Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu

4 bulan lalu, by blogunik

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Menggunakan Masker Kunyit

Jika di perhatikan, kenapa ya wanita zaman dahulu itu terlihat sangat cantik-cantik padahal pada zaman itu belum ada peralatan modern seperti saat ini, selain itu pada zaman dulu pastinya tidak ada skincare, make up dan produk kecantikan lainnya seperti saat ini untuk membuat wanita tampak cantik. Tapi entah kenapa tanpa peralatan dan produk kecantikan itu, para wanita-wanita zaman dulu terlihat cantik-cantik dan bisa dikatakan kecantikan mereka sangat alami. Bahkan menakjubkannya lagi, wanita yang sudah berumur 50 tahun ke atas masih terlihat sangat cantik. Kemungkinan kunci dari kecantikan mereka terletak pada perawatan kecantikan yang menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berisiko jangka panjang, berbeda dengan saat ini yang menggunakan beraneka ragam bahan kimia untuk perawatan kecantikan yang bisa saja memiliki resiko ringan hingga tinggi pada wajah. Nah, kira-kira bagaimana cara merawat kecantikan pada zaman dulu? Berikut ini cara merawat kecantikan secara tradisional ala wanita zaman dulu

1. Minumlah Teh Ketimbang Kopi

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Minumlah Teh Ketimbang Kopi

Photo via : https://www.tehrantimes.com

Rahasia kecantikan zaman dulu terletak juga pada apa yang mereka konsumsi karena hal ini juga dapat mempengaruhi kulit wajah. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat konsumsilah teh ketimbang kopi karena kandungan alami yang terdapat pada teh dapat membuat tubuh dan kulit menjadi lebih muda dibandingkan dengan kopi. Ada baiknya mengkonsumsi teh herbal untuk mendndndapatkan kulit wajah yang sehat dan segar.

2. Minum Jamu Agar Tetap Langsing

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Minum Jamu Agar Tetap Langsing

Photo via : https://hellosehat.com

Wanita zaman dulu tentunya tidak lepas dari minuman tradisional satu ini yaitu jamu, jamu juga menjadi salah satu rahasia kecantikan wanita pada zaman dulu. Pada zaman dulu wanita sangat menggemari minuman ini, selain karena rasanya yang menyegarkan jamu juga dapat menjaga bentuk tubuh tetap langsing. Jika zaman dulu banyak yang menjajakannya dengan cara di gendong, namun saat ini banyak jamu-jamu yang dipasarkan dalam bentuk kemasan siap minum yang dapat ditemukan di toko-toko. Jamu yang biasanya dikonsumsi wanita zaman dulu yaitu ramuan kunyit dan jeruk nipis.

3. Meminum Bunga Rosella

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Meminum Bunga Rosella

Photo via : http://www.saylittlehen.com

Selain jamu, para wanita zaman dulu juga gemar meminum ramuan yang terbuat dari bunga rosella. Mungkin kedengaran cukup asing buat kamu namun minuman ini menjadi salah satu resep kecantikan tradisional. Ramuan rosella ini dapat membuat wajahmu tampak cantik tanpa keriput dan untuk mencegah penuaan dini dan untuk mendapatkan bunga rosella ini kamu bisa menemukannya di supermarket. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasukan beberapa bunga rosella ke dalam cangkir lalu tuangkan air panas dan tambahkan sedikit gula. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, rajinlah mengkonsumsi ramuan ini.

4. Membersihkan Wajah Dengan Minyak Kelapa

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Membersihkan Wajah Dengan Minyak Kelapa

Photo via : https://www.ubudbotany.com

Pada zaman modern ini, para wanita pastinya mengenal facial wash, facial foam, micellar water dan pembersih wajah lainnya yang rata-rata mengandung bahan kimia. Namun pada zaman dulu, untuk membersihkan wajah para wanita menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ini ampuh membersihkan kotoran di wajah dan juga dapat melembabkan kulit yang kering, selain itu minyak kelapa ini juga tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit.

5. Melakukan Penguapan Alami

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Melakukan Penguapan Alami

Photo via : https://www.glamour.it

Untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan membersihkan wajah dari berbagai kotoran tentunya kita akan melakukan penguapan yang bisa dilakukan di salon atau salon khusus perawatan wajah. Namun pada zaman dulu penguapan wajah dilakukan sangat sederhana tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Pada zaman dulu penguapan dilakukan dengan cara merebus air yang didalamnya terdapat irisan timun ataupun lemon, setelah itu dekatkan wajah ke dalam uap lakukan hal ini kira-kira selama 10-20 menit setiap minggunya. Namun perlu diperhatikan tingkat panas airnya agar nantinya tidak membuat wajah terasa kebakar.

6. Menggunakan Masker Kunyit

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Menggunakan Masker Kunyit

Photo via : https://doktersehat.com

Pada zaman dulu rempah-rempah tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja namun juga dapat digunakan untuk merawat kencantikan wajah. Salah satu rempah yang sering digunakan adalah kunyit. Kunyit memiliki banyak manfaat untuk wajah karena kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, anti-pigmentasi dan lainnya yang bagus untuk wajah. Selain itu, kunyit juga dapat membuat wajah tampak lebih cerah dan membantu terhindar dari penuaan dini. Untuk membuat masker kunyit pun cukup mudah, haluskan kunyit dan oleskan ke wajah dan tunggu sekitar 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

7. Menggunakan Masker Beras

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Menggunakan Masker Beras

Photo via : https://www.fightingfifty.co.uk

Selain menjadi makanan pokok, ternyata beras juga bermanfaat untuk kecantikan wajah yang bisa digunakan untuk berbagai macam tipe kulit. Beras ini bersifat anti-aging dan mengandung kolagen yang baik untuk mencerahkan dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Selain itu, masker beras juga mampu menghilangkan berbagai permasalahan kulit seperti bekas jerawat dan flek hitam. Untuk membuat masker beras cukup mudah kamu hanya perlu beras yang bebas pemutih dan pengawet, ambil secukupnya lalu cuci beras hingga bersih. Kemudian rendam beras dengan air semalaman dan pastikan untuk menyimpannya dengan baik. Keesokan harinya, haluskan beras dan jemur dibawah terik matahari. Setelah kering angkat dan simpan dalam wadah kedap udara. Beras yang kamu simpan tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat masker dengan cara menambahkan air secukupnya hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke wajah dan tunggu hingga mengering. Setelah mengering bilas dengan air bersih.

8. Menggunakan Madu dan Mawar Sebagai Lip Care

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Menggunakan Madu dan Mawar Sebagai Lip Care

Photo via : https://www.daysoftheyear.com

Saat ini pastinya kamu mengenal lip balm atau lipstik untuk membuat tampilan bibirmu lebih menarik. Namun pada zaman dulu, para wanita menggunakan bahan alami seperti madu yang akan membuat bibir menjadi lembab dan untuk mendapatkan bibir yang berwarna merah mereka menggunakan bunga mawar.

9. Membuat Scrub Dari Beras

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Membuat Scrub Dari Beras

Photo via : https://www.realsimple.com

Cara tradisional wanita zaman dulu untuk merawat kecantikan ternyata juga sudah ada scrub badan yang biasanya kita gunakan untuk merawat kulit untuk menghilangkan kulit mati. Salah satu bahan alami yang digunakan dijadikan scrub adalah beras dimana cara membuatnya juga cukup mudah. Tumbuk beras dan campurkan dengan rempah-rempah, ramuan ini sangat ampuh untuk membuat kulit tampak lebih mulus dan cerah.

10. Berendam Air Garam Mandi

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Berendam Air Garam Mandi

Photo via : https://alimentaycura.com

Zaman dulu para wanitanya juga senang berendam menggunakan garam mandi. Garam mandi sendiri memiliki banyak manfaat seperti untuk melakukan pengelupasan kulit, menghilangkan bau badan dan menyerap minyak berlebih pada kulit. Selain itu, dengan berendam garam mandi juga dapat merilekskan otot-otot badan yang tegang karena seharian melakukan aktifitas.

11. Menggunakan Air Dingin

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Menggunakan Air Dingin

Photo via : https://www.ahchealthenews.com

Zaman dulu para wanita juga mengandalkan air dingin untuk mencuci wajah dan juga rambut. Air dingin ini bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori di wajah dan menyegarkan kulit wajah. Selain itu, air dingin juga bermanfaat untuk rambut karena dengan menggunakan air dingin rambut akan lebih kuat dan tidak mudah rontok. Untuk samponya sendiri, wanita pada zaman dulu mengandalkan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, kemiri dan urang-aring.

12. Menggunakan Bahan Alami Sebagai Parfum

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Menggunakan Bahan Alami Sebagai Parfum

Photo via : http://labbaik.id

Mungkin sekarang kita banyak mengeluarkan uang hanya untuk membeli sebuah parfum, dimana yang digunakan agar aroma badan wangi. Namun pada para wanita zaman dulu menggunakan cara tradisional untuk membuat tubuh mereka tetap wangi yaitu dengan memanfaatkan wangi-wangian dari bunga dan rempah-rempah seperti bunga melati, kemangi, kapur sirih dan lainnya.

Salah satu caranya yaitu dengan berendam atau mandi menggunakan air yang di campur berbagai bunga yang wangi seperti mawar, melati dan bunga wangi lainnya. Jika dilakukan secara teratur maka aroma tubuh akan menjadi wangi tanpa harus menggunakan parfum.

13. Istirahat Cukup

Cara Merawat Kecantikan Secara Tradisional Ala Wanita Zaman Dulu - Istirahat Cukup

Photo via : https://www.spine-health.com

Seberapa banyak treatment kecantikan yang sudah kamu lakukan namun jika tidak diimbangin dengan kualitas tidur yang baik maka akan sia-sia saja. Apalagi jika kamu memiliki aktifitas harian dengan tinggkat stres yang lumayan tinggi, hal itu juga dapat mempengaruhi kulit wajah kamu, kurangnya tidur dan stres berkempanjangan juga akan membuat wajah kamu tidak segar dipandang mata. Untuk mendapatkan kulit wajah yang segar dan enak dipandang kamu juga harus beristirahat dan tidur yang cukup.

Itulah beberapa cara merawat kecantikan secara tradisional dan alami ala wanita zaman dulu. Selain mampu merawat kecantikan, cara tradisional juga sipercaya lebih aman. Selamat mencoba ya guys..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *