Viral!! Video Seorang Pria Menyentuh Logam Cair Panas Tanpa Terluka.

2 tahun lalu, by blogunik

Pria sentuh cairan logam panas tanpa terluka sedikit pun

Sebuah video sedang viral menunjukkan seorang pria dengan sangat jelas menunjukan kemampuannya untuk meletakkan tangannya di logam cair panas tanpa terluka.

Dalam rekaman itu, dia bergerak mendekati aliran logam cair kemudian melepaskan sarung tangan pengamannya, dan mulai mengarahkan tangannya ke cairan metal yang merah menyala karena panas. Setelah itu, dia pergi berjalan seperti biasa seperti tanpa masalah apapun di tangannya dan ia tidak terluka.

Jadi bagaimana dia bisa melakukan ini tanpa melelehkan lengannya atau memberi dirinya luka bakar yang ekstrem? Apakah dia seorang robot canggih layaknya di film terminator yang tahan terhadap logam cair panas? Sayangnya tidak.

Kemampuan itu kemungkinan besar karena efek Leidenfrost. Efek Leidenfrost inilah yang menyebabkan tetesan air menari di sekitar kompor yang sangat panas, bukan langsung menguap.

Ketika cairan dijatuhkan ke piring panas, lapisan bawah cairan langsung menguap. Ini meninggalkan lapisan pelindung gas antara piring panas dan sisa tetesan air, mencegah kontak antara keduanya dan memperlambat transfer panas.

Lebih detail mengenai efek Leidenfrost akan dijelaskan oleh Stephen Fry di video berikut ini.

Efek yang sama melindungi pria di video, yang menggesekkan tangannya melalui logam cair seperti keran biasa.

Untuk waktu yang sangat singkat, kelembaban pada kulitnya langsung mendidih, membentuk lapisan pelindung pada kulitnya dan menghentikannya untuk menyentuh logam cair secara langsung. Hal ini memungkinkan dia menggesek tangannya tanpa harus dibakar. Jika dia melakukannya bahkan dalam sepersekian detik lebih lama, bagaimanapun, kemungkinan dia akan terbakar parah. Jadi jangan coba ini di rumah.

Efek yang sama bisa dilihat dengan nitrogen cair. Karena nitrogen cair mendidih pada suhu -196 ° C (-321 ° F), uap tersebut langsung menguap saat memenuhi permukaan yang hangat (misalnya lantai atau tangan manusia). Ini menciptakan lapisan gas antara dirinya dan permukaannya. Akibatnya, ada banyak video keren di YouTube yang menuangkan nitrogen cair ke tangan mereka, dan, mengerikan, beberapa video di mana orang memasukkan nitrogen ke tangan mereka terlalu lama dan semuanya menjadi sangat salah.

Inilah salah satu video yang lebih dingin, di mana efek Leidenfrost bekerja dengan sempurna.

INGAT!!! Jangan pernah kalian coba tiru ini di rumah, adegan tadi sangat berbahaya!!!

Artikel Terkait