Bocoran spesifikasi dan bentuk dari Iphone 8 terbaru

2 tahun lalu

Di dunia smartphone, bisa dikatakan jika belum ada yang mampu mengalahkan iphone. Merek smartphone yang satu ini memiliki pasar dan penggemarnya sendiri. Dengan kualitas yang terjamin, smartphone yang satu ini belum pernah membuat para penggemarnya merasa kecewa dengan performa yang ada. Apalagi aplikasinya juga banyak layaknya pada playstore android.

Kali ini apple bakal meluncurkan seri generasi selanjutnya dari iphone yakni iphone 8. Berikut beberapa bocoran tentang iphone 8 yang akan release mendatang

1. Schematics, design dan casing

Sebelumnya mungkin pernah kita lihat beberapa prototipe desain yang berbeda untuk iPhone 8 yang membuat sulit untuk menyingkirkan kedua tampilan akhir dan fitur yang dapat kami harapkan, namun keduanya kemudian bocor dan informasi yang tidak sengaja dibagikan oleh Apple telah memberi kita gambaran yang cukup jelas tentang apa yang akan muncul. Awalnya, ada desas-desus tentang prototipe yang menampilkan desain drop air, tombol ID Sentuh belakang, dan desain mutakhir tanpa tombol ID Sentuh sama sekali, namun tampaknya pilihan ketiga menjadi yang paling cocok.

Apple pada akhir Juli merilis firmware untuk speaker HomePod yang akan datang dan secara tidak sengaja merilis sebuah gambar dari iPhone 8 yang para pengembang gali dari kode tersebut. Meski hanya garis besar sederhana, gambar itu sangat menyerupai komponen iPhone 8 yang bocor dan skema desain, yang menampilkan layar depan penuh dengan bezels tipis, tidak ada tombol Home, dan takik di bagian atas untuk lubang suara dan sensor.

2. Penamaan

Mengikuti skema penamaan standar Apple, dengan peningkatan numerik selama bertahun-tahun untuk menandai perubahan desain eksternal dan peningkatan “S” selama tahun-tahun ganjil untuk menunjukkan pembaruan fitur internal saja, iPhone 2017 akan disebut “iPhone 7”.

Mengingat perubahan besar Apple berencana untuk mengenalkan iPhone pada 2017, nampaknya tidak mungkin perangkat tersebut akan menerima nama “S”, jadi ada kemungkinan Apple bisa memutuskan untuk langsung masuk ke nomor penuh berikutnya, menamai iPhone 2017 iPhone. 8.

2007 – iPhone
2008 – iPhone 3G
2009 – iPhone 3GS
2010 – iPhone 4 (desain baru)
2011 – iPhone 4s
2012 – iPhone 5 (desain baru)
2013 – iPhone 5s
2014 – iPhone 6 dan iPhone 6 Plus (desain baru)
2015 – iPhone 6s dan iPhone 6s Plus
2016 – iPhone 7 dan iPhone 7 Plus
2017 – iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

IPhone 8 adalah nama tentatif untuk perangkat tersebut – belum dikonfirmasi oleh Apple – namun tampaknya menjadi pilihan paling logis untuk pembaruan besar. Selalu ada kemungkinan Apple akan menyebutnya sesuatu yang lain atau membuat tahun 2017 tahun ini bergerak menjauh dari skema penamaan iPhone bernomor.

Apple berencana memproduksi total tiga model iPhone pada 2017, yang selanjutnya membingungkan skema penamaan potensial. Karena dua dari perangkat ini mungkin serupa dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang ada, yang dijual bersamaan dengan model OLED andalannya, beberapa rumor menyarankan mereka bisa disebut “iPhone 7s” dan “iPhone 7s Plus”. Dalam hal ini, kita akan memiliki iPhone 7, dan iPhone 7s Plus, dan iPhone 8 atau beberapa nama lain seperti iPhone X atau iPhone Pro.

3. Desain

Untuk iPhone 8, Apple berencana untuk beralih dari bodi aluminium yang telah digunakannya sejak tahun 2012 dalam upaya untuk membedakan iPhone baru dari perangkat yang telah ada sebelumnya. Apple diperkirakan malah akan mengadopsi kembali bodi yang didukung kaca yang terakhir digunakan untuk iPhone 4s. Kaca lebih rapuh dan lebih berat dari aluminium, namun banyak kemajuan telah dicapai dalam teknologi kaca dan bahan seperti Gorilla Glass lebih kokoh dari sebelumnya, yang dapat membantu mencegah kerusakan.

Beberapa rumor menyarankan bahwa akan ada tiga versi iPhone: model OLED “premium” dan dua perangkat LCD standar, dengan ukuran yang mencakup 4,7, 5,8 inci (OLED), dan 5,5 inci.

Menurut analis KGI Securities Ming-Chi Kuo, yang telah berbagi beberapa rumor yang akurat mengenai rencana desain Apple di masa lalu, ketiga iPhone tersebut akan menampilkan desain bertubuh kaca yang sama, dengan kaca dan bukan aluminium yang digunakan untuk bodi perangkat. Kuo juga percaya bahwa bingkai stainless steel akan digunakan di iPhone kelas atas, sementara model yang lebih murah bisa mendapatkan bingkai aluminium. Bloomberg, sebuah situs yang sering memiliki pengetahuan tentang rencana Apple, telah mengkonfirmasi rencana Apple untuk menggunakan kaca berbingkai baja untuk iPhone OLED.

4. Facial Recognition vs. Touch ID

Menurut analis KGI Securities Ming-Chi Kuo, Apple berencana untuk menghilangkan Touch ID seluruhnya di iPhone 8 dan menggantinya dengan sistem keamanan baru yang didasarkan pada pengenalan wajah. Kemampuan pengenal wajah yang didukung oleh sensor 3D baru telah lama dikabarkan untuk iPhone 8.

Prediksi Kuo telah disuarakan oleh analis Morgan Rod Rod dan Bloomberg, dengan situs tersebut menyarankan Apple akan memperkenalkan sistem keamanan “yang ditingkatkan” yang akan memungkinkan pelanggan membuka iPhone mereka dan melakukan pembayaran Apple Pay dengan pengenalan wajah alih-alih sensor sidik jari Touch ID. Sistem pengenal wajah 3D yang dikenali oleh Apple maju dan bisa membuka iPhone dalam beberapa ratus milidetik.

Dikatakan untuk bekerja bahkan ketika iPhone dipasang di atas meja, jadi fungsinya dari berbagai sudut dan tidak boleh merepotkan untuk digunakan bahkan saat melakukan pembayaran di terminal, dan bukti dari fungsi ini ditemukan di firmware HomePod. Ini menangkap lebih banyak titik data daripada pemindaian sidik jari, jadi lebih aman daripada ID Sentuh, dan Apple juga menggunakan teknik persepsi kedalaman 3D yang akan mencegah pengenal wajah karena tertipu oleh foto.

5. Prosesor

Semua model iPhone yang datang pada tahun 2017 diperkirakan akan menggunakan chip Apple A11, termasuk iPhone 8 OLED dan iPhone 4.7 dan 5.5 inci yang lebih sederhana (yang bisa disebut iPhone 7 dan iPhone 7s Plus).

TSMC mulai berproduksi pada prosesor Apple A11 pada bulan Mei 2017. TSMC awalnya ingin memulai produksi pada bulan April, namun produksi dilaporkan tertunda karena masalah dengan proses manufaktur Finisher 10 nanometer. Chip A11 diharapkan lebih cepat dan lebih hemat daya daripada A10 saat ini, diproduksi pada proses 16 nanometer. Ini bisa mengenalkan performa lebih cepat dan daya tahan baterai lebih baik.

6. Wireless Charging

Rumor iPhone 8 awal menayatakan bahwa Apple tengah mengerjakan teknologi pengisian daya nirkabel jarak jauh yang dapat diterapkan segera setelah 2017, namun informasi dan spekulasi yang lebih baru menunjukkan bahwa alih-alih teknik pengisian nirkabel jarak jauh, Apple malah akan menggunakan mode nirkabel induktif. Pengisian solusi (mirip dengan Apple Watch) untuk perangkat tersebut, dan pemasok Apple Wistron telah secara tidak sengaja memastikan bahwa pengisian nirkabel direncanakan untuk setidaknya satu model iPhone.

Apple pada bulan Februari bergabung dengan Wireless Power Consortium, yang berkomitmen terhadap pengembangan standar pengisian nirkabel Qi yang banyak digunakan pada perangkat seperti Samsung Galaxy, dan Apple telah mengajukan puluhan paten untuk pengisian induktif. Puluhan karyawan dengan keahlian dalam pengisian nirkabel juga telah bergabung dengan perusahaan tersebut selama setahun terakhir.

IPhone 8 diharapkan menyertakan solusi pengisian nirkabel WPC yang akan diaktifkan melalui aksesori opsional yang akan dibeli bersamaan dengan iPhone baru. Apple dikatakan memiliki masalah dengan perangkat lunak yang terkait dengan fungsi pengisian nirkabel, sehingga aksesori pengisian daya induktif yang memungkinkan fitur ini tidak dikirimkan sampai nanti, mungkin bersamaan dengan pembaruan iOS 11.1.

Ada banyak bukti bahwa Apple mencari komponen untuk solusi pengisian induktif. Lite-On Semiconductor dikabarkan akan menyediakan komponen chip terintegrasi untuk modul pengisian nirkabel di iPhone 8. Pabrikan dilaporkan akan memasok penyearah jembatan yang diperlukan untuk mengurangi masalah thermal dan mempertahankan efisiensi dalam transmisi daya nirkabel, dan Apple juga mungkin mengambil komponen dari MediaTek, Foxconn, Pegatron, dan Luxshare. Foxconn dan Pegatron dikatakan memproduksi basis pengisian yang akan digunakan dengan iPhone.

Mungkin saja Apple awalnya mempertimbangkan teknik pengisian nirkabel jarak jauh namun belum bisa menyempurnakan solusinya, yang akan menjelaskan rumor campurannya.

Terlepas dari metode pengisian nirkabel yang digunakan, analis KGI Securities Ming-Chi Kuo percaya bahwa semua iPhone baru cenderung mendukung pengisian daya nirkabel tahun depan, termasuk model 4,7 inci, model 5,5 inci lebih besar, dan model OLED high-end. , Seperti juga analis Susquehanna, Christopher Rolland.

7. Memori

IPhone 8 diperkirakan akan menyertakan memori flash NAND dari Samsung. Dengan iPhone 7 dan 7 Plus, Apple memperkenalkan opsi penyimpanan 256GB, dan kemungkinan penambahan bisa disertakan di iPhone 8.

Informasi yang bersumber dari Weibo menyebutkan bahwa iPhone 8 akan tersedia dalam kapasitas penyimpanan 64, 256, dan 512GB yang dipasok oleh SanDisk, Toshiba, Samsung, dan SK Hynix. Tidak jelas seberapa akurat informasi ini, atau jika semua warna tersedia dalam semua kapasitas.

Pilihan penyimpanan untuk iPhone 7s dan iPhone 7s Plus juga tidak diketahui.

Salah satu rumor tambahan menyebutkan iPhone 8 akan mencakup peningkatan ruang penyimpanan, yang bisa membuat perangkat lebih mahal dari model iPhone generasi sebelumnya, dan dua rumor lainnya mengatakan akan tersedia dalam kapasitas 64 dan 256GB.

8. RAM

Seperti iPhone 7 Plus, iPhone 8 dikabarkan menyertakan 3GB RAM. iPhone 7s Plus diperkirakan menyertakan RAM 3GB, sementara iPhone 7s yang lebih kecil akan terus menawarkan RAM 2GB. Kecepatan transfer DRAM dari tiga model baru ini diperkirakan akan lebih cepat dari pada iPhone 7 dari 10 sampai 15 persen untuk performa AR yang lebih baik.

9. Taptic Engine

Mesin Taptic yang disempurnakan merupakan salah satu fitur yang bisa disertakan di iPhone 2017, menurut sebuah laporan dari situs Jepang Nikkei. Apple dikatakan sedang mengerjakan “High performance motor” yang mampu “menciptakan getaran taktil yang lebih kompleks.”

Mesin seperti itu mungkin akan diperlukan jika Apple memang menghilangkan tombol Home di iPhone 8, seperti yang telah dikabarkan. Sebagai gantinya iphone mungkin bisa menggantinya dengan getaran untuk menunjukkan pemicu seperti unlocking iPhone dan konfirmasi pembayaran ID Sentuh, dua fitur yang saat ini terkait dengan tombol Home iPhone fisik.

10. 3D Touch

Dengan Apple menerapkan bodi kaca untuk iPhone dan memperkenalkan setidaknya satu layar OLED, teknologi 3D Touch baru mungkin diperlukan. Menurut analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, Apple perlu menggunakan modul 3D Touch baru dengan “laminasi lembaran grafit tambahan” untuk pengurangan panas.

11. Speaker

Kuo juga yakin iPhone 8 akan menampilkan daya output yang lebih konsisten untuk speaker dan receiver guna menciptakan efek stereo yang lebih baik.

12. Daya Tahan Baterai dan Pengisian

Kita sebelumnya mungkin sudah pernah mendengar beberapa rumor tentang masa pakai baterai dari iPhone 8, namun satu rumor dari Fast Company mengatakan bahwa perangkat tersebut akan menyertakan baterai yang jauh lebih besar, yang dapat menyebabkan masa pakai baterai lebih baik. Baterai yang lebih besar juga bisa diimplementasikan pada fitur power seperti layar OLED atau fitur biometrik baru yang dikabarkan, meski masa pakai baterai lebih lama bukanlah sebuah jaminan.

Apple sendiri dikatakan berencana menggunakan logic board susun bertumpuk yang akan mendukung daya tahan baterai lebih lama. Dengan logic board yang lebih baik, iPhone 8 akan dapat menawarkan masa pakai baterai yang sama yang tersedia secara tradisional di iPhone 5,5 inci dengan ukuran iPhone 4,7 inci. Sebuah baterai dua sel berbentuk B dengan kapasitas sekitar 2.700 mAh dapat disertakan. Daya tahan baterai bisa lebih ditingkatkan melalui penggunaan panel OLED yang lebih hemat energi.

13. Kamera belakang

Analis KGI Securities Ming-Chi Kuo percaya bahwa kamera dual-lens yang diperkenalkan di iPhone 5,5 inci 7 Plus akan terus menjadi fitur eksklusif untuk model iPhone “high-end” di tahun 2017.

Kuo memprediksi iPhone 4,7 inci dengan satu kamera, model 5,5 inci dengan kamera dual-lens, dan model OLED dalam ukuran yang tidak ditentukan dengan kamera dual-lens.

Ia percaya bahwa model masa depan akan mencakup optical image stabilization (OIS) untuk lensa wide-angle dan telephoto. Di iPhone 7 Plus, hanya lensa wide-angle yang dilengkapi OIS. Kamera di iPhone 2017 juga bisa mendukung efek fotografi 3D jika Apple memilih untuk menggunakan modul kamera LG.

14. Kamera Depan

Apple sedang mengerjakan perombakan utama kamera depannya di iPhone 8, menambahkan kemampuan penginderaan 3D untuk pengenalan wajah (face recognition). Kamera yang analis KGI Securities Ming-Chi Kuo sebut sebuah “revolusioner,” dikatakan terdiri dari tiga modul: modul kamera depan depan kamera standar, modul transmisi inframerah, dan modul penerima inframerah, yang kesemuanya akan memungkinkan IPhone 8 untuk melakukan penginderaan dan pemodelan 3D.

Pemancar dan penerima inframerah (IR) akan bekerja sama untuk memproyeksikan cahaya tak terlihat ke dalam ruangan atau pemandangan, memberikan titik terang pada semua benda di suatu daerah. Pola inframerah dan sinyal dibaca oleh iPhone dan memungkinkannya menangkap informasi mendalam, yang dipasangkan dengan gambar 2D yang diambil dengan kamera standar.

15. Siri

IPhone 8 mungkin menampilkan fungsionalitas Siri yang disempurnakan menurut rumor dari DigiTimes. Tidak jelas apa versi Siri yang bisa disempurnakan, tapi bisa mencakup penyempurnaan keseluruhan kemampuan asisten pribadi untuk merespons permintaan kontekstual dan dialog lainnya.

Apple dikatakan memanfaatkan teknologi yang didapatnya saat membeli AI startup Turi pada bulan Agustus 2016. Tidak jelas apakah kemampuan Siri yang ditingkatkan akan diperkenalkan di iOS 11 dan tersedia untuk beberapa perangkat atau diikat khusus untuk iPhone 8.

 

 

 

Save

Save

Save

Facebook Comments

Baca Juga