10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa

1 bulan, by blogunik

Orang terkaya di dunia sepanjang sejarah

Jeff Bezos mungkin merupakan orang terkaya di era modern. Pendiri Amazon ini memiliki harta US$ 131 miliar, atau setara Rp 1.830 triliun (Kurs: Rp 14.000/dolar AS). Namun dengan jumlah kekayaan sebesar itu, Jeff Bezos ternyata belum masuk dalam daftar 10 orang terkaya sepanjang sejarah.

Melansir Detik.com, gelar orang terkaya sepanjang masa masih dimiliki oleh Mansa Musa, penguasa Afrika Barat dari abad ke-14. Kekayaan penguasa Afrika Barat abad ke-14 itu ditaksir Celebrity Net Worth mencapai 400 miliar dollar AS,atau sekitar Rp 5.720 triliun. Dengan kekayaan sebesar itu, tentu Jeff Bezos belum ada apa-apanya dibanding Mansa Musa. Selain Mansa Musa, terdapat beberapa triliuner yang juga masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia sepanjang masa. Kira-kira siapa saja? Berikut ulasannya!

10. Muammar Khadafi (1942-2011, penguasa Libya) US$ 200 miliar

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - Muammar Khadafi

photo via id.wikipedia.org

Muammar Gaddafi adalah seorang tokoh revolusi dan politikus asal Libya. Ia berkuasa di Libya sebagai Kepala Revolusioner dari tahun 1969 hingga 1977. Setelah kematiannya pada tahun 2011, muncul laporan bahwa Muammar Gaddafi diam-diam adalah orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih US$ 200 miliar atau setara Rp 2.824 triliun. Dalam bulan-bulan sekitar kematiannya, hampir US$ 70 miliar uang tunai disita di rekening bank asing dan real estate. Ladang minyak Libya merupakan sisa kekayaan bersihnya.

9. William The Conqueror (1028-1087) US$ 229 miliar

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - William The Conqueror

photo via schoolshistory.org.uk

Orang terkaya sepanjang masa berikutnya adalah William I dari inggris. Ia dijuluki sebagai William The Conqueror alias William sang penakluk dan William dari Normandia. Dia terkenal karena menyerbu dan kemudian merebut Inggris pada 1066. Dalam perebutan itu dia memperoleh cukup banyak uang. Kekayaannya sangat melimpah dari hasil penaklukannya dan putri-putrinya menikah dengan bangsawan. William The Conqueror hidup pada 1028 hingga 1087. Ketika William meninggal dia meninggalkan harta yang setara dengan US$ 229,5 miliar atau setara Rp 3.241 triliun kepada putra-putranya.

8. Mir Osman Ali Khan (1886-1967, kerajaan India) US$ 230 miliar

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - Mir Osman Ali Khan

photo via medium.com

Mir Osman Ali Khan merupakan orang terkaya sepanjang sejarah berikutnya dengan kekayaan mencapai US$ 230 miliar atau Rp 3.248 triliun. Mir Osman Ali Khan yang juga dikenal sebagai The Nizam of Hyderabad, adalah penguasa Hyderabad sampai negara itu diserbu oleh tetangga India. Mir Osman Ali Khan memiliki koleksi emas pribadi yang bernilai lebih dari US$ 100 juta dan memiliki lebih dari US$ 400 juta perhiasan termasuk Berlian Yakub yang terkenal yang bernilai US$ 95 juta saat ini. Mir Osman Ali Khan bahkan menggunakan berlian sebagai penindih kertas di kantornya. Dia konon memiliki lebih dari 50 mobil Rolls Royces. Total kekayaannya pria yang hidup di antara 1886 hingga 1967 diperkirakan mencapai US$ 230 miliar atau setara Rp 3.248 triliun.

7. Nikolai Alexandrovich Romanov (1868-1918, Tsar Rusia) US$ 300 miliar

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - Nikolai Alexandrovich Romanov

photo via yenisafak.com

Nikolai Alexandrovich Romanov atau lebih dikenal Nikolai II adalah Tsar terakhir di kekaisaran Rusia yang juga tercatat sebagai salah satu orang terkaya sepanjang sejarah. Ia memerintah kerajaan Rusia dari tahun 1894 hingga 1917 ketika kaum revolusioner Bolshevik menggulingkan dan membunuhnya serta keluarganya. Pria yang hidup dari 1868 hingga 1918 ini memiliki kekayaan US$ 300 miliar atau setara Rp 4.237 triliun. Pada tahun 1916, kekayaan bersih Tsar Nicholas II sebenarnya hampir US$ 900 juta. Namun karena disesuaikan dengan inflasi maka diperkirakan setara dengan US$ 300 miliar pada dolar 2012.

6. John D Rockefeller (1839-1937) raja bisnis Amerika) US$ 341 miliar

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - John D Rockefeller

photo via celebritynetworth.com

Orang terkaya sepanjang masa berikutnya adalah John D Rockefeller. Rockefeller adalah seorang pebisnis Amerika Serikat yang lahir pada 1839 dan wafat pada 1937. Ia memiliki perusahaan minyak yang bernama Standard Oil, yang menjual minyak di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Ia merupakan miliarder pertama dalam sejarah dunia dan dianggap sebagai orang terkaya dalam sejarah Amerika. Kekayaannya diperkirakan mencapai 341 miliar dollar AS atau setara Rp 4.816 triliun. Menurut New York Times, obituary-nya, Rockefeller dihargai sekitar US$ 1,5 miliar berdasarkan pengembalian pajak penghasilan tahun 1918.

5. Andrew Carnegie (1835-1919, industrialis Skotlandia-Amerika) US$ 372 miliar

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - Andrew Carnegie

photo via medium.com

Andrew Carnegie adalah seorang industrialis Skotlandia-Amerika, pengusaha dan dermawan besar. Ia tercatat sebagai salah satu orang terkaya sepanjang sejarah dengan kekayaan mencapai 372 miliar dollar AS atau setara Rp 5.254 triliun. Andrew Carnegie adalah seorang industrialis Skotlandia-Amerika, pengusaha dan dermawan besar. Carnegie menyerahkan sebagian besar uangnya untuk mendirikan berbagai perpustakaan, sekolah, dan universitas di Amerika, Britania Raya dan negara-negara lain, serta dana pensiun bagi mantan karyawan. Ia menjual perusahaannya, A.S. Steel, kepada J.P. Morgan dengan harga US$ 480 juta pada tahun 1901. Jumlah itu setara dengan sekitar 2,1% dari PDB AS pada saat itu. Ia sering dianggap sebagai orang terkaya dalam sejarah setelah John D. Rockefeller. Pada masa itu, kekayaannya mencapai US$ 372 miliar atau setara Rp 5.254 triliun.

4. Akbar I (1542-1605, kaisar dinasti Mughal India) tak terhitung jumlahnya

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - Akbar I

photo via shubham14cse.blogspot.com

Selanjutnya ada Akbar I yang merupakan orang terkaya sepanjang sejarah yang jumlah kekayaannya tidak dapat dihitung karena saking banyaknya. Akbar I merupakan Kaisar Mughal ke-3 di Kesultanan Mughol. Kesultanan Mugol mencakup sebagian besar bagian utara dan tengah India. Kesultanan Mughol yang membuat Taj Mahal berpualam putih di India pada masa pemerintahan raja Shah Jahan, Kaisar Mughal ke-5 untuk mengenang kewafatan istrinya. Pria asal India ini memerintah kerajaan dengan 25% dari PDB global. Kaisar terbesar dari dinasti Mughal India, Akbar mengendalikan sebuah kekaisaran yang menyumbang sekitar seperempat dari output ekonomi global. Chris Matthews dari Fortune mengutip almarhum sejarawan ekonomi Angus Maddison, yang berspekulasi PDB per kapita India di bawah Akbar sebanding dengan Elizabethan Inggris, tetapi dengan “kelas penguasa yang gaya hidupnya yang mewah melampaui gaya hidup masyarakat Eropa.”

3. Zhao Xu (1048-1085, kaisar Shenzong dari Song di China) kekayaannya tak terhitung

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - Zhao Xu

photo via en.wikipedia.org

Kaisar Song Zhezong atau lebih dikenal dengan Zhao Xu adalah kaisar ke-7 dinasti Song yang juga tercatat sebagai salah satu orang terkaya sepanjang sejarah. Kekayaannya tak bisa ditaksir namun dia menguasai kerajaan dengan 25% hingga 30% dari PDB global. Perekonomian Dinasti Song naik secara signifikan saat dia menjabat.

Dinasti Song China (960 – 1279) sendiri adalah salah satu kerajaan paling kuat secara ekonomi sepanjang masa. Menurut Prof. Ronald A. Edwards, seorang sejarawan ekonomi Tiongkok dari Dinasti Song di Universitas Tamkang, negara ini menyumbang antara 25% dan 30% dari output ekonomi dunia selama puncaknya.

2. Augustus Caesar (63 SM-14 M, kaisar Romawi) US$ 4.6 triliun (£ 3.5 triliun)

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - Augustus Caesar

photo via artmajeur.com

Augustus adalah kaisar Romawi setelah Julius Caesar yang paling berpengaruh. Ia mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian, kesejahteraan, dan kemegahan di Kekaisaran Romawi, yang dikenal dengan sebutan Pax Romana atau kedamaian Romawi. Augustus Caesar tidak hanya bertanggung jawab atas sebuah kekaisaran yang menyumbang 25% hingga 30% dari output ekonomi dunia, tetapi menurut profesor sejarah Stanford Ian Morris, Augustus pada suatu saat memegang kekayaan pribadi setara dengan seperlima dari ekonomi kekaisarannya. Kekayaannya menurut money.com mencapai US$ 4,6 triliun atau setara Rp 64.400 triliun.

1. Mansa Musa (1280-1337, raja kekaisaran Mali) kekayaan tidak bisa diperkirakan

10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa - Mansa Musa

photo via gistoftheday.com

Seperti yang disinggung tadi, Mansa Musa adalah orang yang disebut sebagai orang yang paling terkaya sepanjang sejarah dengan kekayaan yang tak bisa dihitung saking banyaknya. Mansa Musa merupakan seorang pewaris kekaisaran Mali yang memiliki 2.000 mil tanah. Dalam tanah tersebut, terdapat emas dan garam. Dalam sejarah, Mansa Musa sempat menjadikan Ekonomi Timur Tengah anjlok selama 10 tahun karena ia membagikan emasnya di Kairo selama ia singgah 3 bulan di sana. Pada 2012, situs web AS Celebrity Net Worth memperkirakan kekayaan Mansa Musa sebesar US$ 400 miliar, tetapi para sejarawan ekonomi sepakat bahwa kekayaannya tidak mungkin dijabarkan karena sangat banyak.

Nah itu daftar 10 orang terkaya di dunia sepanjang masa. Bagaimana menurut kalian guys? Apakah kalian ingin mengikuti jejak mereka agar tercatat sebagai orang terkaya sepanjang masa?

1+
Artikel Terkait