akan ditukar nantinya.

Jika jumlah anggota kamu sedikit, dan hanya terdiri dari ayah, ibu dan 2 orang anak, maka nggak ada salahnya masing-masing dari kalian menyiapkan 3 buah kado agar semua anggota keluarga kebagian kado dari masing-masing anggota.

Namun jika jumlah anggota keluarga kamu banyak, siapkan satu kado saja dengan budget yang ditentukan dan cara penukarannya bisa dengan diundi. Tentu acara tukar kado akan menjadi lebih menyenangkan dan bisa memeriahkan malam tahun baru.

13. Lakukan pesta virtual

Tips Merayakan Tahun Baru Di Rumah Saja

photo via blog.hubilo.com

Meski merayakan tahun baru di rumah saja, silahturahmi dengan teman ataupu kerabat nggak boleh dilupakan dong. Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, kamu bahkan bisa melakukan pesta tahun baru secara virtual dengan menggunakan aplikasi video call dan silahturahmi seperti WhatsApp, Telegram, Google Meet, Zoom dll. Kamu bisa menjadwalkan pertemuan virtual selama 60-90 menit sesuai keputusan bersama. Hal ini bisa menjadi obat penghilang rindu dengan teman-teman ataupu kerabat karena tidak bisa merayakan malam tahun baru bersama.

14. Doa bersama

Jangan cuma pesta doang, malam pergantian tahun juga akan lebih berkesan jika ditutup dengan doa bersama bareng keluarga. Apapun agama kalian, berdoa bareng dengan memanjatkan puji syukur atas segala berkah di tahun 2021 serta memohon berkah dan kesehatan untuk tahun 2022 merupakan hal yang wajib dilakukan ketika malam tahun baru.

15. Habiskan malam tahun baru dengan tidur bersama diruang tamu

Tips Merayakan Tahun Baru Di Rumah Saja

photo via maskie-fly.blogspot.com

Malam tahun baru merupakan momen spesial yang hanya hadir setahun sekali, jadi nggak heran jika banyak orang yang tidak rela melewati malam tahun baru begitu saja. Meski begadang bukan hal yang baik, namun di malam tahun baru, begadang tentu sah-sah saja bukan. Agar pergantian tahun baru lebih berkesan, kamu dan keluarga juga bisa tidur bareng di ruang keluarga. Bukan tidur dalam arti sesungguhnya, namun tidur-tiduran sambil mengobrol santai bersama keluarga dan melewati malam tahun baru dengan lebih intim.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merayakan tahun baru meski hanya di rumah saja. Selain ide dan tips di atas, tentu masih banyak hal yang bisa kamu lakukan dirumah untuk membuat nuansa tahun baru menjadi lebih meriah. Jadi sudah siap menyambut tahun baru 2022?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.