Cryptocurrency Dengan Kinerja Terbaik 2021, Cocok Buat Investasi

Dibuat oleh blogunik

Belakangan ini Cryptocurrency mulai banyak di bicarakan dan menjadi populer di kalangan milenials. Buat kamu yang masih bingung, Cryptocurrency atau mata uang kripto sendiri merupakan mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Mata uang ini sangat berbeda dengan versi konvensionalnya, karena cryptocurrency digunakan untuk kebutuhan transaksi secara virtual melalui jaringan internet. Meskipun digital, namun Cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini hampir tidak mungkin dipalsukan.

Selain digunakan sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Inilah salah satu penyebab kenapa Cryptocurrency ini banyak diminati. Bahkan sudah ada banyak cerita sukses dari orang-orang yang terjun ke dunia Cryptocurrency dimana mereka mendadak menjadi kaya raya setelah melakukan investasi melalui cryptocurrency.

Ini karena fungsi Cryptocurrency sebagai investasi menggunakan prinsip yang sama dengan prinsip ekonomi, dimana harga akan semakin naik ketika terdapat banyak permintaan. Semakin banyak orang yang berinvestasi, maka harga juga akan melambung naik.

Meskipun keamanannya terjamin, namun kamu harus ketahui bahwa investasi melalui Cryptocurrency ini termasuk ke dalam kategori high risk alias resiko tinggi. Jadi kalau kamu tidak memiliki tabungan aman, disarankan untuk tidak mencoba melakukan investasi Cryptocurrency. Namun kalau kamu termasuk orang yang berani mengambil resiko tinggi, nggak ada salahnya mencoba cryptocurrency sebagai instrumen investasi yang menjanjikan.

Nah sebelum terjun ke dunia cryptocurrency, ada baiknya kamu kenali terlebih dahulu cryptocurrency dengan kinerja terbaik 2021 berikut ini sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi. So let’s check it out guys!

1. Bitcoin (BTC)

Cryptocurrency Dengan Kinerja Terbaik 2021

photo via alwafd.news

Mata uang crypto atau cryptocurrency dengan kinerja terbaik 2021 di awali dengan Bitcoin (BTC). Bitcoin sendiri merupakan pelopor cryptocurrency yang dibuat pada tahun 2008. Bitcoin menjadi aset kripto yang paling banyak diperdagangkan saat ini dan bahkan dijuluki sebagai the king of cryptocurrency.

Mata uang digital ini menggunakan teknologi blockchain. Dimana tujuan utama blockchain disini adalah untuk memungkinkan transaksi peer-to-peer yang cepat, aman, dan transparan. Ini adalah jaringan tepercaya dan terdesentralisasi yang memungkinkan transfer nilai digital seperti mata uang dan data. Performa bitcoin juga tergolong cukup stabil, meski terkadang harga bitcoin bisa anjlok, namun mata uang digital ini bisa dengan cepat meningkat kembali.

Pada April 2021 kemarin saja, harga Bitcoin melonjak hingga lebih dari $ 60.000 untuk pasar kapitalisasi yang memegang lebih dari $ 1 triliun pasar cryptocurrency. Ini berarti, Bitcoin menyumbang lebih dari 45 % mata uang kripto. Terlebih lagi jumlah Bitcoin yang beredar saat ini sangat terbatas yaitu hanya 21 juta saja. Dengan demand yang sangat tinggi, tidak heran jika aset kripto ini terus menerus mengalami peningkatan harga.

2. Ethereum/Ether (ETH)

Cryptocurrency Yang Bagus Untuk Investasi

photo via adweek.com

Selanjutnya ada Ethereum yang merupakan salah satu cryptocurrency dengan kinerja terbaik di tahun 2021 ini. Dibuat pada tahun 2015 oleh Vitalik Buterin, Ethereum sebenarnya bukan nama cryptocurrency, tetapi nama blockchain yang digunakan mata uang digital ini. Nama uang kriptonya sendiri adalah Ether atau simbol ticker ETH.

Sejak 2014, penjualan ether mendapatkan tanggapan atau respon yang luar biasa karena bisa digunakan untuk beberapa tujuan. Pertama, untuk diperdagangkan sebagai pertukaran mata uang digital di cryptocurrency. Kedua, Ether juga digunakan untuk menjalankan aplikasi hingga memonetisasi sebuah pekerjaan. Belum lagi Ether menempati peringkat kedua setelah Bitcoin dalam kategori likuiditas. Dengan kata lain, aset kripto ini banyak diperdagangkan dan pencairannya dananya sangat mudah. Sehingga jual maupun beli aset kripto ini hampir sama dengan Bitcoin.

Ether juga dikenal sebagai mata uang digital pertama yang memperkenalkan konsep smart contract. Smart contract sendiri merupakan perjanjian yang diberi kode pada blockchain dan mereka mengeksekusi diri mereka sendiri untuk memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan konsep smart contract ini, memungkinkan seorang developer untuk meluncurkan atau merilis sebuah aplikasi untuk komputer atau smartphone yang sudah didesentralisasi (dApps).

Sementara itu, pada September 2019, Ether menjadi mata uang virtual terbesar kedua di pasar digital, yang menjadikannya berada di satu posisi di bawah Bitcoin. Di dalam cryptocurrency, jauh lebih cepat untuk mendapatkan Ether dibandingkan Bitcoin. Bukan itu saja, unit Ether lebih banyak beredar di pasar dibandingkan Bitcoin, sehingga kamu bisa mencoba mata uang digital ini sebagai alternatif investasi virtual yang menguntungkan.

3. Binance Coin (BNB)

Cryptocurrency Dengan Kinerja Terbaik 2021

photo via newsbtc.com

Binance Coin juga merupakan salah satu cryptocurrency dengan kinerja terbaik di tahun ini yang cocok buat investasi. Binance coin (BNB) sendiri merupakan aset crypto yang diterbitkan oleh Binance Exchange, dan diperdagangan dengan simbol BNB. Koin BNB adalah berjenis token ERC-20 yang berjalan di atas blockchain Ethereum.

Perusahaan yang mengembangkan BNB dikenal sebagai perusahaan yang sangat mapan, kokoh dan sangat berpengalaman dalam sejarah bisnis termasuk uang digital. Tak hanya itu, BNB juga dapat digunakan untuk berinvestasi di ICO yang terdaftar lewat Launchpad Binance Cryptocurrency yang nantinya akan listing di bursa Binance. Jadi tidak heran jika BNB masuk ke jajaran aset kripto terbaik untuk investasi.

Salah satu alasan mengapa banyak orang di luar sana membeli BNB. Bukan hanya karena memiliki segudang kegunaan untuk menunjang aktivitas trading-mu saja. Melainkan, koin digital ini juga berada di 10 besar cryptocurrency dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar. BNB juga memiliki perkembangan harga yang cukup pesat sehingga sangat cocok untuk investasi.

4. Cardano (ADA)

Cryptocurrency Yang Bagus Untuk Investasi

photo via archyde.com

Buat kamu yang ingin investasi melalui cryptocurrency, kamu bisa mencoba Cardano (ADA). Seperti Ethereum, Cardano juga telah dikembangkan sebagai platform Smart Contract seperti Ethereum atau NEO yang memudahkan pembuatan token baru dan merupakan DApps (Decentralized Applications)

Cardano (ADA) sendiri diciptakan oleh Charles Hoskinson, seorang pegiat bidang matematika yang sekaligus entrepreneur. Mata uang crypto ini tergolong ke dalam generasi ketiga cryptocurrency, sehingga dianggap salah satu yang paling mutakhir saat ini.

Cardano adalah blockchain pertama di dunia yang bersifat peer-reviewed. Saat ini Cardano adalah salah satu platform yang memiliki jumlah suplai koin terbesar dalam industri dengan maksimum suplai sebanyak 45 miliar. Cardano juga jauh lebih scalable daripada Ethereum dengan kemampuan saat ini 257 transaksi per detik.

5. Dogecoin (DOGE)

Cryptocurrency Dengan Kinerja Terbaik 2021

photo via thecoinrepublic.com

Alternatif cryptocurrency terbaik yang bisa kamu pilih untuk investasi adalah Dogecoin (DOGE). Dogecoin adalah cryptocurrency yang open source. Mata uang crypto ini diinisiasi tahun 2013 oleh Jackson Palmer dan Billy Markus dan memiliki logo anjing Shiba Inu.

