Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam

9 bulan lalu, by blogunik

Panas dalam merupakan suatau keadaan yang dialami oleh tubuh dengan adanya berbagai gejala seperti sakit tenggorokan, bibir kering, sariawan, lemas dan sembelit atau susah buang air besar. Sebagian orang biasanya saat mengalami panas dalam pasti langsung mengkonsumsi obat panas dalam yang sedang dijual di toko. Padahal sebenarnya, panas dalam tersebut bukan kondisi dimana kita sakti loh. Jadi kalian tidak harus meminum oba-obatan panas dalam. Karena ada bermacam cara secara alami guna menuntaskan panas dalam. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati adanya panas dalam.

 

1. Kumur dengan air garam

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Kumur dengan air garam

photo via : www.dekoruma.com

Salah satu gejala panas dalam adalah adanya sariawan dan juga sakit tenggorokan. Untuk meredakan gejala tersebut, kita bisa menggunakan larutan garam yang dibuat dengan jaln mencampurkan air hangat dan satu sendok teh garam. Kalau kamu mengalami sakit tenggorokan, untuk mengobatinya, gunakan larutan air garam ini untuk berkumur sambil mendongak keatas. Sedangkan buat kamu yang mengalami sariawan, kamu bisa berkumur di area mulut yang mengalami sariawan. Untuk bisa meredakan panas dalam, kalian cukup berkumur dengan menggunakan larutan ini selama 30 detik saja.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

2. Makan sayuran dan buah

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Makan sayuran dan buah

photo via : www.aktual.com

Sayuran dan juga buah-buahan memang dikenal kaya akan kandungan serat, vitamin dan juga mineral di dalamnya. Oleh karenanya, sayuran dan buah-buahan amat efektif untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, sayur dan buah juga efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita yang sedang lemah. Adapun sayuran dan juga buah-buahan yang efektif untuk meredakan panas dalam adalah sayur dan buah yang memiliki warna terang dan pekat. Contoh saja sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli. Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam. Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur dengan kulitnya.

 

3. Ampas teh celup

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Ampas teh celup

photo via : www.teropongsenayan.com

Kalau kalian biasanya membuat teh dengan menggunakan teh celup, ada baiknya kamu tahu kalau ampas dari teh celup ini amat berguna loh untuk mengatasi panas dalam kususnya sariawan. Kalau kamu mengalami sariawan, kamu cukup menggunakan kantung teh celup yang sudah kamu seduh untuk mengkompresnya pada bagian mulut yang sakit atau luka. Tidak perlu lama-lama, cukup mengkompres bagian yang mengalami sariawan selama 15 sampai 20 menit saja sebanyak tiga kali sehari dan kamu pasti merasa mendingan dan sariawan milikmu akan mengecil dan menghilang.

 

4. Banyak minum air putih

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Banyak minum air putih

photo via : hellosehat.com

karena gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah yang biasa diakibatkan oleh adanya dehidrasi, maka ada baiknya kamu memastikan dirimu tidak mengalami dehidrasi dengan jalan cukup minum air putih tiap harinya. hal ini dilakukan untuk menggantikan cairan tubuh kita yang hilang. Untuk mencegah panas dalam, ada baiknya kalian membiasakan diri untuk meminum air putih sebanyak sepuluh gelas air tiap harinya.

 

5. Madu

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Madu

photo via : s1keperawatan.stikesdhb.ac.id

Sejak jaman dahulu, madu memang dipercaya sebagai obat untu menyembuhkan berbagai kelainan ataupun penyakit dalam yang dialami oleh tubuh kita. Jadi kalau kamu sudah merasa mengalami gangguan pada tenggorokan seperti tenggorokan kering ataupun sakit, ada baiknya kamu segera minum madu murni. Kalau kalian suka minum madu langsung bisa langsung diminum, atau dengan jalan mencampurkannya dengan teh, ataupun dengan air hangat. Untuk gejala panas dalam lainnya seperi bibir kering / pecah-pecah juga bisa diobati dengan menggunakan madu ini. Cukup dengan jalan mengolesi bagian bibir yang mengalaim pecah-pecah dengan madu, maka madu dengan mudahakan membantuuntuk menjaga kelembaban bibir kita.

 

6. Kompres air dingin

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Kompres air dingin

photo via : www.portalinvestasi.com

Hal yang paling menyebalkan dari sariawan adalah rasa sakit dan nyeri pada tubuh mulut kita kususnya pada bagian yang mengalami sariawan. Cara lain guna meredakan sariawan adalah dengan jalan mengkompres bagian bibir kita yang terasa nyeri dengan air dingin. Caranyapun amat mudah, kamu cukup meletakkan es batu yang sebelunya sudah dibungkus dengan menggunakan kain lembut yang steril. Kalau misalnya tidak ada es batu, kalian bisa mencelupkan kain bersih tadi kedalam air dingin dan menempelkan kain itu di mulutmu.

 

7. Istirahat yang cukup

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Istirahat yang cukup

photo via : athleticcourage.com

Panas dalam salah satunya memang disebabkan lantaran tubuh kita mengalami kelelahan. Oleh karenanya, saat kita mengalami panas dalam, ada baiknya kita banyak-banyak istirahat dan juga makan dan minum yang teratur guna mengembalikan kondisi tubuh kita yang mengalami permasalahan.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

8. Air kelapa hijau muda

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Air kelapa hijau muda

Sudah merupakan suatu rahasia umum, jika air kelapa muda mampu meredakan panas dalam. Bahkan berbagai merek larutan ataupun minuman yang dinyatakan mampu meredakan panas dalam memiliki kandungan air kelapa muda didalamnya. Air kelapa hijau sendiri memiliki kandungan elektrolit yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan ion tubuh kita yang juga mampu untuk mengobati panas dalam. Rasanya yang enak dan juga menyegarkan dari air kelapa muda ini tentus saja bisa membuatmu terus meminumnya. Selain dengan jalan diminum langsung, kamu juga bisa menambahkan madu kedalam air kelapa muda ini untuk menambah rasa dan juga kualitasnya.

 

9. Cuka sari apel

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Cuka sari apel

photo via : epicentrum.id

Cuka sari apel sendiri merupakan jenis cuka yang dapat dikonsumsi. Namun untuk mengkonsumsi cuka apel sendiri diperlukan aturan yang jelas dan tepat agar tidak sampai saat kita ingin sehat, justru malah membuat kesehatan kita menjadi semakin memburuk. Hal itu dikarenakan cuka apel sendiri memiliki kandungan asam yang bisa mengurani kadar gula dalam darah kita. Untuk menggunakan cuka sari apel pun cukup mudah, kalian bisa mengoleskan sedikit cuka sari apel pada bagian sariawan atau cukup dengan mencampurkan cuka sari apel lalu gunakan larutan ini untuk berkumur.

 

10. Madu dan perasan lemon

Cara Alami yang Ampuh Untuk Mengobati Panas Dalam Madu dan perasan lemon

photo via : beritagar.id

Selain dengan jalan diminum langsung ataupun dioleskan pada daerah yang mengalami panas dalam seperti bagian bibir yang kering ataupun sariawan, kamu juga bisa membuat minuman bervitamin untuk membantumu memulihkan kondisi tubuh. Cukup campurkan madu dengan perasan lemon dan dengan jalan diminum secara berkala, niscaya keluhan panas dalam sedikit demi sedikit mampu teratasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *