Cara Menaikan Berat Badan Secara Alami Dan Aman

5 bulan lalu, by blogunik

Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami dan Aman

Mau tahu cara nya menaikan berat badan secara alami dan aman? Simak ulasan Blog Unik berikut ini!

Siapa nih yang suka iri sama temennya yang suka makan banyak tapi badannya tetep kurus? Padahal kalo dirinya sendiri, makan dikit aja cepet banget gendutnya. Jangan buru-buru iri sama temenmu yang makan banyak tetep kurus guys, pasalnya belum tentu dia nyaman dengan postur tubuh mereka yang kurus. Bahkan ada beberapa di antaranya yang ingin menggemukkan badan karena tubuhnya yang kurus sering jadi bahan bully.

Mungkin banyak diantara kalian yang mengira bahwa menaikan berat badan tidaklah susah. Hanya tinggal mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya lama kelamaan berat badan akan bertambah. Namun perlu kamu ketahui bahwa bagi sebagian orang, menaikan berat badan tidak semudah itu. Lantas apa yang menyebabkan berat badan susah naik? Berikut penjelasannya!

Penyebab Berat Badan Susah Naik

Secara garis besar, penyebab berat badan susah naik adalah karena ketidakseimbangan antara asupan energi dengan tenaga yang dikeluarkan oleh tubuh. Akibatnya, tidak ada penimbunan kalori yang bisa menjadi lemak. Namun ada banyak penyebab umum yang bisa membuat berat badan susah naik. Untuk itu, berikut beberapa penyebab berat badan susah naik yang harus kamu ketahui!

  1. Kurangnya kalori pada makanan yang dikonsumsi

    Siapa nih yang porsi makannya banyak tapi berat badannya masih segitu-segitu saja bahkan terkesan kurus? Jangan menganggap hal ini disebabkan karena tubuhmu yang lagi bermasalah, sebab bisa saja ini ada sangkut pautnya dengan menu makanan yang kamu konsumsi. Kenaikan berat badan nyatanya tidak ada hubungannya dengan seberapa banyak dan sering kamu makan. Karena yang mempengaruhi kenaikan badan adalah kadar kalori yang masuk ke tubuh kamu melalui makanan-makanan tersebut. Percuma jika kamu makan banyak tapi yang kamu makan hanya mengandung sedikit kalori seperti kripik, kue, dan gorengan.

  2. Racun dalam tubuh belum terdegradasi dengan sempurna

    Penyebab berat badan susah naik juga bisa jadi karena masih adanya sisa-sisa racun atau kotoran di dalam tubuh, terutama di bagian usus, yang belum terbuang sehingga menghasilkan kerak. Jika ini yang terjadi, tentu saja tubuh akan kesulitan untuk menyerap nutrisi, vitamin, dan zat gizi lainnya yang diperlukan untuk menambah massa tubuh. Nah racun-racun ini biasanya disebabkan oleh makanan cepat saji dan makanan kemasan yang mertode pengolahannya kemungkinan kurang higienis.

  3. Adanya gangguan pada kelenjar tiroid

    Penyebab berat badan susah naik selanjutnya adalah karena adanya gangguan tiroid dalam tubuh. Pada dasarnya terdapat dua jenis gangguan tiroid, yakni:

    • Hipertiroidisme yakni gangguan kesehatan akibat kelenjar tiroid terlalu aktif sehingga hormon tiroksin yang diproduksi terlalu banyak. Ini kemudian memengaruhi tingkat kecepatan metabolisme tubuh dan berdampak pada penurunan berat badan.
    • Hipotiroidisme yakni kondisi ketika justru kelenjar tiroid tidak dapat bekerja maksimal sehingga hormon tiroksin yang dihasilkan sangat sedikit. Akibatnya, metabolisme tubuh terganggu dan berat badan berisiko turun secara signifikan.
  4. Gangguan metabolisme tubuh

    Metabolisme tubuh yang cepat juga menjadi faktor penyebab berat badan susah naik. Sebanyak dan sesering apapun kamu makan, tetap saja tubuh akan dengan cepat membakar makanan-makanan tersebut untuk dijadikan energi tanpa menyisakannya sebagai lemak. Biasanya gangguan metabolisme tubuh ini disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Kalau anggota keluarga kamu yang lainnya semuanya memiliki postur tubuh yang kururs, maka hampir bisa dipastikan bahwa inilah salah satu penyebab kenapa badan kamu masih tetap kurus walaupun sudah makan banyak.

  5. Malanutrisi

    Malanutrisi juga menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan susah naik. Malanutrisi atau kekurangan zat gizi ini bisa terjadi karena asupan makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi atau bahkan melebihi kebutuhan tubuh. Bukan hanya menyebabkan tubuh menjadi kurus, namun malanutrisi juga mempengaruhi daya tahan tubuh. Penderita malanutrisi akan memiliki tubuh yang lebih lemah dibandingkan dengan mereka yang sehat.

  6. Stres

    Penyebab berat badan susah naik selanjutnya adalah stres. Kondisi mental seperti stres dan depresi memiliki pengaruh besar terhadap sulitnya berat badan bertambah bobotnya. Ketika kamu mengalami stres, tubuh secara otomatis akan merespon dan menyebabkan perubahan fungsi hormon, seperti nafsu makan dan penurunan metabolisme. Akibatnya tubuh tidak mampu menyerap asupan gizi dengan baik.

  7. Anoreksia

    Sebagian dari kalian mungkin sudah mengetahui tentang anoreksia. Anoreksi adalah gangguan makan yang membuat penderitanya mengalami rasa takut dan khawatir berat badannya akan bertambah sehingga penderita anoreksia ini sebisa mungkin membatasi asupan makan, bahkan parahnya penderita anoreksia bisa menolak semua makanan yang masuk dalam tubuhnya. Ahhasil, penderita anoreksia akan sangat kesulitan mencapai berat badan yang idel justru tubuhnya akan semakin kurus.

  8. Olahraga berlebihan

    Olahraga memang baik untuk kesehatan, namun jika dilakukan dengan berlebih justru akan membuat pengaruh negatif untuk tubuh kamu. Berolahraga berlebih tanpa diimbangi dengan asupan makanan yang cukup justru akan membuat berat badan susah naik. Karena naiknya berat badan diperngaruhi oleh nutrisi, maka ketika kamu berolahraga berlebih tanpa mendapat asupan makanan yang cukup, tubuh akan mengambil cadangan kalori yang seharusnya menjadi lemak untuk dikonversikan menjadi energi.

  9. Gaya hidup

    Gaya hidup yang tidak sehat bisa jadi alasan utama mengapa kamu sulit sekali menaikan berat badan. Beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan berat badan susah naik seperti merokok, begadang, mengkonsumsi alkohol dan kurang istirahat.

Tips dan Cara Menaikan Berat Badan Secara Alami dan Aman

Itulah berbagai penyebab berat badan kamu susah naiknya. Lantas, bagaimana cara menaikan berat badan kalau dengan cara makan banyakpun tidak mempan? Sebenarnya ada banyak cara instan yang ditawarkan untuk bisa menaikan berat badan dengan cepat. Namun kemungkinan besar akan ada efek samping negatif yang akan muncul setelahnya. Untuk itu, berikut berbagai cara jitu dalam menaikan berat badan secara alami dan aman. Berikut ulasannya!

1. Periksakan kesehatan

Cara menaikan berat badan secara aman

photo via shape.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai proses menggemukkan badan adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Lakukan konsultasi pada dokter ataupun ahli gizi kenapa berat badan kamu susah naiknya. Pasalnya sebelum kamu memulai rangkaian penggemukan badan, kamu harus tahu apa penyebab berat badan kamu susah naiknya.

2. Pilih makanan nutrisi tinggi

Cara menaikan berat badan secara alami

photo via vegnews.com

Seperti yang kita bahas tadi, berat badan yang susah naik adalah karena asupan nutrisi yang kurang dalam tubuh. Untuk itu, jika kamu ingin menambah berat badan secara alami diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tinggi nutrisi. Bukan fokus pada makanan berlemak dan tinggi kalori. Tapi perbanyaklah makan makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran hingga kacang-kacangan.

3. Jangan minum sebelum makan

Cara menaikan berat badan secara alami

photo via youngisthan.in

Buat kamu yang ingin menaikan berat badan, cobalah perhatikan apakah kamu memiliki kebiasaan minum sebelum makan? Jika iya, makan cobalah ganti kebiasaan kalian tersebut. Janganlah minum sebelum makan untuk menghindari rasa kenyang datang di awal. Air cenderung membuat perut cepat kenyang dan tentu akan mengurangi nafsu makan. Lebih baik minum air pada saat makan atau 30 menit setelahnya. Ini akan membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

4. Olahraga

Cara menaikan berat badan secara aman

photo via fashionlady.in

Salah satu peyebab berat badan susah naik memang olahraga berlebihan. Namun jika kita olahraga secukupnya secara rutin tentu akan membawa dampak baik pada berat badan kita. Olahraga sebenarnya dilakukan untuk hidup yang lebih sehat. Olahraga secukupnya dan secara rutin justru merupakan salah satu cara menggemukkan badan dengan alami. Setelah lelah berolahraga, nafsu makan tentu akan meningkat, dan tubuh bisa mendapatkan asupan kalori lebih banyak.

5. Konsumsi tambahan kalori

Cara menaikan berat badan secara aman

photo via exclaim.ca

Setiap orang tentu memiliki perbedaan dalam mencerna makanan ataupun mengeluarkan energi. Mengingat kalori adalah sumber energi terbaik untuk tubuh, maka ada baiknya kamu selalu menambahkan asupan yang mengandung kalori pada makanan kamu setiap harinya. Kamu bisa menambahkan keju parut pada roti untuk dijadikan menu sarapan, atau mengkonsumsi telur atau ayam saat makan siang. Namun perhatikan juga takaran yang tepat karena jika kamu mengkonsumsi kalori secara berlebihan bisa menyebabkan diabetes lho!

6. Konsumsi camilan sehat

Cara menaikan berat badan secara aman

photo via goqii.com

Sebagian orang pasti suka dengan camilan, apalagi memakan cemilannya disela-sela kegiatan seperti memakan camilan saat menonton tv, memakan camilan disela-sela kerjaan kantor dan diberbagai kegiatan lainnya. Nah bila kamu biasanya mengkonsumsi camilan seperti gorengan, potato chips, dan jenis-jenis makanan ringan lainnya, ada baiknya kamu mengganti menu camilan kamu dengan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan. Kamu bisa membuat salad buah untuk menjadi camilan di kantor yang menyehatkan.

7. Pastikan konsumsi air putih tercukupi

Cara menaikan berat badan secara alami dan aman

photo via goodnewsnetwork.org

Dikutip dari Fimela.com, hampir 70% lebih orang berbadan kurus ternyata kurang cairan tubuh. Padahal air sangat diperlukan untuk pengoperasian berbagai fungsi organ tubuh, termasuk lambung dan usus dalam menyerap nutrisi. Untuk itu, buat kamu yang ingin menambah berat badannya secara alami, pastikan kamu mengkonsumsi air putih 2 liter perhari. Namun dari jumlah konsumsi air putih yang seharusnya 2 liter tersebut, kamu bisa membaginya dalam beberapa sesi. Kamu bisa mulai dari bangun tidur di pagi hari, siang, sore, hingga malam.

8. Konsumsi karbohidrat sedikit lebih banyak

Cara menaikan berat badan secara alami dan aman dengan manambah jumlah porsi karbohidrat

photo via thedailymeal.com

Cara menaikan berat badan secara alami dan aman selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat. Banyaknya mengkonsumsi karbohidrat ini akan memicu lebih banyak asupan kalori yang diperlukan oleh tubuh untuk menambah berat badan.

Jika kamu bosan dengan nasi, kamu bisa mengganti asupan karbohidran dengan singkong, ubi jalar, gandum hingga kentang. Namun pastikan kamu mengatur takarannya setiap harinya. Jangan sampai berlebihan demi menjaga kesehatan organ tubuh yang lain.

9. Pastikan kebutuhan lemak tercukupi

Cara menaikan berat badan secara alami dan aman

photo via 1zoom.me

Untuk menambah berat badan secara alami pastikan kebutuhan lemak kamu tercukupi. Bukan dengan sengaja mencari makanan yang mengandung banyak lemak, namun kamu bisa mendapatkannya dari makanan-makanan rumahan yang bergizi. Yup, sumber lemak sebenarnya sudah ada pada banyak makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, seperti minyak sayur, kelapa, ikan, jagung, dan masih banyak lagi. Namun jangan lupa, tetap perhatikan porsi konsumsi lemak ini, karena jika berlebih juga tak akan baik untuk kesehatan.

10. Minum susu secara rutin

Cara cepat menaikan berat badan dengan minum susu

photo via thelist.com

Selain mencukupi kebutuhan lemak, kamu juga bisa meminum susu secara rutin sebagai solusi menambah berat badan secara alami dan aman. Kalau kamu kurang suka dengan susu, kamu bisa menggantinya dengan produk olahan susu seperti yogurt, puding, dan bahkan es krim. Kamu bisa meminum susu di pagi hari dan dimalam hari. Kamupun bisa menjadikan susu dan produk olahannya sebagai camilan disela-sela kegiatan.

11. Konsumsi madu penggemuk badan

Cara menaikan berat badan secara alami dengan mengkonsumsi madu penggemuk badan

photo via upvok.com

Madu terkenal memiliki banyak manfaat dan ternyata salah satu manfaatnya adalah mampu menambah berat badan secara alami dan aman lho. Tapi madu yang digunakan untuk menambah berat badan ini adalah madu khusus yang disebut dengan Madu Penggemuk Badan. Umumnya madu penggemuk badan ini memiliki komposisi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah berat badan secara optimal. Beberapa komposisi tersebut seperti madu asli, propolis, royyal jelly, ekstra temu lawak, kunyit, temu ireng dan masih banyak lagi. Cara kerja dari madu jenis ini yaitu menambah nafsu makan dan juga mengoptimalkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

12. Konsumsi protein berkualitas

Cara menaikan berat badan yang aman dengan mengkonsumsi protein berkualitas

photo via healthyvendingny.com

Guys, untuk menambah berat badan agar idel, hal penting yang harus kamu ketahui adalah tubuh kamu memerlukan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari untuk membentuk otot baru. Untuk itu, ada baiknya kamu memperhatikan sumber protein yang akan kamu konsumsi. Sebaiknya pilih protein berkualitas tinggi seperti telur, daging, ikan, susu, ataupun biji-bijian. Dengan begitu, maka proses pembentukan otot akan berjalan dengan baik dan kamu akan mendapatkan berta tubuh yang ideal.

13. Kunyah makanan sampai halus

Cara menaikan berat badan secara alami dan aman - Kunyah makanan sampai halus

photo via thehealthy.com

Ternyata cara mengunyah makanan juga memiliki kontribusi besar kenapa berat badan menjadi tidak seimbang. Untuk itu, diharapkan untuk mengunyah makanan sampai benar-benar halus sebelum ditelan. Pasalnya makanan yang halus akan lebih mudah diserap nutrisinya oleh tubuh.

14. Wajib sarapan

Cara menaikan berat badan secara alami dan aman - Wajib sarapan

photo via dg-dentistry.com

Kebanyakan orang melupakan sarapan pagi mereka. Padahal sarapan sangatlah penting untuk ketahanan tubuh sepanjang hari. Buat kamu yang ingin menambah berat badan secara alami, sarapan adalah wajib hukumnya untuk kamu lakukan. Jika kamu tidak biasa sarapan dengan nasi, kamu bisa mengganti menu sarapan kamu dengan roti atau dengan 1 butir telur dan segelas susu atau jus buah.

15. Hindari begadang

Cara menaikan berat badan secara alami dan aman - Hindari Begadang

photo via shutterstock.com

Cara alami dan aman dalam menaikan berat badan selanjutnya adalah dengan menghindari begadang. Bagi sebagian orang menghindari begadang mungkin paling sulit untuk dilakukan, apalagi buat kamu yang sedang mengerjakan tugas kuliah ataupun memiliki insomnia atau bahkan yang memiliki kebiasaan memainkan smartphone sebelum tidur. Seperti yang kita tahu, begadang tak pernah memiliki dampak baik pada kesehatan, tidak hanya menyebabkan kamu menjadi kurus, namun begadang juga menimbulkan risiko tinggi terkena penyakit kronis.

Nah itulah beberapa cara jitu menaikan berat badan secara alami dan aman. Penting untuk diingat, untuk menaikan berat badan ataupun untuk menurunkan berat badan semuanya butuh proses. Meskipun banyak cara instan namun cara alami tentu lebih aman untuk kesehatan tubuh kamu.

Baca juga:

0
Artikel Terkait