Sepanjang tahun 2021 ini, Dogecoin (DOGE) mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan pada Januari 2021, Dogecoin (DOGE) naik lebih dari 800% dalam 24 jam, mencapai harga $ 0,07. Selanjutnya pada Februari 2021 Dogecoin mencapai harga tinggi baru $ 0,08. Tak sampai disitu, pada April 2021 kemarin, harga Dogecoin (DOGE) juga melonjak hingga $ 0,45. Pada saat itu, kapitalisasi pasar Dogecoin mendekati $ 50 miliar, menjadikannya cryptocurrency dengan nilai tertinggi kelima, nilainya telah meningkat lebih dari 7.000% year-to-date.

Dogecoin sendiri disebut menjadi pesaing baru Bitcoin. Bila dihitung tahunan, harga DOGE naik sekitar 592%. Ini bisa dilihat dari harga Dogecoin pada Januari 2020 masih Rp 28 dan pada 3 Januari 2021 melambung menjadi Rp 194. Ini menjadikan Dogecoin (DOGE) sebagai salah satu aset mata uang kripto yang pas untuk investasi.

6. Tether (USDT)

Cryptocurrency Yang Bagus Untuk Investasi

photo via quora.com

Cryptocurrency dengan kinerja terbaik 2021 yang pas buat investasi selanjutnya adalah Tether (USDT). Ini merupakan aset digital berbasis blockchain yang merupakan representasi dolar AS yang berjalan di blockchain Bitcoin melalui Protokol Layer Omni. 1 Tether token memiliki harga stabil yang hampir setara dengan 1 dolar AS dan dapat ditukar menjadi uang fiat termasuk rupiah.

Tether (USDT) sendiri bisa dikatakan adalah alat tukar stabil yang didesain untuk transaksi finansial yang terjadi di internet. Dengan memanfaatkan teknologi Blockchain, Tether (USDT) memungkinkan kamu untuk menyimpan, mengirim, dan menerima dolar AS, dalam bentuk token digital. Dapat digunakan untuk transaksi peer-to-peer secara global, instan, dan juga aman tanpa biaya transaksi yang tinggi.

Tether yang diciptakan oleh Jan Ludovicus van der Velde, yang merupakan CEO Bitfinex dan Tether Limited ini sudah berhasil masuk ke dalam jajaran 10 besar kapitaliasi pasar mata uang crypto, sehingga bisa menjadi alternatif yang menjanjikan buat kamu yang tertarik dengan investasi cryptocurrency. Di Indonesia sendiri, sejumlah bursa kripto yang menyediakan pertukaran USDT dengan rupiah, di antaranya adalah Indodax dan tokocrypto.com.

7. XRP/Ripple (XRP)

Cryptocurrency Dengan Kinerja Terbaik 2021

photo via investingcube.com

Tak ketinggalan, Ripple juga menjadi salah satu cryptocurrency yang cocok untuk investasi. Ripple ini diciptakan oleh perusahaan Ripple Labs dan merupakan sebuah protokol open source yang dirancang untuk menciptakan proses pembayaran, transfer dan pertukaran mata uang yang lebih cepat, transparan dan murah. Ripple ini memliki mata uang kripto yang disebut XRP, namun banyak khalayak umum yang menganggap ripple dan XRP ini adalah sama.

Ripple menjadi salah satu cryptocurrency yang memiliki kenierja terbaik sepanjang tahun 2021 ini. Pada bulan Februari 2021 saja, Ripple (XRP) meroket nyaris 150%, bahkan sempat lebih dari 160%. Hanya saja, Ripple hadir dalam bentuk token. Token XRP mewakili seluruh nilai transfer yang terjadi di jaringan Ripple. Berbeda dengan Bitcoin dan Ethereum yang melakukan desentralisasi, XRP menganut paham sentralisasi. Aset digital ini masih membutuhkan pihak ketiga sebagai perantara.

Tidak hanya berfungsi sebagai mata uang digital, Ripple juga dapat digunakan untuk transaksi yang bersifat likuid. Mata uang lasiran Ripple ini dapat digunakan sebagai exchanger terhadap mata uang fiat, aset kripto lainnya, serta payment gateway. Ini membuat Ripple dapat dikategorikan sebagai platform teknologi sekaligus mata uang virtual.

8. Polkadot (DOT)

Cryptocurrency Yang Bagus Untuk Investasi

photo via trading-education.com

Polkadot menjadi salah satu cryptocurrency terbaik tahun ini setelah mengalami redenominasi pada 21 Agustus lalu. Simbol Polkadot adalah DOT. Dengan $31,45 per token, ini adalah mata uang kripto terkemuka selanjutnya yang memiliki kapitalisasi pasar $28,60 miliar. Setelah mengalami redenominasi, pasokan token DOT yang beredar menjadi 10 kali lipat lebih banyak.

Redenominasi Polkadot membagi satu DOT lama menjadi 100 DOT baru, dan suplainya meningkat dari 10 juta token menjadi 1 miliar. Pembaruan ini tidak mengubah total saldo investor, tetapi peristiwa tersebut dianggap mendongkrak nilai DOT hingga Polkadot di anggap sebagai salah satu cryptocurrency terbaik tahun ini.

Polkadot sendiri merupakan interchange multi-chain dan arsitektur terjemahan heterogen yang memungkinkan side-chain yang disesuaikan untuk terhubung dengan blockchain publik. Salah satu pendiri Ethereum, Gavin Wood, membuat protokol tersebut. Polkadot dibangun di atas jaringan blockchain sebelumnya, menawarkan beberapa keuntungan mendasar, termasuk skalabilitas, spesialisasi, lingkungan kerja bersama yang berdiri sendiri, tata kelola mandiri, dan kemudahan peningkatan. Sayangnya, Polkadot (DOT) tidak diperdagangkan di pialang dalam negeri. Jika kamu mau membeli token ini, kamu harus ke pialang luar negeri, seperti Binance.

9. Bitcoin Cash (BCH)

Cryptocurrency Dengan Kinerja Terbaik 2021

photo via earnfreebitcoininnigeria.blogspot.com

Bitcoin Cash (BCH) merupakan mata uang digital atau cryptocurrency yang kini banyak digunakan. Bitcoin Cash (BCH) sendiri merupakan cryptocurrency yang berasal dari Bitcoin (BTC) namun berbeda jauh. Bitcoin Cash diluncurkan pada Agustus 2017 sebagai hasil dari hard fork blockchain Bitcoin.

Keunggulan Bitcoin Cash (BCH) dibanding Bitcoin (BTC) adalah ukuran blok yang lebih besar. Jika Bitcoin hanya memiliki ukuran blok Bitcoin 1 MB saja, Bitcoin Cash memiliki ukuran blok hingga 8 MB, sehingga dapat digunakan untuk transaksi dengan ukuran yang lebih besar.

Seperti yang kita tahu, saat ini Bitcoin masih menjadi cryptocurrency yang paling banyak diminati dibandingkan Bitcoin Cash. Hal ini menyebabkan harga Bitcoin Cash menjadi lebih murah dibandingkan Bitcoin. Nah buat kamu yang ingin terjun ke dunia cryptocurrency, bisa mencoba Bitcoin Cash (BCH) terlebih dahulu karena harganya yang murah.

10. Internet Computer (ICP)

Cryptocurrency Yang Bagus Untuk Investasi

photo via thecurrencyanalytics.com

Internet Computer (ICP) merupakan protokol tingkat dasar yang dijalankan oleh Dfinity Foundation dan pendirinya adalah Dominic Williams. Token, yang dijuluki Internet Computer Price atau ICP ini memungkinkan pemegang untuk mengatur jaringan. Tujuannya untuk meningkatkan kecepatan dari sebagian besar teknologi blockchain dan menghapus gatekeepers seperti Amazon Web Services sebagai entitas nirlaba terpusat yang diandalkan oleh blockchain dan situs web saat ini. Sederhananya, ICP merupakan token terdesentralisasi yang dibangun di atas blockchain yang berfungsi sebagai pengganti futuristik untuk internet yang dikenal saat ini.

ICP sendiri dijuluki sebagai penemuan terbesar ketiga crypto setelah BTC dan ETH karena menawarkan nilai utilitas dasar yang kuat yang bisa digunakan oleh peserta sebagai token default untuk taruhan demokratis pada Network Nervous System (NNS) yang disesuaikan Dfinity.
Internet Computer (ICP) bisa menjadi alternatif yang menjanjikan untuk kamu yang ingin masuk ke dunia investasi cryptocurrency, lantaran harga token ICP, sempat melambung hingga mencapai US$ 713 pada 10 Mei 2021 kemarin, dan kemudian stabil di sekitar US $300.

11. Uniswap (UNI)

Cryptocurrency Dengan Kinerja Terbaik 2021

photo via jornadacrypto.pt

Cryptocurrency dengan kinerja terbaik di tahun 2021 selanjutnya adalah Uniswap (UNI). Uniswap (UNI) adalah protokol yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar token ERC20 mereka tanpa harus menggunakan perantara lain. Ini dikarenakan Uniswap beroperasi dengan desain yang disebut Constant Product Market Maker, yang merupakan varian dari model yang disebut Automated Market Maker (AMM). Hal inilah yang membuat pengguna Uniswap dapat menukarkan token ERC20 apapun pada protokolnya.

Uniswap memiliki kesesuaian pasar produk yang terbukti untuk infrastruktur keuangan yang sangat terdesentralisasi dengan platform yang telah berkembang secara mandiri, Uniswap sekarang memiliki posisi yang sangat baik untuk pertumbuhan, pengembangan, dan keberlanjutan sendiri yang saat ini dipimpin oleh komunitas yang besar. Saat ini Uniswap (UNI) berada di peringkat ke-34 dari 7.108 aset kripto dengan harga Rp 77.280. Total pasokan adalah 1.000.000.000 UNI.

12. Litecoin (LTC)

Cryptocurrency Yang Bagus Untuk Investasi

photo via forbes.com

Selanjutnya ada Litecoin (LTC) yang merupakan versi perak dari emasnya Bitcoin. Litecoin adalah salah satu mata uang kripto turunan Bitcoin Core QT yang berarti semua yang ada di dalam Litecoin tidak berbeda jauh dengan Bitcoin. Mata uang digital ini merupakan cryptocurrency antarpengguna (peer-to-peer) dan proyek perangkat lunak dengan sistem open-source yang diluncurkan pada Oktober 2011 dibawah lisensi MIT/X11.

Litecoin dengan mata uang LTC nya adalah cryptocurrency yang masuk dalam peringkat 10 besar, dengan market cap (kapitalisasi market) lebih dari $12 miliar atau dalam terma ltc to idr sekitar Rp. 172 Triliun. Keuntungan terbesar yang ditawarkan Litecoin dibandingkan Bitcoin adalah kecepatan. Ini sesuai dengan nama “Lite” coin karena hampir empat kali lebih cepat dibanding Bitcoin. Jadi buat kamu yang ingin mencoba investasi cryptocurrency, Litecoin bisa merupakan salah satu dari cryptocurrency dengan performa menawan yang bisa kamu andalkan.

13. Chainlink (LINK)

Cryptocurrency Dengan Kinerja Terbaik 2021

photo via newsbtc.com

Buat para pengguna mata uang kripto, tentu sudah nggak asing dengan namanya Chainlink (LINK). Chainlink merupakan jaringan oracle yang terdesentralisasi dan didesain sebagai aplikasi middleware berbasis blockchain yang berfungsi sebagai perantara antara teknologi blockchain dengan teknologi non-blockchain. Jaringan ini memungkinkan smart contract terhubung dengan penyedia data off-chain seperti rekening bank umum, data feed, serta web API (Application Programming Interface).

Chainlink mempunyai token tersendiri yang dinamai LINK. LINK ini merupakan mata uang kripto buatan Chainlink yang tersedia pada jaringan Ethereum dengan token ERC677 yang fungsinya didasarkan pada standar token ERC20. Token ini digunakan untuk bertransaksi pada platform yang mereka miliki sendiri.

Chainlink populer di kalangan pegiat IT dan komunitas pengguna mata uang kripto karena kemampuannya mengatasi masalah Oracle. Masalah Oracle bermula ketika smart-contract tidak mampu memprediksi masa depan kode yang diberikan user. Kemampuannya ini membuat ChainLink menjadi tokoh penting dalam industri blockchain dan cryptocurrency. Nggak heran jika beberapa bulan belakangan ini, Chainlink mengalami pelonjakan hingga 1.000%.

Nah itu dia beberapa cryptocurrency dengan kinerja terbaik 2021 yang pas untuk investasi. Mungkin saat kamu membaca artikel ini, nilai beberapa cryptocurrency diatas telah mengalami perubahan. Maka dari itu, pastikan kamu mempelajari lebih dalam aset kripto mana yang memiliki keunggulan terbanyak dan memilih platform terpercaya untuk proses transaksi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.