Cara Membersihkan Wajah Yang Benar Untuk Kulit Berminyakmu

3 tahun lalu, by blogunik

Membersihkan wajah memang sering dianggap sepele padahal membersihkan wajah merupakan hal yang paling mudah dilakukan dan sudah diterapkan dari kecil. Tahukah kalian ? ternyata membersihkan wajah itu tidak bisa disamakan untuk semua jenis kulit, jenis kulit memiliki cara perawatannya tersendiri tergantung kebutuhan kulit masing-masing. Seperti cara membersihkan wajah untuk kulit kering lebih difokuskan untuk proses hydrating sementara untuk kulit berminyak lebih fokus untuk menghilangkan minyak. Jika kalian memiliki kulit berminyak, kalian perlu merawatnya lebih intensif karena kulit berminyak sangat rentan muncul jerawat. Lapisan minyak yang menumpuk di wajah bisa menyumbat pori-pori dan menjadi sarang bakteri dan kotoran. Jika tidak dibersihkan dengan baik, kotoran dan tumpukan minyak tersebut bisa menyebabkan jerawat. Maka dari itu kalian harus tahu cara membersihkan wajah yang benar untuk jenis kulit berminyak.

 

1. Memilih Cleanser


Untuk kulit berminyak, ada baiknya memilih produk foaming cleanser, foaming cleanser merupakan salah satu pilihan cleanser terbaik untuk kulit berminyak karena bisa membersihkan minyak dengan baik tanpa membuat kulit kering. Jika kalian membutuhkan formula yang lebih strong untuk membersihkan minyak, maka kalian dapat mencari cleanser yang memiliki kandungan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acid (BHA).

 

2. Bersihkan Wajah 2 Kali Sehari


Jangan pernah membersihkan wajahmu setiap kali kamu merasa kulitmu berminyak, karena dengan membersihkan wajah terlalu sering bisa memicu timbulnya lebih banyak minyak, kalian juga harus tahu setiap kalian membersihkan wajah, kalian akan kehilangan kelembapan kulitmu dan kulit akan memproduksi lebih banyak minyak. Karena itu membersihkan wajah dua kali sehari saja sudah cukup untuk menjaga kulit wajahmu tetap bersih.

 

3. Gunakan Air Hangat


Kalian juga harus tahu air yang digunakan untuk membersihkan wajah juga penting untuk diperhatikan. Membersihkan wajah dengan air terlalu dingin atau panas bisa membuat kulitmu iritasi dan kering. Jadi, air hangat cocok di kulit dan tidak akan menyebabkan iritasi. Air hangat juga membantu membuka pori-pori, sehingga kotoran, minyak dan residu makeup yang menyumbat pori-pori bisa terangakat ketika kalian membersihkan wajah.

 

4. Bersihkan Wajah Dengan Pijatan Lembut


Untuk mengangkat kotoran dan minyak dengan sempurna, kalian bisa melakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar ketika membersihkan wajah dengan sabun cuci. Selain membersihkan wajah, pijatan lembut juga dapat memperlancar peredaran darah di wajah.

 

5. Pat Dry


Setelah kalian membersihkan wajah, keringkan dengan cara menepuk-nepuk menggunakan handuk bersih hingga kering. Jangan pernah menggosok wajahmu dengan handuk, karena gesekan dengan handuk bisa membuat kulitmu iritasi.

 

Langkah-langkah diatas merupakan cara membersihkan wajah terbaik untuk kulit berminyak, walapun terlihat merepotkan tapi demi merawat kulitmu yang berminyak tidak ada salahnya.

Save

Artikel Terkait