Comeback Gemilang Menangkan Tottenham Atas Ajax Dengan Skor 3-2, Hasil Liga Champions 2019

2 minggu lalu

Partai ke dua pada babak semifinal leg 2 Liga Champions 2019 yang menampilkan duel antara Ajax melawan Tottenham berlangsung dengan sangat seru. Masing-masing kubu bertarung dengan sangat sengit dan saling mengejar skor. Hingga di detik-detik akhir pertandingan Tottenham Hotspur secara dramatis merebut tiket terakhir ke final Liga Champions 2018-2019.

Bertanding di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Kamis dinihari WIB, 9 Mei 2019, Tottenham Hotspur memastikan diri melenggang ke partai puncak setelah menang 3-2 di kandang Ajax Amsterdam tersebut. Tim asal Inggris itu menang 3-2, sehingga agregat menjadi 3-3. Meski agregat seri 3-3, Tottenham berhak melangkah ke final karena unggul agresivitas gol tandang.

Awalnya Ajax telah unggul dua gol lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Matthijs de Ligt di menit ke-5 dan disusul oleh Hakim Ziyech di menit ke-35. Skor 2-0 bertahan sampai akhir babak pertama. Di babak kedua, situasi berbalik. Tottenham lebih mendominasi bola di laga ini dimana penguasaan bola mereka mencapai 56% dibanding tim lawan. Mereka juga lebih banyak melakukan tembakan ke gawang dan menciptakan peluang emas.

Akhirnya Tottenham yang gencar berhasil membalik keunggulan dengan melayangkan 3 gol ke gawang Ajax. Adalah Lucas Moura yang menjadi pahlawan karena menciptakan 3 gol kemenangan. Dua gol dicetak dalam jarak waktu yang sangat dekat yakni di menit ke 55 dan 59. Sedangkan gol ke-3 sekaligus gol pamungkas terjadi pada masa injury time. Lucas Moura mencetak gol ke-3 yang menentukan laju Tottenham ke final lewat tembakan datar kaki kiri dari dalam kotak terlarang pada menit ke-90.

Lewat kemenangan ini Tottenham menjadi tim Inggris kedelapan yang mampu mencapai final Liga Champions. Sebelum mereka ada Arsenal, Aston Villa, Chelsea, Leeds United, Liverpool, Manchester United, dan Nottingham Forest. Selain itu Tottenham Hotspur menjadi tim pertama yang mampu menang di semifinal Liga Champions setelah tertinggal 2-0 sejak Manchester United melakukannya pada 1999 saat melawan Juventus.

Final ini akan menjadi kompetisi Eropa ketiga yang mempertemukan dua tim asal Inggris. Dimana yang kompetisi pertama terjadi pada 1972 di final Piala UEFA Tottenham bertemu Wolves, dan yang kedua di final Liga Champions 2008 Man Utd bertemu Chelsea.

Sementara itu di final Liga Champions 2018/2019 kali ini, Tottenham akan menghadapi tim Inggris lainnya, Liverpool, yang sehari sebelumnya menyingkirkan Barcelona. Laga pamuncak akan digelar di Wanda Metropoliatane, Madrid, pada 1 Juni 2019.

Facebook Comments

Baca Juga