Bikin ngiler !!!, makanan lezat khas lebaran dari Arab Saudi

Dibuat oleh blogunik

Bukan hanya di Indonesia saja Masyarakatnya yang disibukkan dengan makanan khas berbuka puasa. Kalo di Indonesia punya kolak, dan makanan berbuka puasa lainnya, Lain lagi dengan di Arab Saudi yang penduduknya 90% muslim.  Dengan mayoritas penduduknya beragama islam, dan terlebih lagi saat mendekati lebaran banyak umat muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul di Mekkah dan Madinah. Saat lebaran warga arab Saudi akan menyajikan makanan khas arab Saudi saat lebaran kepada para tamunya. Inilah makanan khas lebaran dari negara tersebut :

 

1. Shakshoukah

Shakshoukah adalah makanan yang berbahan dasar telur. Makanan ini adalah sajian telur orak-arik yang dimasak bersama pasta tomat dan bumbu lainnya seperti bawang cincang, tomat potong dadu, telur, paprika, kemangi cincang, dan cabe. Sajian ini sendiri merupakan sajian tradisional dari Timur Tengah.

 

2. Nasi kabsa

Nasi kabsa adalah nasi lemak yang dibumbui berbagai rempah-rempah seperti lada hitam, cengkoh, kayu manis serta cardamon mirip seperti nasi kebuli yang ada di Indonesia. Nasi ini akan dihidangkan dalam sebuah nampan besar yang bisa disantap banyak orang. Nasinya sendiri terbuat dari beras basmati yang ramping dan panjang disajikan bersama daging sapi, unta, atau domba dan juga sayur-sayuran sebagai acarnya.

 

3. Debyaza

Debyaza adalah sejenis selai dengan kacang-kacangan yang disajikan saat lebaran. Debyaza terbuat dari pasta aprikot dan dicampur dengan berbagai jenis kacang seperti kacang mete, kacang kenari, kurma kering, aprikot kering dan juga kismis. Debyaza sendiri rasanya manis, asam dan gurih, agar mendapat tekstur seperti selai debyaza biasanya dibuat menjelang lebaran kemudian disimpan dan disajikan saat Idul Fitri tiba.

 

4. Kebdah

Umat Muslim di Arab Saudi memiliki tradisi menyembelih domba saat Idul Fitri. Sehingga menyantap daging domba juga menjadi tradisi. Tapi yang unik sajian khas lebaran ini adalah bukan hanya memakan daging dombanya saja tetapi organ domba pun ikut dimasak. Seperti masakan satu ini yaitu Kebdah, yang merupakan hati domba segar yang dimasak dengan tomat dan berbagai rempah-rempah.


Artikel Terkait