10 Makanan Lezat Khas Bali

3 tahun lalu

Memang sebuah anugrah bagi orang indonesia, pasalnya negara indonesia mempunyai berbagai makanan khas masing-masing daerah yang sangat enak. Setiap wilayah mempunyai masakan atau makanan dengan cita rasa khas kenikmatan tersendiri. Salah satu tempat atau Kota yang di dalamnya terdapat berbagai makanan khas yang enak adalah pulau Bali atau sering disebut dengan pulau Dewata. Selain sebagai tempat pariwisata yang yang sudah terbukti luar biasa indah ternyata pulau Bali terkenal dengan makanannya yang khas dan sangat indah. Pantas saja jika Bali di jadikan salah satu destinasi tempat wisata bagi para warga asing yang ada di Indonesia maupun Luar Negeri.

Tentu saja dukungan dari segi kuliner akan sangat mendukung kepopuleran Pulau Bali di mata dunia, hal ini terlepas dari tempat wisata bali yang juga sangat indah. Racikan bumbu rempah-rempah khas bali tersaji dalam beberapa deretan makanan khas bali yang paling lezat yang kali ini akan Blog Unik bahas.

 

1. Rujak Bulung  dan Rujak Kuah Pindang

Makanan khas bali paling enak yang akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung yang tentu saja merupakan makanan dari Bali.

Rujak kuah pindang berupa irisan buah mangga, kedondong, nanas atau bengkuang dll, yang di bumbui dengan bumbu rujak dan disiram dengan kuah tuna yang lezat.

Sedangkan Rujak Bulung berupa rumput laut dengan bumbu rujak yang di dalamnya di campurkan dengan bumbu kuah pindang yang sangat sedap.

Saat anda sedang menikmati makanan Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang ini sensasi segar dan juga sensasi pedas bisa anda dapatkan dalam setiap gigitan dari makanan khas bali ini.

 

2. Tipat Blayag

Makanan khas bali yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Tipat Blayag. Makanan yang satu ini sebenarnya berasal dari Buleleng Bali dan merupakan makanan yang berupa ketupat akan tetapi mempunyai bentuk yang mirip dengan lontong, di bentuk menggunakan janur muda yang bisa juga dengan menggunakan daun enau yang masih muda untuk membuat Tipat Blayag ini.

Untuk menciptakan sebuah cita rasa khas bali Tipat Blayag di berikan bumbu yang mana bumbu tersebut terbuat dari olahan tepung beras dan juga bumbu rempah khas bali yang enak. Tentu saja Tipat Blayag ini di campur dengan bumbu rempah khas bali yang sangat kental akan menghasilkan makanan yang lezat. Biasanya Tipat Blayag ini di campur juga dengan ayam sisit, sayur urab, kacang kedelai atau kacang tanah dan lauk yang lainnya.

 

3. Nasi Jinggo

Makanan khas bali yang selanjutnya adalah sebuah makanan terkenal di Pulau Bali, dan merupakan sebuah makanan yang terkenal murah meriah. Tentu Nasi Jinggo adalah makanan bali yang kita maksud yang merupakan makanan yang di bungkus dengan menggunakan daun pisang yang tidak lupa di sediakan sambal khas bali bagi para pencinta makanan pedas.Beberapa lauk yang sering kita jumpai seperti misalkan saja mie goreng, ayam suwir dan tempe goreng.

Dengan nasi sebesar kepalan orang dewasa mungkin anda tidak akan cukup kenyang untuk menikmati sajian kha bali bernama Nasi Jinggo ini. Untuk mendapatkan kekenyangan yang maksimal pesan lagi sesuai dengan kapasitas perut anda. Nasi Jinggo ini sangat populer pada tahun 1997 yang lalu hingga saat ini dan biasanya orang yang menjual makanan Nasi Jinggo ini di banderol dengan harga yang sangat murah sekitar Rp.3000 sampai Rp.5000.

 

4. Ayam Betutu

Makanan khas bali yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat luar biasa dan cukup populer di Bali bahkan populer di seluruh indonesia. Makanan khas bali yang satu ini populer dengan nama Ayam Betutu, tentu jika anda kebetulan sedang berada di Pulau Bali rasanya wajib untuk anda mencicipi Ayam Betutu ini. Masakan khas bali ini merupakan makanan pedas yang sangat kaya akan rasa bumbu rempahnya.

Tentu rasa pedas gurih yang anda dapatkan dari Ayam Betutu ini bisa membuat lidah anda keenakan. Pasalnya bumbu tersebut langsung di masukkan ke dalam bagian perut ayam kampung yang tentu saja hal ini membuat bumbu yang ada meresap langsung ke dalam daging ayam kampung tersebut. Kemudian daging tersebut dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang atau bisa juga direbus sehingga menciptakan kaldu atau kuah betutu yang sangat lezat.

 

5. Lawar

Makanan khas bali yang tidak kalah enak dengan masakan bali yang lainnya adalah sebuah makanan yang populer atau terkenal dengan nama Lawar. Makanan yang satu ini adalah sebuah makanan campuran antara daging cincang dengan beberapa jenis sayuran. Beberapa daging yang biasanya di gunakan untuk membuat Lawar ini adalah daging babi, bebek atau kuwir dan ayam. sedangkan beberapa jenis sayur yang biasannya sering digunakan seperti nangka muda, kacang panjang dan pepaya muda, kemudian daging dan sayuran tersebut dicampur dengan parutan kelapa dan di balut dengan bumbu rempah khas Pulau Bali yang enak.

Makanan yang satu ini merupakan makanan favorit bagi masyarakat Bali, sehingga makanan Lawar ini sangat populer di sana, bahkan sebagian warga bali memiliki kebiasaan untuk memasak lawar ini saat hari raya besar agama Hindu seperti Galungan dan Kuningan dan saat memiliki upacara-upacara besar.

 

6. Babi Guling

Makanan khas bali yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang cukup unik yakni Babi Guling. Makanan khas bali yang satu ini merupakan makanan yang sepertinya di idolakan oleh para wisatawan asing yang datang ke Pulau Bali, tentu setiap orang mempunyai penilaian tersendiri untuk makanan khas bali yang satu ini, pasalnya daging yang di gunakan dalam makanan khas bali ini adalah daging babi.


Dengan menggunakan daging babi, tentu tidak semua orang makan daging untuk jenis ini. Akan tetapi bagi orang yang suka dengan daging babi akan merasa di goyang lidahnya secara maksimal dengan makanan khas bali Babi Guling ini. Dari warnanya yang kecoklatan membuat daging ini sangat menarik, pastinya tidak lupa bumbu khas bali yang di balutkan ke Babi Guling ini yang membuat Babi Guling ini semakin lezat.

 

7. Sate Lilit

Makanan khas bali paling enak dan paling populer yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang bernama Sate Lilit. Makanan yang satu ini merupakan salah satu jenis sate yang tidak sama dengan jenis sate pada umumnya, Sate Lilit ini di buat dengan cara di lilit. Cara pembuatannya adalah dengan mencincang daging yang akan di buat menjadi sate, kemudian di campur dengan bumbu rempah khas bali yang lezat.

Dengan menggunakan batang daun serai atau batang daun kelapa yang diserut kemudian daging yang di cincang tadi dililitkan, daging yang sudah di cincang ini menciptakan tekstur yang sangat empuk. Beberapa daging yang biasanya di gunakan untuk membuat Sate Lilit ini adalah daging babi, daging ayam, ikan tenggiri atau ikan tuna. Akan tetapi hingga saat ini Sate Lilit yang menggunakan ikan tenggiri dan ikan tuna yang menjadi favorit.

 

8. Serombotan

Makanan khas bali yang selanjutnya merupakan makanan yang cukup populer dari bali yang bernama Serombotan. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran yang di olah sedemikian rupa menjadi makanan yang enak. Beberapa bahan sayuran yang sepertinya akan anda temui di makanan khas bali bernama Serombotan ini adalah seperti kangkung, bayam, kacang panjang, pare, tauge dan terong bulat.

Selain enak makanan khas bali yang bernama Serombotan ini juga sangat men yehatkan, pasalnya semua bahannya berasal dari sayuran. Untuk bumbu dari Serombotan di kenal dengan sebuah nama yakni Kalas yang mana bumbu dari Serombotan ini terbuat dari campuran lengkuas, kunyit, bawang putih, bawang merah, kencur dan ketumbar. Tidak lupa santan juga terdapat di Serombotan ini, jika anda suka pedas anda bisa tambahkan bumbu kacang pedas.

 

9. Jaja Bendu

Makanan khas bali paling populer yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Jaja Bendu. Merupakan salah satu makanan khas bali yang berasal dari Jembrana Bali yang sudah sangat populer di para pencinta makanan di kawasan Bali. Sama seperti makanan jaja wajik, makanan Jaja Bendu ini juga termasuk makanan yang tradisional akan tetapi hingga saat ini masih banyak orang yang tertarik dengan makanan khas bali yang satu ini.

Makanan atau kue sederhana dari bali yang satu ini mempunyai bahan-bahan yang sederhana pula, oleh karena itu bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri, rasanya sangat mudah. Di mana makanan khas bali ini di buat dari tepung ketan yang di dalamnya di isi dengan gula bali dan parutan kelapa, kemudian setelah itu di bungkus dengan menggunakan daun pisang. Kue ini sangat mudah di temukan di bali, jadi segera coba makanan khas bali yang satu ini.

 

10. Jaja wajik

Makanan khas bali yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang tentu sudah tidak asing lagi bagi anda yang berada di Pulau Bali. Makanan yang satu ini populer dengan nama Jaja Wajik yang biasanya di jadikan oleh-oleh jika anda sedang berada di Bali. Meskipun makanan khas bali yang termasuk salah satu makanan tradisional bali ini, akan tetapi makanan Jaja Wajik ini hingga saat ini masih di minati olah banyak orang.

Bahkan saking populernya makanan khas bali ini dengan mudah bisa anda temukan di toko-toko yang ada di Pulau Bali sana. Mempunyai rasa yang legit manisnya membuat jajanan bali ini di minati banyak orang. Jika di bali saat ada acara pernikahan, tentu makanan khas bali Jaja Wajik ini selalu hadir di tengah-tengan makanan yang lainnya.

selain makanan diatas masih banyak lagi makanan khas bali yang tidak dapat Blog Unik bahas, tapi jika kalian sedang berada di Pulau Bali maka jangan ragu untuk berkeliling Bali dan berburu makanan khas Bali, karena makanan khas Bali ini sangat mudah ditemukan tidak hanya di pusat kota tapi di desa-desa kecil di Balipun dapat kita jumpai.

 

Sumber:
https://halomuda.com/makanan-khas-bali

Save

Baca Juga