Cara Meningkatkan Kecepatan Hape Android kamu yang Lemot



Android merupakan Sistem operasi yang banyak digunakan pada smartphone saat ini. Hampir sebagian besar Smartphone yang ada di dunia ini telah menggunakan sistem operasi yang satu ini, kecuali iphone dengan iOS-nya. Dengan terus berkembangnya teknologi smartphone, tentu saja diimbangi oleh perkembangan Android dan begitu juga sebaliknya. Tentu saja dengan perkembangannya, semakin canggih sebuah smartphone maka semakin cepat pula smartphone tersebut dalam memproses sebuah aplikasi.

Untuk Smartphone keluaran lama tentu saja tidak sebanding dengan smartphone keluaran baru. Smartphone lama biasanya agak lemot dalam membuka aplikasi ataupun aktifitas lainnya. Namun bukan hanya smartphone lama saja loh yang bisa lemot, smartphone baru pun bisa lemot tergantung dari cara pemakainya. Buat kamu yang ngerasa smartphone punyamu berjalan lambat, ada baiknya kamu ikutin cara – cara berikut ini untuk membuat smartphonemu lebih segar.

1. Update OS

photo via : www.walldevil.com

Salah satu penyebab smartphone kalian menjadi lemot, bisa saja karena ketidak cocokan antara aplikasi dan versi sistem android. Apalagi saat ini update sistem operasi android terus ada dan berubah setiap waktunya. dalam setiap veris baru dari OS android, selalu ada tweak dalam hal konsumsi daya dan kecepatan akses dari aplikasi yang ada. Jadi ada baiknya kalian mengecek terlebih dahulu versi OS android yang kamu punya. Jika bisa diupdate sebaiknya diupdate saja karena ada banyak tambahan fitur baru yang tentunya bisa membuat smartphone kalian jadi lebih cepat dan efisien. Untuk bisa melihat apakah ada update terbaru sistem operasi dari android kamu, kamu bisa masuk ke menu setting->about device->Software update dan sentuh tombol Check for updates. Bila menemukan pembaruan, segera unduh dan pasang ke ponsel Anda. Biasanya, selain memperbaiki kinerja, pembaruan ini juga berisi bermacam fitur baru.

2. Bersihkan home screen

photo via : www.phonearena.com

Home screen atau layar utama dari hape android seringkali dipenuhi oleh berbagai shortcut aplikasi. Entah itu merupakan shortcut dari aplikasi bawaan ataupun aplikasi yang sering kamu pakai, biasanya home screen akan dipenuhi ole hal – hal gak penting seperti itu. Untuk mempercepat kinerja ponsel, ada baiknya kamu mulai hapus shortcut-shortcut yang tidak berguna di homescreen milikmu. Dan hal lain yang perlu dilakukan adalah mengganti gambar walpaper pada bagian homescreen menjadi gambar statis. Hindari menggunakan walpaper bergerak pada homescreen agar tidak membebani kinerja ponsel.

3. Hapus atau matikan aplikasi tak terpakai

photo via : www.androidpit.com

Dalam smartphone yang kita gunakan sebenarnya tidak semua dari aplikasi tersebut berguna. Jadi, apabila kamu menemukan aplikasi yang jarang atau tidak pernah dipakai sebaiknya segera kamu hapus atau matikan proses dari aplikasi tersebut. Hal itu dikarenakan meskipun aplikasi yan gada di smartphone tida kita gunakan, namun karena tetap ada di smartphone maka tentu saja ia akan menghabiskan memori hapemu sendiri. JIka kalian tidak ingin menghapus aplikasi yang kalian miliki, kamu bisa menonaktifkan servis yang ia miliki. Untuk menonaktifkan aplikasi – aplikasi yang ada tersebut, caranya cukup mudahh yakni kamu cukup masuk ke Settings> Apps dan perhatikan aplikasi yang ada di sana. Bila menemukan salah satu atau beberapa yang ternyata tak berguna, langsung sajak klik dan pilih disable untuk mematikan tanpa menghapusnya atau uninstall agar langsung dihapus.

4. Update aplikasi secara berkala

photo via : www.androidcentral.com

Setiap developer aplikasi biasanya melakukan perbaikan secara berkala agar aplikasi yang dibuat menjadi lebih cepat, efisien dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, dengan menghilangkan bug yang ada di dalam aplikasi tersebut, update aplikasi yang baru bisa membuat smartphone kamu lebih aman dari crash dan aplikasi yang ada juga bisa berjalan dengan lebih efektif.

5. Gunakan High-Speed Memory Card

photo via : www.picstop.co.uk

Memori utama dari smartphone dibuat dan dirancang sedemikian rupa untuk menyimpan aplikasi secukupnya pada smartphone yang kamu miliki. Smartphone keluaran terbaru saat ini, biasanya telah dilengkapi oleh memori internal dengan ukuran yang lumayan besar. Namun tida semua merek smartphone yang memiliki memori besar seperti itu dan beberapa diantaranya jystru lebih kecil. Untuk itu kita tentunya membutuhkan memory card eksternal untuk meningkatkan kemampuan penyimpanan dari smartphone kita sendiri.

Bukan cuma sekedar untuk meningkatkan kapasiatas penyimpanan semata, memory card juga mampu meningkatkan kecepatan smartphone kamu. Dengan menggunakan memori card berkecepatan tinggi dan dengan kapasitas yang besar, kinerja dari smarphone bisa meningkat pesat. Setiap memori card smartphone memiliki tingkat kecepatan yang berbeda – beda . Untuk meningkatkan kecepatan smartphone, disarankan untuk memilih memori card yang memiliki class 6 ataupun class 10.

6. Menggunakan widgets seperlunya.

photo via : www.bestfreewebresources.com

Widget pada smartphone bebeda dengan aplikasi yang bisa kita gunakan ataupun yang kita install pada smartphone milik kita. Meskipun mungin ada beberapa widget yang penting untuk kamu, seperti kaleder, cuaca dan lain sebagainya, namun sebaiknya kalian jangan berlebihan dalam memasang widget ini. Hal itu dikarenakan widget yang aktif tentu saja menghabiskan memory pada smartphone dan semakin sedikit memory yang kosong dalam smartphone yang kamu miliki maka smartphone yang kamu miliki akan semakin lambat.

7. Kosongkan memory agar tidak terlalu penuh

photo via : www.youtube.com

Memory Terlalu Penuh tentu saja dapat mempengarui kecepatan dari smartphone milik kita. Karena saat kita membuka sebuah aplikasi di smartphone yang kita miliki, aplikasi biasanya membuat sebuah file cache untuk aplikasi tersebut dan disimpan sementara pada memory smartphone. Dan apabila memori kita penuh, tentu saja kinerja dari aplikasi yang dibuka akan tergangu dan tak jarang akan menyebabkan aplkasi tersebut menjadi crash dan tidak dapat digunakan. Untuk mengatasi hal ini pun ju cukup mudah, dimana kalian cukup menghapus data cache aplikasi yang ada pada smartphone milik kalian.

8. Tutup aplikasi dan bebaskan RAM

photo via : www.youtube.com

Pasti kita pernah membuka lebih dari satu apliasi secara bersamaan dan meninggalkan aplikasi tersebut tetap terbuka. Membuka aplikasi baru tanpa menutup aplikasi yang sebelumnya bisa berdampak buruk pada smartphone yang kita miliki. Multi tasking memang mampu memudahkan kita dalam bekerja ataupun menggunakan smartphone namun hal tersebut sebanding dengan semakin lemotnya kinerja dari smartphone itu sendiri akibat banyaknya aplikasi yang dibuka. Oleh sebab itu sebaiknya kalian selalu menutup aplikasi yang tidak digunakan dan bebeaskan ram menggunakan aplikasi yang bisa di download di playstore Atau jika kamu para pengguna handphone Asus, asus telah menyediakan pembebas ram di dalam smartphone bawaan Asus ini.

9. Restart Android

photo via : teknohape.com

Jika hape kamu sudah terasa amat berat saat digunakan dan untuk membuka aplikasi yang lain membutuhkan waktu yang lama bahkan cenderung membuat macet, cara awal mungkin sebaiknya kalian bisa mencoba untuk merestart hape milik kamu untuk mengembalikannya se posisi awal saat hape baru saja dihidupkan dimana tidak banyak aplikasi yang dibuka.

10. Reset Android

photo via : www.youtube.com

Hape android yang telah lama digunakan dan terasa tua, tentu saja telah banyak file dan aplikasi yang ada didalamnya. Untuk membuatnya segar kembali, ada baiknya kamu mencoba untuk mereset ulang hape androidmu mengembalikannya ke posisi awal saat baru beli dengan konfigurasi seting seperti saat baru dikeluarkan oleh pabrik. Dengan sedikit pengorbanan hilangnya aplikasi yang sudah kalian instal, hapemu akan kembali cepat, tidak lemot layaknya saat kalian baru membeli hape yang kalian miliki.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >