Blackbird, Pesawat tempur NASA tercepat di dunia

    Teknologi
Iklan

Kalau cuman melihat dari teknologi tempur dari pesawat – pesawat yang ada antara di masa lalu dengan yang sekarang, tentunya pesawat tempur yang ada sekarang jauh lebih canggih dan mematikan. Dengan adanya hulu ledak nuklir di setiap roket yang ada, membuat kemampuan penghancur di setiap tempur yang ada sangat mematikan.

Tapi jika dilihat dari kecepatan terbang pesawat – pesawat ini, pada jaman dahulu bahkan sudah ada pesawat dengan kecepatan melebihi kecepatan suara. Nasa merupakan salah satu badan yang telah mampu mengembangkan pesawat jenis ini.

Dengan bantuan perusahaan manufaktur aeronautik Lockheed Martin, Nasa telah mampu menerbangkan pesawat dengan kecepatan melebihi kecepatan suara dengan nama SR-71.

photo source : taskandpurpose.com

Pesawat dengan julukan Blackbird ini mampu terbang hingga ketinggian 25 kilometer dan dengan kecepatan 3.500 kilometer per jam.

Dikutip dari Business Insider, Blackebird pada tahap produksinya hanya dibuat sebanyak 32 unit namun hanya 20 unit yang masih tersisa. Sedangkan sisanya telah hilang akibat kecelakaan. Terbatasnya produksi pesawat ini dikarenakan mahalnya biaya produksi pada kala itu.

Pertama kali dibuat, pesawat itu dikhususkan bagi angkatan udara Amerika Serikat (AS) untuk mengintai musuh pada era perang dingin. Pesawat dengan bahan baku titanium ini memiliki kemampuan unik yakni ia mampu untuk mengisi bahan bakar di udara.

photo source : iliketowastemytime.com

Dalam dunia penerbangan, NASA memang dikenal jempolan. Mereka mengembangkan teknologi – teknologi baru, dan saat ini sedang mengembangkan pesawat supersonik yang akan menggantikan concorde.

Disebutkan, pesawat yang baru ini akan dikembangkan akan menjadi pesawat paling cepat di dunia. NASA pun akan kembali bermitra dengan LOckheed Martin guna mencoba teknologi baru dari pesawat ini.

Nasa mengklaim bahwa pesawat terbang yang baru ini akan lebih nyaman, sunyi, ramah lingkungan dan jauh lebih cepat dari blackbird. NASA sendiri telah menandatangani dan menyetujui kontrak senilai US$ 20 juta atau sekitar Rp 265 milyar rupiah untuk melakukan uji coba pesawat berkecepatan tinggi tersebut.

Pesawat baru yang sedang dikembangkan ini disebut sebagai Low Boom Fight yang diklaim suaranya yang sunyi dan sangat lembut seperti detak jantung supersonik.

JIka diibaratkan, penggunaan pesawat ini jika kalian melakukan perjalamam dari London ke Newyork, dengan pesawat ini kamu cukup membutuhkan waktu 11 menit.

Save

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts