5 Lagu-Lagu Terkenal Yang Dapat Mengundang Hantu

Dibuat oleh blogunik

Musik yang setiap hari selalu kita dengar memiliki kekuatan khusus untuk menggerakkan emosi kita. Musik bisa membuat kita menjadi riang, sedih, bahkan bisa membuat seseorang terharu dan menetekan air mata. Betapa kuatnya pengaruh beberapa bait syair yang dimainkan dengan alunan kord-kord sederhana sebuah lagu.

Namun, apakah benar kekuatan khusus itu bisa dirasakan juga oleh makhluk halus yang ada di sekitar kita?. Blog Unik kali ini akan membahas tentang beberapa judul lagu yang dapat mengundang hantu.

1. LINGSIR WENGI

Lagu lingsir wengi ini sempat menjadi populer saat ada film Kuntilanak beberapa tahun lalu.

Konon lagu ini dipercaya bisa memanggil makhluk jenis kuntilanak. Lagu ini merupakan salah satu lagu gending jawa yang menggunakan pakem macapat, pakem macapat terdiri dari 11 pakem salah satunya pakem durma yang dipakai dalam lagu lingsir wengi.

Banyak masyarakat yang percaya bahwa lagu itu benar-benar bisa mengundang kuntilanak. Padahal sejarah dari lagu ini sendiri begitu baik dan patut untuk kita ketahui.

Berdasakan sejarahnya, lagu ini diciptakan oleh Sunan Kalijaga, yang lahir sekitar tahun 1450 SM dengan nama kecil Raden Said. Sunan Kalijaga salah satu wali yang menyebarkan ajaran Islam dengan media budaya jawa, seperti wayang kulit, seni ukir, gamelan, dan yang lain.

Lagu lingsir wengi diciptakan sebagai penolak bala godaan mahluk halus. Bahkan, awalnya lagu lingsir wengi ini hanya merupakan lagu kisah percintaan biasa.

Namun arti dalam lirik Lingsir Wengi inilah yang kemudian melahirkan banyak persepsi jika lagu ini adalah lagu untuk memanggil setan.

Lirik:
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet
Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, lirik tersebut memiliki arti Sebagai berikut.
Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut

Bagian lirik inilah yang dianggap syarat akan makna tak lazim dan cenderung mengerikan. Lingsir Wengi dinyanyikan dengan menggunakan nada sinden khas tradisional jawa terasa kian melengkapi nilai mistik pada lagu ini. Jadi kalau ingin mendengarkan lagu Lingsir Wengi di malam hari, sebaiknya lebih berhati-hati.

2. MALAM SATU SURO

Malam Satu Suro sendiri sebenarnya merupakan ritual yang dilakukan oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat Jawa hingga sekarang. Lagu Malam Satu Suro sebenarnya memiliki lirik yang tidak menyeramkan.

Lirik:
Malam ini
Sunyi sepi
Kau terlena
Dalam mimpi
Kau tersenyum
Kedamaian

Sekilas tak ada yang aneh ataupun makna menyeramkan pada lagu ini. Lagu ini justru terkesan seperti lagu-lagu bertemakan cinta pada umumnya. Hanya saja masyarakat banyak mempercayai jika lagu Malam Satu Suro ini mengandung hawa mistik ketika dinyanyikan oleh sosok Sundel Bolong yang diperankan oleh Suzana. Karakter dan citra mistis yang dimiliki oleh Suzana ternyata juga melekat pada lagu ini. Jika penasaran ingin mendengarkan lagu Malam Satu Suro yang terdapat dalam film horor yang diperankan Suzana, maka sebaiknya dengarkan beramai-ramai dengan teman-teman kalian.

3. NINA BOBO

Mungkin sebagian dari kita tidak pernah menyangka jika lagu Nina Bobo dianggap sebagai lagu untuk memanggil makhluk halus. Dalam sebuah cerita yang beredar mengenai asal mula munculnya lagu ini, Nina adalah seorang balita perempuan berdarah Indonesia – Belanda yang bernama Helenina Mustika van Rodjnik. Namun sayang, umur Helenina tak panjang ia meninggal pada usia empat tahun. Lagu Nina Bobo memang sengaja diciptakan oleh sang ibu untuk menidurkan Helenina ketika menangis.

Lirik:
Nina bobo oh nina bobo
Kalau tidak bobo digigit nyamuk
Lirik ini dapat juga diartikan,
Tidurlah sayang, adikku manis
Kalau tidak tidur nanti digigit nyamuk

Karena mengalami depresi dan kesedihan mendalam ibu Helenina terus menyanyikan lagu Nina Bobo. Hingga suatu ketika Helenina kembali ke rumahnya karena mendengar nyanyian sang ibunda. Tak ada yang dapat menjamin kebenaran cerita ini. Semua terserah kalian believed or not.

4. MANTRA JELANGKUNG

Siapa yang tak tahu nyanyian Mantra Jelangkung? Nyanyian ini sering kita dengar di film-film horor Indonesia yang bertemakan Tusuk Jelangkung. Jelangkung merupakan salah satu permainan tradisional yang memang dikenal untuk memanggil makhluk lain di alam ghaib.

Lirik:
Jelangkung jelangsat
Di sini ada pesta
Pesta kecil-kecilan
Jelangkung jelangsat
Datang tidak diundang
Pergi tidak diantar

Itulah lirik Mantra Jelangkung yang kerap kita dengar. Percaya atau tidak mungkin di antara kalian sudah ada yang membuktikan kebenaran dan keampuhan mantra ini untuk memanggil makhluk ghaib. Tapi jika kalian ingin memainkan mantra tersebut, sebaiknya waspadalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Asereje

Beberapa dari kalian yang hidup di era 90-an, pasti akrab dengan lagu Asereje  yang dinyanyikan oleh group vocal Last Ketchup yang sempat menjadi lagu hits beberapa belas tahun lalu. Tapi siapa sangka tak lama kemudian lagu ini menggemparkan masyarakat karena beredar isu bahwa lagu ini adalah lagu untuk memuja setan.

Lirik:
Mira lo que se avecina
A la vuelta de la esquina
Viene Diego rumbeando.
Con la luna en las pupilas
Y su traje agua marina
Parece de contrabando
Jika diartikan dalam bahasa Inggris maka lirik lagu ini memiliki makna seperti ini.
Friday night its party time
Feeling ready looking fine
Viene diego rumbeando
With the magic in his eyes

Kata Diego ketika diterjemahkan dalam bahasa Amerika bagian selatan dan Spanyol merupakan kode nama dari Devil atau iblis. Sedangkan Jumat malam adalah hari kramat bagi setan di daerah Eropa dan Amerika.

Pada bagian reff yang berbunyi,
Aserejè ja de jè de jebe tu de jebere seibiunouva,
Majavi an de bugui an de buididipi,
Aserejè ja de jè de jebe tu de jebere seibiunouva,
Majavi an de bugui an de buididipi
Kalau diartikan ke dalam versi bahasa Indonesia maka akan memiliki arti sebagai berikut.
Jadilah sesat, Jehovah itu tidak ada
Tinggalkan keberadaan imanmu saat ini
Mereka akan datang ke bawah,
Dan mereka akan memandu kita

Asereje, menurut suku Assab yang tinggal di bagian barat laut Afrika adalah sebuah ritual untuk memanggil arwah orang yang telah meninggal. Rumor yang beredar juga mengatakan sebenarnya terdapat beberapa kata yang tidak memiliki arti dalam bahasa Spayol. Di negaranya Spanyol lagu ini juga menjadi perdebatan, bahkan diramalkan jika lagu ini dinyanyikan akan mendatangkan iblis. Lagu ini juga dianggap sebagai lagu penyambutan akan kedatangan iblis tersebut.
Lagu Aserejeini mengajarkan kita untuk lebih berhati-hati dalam memaknai lagu asing yang menggunakan bahasa selain bahasa Inggris. Bagaimana dengan Anda sendiri dengan fenomena Lagu yang mengetuk kalbu ketika malam hari ini ? tentunya suasana akan lebih berbeda ketika anda mensenandungkan lagu-lagi ini di malam hari.

Percaya atau tidak percaya, semua orang bebas memlihnya. Tapi satu hal yang harus diingat, kalau Anda percaya bahwa lagu-lagu tersebut dapat mengundang datangnya makhluk halus (Astral) atau biasa kita menyebutnya makhluk tak kasat mata (tidak terlihat). Nah, dengan Anda memercayai hal tersebut, berarti Anda harus mengingat tentunya bahwa Tuhan itu nyata dan ada.

 

Disunting dari:

http://i66m.blogspot.co.id/2014/01/6-lagu-yang-mengundang-datangnya-roh.html


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.