Bahan Makanan Berwarna Hitam Ini Benar-benar ada lho !

2 tahun lalu

Tidak hanya makanan yang berwarna saja yang mengandung banyak nutrisi. Namun bahan-bahan makanan berwarna hitam ini juga mengandung nutrisi yang tinggi. Makanan ini bukan karena pewarna makanan, namun memang alami berwarna hitam. Berikut ini bahan makanan berwarna hitam :

1. Beras Hitam

Beras hitam dikenal juga sebagai super food. Hal ini karena beras hitam mempunyai antioksidan yang tinggi. Kandungan gizinya juga lebih banyak dari beras lainnya. Selain banyak nutri dan manfaat, beras ini juga memiliki sebutan yaitu beras terlarang. Beras ini mempunyai sejarah yang unik sejak ribuan tahun lalu. Beras ini sudah ada di Tiongkok dan hanya boleh dimakan oleh para pejabat kerajaan atau orang yang sangat kaya.

 

2. Bawang Putih Hitam

Bawang merah dan bawang putih sudah biasa, namun apa jadinya jika ada bawang hitam ? Bawang ini, dipanaskan seluruhnya selama beberapa minggu sehingga dalamnya berubah menjadi warna hitam. Bawang ini juga mengandung antioksidan kandungan nutrisi yang lebih banyak.

 

3. Wortel

Mungkin dari luar akan terlihat hitam, namun sebenarnya wortel ini mempunyai warna ungu. Warna yang dihasilkan ini berasal dari anthocyanins, yang juga terdapat di blueberry, blackberry dan buah plum. Biasanya makanan yang mengandung anthocyanins ini juga mengandung antikoksidan yang tinggi. Tahukah kamu? Kalau 100 gram wortel hitam ini mempunyai lima kali lipat kandungan vitamin A dari jumlah yang direkomendasikan.

 

4. Ayam Cemani

Cemani dalam bahasa Jawa berarti “hitam”, yang menandakan bahwa ayam ini hitam seluruhnya. Harga ayam ini cukup fantastis yakni $1999 sampai $2500, jika dirupiahkan sekitar Rp. 25 juta sampai Rp. 30 Juta

 

5. Truffle

Bahan makanan ini tidak kalah eksotik dan mahal. Harga bahan makanan ini juga selangit untuk ukuran sebuah jamur. Bayangkan saja 30 sampai 60 gram truffle menghabiskan Rp. 450 ribu sampai Rp. 950 ribu. Truffle ini menjadi sumber protein yang tinggi dan bebas kolestrol.

Facebook Comments

Baca Juga