Warna-warni Karnaval di Dunia

3 tahun lalu, by blogunik

Karnaval merupakan pawai dalam rangka pesta perayaan suatu hari besar bagi suatu Negara. Karnaval memberikan hiburan dengan kemeriahan dan warna warni dari kostum yang digunakan. serta pesta rakyat yang menambah kemeriahan dari karnaval tersebut. Berikut ini beberapa karnaval unik di dunia yang berhasil Blog Unik rangkum :

1. Karnaval di Rio de Janeiro

Salah satu daya tarik Brazil sebagai tujuan wisata adalah adanya Karnaval Rio de Janeiro yang diselenggarakan  pada bulan Februari  selama empat hingga lima hari berturut-turut dalam setahun sekali. Karnaval di Rio de Janeiro merupakan ritual perayaan musim semi untuk pengucapan syukur, yang dirayakan dengan memakai topeng atau/masker dan kostum. Lalu masyarakat turun ke jalanan dengan memainkan musik dan menari. Konsep Karnaval Rio de Janeiro dibawa oleh bangsa Portugis dan masih dibawa sampai sekarang.

Uniknya saat karnaval berlangsung kelompok bangsawan akan berpakaian seperti masyarakat jelata, laki-laki akan bertukar pakaian dengan perempuan, dan rakyat jelata akan berpakaian seperti bangsawan. Hal ini bertujuan agar perbedaan kelas masyarakat dapat dilupakan selama karnaval berlangsung.

Akhir abad ke-18 festival diperkaya dengan kompetisi. Masyarakat tidak hanya berkostum tapi juga mereka mengadakan parade yang dilengkapi dengan musik orkestra, drum, dan instrumen lainnya. Sehingga kompetisi ini menjadi atraksi utama Karnaval Rio de Janeiro. Salah satu parade terpenting dalam karnaval ini adalah Samba Parade yang berjalan dari jalanan pusat kota sampai ke Sambodromo.

The Sambadrome (Sambodromo) adalah stadion samba yang dirancang oleh Oscar Niemeyer dan dibangun pada tahun 1984 khusus untuk karnaval di Rio de Janeiro. Sambrodomo terletak di daerah yang dipercaya sebagai kelahiran tarian samba, yaitu Marques de Sapucai. Stadion samba tersebut membentang sepanjang 700 meter dari Avenida Presidente Vargas, dekat Praça Quinze, dan berakhir di Rua Frei Caneca.

2. Karnaval Mardi Gras

Karnaval Mardi Gras di New Orleans menjadi salah satu daya tarik wisata di Amerika. Karnaval Mardi Gras ini dimeriahkan oleh musik, parade, kostum dan pesta pora. Karena Mardi Gras ditetapkan menjadi hari libur di New Orleans, oleh karena itu Mardi Gras adalah sebuah karnaval besar-besaran di New Orleans yang selalu ditunggu-tunggu dimana pada saat karnaval berlangsung semua kegiatan di kota dihentikan, jalan-jalan ditutup untuk mobil dan orang-orang siap berpesta dengan kostum terbaiknya.

Di karnaval ini semua orang bisa ikut memakai kostum, atau bermain musik sambil ikut rombongan atau sekadar menikmati suasana meriah di hari itu. Karnaval Mardi Gras di New Orleans sudah ada sejak tahun 1730 tapi masih berupa pesta dansa dan terbentuk pada tahun 1830 dan semakin ramai setelah ada kelompok pengurus karnaval. Pada tahun 1872, kemeriahan karnaval ini ditambah dengan simbol raja karnaval yang dinamakan Rex dan ia muncul di awal karnaval.

Dalam karnaval ini, akan banyak manik-manik berwarna-warni yang akan dilemparkan ke sekeliling kota oleh peserta karnaval, Manik-manik Mardi Gras memiliki 3 warna khas yaitu emas, ungu dan hijau. Ada juga yang menarik adalah dilemparnya doubloon, atau koin bergambar wajah raja. Koin warna-warni ini akan dilempar oleh Rex, pada awal karnaval. Jika Anda beruntung bisa mendapat koin ini, simpan baik-baik karena dipercaya bisa menjadi jimat keberuntungan.

