Berbagai Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Manusia

2 minggu lalu, by blogunik

Tanaman untuk meningkatkan daya tahan tubuh

0

Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting untuk mengurangi resiko terserang penyakit. Karena jika daya tahan tubuh lemah maka tubuh kita akan menjadi sasaran bagi kuman penyebab penyakit untuk menyerang sistem pertahanan tubuh kita. Jika sistem pertahanan tubuh kita lemah tentunya hal ini akan berdampak pada kesehatan tubuh sendiri dan aktivitas keseharian juga akan ikut terganggu. Sehingga sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima, salah satu cara agar daya tahan tubuh kita tetap prima yaitu berolahraga dan memakan makanan yang sehat serta bergizi. Selain itu ada juga beberapa tumbuhan yang memiliki khasiat dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh, seperti yang sudah Blog Unik rangkumkan berikut ini.

1. Bayam

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Bayam

Photo via awesomecuisine.com

Bayam adalah salah tumbuhan yang mampu meningkatkan daya imun tubuh, dimana bayam ini kaya akan vitamin C, antioksidan dan beta-karoten. Dimana kandungannya ini mampu membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat dalam memerangi infeksi. Untuk mendapatkan manfaatnya ada baiknya bayam tidak berulang atau terlalu lama dimasak.

2. Biji Karom

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Biji Karom

Photo via devdanfoods.com

Biji Karom atau Ajwain adalah obat tradisional yang bisa dikatakan cukup populer dikalangan wanita. Hal ini dikarenakan biji karom sendiri memiliki berbagai macam manfaat yang sangat bagus terutama bagi wanita. Biji ini memiliki kandungan yang bersifat antijamur, antibakteri dan antioksidan. Biji karom ini bisa kamu campurkan bijinya ke dalam masakan atau bisa juga dijadikan sebagai minuman.

3. Brokoli

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Brokoli

Photo via klikdokter.com

Brokoli adalah salah satu sayuran yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Brokoli sendiri mengandung banyak serat dan sifat antioksidan, tak hanya itu saja brokoli juga kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Selain itu, sayuran hijau satu ini juga mampu mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

4. Bawang Putih

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Bawang Putih

Photo via tamaninspirasi.com

Bawang Putih adalah salah satu tumbuhan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia selain menjadi penyedap masakan. Bawang putih sendiri adalah sumber antioksidan yang sangat diperlukan bagi tubuh. Tak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh saja, namun juha dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur dan virus yang ada di dalam tubuh kita.

5. Cabe Rawit

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Cabe Rawit

Photo via servertanamania.net

Siapa yang menyangka ternyata cabe rawit juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Cabe rawit ini biasanya digunakan sebagai obat herbal modern untuk berbagai jenis flu. Cabe rawit ini juga mengandung vitamin A dan antioksidan yang tinggi untuk mengaktifkan sistem sirkulasi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, rasa pedas cabe rawit ini juga memiliki manfaat anti-inflamasi.

6. Cengkeh

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Cengkeh

Photo via diet-health.info

Mungkin tak banyak yang tahu jika cengkeh adalah salah satu rempah-rempah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Rempah-rempah satu ini biasanya sering ditaburi di dalam teh, daging ataupun kue kering sebagai penyedap rasa. Cengkeh sendiri kaya akan antioksidan, selain itu cengkeh juga dapat digunakan sebagai bahan pokok obat gigi, pencernaan dan flu berdahak.

7. Elderberry

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Elderberry

Photo via incredibleseeds.ca

Elderberry atau dikenal sebagai tanaman Sangitan atau Holuder, tanaman satu ini dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan demam dan flu. Selain itu, Elderberry ini juga memiliki khasiat yang lebih efektif daripada menggunakan obat-obatan.

8. Echinacea

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Echinacea

Photo via santarosagardens.com

Echinacea adalah tanaman bunga yang tumbuh di Amerika dan Kanada, bunga ini telah digunakan sebagai obat selama berabad-abad lamanya. Bunga Echinacea ini mulai dari daun, batang, bunga hingga akarnya dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan suplemen, teh dan ekstrak dalam bentuk cair. Tumbuhan satu ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia dan mengurangi berbagai gejala flu, pilek dan infeksi. Tanaman ini mengandung senyawa echinacein yang dapat menghambat bakteri dan virus yang masuk ke sel-sel yang sehat. Selain itu senyawa pitokemikal yang terdapat di bunga ini juga dapat mengurangi infeksi dan tumor yang diakibatkan oleh virus.

9. Ginseng

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Ginseng

Photo via hellosehat.com

Ginseng adalah tanaman yang aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping yang serius. Ginseng sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu ginseng Asia atau Korea dan ginseng Amerika. Tanaman satu ini ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ginseng ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dimana ginseng berfungsi sebagai antioksidan dan menyembuhkan peradangan, membantu mengobati flu, gejala menopause, tekanan darah tinggi, kelelahan, hepatitis C dan penyakit lainnya.

10. Jahe

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Jahe

Photo via honestdocs.id

Jahe merupakan tanaman yang sudah sering digunakan dari jaman nenek moyang kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jahe sendiri memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Selain itu jahe juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh karena terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

11. Jahe Merah

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Jahe Merah

Photo via makassar.tribunnews.com

Jahe Merah adalah salah satu tumbuhan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Jahe merah ini memiliki rasa yang lebih pedas, ukuran yang lebih kecil dan memiliki warna merah pada kulitnya dimana kulitnya ini mengandung antosianin. Jahe merah sendiri memiliki kandungan Shogaol, Gingerol, Zingeron, Capsaicin, Farnesene, Cineole, Caprylic acid, Aspartic, Linolenic acid, Gingerdione, Serat resin, Oleoresin dan Minyak atsiri. Sehingga jahe merah ini memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

12. Kunyit

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Kunyit

Photo via honestdocs.id

Kunyit atau turmeric adalah salah satu tumbuhan yang memiliki warna kuning yang berasal dari bahan aktif curcumin. Tumbuhan satu ini sebagai salah satu rempah anti-inflamasi paling ampuh untuk melawan radikal bebas dan menghambar perkembangan sel tumor. Kunyit juga dikatakan mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

13. Kayu Manis

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Kayu Manis

Photo via healthline.com

Rempah satu ini dikenal memiliki aroma khusus sehingga sering digunakan untuk masakan. Kayu manis sendiri juga dikenal dengan nama cinnamon, selain memiliki rasa yang enak kayu manis juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kayu manis memiliki kandungan yang kaya akan magnesium, zat besi dan potasium sehingga tak heran jika kayu manis mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

14. Kencur

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Kencur

Photo via lifestyle.okezone.com

Kencur adalah salah satu jenis rempah-rempah yang biasanya digunakan untuk obat alami. Rempah satu ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh termasuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

15. Lada

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Lada

Photo via scoop.it

Lada adalah salah satu rempah-rempah tradisional yang biasanya banyak digunakan untuk bumbu dapur. Selain digunakan untuk menciptakan rasa makanan yang lezat, rempah-rempah satu ini juga memiliki kandungan aktif untuk menjaga sistem imun tubuh manusia. Lada ini memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melawan radikal bebeas dan memperbaiki kerusakan pada tubuh.

16. Licorice

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Licorice

Photo via medicalnewstoday.com

Licorice adalah bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan flavonoid dan vitamin yang tinggi. Tanaman satu ini dikenal dengan rasa manis yang umumnya digunakan sebagai pemanis permen atau minuman. Licorice ini memiliki kandungan flavonoid dan vitamin yang tinggi, namun bagi penderita hipertensi sebaiknya menghindari rempah ini karena dapat memicu tekanan darah tinggi dan detak jantung tidak teratur.

17. Lengkuas

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Lengkuas

Photo via kitchenofindonesia.com

Lengkuas adalah salah satu tumbuhan yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Lengkuas sendiri juga dapat membantu melawan berbagai macam penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Lengkuas memiliki kandungan seperti vitamin C, alpin dan galangin.

18. Oregano

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Oregano

Photo via food.detik.com

Oregano adalah salah satu tumbuhan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Oregano sendiri mengandung senyawa rosmarinat dan thymol yang merupakan antioksidan yang mampu mengurangi stress oksidatif dalam tubuh. Sehingga jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung oregano maka sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik.

19. Pegagan

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Pegagan

Photo via hargabulanini.com

Pegagan adalah tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang memerlukan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral. Tanaman ini sendiri memiliki kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside yang mampu mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

20. Pala

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Pala

Photo via hellosehat.com

Pada umumnya buah pala sendiri kerap diolah sebagai manisan buah atau sebagai tambahan olahan makanan. Buah pala ini mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, buah pala dapat memberikan beraneka ragam manfaat seperti mengatasi insomnia, mengendalikan tekanan darah dan menjaga kesehatan kulit. Pala juga menjadi bahan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan penyakit respirasi yang aman digunakan pada anak-anak.

21. Serai

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Serai

Photo via shop.redtick.com

Serai adalah tanaman yang mengandung beberapa jenis antioksidan dimana kandungannya dapat membantu memberantas radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan di dalamnya ini termasuk asam klorogenik, isoorientin dan swertiajaponin.

22. Sambiloto

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Sambiloto

Photo via id.wikipedia.org

Sambiloto memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dimana ekstrak tanaman ini bersifat imunostimulan yang meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem imun. Selain itu, sambiloto juga dapat digunakan untuk meredakan peradangan dan mengurangi keluhan-keluhan yang berkaitan dengan organ hati.

23. Temu Mangga

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Temu Mangga

Photo via bukalapak.com

Temu Mangga adalah tumbuhan yang memiliki aktivitas fagositosis terkuat dibandingkan dengan empon-empon lainnya. Temu Mangga ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

24. Temu Lawak

Tumbuhan Yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Temu Lawak

Photo via medan.tribunnews.com

Siapa coba yang tidak mengenal tumbuhan satu ini yaitu temu lawak. Temu lawak adalah jenis rempah yang berwarna orange yang menjadi tanaman endemik Indonesia. Temu lawak sendiri tidak hanya mampu menambah nafsu makan pada anak saja, namun juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Temu lawak sendiri memiliki kandungan kurkumin, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa dan mineral.

Itulah beberapa tumbuhan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar kita tidak mudah terserang penyakit.

0
Artikel Terkait