Daftar Film Anime Dengan Karakter Yang Diduga Muslim



Anime adalah sebuah jenis kusus dari tipe film kartun animasi 2 dimensi yang berasal dan biasanya dibuat di Jepang. Karena sifatnya yang amat global, anime-anime yang ada biasanya mengambil inspirasi dari berbagai daerah dan juga kebudayaan di dunia. Salah satu yang tak luput dari sumber inspirasa adalah adanya unsur agama Islam dalam sebuah anime. Meskipun tak banyak, namun ada saja beberapa karakter ataupun seting waktu dan tempat didalam anime tersebut yang mirip sekali dan memiliki unsur Islami di dalamnya.

Buat kamu penggemar setia anime, mungkin tahu dan juga mengenal beberapa karakter yang kemungkinan beragama Islam. Apalagi jika setting latar belakang, gerak-gerik ataupun cara berpakaian dari tokoh anime ini sudah amat terlihat jelas bernuansa Islami. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah daftar nama karakter atau tokoh anime yang ada hingga saat ini yang kemungkinan besar beragama Islam.

1. Quatre Raberba Winner (Gundam Wing)

photo via : gundam.wikia.com

Tokoh karakter anime pertama yang memiliki ciri beragama Islam paling banyak adalah sorang pilot gundam yang terdapat dalam cerita Gundam Wing yang bernama Quatre Raberba Dilihat dari perawakan, kampung halamannya yang berupa gurun dan juga teman-teman sekampung halamannya yang menggunakan peci muslim, tentu saja karakter ini yang paling dekat jika dikatakan memiliki agama Islam. Selain itu, ia juga memiliki gaya hidup, penampilan serta perawakan yang sangat dekat dengan bduaya Arab. Bahkan didalam animenya, ia juga tidak pernah terlihat minum alkohol. Quatre sendiri tinggal di sebuah koloni luar angkasa yang amat mirip seperti wilayah timur tengah. Meskipun didalm anime tersebut tidak pernah terlihat ataupun dijelaskan agamanya apa, namun dari ciri-ciri tersebut, sepertinya Quarte adalah seorang Muslim.

2. Sousuke Sagara (Full Metal Panic)

photo via : www.pikdo.me

Karakter anime selanjutnya adalah Sousuke Sagara yang ada di dalam anime Full Metal Panic. Sagara sendiri adalah seorang tentara / pilot robot yang tumbuh dan berkembang di daerah Afganistan dan seperti yang kita ketahui, Afganistan adalah salah satu negara yang mayoritas penduduknya muslim. Sagara sendiri memiliki perawakan pendiam dan juga unik yang menjadikannya daya tarik tersendiri. Apalagi warna kulitnya yang agak kecoklatan, amat sesuai dengan orang-orang yang biasa tinggal di lingkungan yang panas. Para penggemar anime, khususnya Full Metal Panic, menduga karakter ang satu ini adalah seorang muslim. Apalagi dalam animenya ia tidak meminum alkohol dan juga daging babi. Namun, sama seperti anime yang lainnya, tidak ada kejelasan mengenai agama dari karakter ini yang disebutkan.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Setsuna F Seiei (Gundam 00)

photo via : gundam00.wikia.com

Kalau karakter yang satu ini memang amat terlihat sekali jika dirinya adalah seorang Muslim, meskipun tidak dijelaksan di dalam animenya. Setsuna adalah tokoh protagonis dari gundam 00 yang memiliki perawakan tenang seperti tokoh utama Gundam Wing, Heero Yuy. Para penggemar amat menduga jika tokoh yang satu ini adalah seorang Muslim. Hal itu dikarenakan nama aslinya yang bernama Soran Ibrahim ditambahlagi latar belakang dirinya yang merupakan orang Kurdi yang amat dekat bangsa Turki, Irak dan Suriah. Selain nama asli dan asalnya, cara berpakaian dari Setsuna juga menimbulkan penafsiran tersebut, dimana ia kerap ditampilkan sedang memakai sorban.

4. Aisha (Gundam Seed)

photo via : browse.minitokyo.net

Nama Aisha mengingatkan kita akan sejarah Islam yang menyebutkan bahwa ada salah satu istri Nabi Muhammad yang memiliki nama tersebut. Aisha atau Aisyah kemudian menjadi nama pilihan para orangtua untuk anak perempuannya di beberapa negara yang perkembangan Islamnya sangat pesat, termasuk Indonesia. Karakter Aisha di Gundam Seed sendiri merupakan salah satu pilot robot Gundam yang memiliki pengalaman cukup baik dan wajah yang sangat cantik. Walaupun diduga Muslim hanya karena namanya, namun pakaian serta perawakan dari Aisha sepanjang anime berjalan, tidak ada yang menunjukkan bahwa ia menganut agama Islam.

5. Yugo Beppu (Yugo Koushounin)

photo via : www.usaanime.us

Yugo adalah seorang negotiator atau perunding. Seperti namanya, tugasnya adalah menjadi penengah antara dua belah pihak untuk mengambil keputusan yang menguntungkan satu sama lain. Dalam cerita di animenya sendiri, Yugo ini ditugaskan ke Pakistan untuk melakukan negosiasi dengan para pemberontak disana. Tujuannya agar para pemberontak mau melepaskan orang-orang yang dijadikan sandra. Unsur Pakistan tentu saja membuat spekulasi bahwa Yugo the Negotiator memiliki genre anime muslim. Spekulasi tersebut juga diperkuat dengan beberapa adegan yang sangat sarat dengan Islam, salah satunya adalah sholat.

6. Dio Brando (Jojo’s Bizare Adventure)

photo via : www.duniaku.net

Anime Jojo’s Bizare Adventure ini sebelumnya sempat menggegerkan dunia pada tahun 2008 silam. Bahkan, produsennya sampai harus menangguhkan penjualan DVD Jojo’s Bizzare Adventure pada tanggal 22 Mei 2008 silam karena di dalam anime ini menunjukan salah satu tokohnya sedang membuka Alquran yang diduga memuat surat Ar-Ra’du. Dalam keterangan Pers, perwakilan Jojo’s Bizzare Adventure telah mengonfirmasi, “Kami benar-benar minta maaf kepada umat Islam karena telah menghina”.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

7. Ayse Khadim (Ladies versus Butler) 

photo via : animeperson.com

Karakter anime selanjutnya yang sepertinya adalah seorang muslim adalah Ayse Khadim dari anime Ladies versus Butler. JIka dilihat dari cara berpakaiannya yang menggunakan cadar dan juga kerudung, memang amat pas jika dikatakan karakter ini beragama islam. Apalagi dilihat dari latar belakang saja amat pas, selaind ari namanya yang ke arab-araban, Ayse Khadim memang adalah seorang putri dari arab. Sama seperti yang ada pada anime lainnya, pada anime ini juga tidak dijelaskan mengenai agama dari karakter dari putri arab ini.

8. Mark Owairan (Captain Tsubasa)

photo via : youtube.com

Siapa yang menyangka jika nuansa Islami juga muncul dalam anime dengan genre sport. Seperti apa yang ada pada anime Captain Tsubasa. Dalam salah satu kisah dari anime ini, timnas jepang berhadapan dengan timnas Arab Saudi yang dipimpin oleh seorang pesepakbola berbakat yang juga adalah seorang pangeran Arab. Pemain yang bernama Mark Owairan ini amat bagus dalam bermain dan juga memiliki skill bermain bola yang handal. Selain dari arab yang merupakan negara yang sarat dan kental dengan budaya Islamnya, pemain yang satu ini juga memiliki ciri khas unik yakni ia tetap dan selalu menggunakan sorban saat bermain bola. memang benar-benar sebuah nuansa Islami yang amat kental yang bisa kita lihat dalam anime yang satu ini.

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >