20 Tempat Makan Enak dan Murah Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

    Kuliner

Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu kota istimewa yang ada di Indonesia, karena memiliki bentuk pemerintahan kerajaan atau kesultanan. Dimana Raja atau Sultan langsung yang menjadi Gubernurnya. Sebagai destinasi wisata baik domestik maupun mancanegara, Jogja memiliki daya tarik tersendiri. Jika kalian berkunjung ke Jogja, jangan takut untuk kesulitan mencari tempat makan karena sepanjang jalan Malioboro terdapat banyak warung angkringan dengan aneka macam jenis makanan dengan harga yang relatif terjangkau. Salah satu makanan khas Jogja yang sangat terkenal adalah Gudeg. Gudeg merupakan kuliner Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung kesini. Di Jogja memang surganya kuliner enak dan murah, hampir disetiap penjuru kota Jogja banyak terdapat aneka kuliner yang enak. Jika kamu berencana berlibur ke Jogja dan bingung mencari tempat makan yang enak dan murah, tak ada salahnya kamu mengunjungi tempat-tempat dibawah ini :

1. Warung Spesial Sambal (SS)

Photo via : www.foody.id

Photo via : www.foody.id

Photo via : www.foody.id

Nama tempat makan ini memang sudah tidak asing lagi, banyak kalangan mahasiswa yang menjadikan tempat makan ini sebagai tempat makan wajib. Memang pada awalnya, warung makan ini menargetkan pasarnya untuk para mahasiswa, khususnya yang menyukai makanan pedas. Disini kamu bisa makan kenyang mulai harga Rp. 8000-an, untuk lauknya kamu bisa nambah sekitar Rp. 10.000 – Rp. 15.000. Namun tidak disanrankan datang pada saat jam-jam makan siang, karena kamu akan mengantri berjam-jam untuk mendapatkan meja.

 

2. Kedai Rakjat Djelata

Photo via : http://www.klikhotel.com

Photo via : http://www.klikhotel.com

Photo via : http://www.info-jogja.com

Kedai ini mengusung tema jawa yang kental. Kamu bisa memesan makanan dimulai dari harga Rp. 12.000-an. Tempat ini sangat cocok buat mahasiswa, selain makanannya yang enak tempatnya juga unik. Harganya dimulai dari Rp. 6.000.
Lokasi : Jl. Doktor Sutomo No.54, Baciro, Gondokusuman – Yogyakarta
Jam Buka : 11.00 – 23.00

 

3. Mie Ayam Tumini

Photo via : idntimes.com

Photo via : travelingyuk.com

Buat kamu yang menyukai mie ayam, tempat ini wajib kamu datangi. Mie ayam Tumini ini sudah terkenal sampai ke luar kota loh. Katanya dalam sehari, warung ini bisa menghabiskan minimal 700 porsi mie ayam. Harganya dimulai dari Rp. 6.000.
Lokasi : Jl. Imogiri Timur No. 187, Giwangan, Yogyakarta.
Jam Buka : 10.00 – 17.00

 

4. Angkringan KR

Photo via : indahpratiwi.com

Photo via : http://info-travel-jogja.blogspot.co.id

Di Jogja mungkin terdapat ratusan angkringan, namun salah satu yang paling populer yaitu angkringan KR. Angkringan ini tepat berada di kanotr surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR). Terdapat banyak menu diangkringan ini mulai dari sate hati, sate usus, sate telur puyuh, aneka gorengan dan aneka macam nasi dan lauk pauknya. Harga yang ditawarkan disini di mulai dari Rp. 1.000 saja.
Lokasi : Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis, Gowongan, Jetis – Yogyakarta
Jam Buka : 16.45 – 01.00

 

5. Ayam geprek Bu Rum

Photo via : http://id.openrice.com

Photo via : http://blog.plater.id

Warung ini selalu ramai dipenuhi oleh mahasiswa, disini kamu bisa menikmati Ayam geprek dengan tingkat kepedasan sesuai selera kamu. Untuk harga, makanan ini cukup terjangkau karena satu porsi ayam geprek hanya Rp. 9.000 namun jika kamu hanya ingin ayam geprek saja harganya sekitar Rp. 7.000.
Lokasi : Jl. Wulung Lor, Papringan, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman – Yogyakarta
Jam Buka : 08.00 – 21.00

 

6. Gudeg Pawon

Photo via : www.goodnewsfromindonesia.id

Photo via : http://spotunik.com

Photo via : http://jajanjogja.com

Gudeg pawon merupakan tempat makan yang menawarkan menu gudeg namun untuk membelinya pembeli harus mengambilnya di pawon(dapur). Cita rasa gudeg ini sangat lezat, maka dari itu tak heran jika para pembeli rela mengantri. Harga seporsi berkisaran Rp. 25.000.
Lokasi : Jl. Janturan UH/IV No. 36, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jam Buka : 22.00 – 00.00

 

7. Sate klatak pak Bari

Photo via : http://sewamotordijogja.com

Photo via : peakseason.wordpress.com

Photo via : www.goodindonesianfood.com

Kalau kamu sudah nonton AADC2, pastinya kamu ingat waktu Rangga dan Cinta makan malam sate di Jogja dong. Ternyata lokasi tempat makan Rangga dan Cinta ini berada di rumah makan sate klatak Pak Bari. Berbeda dari sate biasanya, sate ini hanya menggunakan garam untuk bumbunya. Untuk dagingnya pak Bari menggunakan daging kambing muda.
Lokasi : Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo, Pleret, Bantul – Yogyakarta
Jam Buka : 18.30 – 01.00

 

8. Gudeg mercon Bu Tinah

Photo via : http://blog.ivacanza.co

Photo via : http://jajanjogja.com

Photo via : http://jajanjogja.com

Gudeg mercon Bu Tinah ini sudah terkenal dikalangan mahasiswa khususnya yang menyukai kuliner pedas. Dinamakan gudeg mercon karena makanan ini dikenal memiliki kepedasan yang tidak seperti gudeg pada umumnya. Harga seporsi berkisaran Rp. 16.000.
Lokasi : Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis – Yogyakarta
Jam Buka : 18.00 – 23.00

 

9. House of Raminten

Photo via : kaskus.id

Photo via : opensnap.com

Photo via : thetravelintern.com

House of Raminten menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. Selain menu, pelayan disini juga memakai pakaian khas yag berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika kamu membutuhkan sesuatu. Harga makanan disini dimulai dari harga Rp. 2.500 -Rp. 35.000.
Lokasi : Jl. FM Noto 7, Kota Baru – Yogyakarta
Jam Buka : 24 jam

 

10. Soto Ayam Pak Man

Photo via : shopback.com

Soto Ayam Pak Man cocok untuk sarapan pagi, satu porsi soto dan segelas teh atau jeruk dihargai cukup Rp. 9.000 saja. Jangan lupa jika makan disini mengambil sate usus dan ati bacem sebagai pelengkap.
Lokasi : Jl. Prof. Herman Yohanes No.1115, Terban, Gondokusuman – Yogyakarta
Jam Buka : 06.00 – 13.00

 

11. Spesial Sambal Bawang Mas Kobis

Photo via : http://bacasayasaja.blogspot.co.id/

Photo via : http://www.hungerranger.com

Spesial Sambal Bawang Mas Kobis merupakan tempat makan favorite mahasiswa pecinta pedas. Menu favorit disini adalah telur, tahu dan tempe yang digeprek atai di penyet. Dari segi harga cukup Rp. 9.000 saja sudah lengkap dengan dua gelas es teh atau jeruk.
Lokasi : Jl. Alamanda, Mrican (Selatan Selokan Mataram, Kampus UNY Karang Malang, Jogja). Dari jalan Gejayan belok ke barat menyusuri selokan Mataram, belok lagi ke selatan di persimpangan pertama (sebelah timur bengkel FT UNY). Warung di sebelah barat jalan, deket pos ronda.
Jam Buka : 10.00 – 22.00

 

12. Sate Kere Pak Mardi

Photo via : http://www.anishidayah.com

Photo via : http://deskgram.org

Sate ini dinamakan kere karena harganya yang murah sehingga bisa dinikmati siapa saja. Berbeda dengan sate lainnya yang disajikan dengan bumbu kacang, sate ini dipadukan dengan lontong dan kuah sayur tempe. Harganya sekitar Rp. 8.000.
Lokasi : Jalan Godean, 7 Sidomoyo, Godean, Sidomoyo, Godean, Kabupaten Sleman – Yogyakarta
Jam Buka : 17.00 – 00.00

 

13. Soto Sulung Stasiun Tugu

Photo via : http://grey-giraffe.blogspot.co.id

Soto sulung stasiun tugu merupakan soto legendaris di kota Jogja. Soto ini berisi daging sapi atau jeroan sapi seperti babat, usus, paru-paru dan hati dengan kuah yang pekat. Soto ini dipermanis dengan potongan telur rebus. Harganya sekitar Rp. 6.500 – Rp. 9.500.
Lokasi :
Jalan Menteri Supeno Nomor 49, Pandeyan, Umbulharjo, Pandeyan, Umbulharjo – Yogyakarta
Jl. Gedongkuning Sel. No.1, Rejowinangun, Kotagede – Yogyakarta
Jam Buka : 09.30 – 21.00

 

14. Soto Pak Sabar

Photo via : http://jajanjogja.com

Photo via : http://jajanjogja.com

Photo via : http://jajanjogja.com

Soto dengan kuah bening kecoklatan ini rasanya didominasi oleh manis dan tidak begitu asin. Daging sapinya juga empuk dan tidak berbau. Satu mangkung soto dihargai Rp. 11.000
Lokasi : Jl. Gedong Kuning Selatan, Rejowinangun – Yogyakarta
Jam Buka : 08.00 – 16.30

 

15. Coto makassar la capila

Photo via : http://eatandstillhungry.blogspot.co.id

Photo via : pinterest

Dengan kuah berwarna kuning kecokelatan yang sangat pekat, soto dengan daging sapi atau jeroan ini bisa kamu nikmati dengan ketupat. Dimasak dengan rempah-rempah menjadikan kuahnya sangat gurih dan enak. Seporsi dihargai Rp. 11.000.
Lokasi : Jalan Krasak No.06 RT.16, RW.04, Kotabaru, Gondokusuman – Yogyakarta
Jam Buka : 08.00 – 16.30

 

16. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Photo via : ksmtour.com

Photo via : http://jajanjogja.com

Photo via : http://jajanjogja.com

Jika kamu pecinta pedas, datang saja ke oseng-oseng mercon Bu Narti ini. Nasi putih panas dipadung dengan oseng-oseng super pedas yang akan meledak di dalam mulut. Dilihat dari bentuknya, memang tidak ada yang menarik hanya nasi putih panas dengan oseng-oseng yang berisi kikil, gajih, kulit dan tulang muda. Namun rasanya enak dan pedasnya pas. Harganya juga cukup terjangkau sekitar Rp. 15.000 per porsi.
Lokasi : Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan – Yogyakarta
Jam Buka : 17.00 – 23.00

 

17. Mie Jawa Warung Mbah Gito

Photo via : http://byforlifestyle.blogspot.com

Photo via : hipwee.com

Photo via : travelingyuk.com

Hampir seluruh interior di dominasi dengan materi kayu. Bahkan ada beberapa yang masih berwujud kayu mentah seperti pohon yang menambah keunikan dari tempat ini. Di warung ini kamu bisa mencicipi beraneka ragam menu yang disajikan mulai dari bakmi godhog, bakmi goreng harga nasi goreng. Untuk minuman kamu wajib mencoba teh poci dan gula batu.
Lokasi : Jalan Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kotagede, Rejowinangun, Kotagede – Yogyakarta
Jam Buka : 11.00 – 23.00

 

18. Saoto Bathok Mbah Katro

Photo via : http://jogjaempatroda.com

Photo via : http://kodeposindo.xyz

Pertama kali kamu mencicipi kuah Saoto Bathok rasanya segar dan tidak berlemak. Sotonya akan semakin nikmati ketika ditambahkan perasan air jeruk nipis dan memakannya bersama tempe goreng. Seporsi dihargai sekitar Rp. 5.000.
Lokasi : Jalan Candi Sambisari No. 6, Purwomartani, Kalasan, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman – Yogyakarta
Jam Buka : 06.00 – 16.00

 

19. Bakmi Shibitsu

Photo via : http://kuliner.panduanwisata.id

Dari penampilan sekilas bakmi ini hampir sama dengan bakmi lainnya hanya saja warnanya terlihat lebih terang. Bakmi ini terbuat dari dua jenis mie kuning dan bihun. Dilengkapi dengan potongan daging ayam dan seledri. Harganya hanya sekitar Rp. 16.000.
Lokasi : Jl. Bantul No.111, Gedongkiwo, Mantrijeron – Yogyakarta
Jam Buka : 18.00 – 01.00

 

20. Tahu Gimbal Pak Yono

Photo via :  http://eatjogja.com

Photo via : http://hellotummy.blogspot.co.id

Dinamakan tahu gimbal karena ciri khas makanan ini adalah adanya gimbal atau yang biasa dikenal sebagai bakwan udang. Bentuk bakwannya ini menyerupai telur dadar, adonannya tampak seperti adonan pancake. Sama seperti kupat tahu yang ada di Bandung. Tahu gimbal ini disajikan dengan lontong lalu disiram dengan bumbu kacang lalu ditambah dengan tauge, telur mata sapi dan bakwan udang. Rasa gurhnya ini karena bumbu kacang ini dicampur dengan petis udang. Untuk menikmati tahu gimbal ini kamu hanya harus membayar Rp. 10.000 saja.
Lokasi : Jl. Tentara Pelajar, Bumijo, Jetis – Yogyakarta
Jam Buka : 09.00 – 17.00

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >