Air Bag Smartphone, Pengaman Hapemu saat Jatuh

1 tahun lalu, by blogunik

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi khususnya smartphone, berbagai hal yang berhubungan dengan smartphone seperti komponen internal serta aksesoris yang dimilikinya pun jadi semakin terus berkembang dengan pesat. Seperti apa yang baru – baru ini dibuat oleh seorang mahasiswa di Universitas Aalen, Jerman. Mahasiswa ini membuat sebuah terobosan pada casing smartphone yang mampu memunculkan sebuah pengaman berupa airbag saat hape terjatuh.

Siswa Jerman ini mendesain sebuah casing smartphone dengan sensor serta 8 buah panel yang berbentuk seperti tetes air yang melengkung membentuk kaki – kaki smartphone. Sensor yang di tanam di dalam casing hape ini akan mendeteksi apakah smartphone tersebut berada dalam keadaan bahaya terutama yang berasal dari saat smartphone ini terjatuh. Adapun cara kerja dari casing ini seperti yang bisa kita lihat dalam video ini, saat dicoba, smartphone dijatuhkan ke lantai, sebelum hape mengalami benturan dengan lantai, ke 8 buah kaki – kai panel yang tersembunyi di dalam casing akan keluar dan memantulkan kembali si hape tersebut.

Siswa yang membuat sekaligus mendesain casing buatannya ini menyebut inovasi buatannya sebagai “air bag” smartphone. Seperti yang biasanya kita ketahui, air bag adalah alat pengaman yang bisanya diletakkan di kursi mobil untuk mencegah benturan jika terjadi tabrakan pada mobil. Philip Frenzel, sang desainer ccasing smartphone ini dengan idenya dalam membuat air bag smartphone ini bahkan memenangkan piagam terbaik dari German Society for Mechatronics meskipun apa yang dibuatnya baru berupa prototype saja.

Selain memenangkan penghargaan, Philip juga mematenkan casing inovasi miliknya tersebut yang berarti casing buatannya ini telah siap untuk dibuat dan dipasarkan dimasa mendatang. Meskipun saat ini dipasaran terdapat banyak caseing hape yang memberikan sebuah pengamanan pada ponsel kita baik itu yang kuat hingga sulit dihancurkan, hingga casing yang tahan air dan mampu membuat smartphonemu bisa bertahan di dalam air. Namun casing yang bisa meloncat, saat dijatuhkan mungkin baru casing ini saja. Sepertia apa bentuk casing-nya? yuk kita simak video berikut ini :