11 Ciri-ciri Orang Yang Belum Dewasa Secara Emosional

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Siapa nih yang sering heran melihat ada orang tua yang masih bertingkah seperti remaja labil? Nggak ada kesan bijaksana sedikitpun meski usianya sudah tak bisa dikatakan muda. Masih suka marah-marah, berperilaku impulsif bahkan haus perhatian. Jika seseorang menunjukkan sikap seperti itu walau usianya sudah dewasa, bisa jadi orang tersebut belum dewasa secara emosional.

Ya, kini kita tidak bisa mengaitkan kedewasaan seseorang dengan usia mereka. Orang yang sudah berumur pun belum tentu dewasa secara pemikiran dan emosional. Tidak sedikit orang yang secara usia dan penampilan terlihat dewasa ternyata kerap berprilaku seperti anak-anak. Mereka cenderung tidak bisa bertanggung jawab dan mengontrol emosi mereka, kerap berperilaku impulsif, haus perhatian, hingga tidak mau mengakui kesalahan. Untuk itu, berikut ciri-ciri orang yang belum dewasa secara emosional yang wajib kita ketahui!

1. Sering self-centered

Ciri-ciri Orang Yang Belum Dewasa Secara Emosional

photo via medium.com

Ciri-ciri orang yang belum dewasa secara emosional adalah sering self-centered. Self-centered sendiri artinya sikap yang hanya berpusat pada diri sendiri sehingga tidak mau menerima pandangan atau penilaian dari orang lain. Ketika ada sikapnya yang salah, dia akan menolak nasehat dari orang lain yang berniat baik. Intinya orang yang belum dewasa secara emosional tidak akan mau mendengar atau menerima penilaian dari orang lain mengenai dirinya.

2. Tidak mengakui kesalahan

Orang-orang yang belum dewasa secara emosional juga kerap tidak mau mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Alih-alih bersikap bijaksana dan mengakui kesalahan, mereka justru akan menyalahkan orang lain atau keadaan ketika mereka berbuat salah. Misalnya saja dia lupa membawa flashdisk yang berisi data penting, bukannya meminta maaf dan akan mencarinya segera, dia justru menyalahkan orang lain karena tidak mengingatkannya.

3. Tidak bertanggung jawab

Ciri-ciri Orang Yang Belum Dewasa Secara Emosional

photo via inspirationalife.com

Orang yang sudah dewasa tentu bisa bertanggung jawab dengan keputusannya. Namun mereka yang belum dewasa secara emosional, bukan hanya tidak mengakui kesalahan, tapi mereka juga cenderung tidak mau bertanggung jawab dengan apa yang telah mereka perbuat. Bahkan ketika hal tersebut terbukti merupakan kesalahannya, mereka akan cenderung melarikan diri dari tanggung jawab dan mengelak jika itu kesalahannya. Contohnya saja dia melakukan kesalahan dalam perkerjaan, bukannya bertanggung jawab untuk memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat, dia justru memilih mengundurkan diri dari perusahaan.

4. Sering melarikan diri dari masalah

Orang yang belum dewasa secara emosional juga sering membiarkan masalah menjadi berlarut-larut. Mereka tidak pernah memiliki niatan untuk mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut, mereka lebih suka melarikan diri dari masalah. Mereka sering kali menunda atau menghindari percakapan sulit karena mereka tidak dapat memahami perasaan sendiri atau merasa masalah tersebut sulit dihadapi. Hal ini kerap kali membentuk sebuah kesalahpahaman.

5. Senang mengontrol orang

Ciri-ciri Orang Yang Belum Dewasa Secara Emosional

photo via mysticmandy.com

Ciri-ciri orang yang belum dewasa secara emosional berikutnya adalah senang mengontrol orang. Sikap suka mengontrol ini kerap ditunjukkan dengan selalu ingin tahu tentang urusan orang lain. Mereka selalun ingin tahu tentang segala hal yang terjadi disekitarnya. Saat tidak diberitahu, orang-orang yang belum dewasa secara emosional ini akan mengomel atau membuat masalah. Padahal, tidak semua hal harus diketahui. Bahkan jikapun mereka mengetahui masalah yang ada di sekitar, mereka tidak akan ingin ikut campur untuk mengatasinya.

6. Takut berkomitmet

Takut berkomitmet juga menjadi salah satu tanda-tanda yang dapat menunjukkan seseorang belum dewasa secara emosional. Bagi mereka, membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan komitmen adalah hal yang menakutkan. Misalnya saja seperti pernikahan. Mereka akan menghindari merencanakan masa depan bersama pasangan karena takut membatasi kebebasan mereka.

7. Berkata dan berbuat tanpa memikirkan akibatnya

Ciri-ciri Orang Yang Belum Dewasa Secara Emosional

photo via beautifulskinyourin.com

Rata-rata orang yang memiliki pemikiran dewasa akan dapat mengontrol perkataan dan perbuatannya agar tidak menyakiti hati orang lain. Namun berbeda dengan mereka yang belum dewasa secara emosional. Mereka kalau bicara atau berbuat seringkali tidak memikirkan akibat dari apa yang dilakukannya. Misalnya saja berbicara dengan kasar kepada seseorang ketika sedang marah tanpa memikirkan perasaan orang tersebut.

8. Sulit mengontrol emosi

Orang-orang yang belum dewasa secara emosional ini juga sangat sulit untuk mengontrol emosi mereka. Mereka jadi gampang panik, gampang marah dengan emosi yang meledak-ledak tanpa mampu meredamnya. Mereka cenderung melampiaskan kemarahan mereka ke orang sekitar ataupun kebenda-benda yang ada disekitarnya. Perilaku seperti ini umumnya ditemukan pada anak-anak yang tantrum.

9. Haus perhatian

Ciri-ciri Orang Yang Belum Dewasa Secara Emosional

photo via psychreg.org

Nggak hanya anak-anak saja yang haus perhatian orang tua, namun mereka yang dewasa dari segi usia namun belum dewasa secara emosional juga kerap kali berburu perhatian. Mereka akan berusaha untuk menarik fokus orang lain agar memperhatikan mereka. Bisa saja dengan menggunakan pakaian yang tidak pas ditubuhnya, bahkan
bahkan melalui tindakan-tindakan yang negatif, seperti melemparkan joke yang menjatuhkan orang lain untuk menarik perhatian orang lain.

10. Mudah dipengaruhi orang lain

Orang yang belum dewasa secara emosional maka emosinya akan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Biasanya ini ditunjukan pada suasana hati mereka yang sering berubah-ubah. Misalnya saja, dengan teman A awalnya dia baik-baik saja, namun karena pengaruh orang lain, ia jadi kurang suka dengan teman A tersebut, padahal ia tidak tau apa masalah yang sebenarnya.

11. Tidak memiliki toleransi

Ciri-ciri Orang Yang Belum Dewasa Secara Emosional

photo via hellogiggles.com

Ciri-ciri orang belum dewasa secara emosisonal berikutnya adalah tidak memiliki toleransi. Jika dia menemukan orang yang memiliki penampilan ataupun pandangan yang berbeda darinya, maka dia akan mengontrol orang tersebut agar mengikuti nasihatnya. Namun jika orang tersebut menolak, maka orang yang memiliki level kedewasaan yang rendah ini akan membencinya, bahkan mempengaruhi orang lain untuk membenci orang tersebut.

Nah itu dia beberapa ciri-ciri orang yang belum dewasa decara emosional. Jadi apakah kalian sudah dewasa secara emosional atau belum nih?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.