Selain manik-manik dan koin warna-warni, Mardi Gras juga memiliki tradisi lain yaitu king cake atau kue raja. Kue yang sudah ada sejak dahulu ini merupakan kue khas yang ada di berbagai acara, termasuk Mardi Gras. Kue ini terbuat dari roti donat besar yang sederhana berisi sebuah boneka bayi yang kecil. Jika Anda mendapat potongan yang berisi boneka bayi, maka Anda dianggap beruntung dan akan menjadi pembawa kue raja di acara selanjutnya. Di Mardi Gras, kue raja ini ditambah dengan taburan gula di atasnya dan diwarnai 3 warna khas Mardi Gras. Di lingkaran tengah kue ini dipenuhi dengan manik-manik warna warni. Boneka bayi kecilnya diselipkan di sekitar manik-manik.

3. Karnaval Binche

Sesuai namanya, karnaval Binche diadakan di Binche, Belgia. Karnaval Binche khas dengan Gilles, tontonan pria bertopeng mirip badut dan memakai kostum warna-warni yang menari di sepanjang kota selama berjam-jam. Jika seorang pria mendapat kesempatan untuk melakukan Gilles di hari Selasa Gemuk (Tuesday Shrove), maka hal tersebut akan menjadi sebuah kehormatan baginya.

4. Karnaval Trinidad dan Tobago

Karnaval di Republik Trinidad dan Tobago identik dengan perlombaan band secara individu yang kemudian pemenangnya bergabung dalam Calypso Monarch, salah satu penghormatan terbesar di negara. Sepanjang hari Senin dan Selasa sebelum Rabu Abu (Wednesday Ash), orang-orang berdatangan untuk menyaksikan karnaval di sepanjang jalan utama Trinidad dan Tobago.

5. Karnaval Notting Hill

Karnaval Notting Hill diadakan di London, Inggris, pada bulan Agustus setiap tahunnya. Notting Hill disebut-sebut sebagai parade musik dan kostum terbesar kedua setelah karnaval Rio de Janeiro, Brazil. Meski London di tahun 2012 juga menyelenggarakan olimpiade, namun masyarakat tetap antusias mempersiapkan karnaval. Selama karnaval, jalanan akan terlihat penuh sesak dan ramai karena membludaknya pengunjung dari berbagai belahan dunia.

6. Karnaval musim dingin Quebec

Setiap bulan Februari, atau dimana musim dingin mencapai puncaknya, warga Quebec mengadakan karnaval musim dingin. Berbagai perlombaan seperti snowboard, dog sledding, dan membuat ukiran dari salju pun digelar selama karnaval. Seperti karnaval pra-paskah lainnya, karnaval musim dingin di Quebec, Kanada, ini juga menggelar parade di siang dan malam hari sebagai acara puncak dari perayaan karnaval.

7. Karnaval Venice

Pada 40 hari sebelum paskah, ribuan pengunjung berduyun-duyun ke Venice dengan menggunakan topeng unik. Mereka sengaja memperlihatkan topeng mereka di khalayak umum, dengan demikian kesenjangan sosial pun tidak tampak antara satu dengan yang lain. Para desainer dari berbagai penjuru dunia juga turut meramaikan karnaval dan bertindak sebagai juri untuk menentukan ‘la maschera piu bella’ atau pemakai topeng terbaik. Selain itu, ada pula parade Flight of the Angel yang diselenggarakan di sepanjang jalan di kota.

8. Karnaval Montevideo

Karnaval spektakuler dunia terakhir adalah karnaval di Montevideo, Uruguay, yang dikenal sebagai perayaan karnaval terlama di dunia. Selama 40 hari berturut-turut setiap tahunnya, karnaval Montevideo menyajikan parade teater dan opera yang disebut juga dengan tablados. Festival musik yang khas akan bunyi drum dikenal dengan candombe pun ikut meramaikan suasana karnaval Montevideo.