Beberapa Ciri Bahwa Kamu Perlu Banget Liburan

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Jangan sepelekan! Beberapa ciri-ciri berikut ini menandakan kamu butuh banget waktu liburan lho!

Liburan adalah satu cara yang bisa kita lakukan untuk bersantai, melepas penat dari banyaknya beban tugas dan pekerjaan yang sehari-hari kita lakukan. Liburan juga bisa mengurangi tingkat stres dan membuat tubuh kembali menjadi lebih relax dalam menghadapi pekerjaan. Tak hanya itu, berlibur juga dapat membantu kita menjalin hubungan yang lebih baik dengan pasangan, keluarga atau teman.

Tapi sayanganya, nggak semua orang bisa memahami kalau liburan sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik mereka. Ini karena banyak orang khususnya workaholic yang menganggap kalau liburan adalah hal yang membuang-buang waktu dan uang saja. Padatnya aktivitas sehari-hari juga terkadang menjadi salah satu kendala kenapa banyak orang selalu menunda waktu liburan hingga berujung menjadi sebuah rencana saja.

Padahal perlu diketahui bahwa kebutuhan untuk berlibur tidak memandang jenis pekerjaan. Bahkan ibu rumah tangga dan anak-anak sekolahanpun sangat membutuhkan liburan. Ini karena stres dapat dialami oleh siapa saja, kapan saja, dan akan terus meningkat jika tidak waktu untuk relaksasi.

Penting untuk diketahui bahwa kita tidak boleh memaksa tenaga dan tubuh kita untuk melakukan rutinitas yang berat setiap harinya tanpa adanya jeda untuk bersantai. Tak hanya membuat stres namun bisa juga memicu munculnya penyakit serius.

Nah agar tidak selalu disepelekan, berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri yang menandakan seseorang butuh liburan. So let’s check it out guys!

1. Merasa stres

Beberapa Ciri Bahwa Kamu Perlu Banget Liburan

photo via shethepeople.tv

Tanda-tanda kamu butuh liburan yang pertama tentu saja ketika kamu sudah mulai merasa stres dengan aktivitas kamu sehari-hari. Mulai dari stres karena beban pekerjaan. Stres karena keadaan rumah dll. Dan stres yang kamu alami ini terjadi secara terus-menerus dan dalam waktu lama. Disanalah kamu perlu yang namanya liburan. Karena jika tidak stres yang kamu rasakan akan menjadi stres kronis
dan membuka masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

2. Tidak fokus bekerja dan selalu membuat kesalahan

Jika kamu sudah mulai tidak fokus bekerja dan sering membuat kesalahan-kesalahan dalam pekerjaan, itu tandanya kamu butuh waktu liburan segera. Ini karena otak yang sudah terlalu lelah dipaksa untuk berpikir tanpa ada waktu untuk relaksasi, sehingga membuat kamu stres. Alhasil, konsentrasi jadi menurun, selalu kurang fokus hingga kamu merasa semua pekerjaan yang kamu lakukan tidak ada yang pernah beres.

3. Merasa lelah dan kurang semangat untuk melakukan aktivitas

Aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan bisa jadi cukup melelahkan. Mulai dari aktivitas pekerjaan, aktivitas para siswa di sekolah ataupun di kampus, bahkan aktivitas harian ibu rumah tanggapun akan terasa sangat melelahkan ketika kamu tidak mendapat hiburan.

Ketika kamu sudah mulai merasa lelah dan kehilangan semangat untuk
melakukan berbagai aktivitas yang biasa kamu lakukan setiap hari, mungkin itu menjadi salah satu tanda kalau kamu sudah perlu mengambil waktu untuk bersantai, salah satunya dengan liburan.

4. Insomnia atau jam tidur terganggu

Beberapa Ciri Bahwa Kamu Perlu Banget Liburan

photo via lmgforhealth.org

Jika kamu mengalami insomnia dan siklus tidur menjadi terganggu, itu tandanya kamu sedang stres. Kondisi stres yang terjadi pada tubuhmu akan membuat kamu sulit untuk relaks agar dapat tertidur. Kualitas tidur yang buruk ini pun akan membuat sistem imun tak bisa bekerja dengan optimal. Jika sudah begini, itu tandanya kamu perlu piknik guys! Liburan ke tempat wisata yang dekat dengan rumahmu pun tak masalah asalah kamu bisa bersantai dan relaksasi.

5. Lupa kapan terakhir kali kamu liburan

Jika kamu sudah dalam tahap lupa kapan terakhir kali liburan, maka hal itu menjadi pertanda kalau kamu harus segera pergi berlibur. Meski kamu belum merasakan dampaknya, namun janganlah memaksakan otak dan tubuh kamu untuk melakukan pekerjaan tanpa memberikan waktu istirahat untuk bersantai. Segeralah membuat jadwal liburan agar kamu tidak keburu stres dan merasakan dampak dari kurang liburan.

6. Sering mengalami pegal-pegal dan mudah sakit

Tanda-tanda kalau kamu butuh liburan berikutnya adalah ketika badan kamu sering mengalami badan pegal-pegal dan jadi lebih mudah jatuh sakit. Hari ini sakit, besok sembuh kemudian sakit lagi, ini merupakan salah satu gejala kalau kamu sedang stres dan butuh liburan. Bentuk sakit yang dirasakan pada tubuh ini merupakan konsekuensi fisiologis yang diakibatkan oleh reaksi kimia dari otak untuk melawan stres yang terjadi padamu. Jadi jangan lupa untuk berlibur jika kamu sudah merasakan gejala ini.

7. Jadi moody-an

Beberapa Ciri Bahwa Kamu Perlu Banget Liburan

photo via quora.com

Perubahan suasana hati atau mood nggak hanya terjadi ketika sedang PMS, kurang piknik atau kurang liburan juga bisa membuat seseorang menjadi moody-an lho. Mood kamu jadi sering naik turun tanpa alasan yang jelas. Jadi lebih sensitif dan suka merasa sedih tiba-tiba. Jika sudah begitu, coba deh ambil cuti dan segara liburan setidaknya 2-3 harian.

8. Gampang marah

Nggak hanya moody-an, tanda-tanda seseorang yang butuh liburan juga dapat dilihat ketika seseorang sangat mudah marah meskipun karena hal sepele. Kamu juga jadi mudah tersinggung dan jadi lebih sensitif. Kepribadian kamu jadi kurang friendly untuk didekati. Jika sudah begitu, cobalah untuk berlibur sejenak dan melepaskan penat yang ada di dalam diri kamu.

9. Merasa mudah panik

Jika pesan sederhana dari atasanmu ataupun teman kerja kamu sudah membuat kamu panik dan merasa takut. Apalagi jika pekerjaan yang selama ini kamu kerjakan dengan senang hati tiba-tiba berubah menjadi pekerjaan yang menakutkan dan kamu merasa setiap menghadapi atasan seperti layaknya sidang skripsi yang menegangkan. Padahal biasanya tidak begitu, maka artinya kamu benar-benar butuh waktu untuk istirahat. Tak pernah bisa berhenti memikirkan pekerjaan akan membuat kamu kelelahan, tak ada salahnya benar-benar mengambil cuti dan menikmati waktu liburan barang beberapa hari.

10. Sulit menghadapi masalah kecil

Beberapa Ciri Bahwa Kamu Perlu Banget Liburan

photo via verywellmind.com

Tanda-tanda kamu butuh liburan berikutnya adalah ketika kamu merasa kesulitan dalam menghadapi masalah kecil. Kamu juga merasa kewalahan merespons berbagai hal. Bahkan pekerjaan yang biasanya bisa kamu selesaikan dalam hitungan menit ternyata harus selesai dalam waktu yang lebih lama. Kamu juga jadi menganggap kalau masalah kecil terlihat seperti gangguan besar yang membutuhkan penyelesaian secepat mungkin. Kalau sudah begitu, sitirahatkan pikiran kalian dengan mengambil waktu berlibur.

11. Jam istirahat kantor atau sekolah serasa sedang liburan

Ini juga menjadi salah satu tanda kalau kamu perlu liburan, dimana kamu berasa jam istirahat kantor atau sekolah menjadi waktu yang berharga dan membuat kamu merasa seolah sedang liburan.

Ini karena pekerjaan kamu sudah membuat kamu merasa stres sehingga setiap momen keluar ruangan kantor rasanya bagaikan sedang liburan. Jika kamu sedang mengalami hal ini, saatnya kamu pergi liburan yang sesungguhnya.

12. Iri melihat teman kamu liburan

Jika kamu mulai merasa iri ketika melihat teman kamu liburan, maka jangan fokus dengan rasa irimu, sebaliknya ikuti jejak mereka untuk ikut mengambil cuti dan berlibur. Jika terhalang dana, kamu bisa memilih tempat wisata murah meriah yang dekat rumah kamu. Yang penting dengan liburan tersebut, kamu bisa mengistirahatkan pikiran kamu sehingga bisa fresh kembali.

13. Merasa tidak bahagia

Beberapa Ciri Bahwa Kamu Perlu Banget Liburan

photo via rimma.co

Salah satu ciri-ciri kamu perlu liburan adalah ketika kamu merasa tidak sebahagia dulu dalam menjalani hidup. Kamu lupa untuk membahagiakan diri kamu sendiri sehingga kamu merasa stres dan selalu merasa terbebani dengan pikiran-pikiran negatif kamu. Kamu juga telah kehilangan selera humor dan tidak lagi menjadi diri kamu yang lucu, periang, dan optimis. Kamu selalu merasa sedih, lelah, dan terbebani, dan selalu ada setiap hari. Kalau sudah begini, itu artinya kamu sudah dalam tahap yang mengkhawatirkan, kareka kamu sudah terlalu serius dan tak bisa menikmati hidup. Meskipun pekerjaan kamu sangat berharga, namun jangan sampai kamu kehilangan kemampuan untuk bersenang-senang ya!

14. Selalu terlihat lelah

Walau kamu sendiri tidak menyadari, namun orang-orang disekitar akan merasakan perubahan yang terjadi pada dirimu. Jika kamu sering menemukan teman-teman atau orang-orang disekitar kamu yang menanyakan kondisimu, apakah kamu merasa lelah, apa kamu kurang tidur atau apa kamu sedang sakit. Mereka melihat kalau kamu seperti seseorang yang memiliki beban yang begitu berat, sehingga kamu selalu terlihat lelah dan kurang bersemangat setiap harinya. Jika sudah begitu, maka fix, kamu sedang butuh liburan guys!

15. Waktumu habis hanya untuk aktivitas sehari-hari

Dalam sehari ada 24 jam, namun 24 jam itu hanya digunakan untuk kerja, makan dan tidur. Hampir setiap hari rutinitasmu hanya dihabiskan dengan kerja, makan dan tidur. Seolah tidak ada waktu kosong untuk melakukan hobi atau kegiatan favorit lainnya karena kamu sudah terlalu lelah untuk melakukan hal lain. Namun perlu diingat bahwa tidak masalah absen dari semua rutinitas harian kamu dengan mengambil waktu untuk istirahat dan berlibur.

16. Pelampiasan yang tidak sehat

Beberapa Ciri Bahwa Kamu Perlu Banget Liburan

photo via science.howstuffworks.com

Jika rasa stres yang kamu rasakan sudah membuatmu melakukan hal-hal yang negatif, maka itu bisa jadi pertanda kalau kamu butuh liburan segera. Kurangnya hiburan dan relaksasi memang mampu membuat otak kita menjadi penat dan stres. Nggak heran banyak orang yang workaholic justru terjerumus obat-obatan narkotika atau menjadi pencandu alkohol. Ini dilakukan untuk melampiaskan rasa stres yang dirasakannya. Jadi daripada kamu terjerumus kedalam hal yang negatif, lebih baik ambil waktu untuk berlibur barang beberapa hari.

Itu dia beberapa ciri-ciri bahwa kamu perlu banget liburan. Perlu ditekankan bahwa liburan bukan hanya sekedar jalan-jalan dan menghabiskan uang saja, sebab kegiatan ini akan memberikan banyak manfaat positif bagi diri sendiri. Berlibur juga bukan berarti mengabaikan tanggung jawab. Jadi, jangan merasa terbebani ketika kamu mengambil cuti beberapa hari untuk berlibur.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.