Aneka Jajanan Pinggir Jalan Enak dan Murah Meriah

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Seperti yang kita tahu, Indonesia memang dipenuhi dengan beragam jenis jajanan pinggir jalan yang enak dan murah meriah. Hampir setiap sudut wilayah di Indonesia diramaikan dengan pedagang kaki lima yang menyajikan jajanan-jajanan super lezat dan ramah di kantong. Sebut saja seperti gorengan yang dari turun-temurun selalu menjadi jajanan pinggir jalan favorit warga Indonesia. Meski sudah merasakannya hampir setiap hari, namuan jajanan pinggir jalan selalu sulit untuk ditolak.

Nah buat kamu yang suka berburu camilan, berikut ini merupakan beberapa jajanan pinggir jalan yang enak dan murah meriah yang wajib kamu coba. So let’s check it out guys!

1. Gorengan

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via wiratech.co.id

Jajanan pinggir jalan yang enak dan murah meriah yang pertama tentu saja gorengan. Bagaimana tidak, dengan uang Rp 20 ribuan saja, kita bisa mendapat sekantung kresek penuh gorengan yang terdiri dari beberapa macam gorengan. Mulai dari pisang goreng, molen, bakwan, ubi goreng, tempe goreng, tahu isi dan masih banyak lagi. Meskipun terkadang cita rasa yang diberikan begitu-begitu saja, namun pesona gorengan memang tidak ada yang bisa menolak. Gorengan yang sangat mudah ditemukan disepanjang jalanan ini masih menjadi favorit warga Indonesia sebagai salah satu jajanan pinggir jalan yang enak dan murah meriah.

2. Cilok

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via pramborsfm.com

Selanjutnya ada cilok yang menjadi primadona anak-anak sekolahan. Selain karena harganya yang super murah, jajanan pinggir jalan ini juga memiliki rasa yang nikmat sehingga membuat orang ketagihan. Cilok sendiri adalah singkatan dari “Aci Dicolok”. Jajanan pinggir jalan ini adalah kuliner khas Jawa Barat yang sangat populer sehingga mudah ditemukan hampir disetiap kota di Indonesia. Bentuk cilok mirip bakso namun terbuat dari tepung tapioka dengan bumbu sambal kacang, saus, dan kecap. Tekstur kenyal dengan rasa yang gurih membuat jajanan ini selalu laris manis diserbu pembeli.

3. Cireng

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via instagram.com/freezer.mamalice

Selain cilok, ada juga cireng yang merupakan singkatan dari aci goreng. Jajanan satu ini menjadi buruan para pecinta kuliner pinggir jalan karena tekstur dan rasa yang lezat dan bikin nagih. Sesuai dengan namanya, cireng sendiri berbahan dasar aci yang sudah dibumbu gurih lalu digoreng. Teksturnya yang krenyes diluar dan kenyal didalam membuat jajanan ini menjadi primadona. Meski merupakan kuliner khas Jawa Barat, namun kepopuleran cireng sudah meluas hingga ke pelosok-pelosok Indonesia. Kamu bisa dengan mudah menemukan gerobak para pedagang kaki lima yang menjual cireng dengan harga yang murah meriah.

4. Cimol

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via kulinerkota.com

Masih dengan per-aci-an, kali ini ada cimol yang juga menjadi salah satu jajanan pinggir jalan yang populer karena rasanya yang enak dan harganya yang murah meriah. FYI, Cimol sendiri adalah singkatan dari aci digemol. Digemol disini artinya dibuat bulat-bulat lalu digoreng dan dimakan dengan bumbu tambahan seperti bumbu pedas, barbeque, asam manis dan lain sebagainya. Cimol sendiri bisa dikatakan mirip dengan cireng, hanya saja lebih ringan dan kenyal saat disantap.

5. Sempol

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via imoforpcs.com

Memiliki kepopuleran yang nggak kalah dari gorengan lainnya, sempol juga menjadi salah satu jajanan favorit warga Indonesia karena rasanya yang nikmat dan juga harga yang ramah dikantong. Seperti yang kita tahu, sempol adalah jajanan yang terbuat dari campuran ayam giling dengan tepung tapioka dan bumbu tertentu, kemudian dibentuk bulat serta panjang lalu ditusuk pada batang bambu sate. Sebelum digoreng, sempol harus dicelupkan pada telur dahulu. Bumbunya memakai saus sambal, biasanya ditambah dengan saus kacang juga. Jajanan satu ini sangat mudah ditemukan di pinggir jalan, di depan sekolahan hingga ditempat keramaian.

6. Telor Gulung

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via cnbcindonesia.com

Siapa yang bisa menolak kenikmatan dari telor gulung? Jajanan pinggir jalan ini tak hanya disukai oleh anak-anak sekolah namun juga segala kalangan usia juga menyukai jajanan murah meriah satu ini. Telor gulung sendiri terbuat dari telur yang digulung di atas minyak panas. Selain memakai telur sebagai bahan utama, pembuatan telor gulung ini juga menggunakan campuran aci. Rasanga ringan dan nikmat apalagi ditambah dengan saus sambal.

7. Martabak Telor

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via sweetrip.id

Nggak ada warga Indonesia yang tidak tahu martabak telor. Jajanan pinggir jalan ini merupakan salah satu jajanan terpopuler dengan rasa yang nikmat. Campuran telor dengan daun bawang dan terkadang diberi tambahan daging ayam ini selalu mampu menggoda iman, hampir tidak ada yang bisa menolak kelezatan dari martabak telor. Apalagi saat ini ada banyak martabak telor dengan isian yang beragam. Tak hanya itu, penjual martabak telor juga sangat mudah ditemukan disepanjang jalan. Dengan harga mula Rp 15 ribuan hingga Rp 35 ribuan tergantung isian, martabak telor menjadi salah satu jajanan pinggir jalan enak dan murah meriah terbaik di Indonesia.

8. Terang bulan/Martabak Manis

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via faktualnews.co

Setiap penjual martabak telor, pasti selalu menjual martabak manis atau biasa juga disebut dengan terang bulan. Jajanan pinggir jalan ini memiliki cita rasa yang manis dengan topping yang beragam. Teksturnya yang meleleh dimulut selalu mampu membuat orang-orang ketagihan. Apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau, membuat jajanan ini selalu menjadi incaran orang-orang yang kelaparan ditengah malam atau menjadikannya sebagai oleh-oleh. Kini martabak manis bisa ditemukan dengan beragam topping yang menggugah selera, seperti nutella, ovomaltine, oreo dan masih banyak lagi.

9. Roti Bakar

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via topwisata.info

Roti bakar juga bisa sangat mudah ditemukan disepanjang jalan hingga ditempat-tempat keramaian. Jajanan enak murah meriah ini seolah memiliki penggemar tersendiri sehingga selalu menjadi buruan warga Indonesia. Roti Bakar sendiri kini memiliki topping yang hampir sama dengan topping martabak manis, hanya saja menggunakan roti yang dipanggang sebagai bahan utamanya. Tak hanya karena rasanya yang nikmat, roti bakar juga selalu bisa ditemukan dengan harga yang merakyat.

10. Kerak Telor

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via goodnewsfromindonesia.id

Mungkin kerak telor tidak bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia selain di Jakarta. Namun jajanan khas Betawi ini merupakan salah satu jajanan enak dengan harga murah meriah yang wajib kamu coba. Kerak telor sendiri terbuat dari bahan utama telur ayam, kemudian dicampur dengan beras ketan, ebi, bawang merah, dan bumbu-bumbu yang dihaluskan. Citarasa kerak telor merupakan perpaduan antara manis, gurih, asin, dan pedas. Nggak heran jika jajanan satu ini selalu diburu oleh pecinta kuliner Indonesia.

11. Kue Rangi

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via rri.co.id

Selain kerak telor, kue rangi juga menjadi salah satu jajanan pinggir jalan yang enak dan murah meriah. Kue rangi sendiri merupakan salah satu jajanan pinggir jalan khas Jakarta yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur kelapa. Aroma wangi dan gurih kelapa yang menonjol dari kue ini mampu membuat orang-orang ketagihan. Dengan harga yang merakyat nggak heran jika kue rangi menjadi buruan para pecinta kuliner di Jakarta.

12. Tahu Bulat

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via yummy.co.id

Siapa yang nggak tahu tahu bulat? Jajanan yang sempat viral karena jargonnya ini memang masih menjadi favorit banyak warga Indonesia. Bila dulu kebanyakan tahu bulat dijual menggunakan mobil pickup namun kini sudah tak susah lagi menemukan penjual tahu bulat di pinggir jalan. Sesuai namanya, tahu bulat sendiri merupakan adonan tahu yang dibentuk bulat-bulat lalu digoreng. Jajanan tahu ini kopong didalam dan memiliki rasa yang gurih dari bumbu taburnya. Rasanya nikmat dengan harga yang murah, nggak heran hingga kini tahu bulat masih menjadi jajanan yang diburu oleh pecinta kuliner.

13. Tahu Gejrot

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via pergikuliner.com

Jajanan pinggir jalan yang enak dan murah meriah berikutnya adalah tahu gejrot. Siapa nih yang suka hunting tahu gejrot sebagai makanan pengganjal perut? Tahu Gejrot sendiri sebenarnya berasal dari Cirebon, namun karena kepopularitasannya, kini tahu gejrot bisa dengan mudah ditemukan hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Tahu gejrot ini memiliki rasa yang manis gurih dan pedas karena terbuat dari tahu goreng yang dibumbui dengan bumbu cabai dan gula merah yang manis pedas. Selain rasanya yang nikmat, harga tahu gejrot juga terbilang sangat terjangkau dengan porsi yang mengenyangkan.

14. Siomay

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via travelingyuk.com

Kalau ngomongin soal jajanan pinggir jalan yang enak dan murah meriah, maka siomay tidak bisa dilupakan. Siomay sendiri mirip dengan pangsit dengan isian daging ayam atau daging ikan yang dikukus sehingga memiliki tekstur yang kenyal dan empuk. Siomay juga dipadukan dengan tambahan telur, tahu rebus, bumbu kacang dan sayur-sayuran seperti sayur kol, kentang, dan pare. Isiannya komplit dengan cita rasa yang gurih dan manis. Cocok sebagai pengganjal perut. Siomay juga sangat mudah ditemukan diberbagai sudut perkotaan dengan harga yang merakyat.

15. Batagor

Jajanan Pinggir Jalan Enak Dan Murah Meriah

photo via orami.co.id

Dimana ada siomay pasti ada batagor, ya jajanan satu ini kerap dijual berbarengan oleh para penjualnya. Pasalnya, jajanan satu ini sangat mirip dengan siomay, hanya saja batagor ini digoreng bukan dikukus. Batagor sendiri merupakan singkatan dari bakso tahu goreng yang disajikan dengan saus kacang dan kecap. Meskipun saus kacangnya sama dengan siomay, namun kamu tidak akan menemukan potongan pare, kentang dan sayur kubis didalamnya. Walau begitu, rasanya tetap enak, dan cocok dijadikan sebagai jajanan yang murah meriah.

Nah itu dia beberapa jajanan pinggir jalan yang enak dan murah meriah yang menjadi buruan warga Indonesia. Enak-enak semua bukan? Jadi jajanan pinggir jalan mana yang belum pernah kamu coba?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *