Daftar Anime Terkenal Di Indonesia


    Film & Musik


Di tahun 90an hingga diawal tahun 2000an, serial kartun Jepang atau biasa disebut anime banyak menghiasi layar kaca, dan menjadi bahan tontonan untuk anak-anak pada masa itu. Banyak judul anime yang berseliweran di layar tv kita, dari mulai doraemon, ninja hatori hingga shincan. Namun lama kelamaan hingga sekarang, serial anime di tv semakin sedikit bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada. Namun pesona dari anime-anime tersebut masih melekat hingga sekarang di hati para pecinta anime. Karena di TV Indonesia tidak lagi ditayangkan, banyak pecinta anime di Indonesia yang mengakses serial maupun film anime dari internet. Gak heran deh, kalau di acara-acara berbaukan Jepang yang diadakan di Indonesia, banyak yang mengcosplay karakter anime favorit mereka. Nah dari sekian banyaknya judul anime yang ada, berikut daftar judul anime yang terkenal di Indonesia.

1. One Piece

photo via : http://onepiece.wikia.com

Serial anime satu ini memang sempat ditayangkan di salah satu stasiun TV di Indonesia. Dari anak-anak hingga remaja, banyak yang menggemari anime satu ini. One Piece sendiri merupakan sebuah anime yang menceritakan tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Sudah lama sejak serial One Piece ini tidak ditayangkan lagi di stasiun TV Indonesia, namun pesona dari manusia karet Luffy cs ini masih melekat dihati para penggemarnya hingga kini, dan menjadi salah satu serial anime yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan penggemar anime di Indonesia banyak mengaksesnya dari internet, baik video maupun komiknya.

2. Bleach

photo via : www.amazon.com

Siapa sih yang gak tau anime berjudul Bleach ini? Sepertinya kalian yang lahir tahun 90an hingga 2000an sudah gak asing lagi dengan para sinigami di anime Bleach ini. Yup Bleach memang menjadi anime yang terkenal bukan hanya di Jepang, di Indonesiapun anime ini menjadi sangat terkenal dan mendapat banyak penggemar, setelah penayangan perdananya disalah satu stasiun TV Indonesia. Gak heran deh, kalau kalian pergi ke suatu festival Jepang di Indonesia, karakter-karakter dari anime Bleach ini akan banyak kalian lihat, dari cosplay hingga stiker ataupun poster.

3. Naruto

photo via : otakukart.com

Kalau anime yang satu ini, gak perlu ditanya lagi bagaimana popularnya di Indonesia. Pasalnya, bukan hanya anak-anak, para remaja hingga orang dewasa yang notabenenya pecinta animepun menyukai serial anime tentang ninja ini. Di Indonesia sendiri Naruto telah beberapa kali ditayangkan di stasiun TV Indonesia dan mendapat banyak penggemar. Saking populer dan terkenalnya di Indonesia, banyak orang-orang kreatif yang menjual barang-barang dengan gambar Naruto cs. Dari tas, baju, hingga pin bergambar Naruto banyak dicari oleh penggemar Naruto. Bukan hanya itu, merchandise bertemakan Narutopun banyak diburu oleh para penggemarnya.

4. InuYasha

photo via : http://vsbattles.wikia.com

Sudah sejak lama sejak serial InuYasha ini tidak diputar di TV Indonesia. Namun cerita dan juga para karakter di anime InuYasha ini masih sangat diingat oleh para penggemar anime di Indonesia. InuYasha sendiri menceritakan petualangan siluman bernama InuYasha dan beberapa temannya mencari Shikan no Tama, serta InuYasha dan Sesshoumaru yang mengalahkan Naraku. Serial anime ini hingga kini masih sering diakases melalui internet. Bukan hanya animenya, salah satu lagu ending anime-nya yang berjudul Fukai Mori yang dibawakan oleh Do As Infinity, juga sangat terkenal dikalangan generasi tahun 90an, bahkan masih sering didengar hingga saat ini.

5. Dragon Ball

photo via : otakukart.com

Serial anime ini sempat ditayangkan di stasiun TV Indonesia, bahkan ditayangkan hingga bertahun-tahun. Gak heran deh kalau Dragon Ball ini menjadi sangat populer di Indonesia bahkan didunia. Dragon Ball sendiri bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda genius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball.

6. Sailor Moon

photo via : www.player.one

Bagi anak 90an, pastinya masih ingat dengan jelas dengan anime satu ini. Serial anime Sailor Moon ini menceritakan tentang Usagi Tsukino sebagai gadis ceroboh yang bisa berubah menjadi pembela kebenaran dan cinta, Sailor Moon. Sailor Moon sendiri sangat tenar di Indonesia di era 1990an. Namun sampai sekarang Sailor Moon masih sering ditonton dan diakses melalui internet. Bukan hanya itu, karakter-karakter yang ada di Sailor Moon ini juga sangat banyak yang mengcosplaynya.

7. Samurai X

photo via : http://cyberslope.blogspot.com

Serial anime legendaris yang masih teringat dikalangan anak-anak generasi 90-an di Indonesia adalah Samurai X. Serial yang bercerita pada masa lalu di Jepang dan seorang samurai bernama Kenshin yang mendapat julukan “battosai si pembunuh”. Tidak hanya serial anime-nya, lagu openingnya pun masih sering didengar dan dinyanyikan oleh penggemar anime di Indonesia.

8. Detektif Conan

photo via : adsleaf.com

Untuk anime yang satu ini memang gak perlu lagi ditanyakan tentang kepopulerannya di Indonesia. Serial anime ini tidak hanya seru dan juga menegangkan, berbagai kasus dan pemecahan teka-teki dalam setiap cerita anime ini selalu berhasil memukau para penonton Indonesia. Gak heran deh kalau Conan cs selalu ditayangkan di TV Indonesia, walaupun beberapa tahun terakhir ini sudah tak lagi ditayangkan di TV. Tapi walaupun begitu, pecinta Detektif Conan di Indonesia bisa dengan mudah mengaksesnya melalui Internet.

9. Ranma 1/2

photo via : medium.com

Anak-anak diera 90an pasti masih ingat dengan serial anime Ranma 1/2 ini. Anime yang bergenre komedi ini memang sangat menghibur penonton Indonesia kala itu. Ranma 1/2 sendiri berkisah tentang seorang pemuda yang tidak sengaja terkena kutukan setelah tercebur ke mata air Jusenkyo sehingga fisiknya langsung berubah menjadi perempuan. Wujudnya pun bisa berganti-ganti, kadang bisa kembali ke wujud semula jika terguyur air panas, tapi setetes air dingin akan mengubah Ranma menjadi perempuan. Walaupun sudah lewat puluhan tahun dari penayangannya di TV Indonesia, namun cerita anime ini masih melekat jelas di hati para penggemarnya hingga sekarang.

10. Pokemon

photo via : daily.pokecommunity.com

Jauh sebelum adanya game Pokemon GO, anime Pokemon telah lebih dulu tenar di Indonesia. Anime yang sempat tayang di Indonesia ini mampu menarik banyak penggemar saat penayangan perdananya di salah satu stasiun TV Indonesia. Selain ceritanya yang lain daripada yang lain, penggambaran karakternyapun sangat menarik untuk dilihat. Gak heran banyak penggemar anime ini yang rela membeli DVD nya hanya untuk menonton cerita lengkap dari anime Pokemon ini. Selain itu, berbagai bentuk boneka dari berbagai jenis pokemon yang ada di animasi itu masih sering kita temui di toko-toko boneka di Indonesia. Mungkin karena itu pula, saat muncul game Pokemon GO, game tersebut langsung booming di Indonesia.

11. Doraemon

photo via : http://ai-turkey.com

Siapa sih yang gak tau Doraemon? Sepertinya hampir seluruh dunia mengetahui anime satu ini. Pasalnya bukan hanya di Indonesia, anime Doraemon ini bahkan tenar hingga hampir ke seluruh dunia. Kisah persahabatan robot kucing dari abad ke-22 dengan seorang anak laki-laki bernama Nobita ini sangat terkenal di Indonesia. Doraemon ini sudah tayang sejak berpuluh-puluh tahun lalu hingga saat ini. Gak heran kalau Doraemon mendapat julukan anime terpopuler sepanjang masa.

12. Digimon Adventure

photo via : http://digimon-adventure.wikia.com

Diawal-awal tahun 2000an, serial anime Digimon Adventure ini sempat tenar dikalangan anak-anak pecinta serial kartun. Digimon Adventure ini berkisang tentang 8 anak manusia yang tersesat di dalam dunia digital. Di sana, masing-masing dari anak-anak tersebut mendapatkan partner digimon yang dapat berevolusi dan bertarung dengan digimon-digimon jahat. Hingga saat ini serial Digimon Adventure ini masih menjadi pilihan pecinta anime di Indonesia untuk ditonton, walaupun hanya diakses melalui internet.

13. Gundam Seed

photo via : www.madman.com.au

Nah anime satu ini, dulu sempat tayang disalah satu stasiun TV Indonesia dan menjadi hiburan yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak 2000an. Pesona para gundam ataupun robot ini memang dapat membius para penonton yang menyaksikkannya. Gundam Seed merupakan salah satu dari seri Gundam yang paling populer di Indonesia, bahkan hingga kini berbagai merchandise berbau gundam masih diburu oleh pecintan anime ini di Indonesia.

14. Crayon Shinchan

photo via : www.justwatch.com

Siapa sih yang bisa ngelupain tingkah lucu dan menyebalkan dari tokoh Shinchan ini? Sepertinya sangat sulit untuk melupakan tingkah lucu, konyol dan suara yang unik dari seorang anak bernama Shin-chan. Meski di Indonesia sempat diprotes karena dianggap memberi contoh yang tidak baik kepada anak-anak, namun anime ini tetap menjadi kegemaran para pecinta anime khususnya untuk bergenre family dan comedy.

15. Ninja Hattori

photo via : www.amazon.com

Selain Shinchan, Serial anime Ninja Hattori juga sempat menghiasi layar kaca disetiap hari Minggu. Anime yang menceritakan sosok ninja cilik, Hattori dan anak SD bernama Kenichi Mitsuba ini, menjadi deretan anime yang paling ditunggu anak-anak era 2000an pada hari Minggu. Selain cerita dan karakternya yang masih diingat, lagu openingnya pun masih diingat hingga sekarang. Siapa sih yang bisa ngelupain lirik lagu, “Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera, bersama teman bertualang”. Kayaknya gak ada yang bisa deh!

16. Captain Tsubasa

photo via : http://anoboy.com

Kalau anime bertemakan olahraga yang paling terkenal di Indonesia adalah Captain Tsubasa. Anime ini merupakan anime paling terkenal dan populer dikalangan anak-anak 90an di Indonesia. Captain Tsubasa sendiri menceritakan tentang sosok anak laki-laki bernama Tsubasa Ozora yang sangat pandai bermain bola. Bersama tim SD Nankatsu, ia memulai menjuarai berbagai kompetisi hingga bergabung dengan Timnas sepakbola Jepang. Saking populernya anime ini di Indonesia, banyak anak-anak pada saat itu yang mempraktekkan tendangan jarak jauh ala Tsubasa saat sedang berolahraga khususnya sepak bola ataupun futsal.

17. Hamtaro

photo via : http://scratchpad.wikia.com

Tingkah lucu dan menggemaskan dari para hamster dalam serial anime Hamtaro, selalu mengisi minggu pagi di awal tahun 2000-an. Meski sebenarnya film ini dibuat untuk anak-anak, namun banyak orang dewasa di Indonesia yang sangat menyukai seri ini, bahkan sampai hafal lagu opening-nya. Walau sudah tidak ditayangkan lagi di Indonesia, namun pesona Hamtaro masih terasa hingga saat ini. Terbukti dari banyaknya merchandise seperti boneka Hamtaro yang dijual di toko-toko boneka di Indonesia.

18. Lets & Go

photo via : http://wawangermany.blogspot.com

Kepopuleran serial anime Lets & Go di Indonesia ini memang tak perlu diragukan lagi. Saking populernya, hampir setiap anak diera 90an hingga 2000an pasti memiliki mainan seperti yang digambarkan di serial ini. Yup apa lagi kalau bukan mobil remote kontrol semacam Tamiya.

19. Yu Gi Oh

photo via : /www.releasemama.com

Siapa nih yang pernah mengoleksi dan memainkan kartu-kartu bergambar monster? Yup kartu-kartu yang kalian koleksi dan mainkan tersebut berasal dari serial anime Yugi Oh. Saking populer dan terkenalnya, permainan yang diceritakan di serial ini, bisa juga kalian mainkan bersama teman loh. Anime ini tenar di Indonesia pada awal tahun 2000an, namun hingga sekarang, serialnya masih menjadi buruan pecinta anime di Indonesia

20. Cardcaptor Sakura

photo via : geektyrant.com

Nah yang satu ini juga sempat menghiasi layar kaca Indonesia . Serial anime ini menjadi hiburan yang ditunggu-tunggu oleh kalangan anak-anak hingga remaja di era 2000an. Kisah manis antara Saoran dan Sakura ini memang dapat membuat membius para penggemarnya. Hingga kini, hal-hal berbau Cardcaptor Sakura masih sering muncul di acara-acara berbau Jepang yang diadakan di Indonesia, mulai merchandise hingga cosplay.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >