Cemilan Anti Gemuk Yang Lezat Dan Aman Dikonsumsi Setiap Saat


    Kesehatan, Kuliner, Info


Ngemil atau mengkonsumsi makanan kecil memang menjadi kegiatan yang paling digemari bagi setiap orang. Apalagi makanan yang dicemil adalah makanan ringan yang enak dan lezat. Tak heran jika banyak orang yang tak dapat berhenti ngemil alias ketagihan untuk mengunyah makanan ringan tersebut walaupun sudah malam hari. Hal ini tanpa disadari dapat meningkatkan berat badan secara drastis jika dilakukan secara terus-menerus terutama jika dilakukan pada malam hari. Namun dengan daftar makanan ini, kalian bisa tetap ngemil walaupun sudah malam hari, sebab, daftar makanan berikut ini, bukan hanya lezat tapi juga menyehatkan tanpa dapat membuat kalian gemuk. Penasaran cemilan apa saja itu? Berikut Cemilan Anti Gemuk Yang Lezat Dan Aman Dikonsumsi Setiap Saat.

1. Kacang-kacangan Rendah Kalori

photo via : www.cookinglight.com

Mungkin ini salah satu sebabnya kenapa orang-orang lebih memilih kacang-kacangan untuk menemani mereka begadang menonton bola. Pasalnya, kacang-kacangan ini baik untuk kesehatan, salah satunya adalah jantung. Selain itu beberapa jenis kacang juga memiliki kalori yang rendah, serta kaya nutrisi dan serat. Cemilan ini dapat membuat kalian terhindar dari rasa lapar di malam hari. Salah satunya adalah kacang almond. Kandungan lemak sehat monounsaturated fat yang terdapat pada kacang almond mampu membantu meminimalkan risiko penyakit jantung dan menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan vitamin E pada kacang almond juga membantu menjaga kesehatan jantung dan kulit. Kacang juga dapat membantu tidur kalian lebih nyenyak yang mana jika kualitas tidur kalian baik, hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Oatmeal

photo via : www.demotivateur.fr/

Kamu yang gemar mengkonsumsi Oatmeal saat sarapan ataupun saat lapar mendadak dimalam hari, gak perlu khawatri lagi dengan berat badan yang naik. Karena banyak para ahli yang justru menyarankan agar kita mengkonsumsi makanan olahan gandum ini sebelum tidur. Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga sangat baik untuk tubuh. Makanan ini juga dapat meningkatkan kadar triptophan, salah satu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang juga mendorong produksi serotonin yang dapat membuat kita dapat tidur lelap. Saat ini cemilan Oat ini sudah bervariatif, bisa kalian kombinasikan dengan susu rendah lemak, campuran buah kering seperti kismis dan lain-lain.

3. Yoghurt

photo via : hello-pet.com

Cemilan selanjutnya yang bebas kamu makan saat merasa lapar dimalam hari tanpa merasa takut gemuk adalah Yoghurt. Namun tak semua jenis Yoghurt yang bisa bebas kamu makan, sebaiknya pilih yoghurt yang plain supaya tidak mengandung gula atau biasa disebut dengan Greek yogurt karena mengandung protein tinggi, rendah lemak, serta mengandung sedikit gula. Yoghurt juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, salah satunya adalah untuk melancarkan buang air besar. Dan untuk menambah cita rasanya, kamu bisa menambahkannya dengan buah seperti cherry, strawberry, kiwi, serta buah-buahan lainnya. Meski yoghurt berbahan susu, namun yoghurt aman untuk kamu konsumsi karena lemak yang terkandung di dalamnya sangat rendah jadi kamu tidak perlu khawatir gemuk ketika mengkonsumsi Yoghurt ini.

4. Buah-buahan

photo via : http://thedomesticgeek.com

Cemilan malam selanjutnya yang bisa kamu santap adalah buah-buahan. Selain banyak khasiat untuk tubuh buah juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi sehingga sering kali diandalkan sebagai santapan diet. Maka dari itu, kamu bisa mengonsumsinya sebagai camilan sehat ketika merasa lapar di waktu malam. Kamu bisa memilih buah yang kandungan airnya banyak supaya ketika tidur kamu bisa terhindar dari dehidrasi. Kamu bebas mengonsumsinya tanpa takut akan berat badan bertambah. Buah-buahan berair ini juga dibutuhkan oleh sistem pencernaan sebagai sekresi racun yang efektif, sehingga membantu detoks dan penurunan berat badan. Buah-buahan ini contohnya semangka, melon, blewah, apel, dan pepaya. Bosan dengan cara makan buah yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba membuat salad buah yang pastinya enak dan menyehatkan.

5. Sayur-sayuran

photo via : eatsmarter.com

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga memiliki kandungan nutrisi yang pastinya tidak perlu diragukan lagi. Ada berbagai sayuran yang memiliki kandungan air yang banyak bisa menjadi pilihan anda ketika mendadak lapar dimalam hari. Seperti halnya buah, kamu bisa membuat salad sayur dengan sayur-sayuran yang menyehatkan, seperti selada, tomat, radish, timun dan lain-lain.

6. Agar-agar

photo via : www.maggiebeer.com.au

Agar agar memiliki tekstur yang lembut serta kenyal. Tekstur tersebut membuat digemari oleh sebagian banyak orang. Selain itu, agar-agar hanya akan menjadi 70-80 kalori saja meski ditambah dengan buah, gula dan susu. Maka dari itu agar-agar sangat aman dikonsumsi saat tengah malam tanpa takut dibayangi dengan kegemukan. Agar-agar ini juga berfungsi sebagai pelancar pencernaan karena serat yang dikandungnya sangat tinggi. Camilan sehat rendah kalori ini tidak akan membuat timbunan lemak di tubuhmu sehingga kamu tidak perlu takut berat badanmu bertambah saat mengonsumsinya.

7. Popcorn

photo via : agrandelife.net

Siapa sih yang gak tau popcorn? Cemilan yang terbuat dari jagung dan populer sebagai cemilan wajib saat nonton dibioskop ini ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Selain rasanya yang enak, popcorn juga bisa kamu nikmati kapan saja, terutama pada malam hari. Popcorn tidak akan membuat berat badan kamu naik. Popcorn ini mengandung karbohidrat kompleks, aman dikonsumsi kapan saja asal jangan tambahkan mentega dan gula. Sebab popcorn tanpa tambahan mentega atau gula mengandung serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi pencernaan.

8. Keju Rendah Lemak atau Keju Cottage

photo via : www.livestrong.com

Siapa bilang mengonsumsi keju di malam hari bisa membuat berat badan naik? Nyatanya, keju sangat baik untuk dikonsumsi di malam hari dan bisa dijadikan sebagai camilan asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Kandungan protein kasein yang tinggi akan asam amino pada keju dipercaya mampu membantu tidur menjadi lebih berkualitas. Keju cottage adalah jenis keju yang kaya akan kandungan protein kasein. Meski memang masih ada kandungan lemak dalam keju cottage, namun kalsiumnya bisa membantumu menguatkan tulang. Keju jenis ini juga memiliki kadar penyerapan lambat sehingga bisa mempertahankan rasa kenyang.

9. Daging Merah Tanpa Lemak

photo via : http://www.simplyscratch.com

Siapa bilang makan daging saat malam hari bisa buat gendut? Daging merah tanpa lemak justru bisa jadi asupan protein penting bagi tubuh, dan juga meningkatkan produktivitas metabolisme tubuh. Asalkan dimasak tanpa meningkatkan kalori. Hindari memasaknya dengan cara menggoreng, cukup direbus dengan menambahkan sedikit minyak dan bumbu.

10. Smoothies

photo via : www.bakerita.com

Males ngunyah tapi lapar dimalam hari, kamu bisa membuat Smoothies. Smoothies memang dikategorikan sebagai minuman sekaligus makanan ringan yang menyehatkan. Smoothies memiliki tekstur yang lebih kental dan padat dari jus dan minuman lainnya. Kamu bisa membuat Smoothies dengan memblender buah seperti pisang, stroberi dll. Kamu juga bisa mencampurnya dengan susu rendah lemak ataupun yoghurt.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >