Daftar Komikus Indonesia Yang Legendaris Dan Terkenal

    Info

Kalian yang suka baca komik pastinya sangat suka dengan ilustrasi-ilustrasi keren di dalamnya, ada yang berwarna adapula yang hitam putih namun tetap terlihat keren. Ilustrasi-ilustrasi atau gambar tersebut seakan mampu menghipnotis pembacanya agar masuk ke dalam cerita tersebut. Makanya setiap baca komik kamu seakan bisa dengan mudah membayangkan bagaimana ekspresi dan situasi dari tokoh-tokoh dari komik yang kamu baca. Tak heran jika banyak remaja yang memilih komik daripada novel untuk bahan bacaan mereka. Karena dalam komik, genre apapun bisa masuk, dari fantasi, romance, horor, komedi hingga thriller.

Di Indonesia banyak bertebaran komik-komik manga atau komik yang berasal dari Jepang, salah satunya yang paling banyak dicari adalah komik detektif Conan yang selalu seru untuk diikuti. Kalian yang suka baca komik Conan pastinya tau dong siapa komikusnya? Yup, dia adalah Gosho Aoyama, komikus yang satu ini memang sangat ahli dalam menggambarkan ilustrasi-ilustrasi terkait cerita di komiknya. Nah kalau di Jepang punya Gosho Aoyama dengan komik detektif Conan-nya, di Indonesia punya siapa ya? Penasaran? Berikut daftar komikus legendaris dan terkenal dari Indonesia.

1. Ganes T.H

photo via : http://www.aspertina.com

Jika kamu tau sinetron laga Si Buta Dari Gua Hantu yang tayang di TV tahun 90an, pastinya kamu juga tau kalau film tersebut berasal dari komik legendaris karya Ganes T.H. Pria kelahiran Tanggerang 10 Juli 1935 ini merupakan salah satu tonggak komik Nusantara. Pria yang bernama asli Ganes Thiar Santosa adalah pencipta tokoh Si Buta Dari Gua Hantu yang kemudian juga mencetak sukses di film. Kisah dalam komik-komiknya begitu memikat hati pembaca komik Indonesia di era tahun 1970 – ans ampai 1980-an. Si Buta Dari Gua Hantu merupakan komik bertemakan silat pertama di Indonesia. Terbitan perdana dari komik ini langsung booming sehingga banyak komik-komik silat Indonesia lainnya yang bermunculan.

2. Hasmi

photo via : http://jabarekspres.com

Pecinta komik Indonesia, pastinya sudah gak asing lagi dengan komik berjudul Gundala Putra Petir. Komik legendaris hasil karya Harya Suyraminata alias Hasmi ini memang sangat populer dijamannya. Setidaknya Hasmi telah menerbitkan 23 Judul selama 1969-1982. Bahkan hingga kini banyak kolektor komik yang mencari komik ciptaan Hasmi ini.

3. Jan Mintaraga

photo via : http://bumilangit.com

Jan Mintaraga adalah seorang komikus legendaris dengan beberapa judul mahakaryanya yang menjadi favorit dimasanya. Sebuh Noda Hitam, Tunggu Aku Di Pintu Eden, Kelelawar, Teror Macan Putih, Indra Bayu, dan Ramayana adalah karya-karya Jan yang akan dikenang sepanjang masa. Jan Mintaraga telah menggambar komik sejak tahun 1965 hingga akhir usianya ditahun 1999. Selain deretan judul komik diatas, ia juga menulis komik sejarah seperti Imperium Majapahit dan Api di Rimba Mentaok.

4. R.A Kosasih

photo via : gaya.tempo.co

Komik Ramayana dan Mahabharata memang sebuah mahakarya yang sukses diciptakan oleh Raden Ahmad Kosasih atau R.A Kosasih. Karya ini masih terus diburu kolektor komik klasik hingga sekarang. Yang Khas dari R.A Kosasih adalah goresan pena hitam putih tanpa warna. Pria kelahiran 4 April 1919 ini memulai membuat komik sejak 1953 hingga 1993, tak hanya Ramayana dan Mahabharata namun komik dengan tokoh pewayangan lainnya juga dengan sukses diciptakan olehnya . Tak heran jika dirinya dijuluki sebagai Bapak Komik Indonesia oleh generasi komik masa kini.

5. Wid N. S

photo via : http://bumilangit.com

Komikus bernama asli Widodo Noor Slamet ini adalah tokoh yang menciptakan komik Godam yang terbit selama 1969-1998. Pria kelahiran Yogyakarta, 22 November 1938 ini telah menghasilkan 15 judul. Komik Godam terakhir yang seharusnya menjadi komik ke 16 yang berjudul Ujian Buat Awang belum terselesaikan karena kesehatan yang terganggu sampai beliau meninggal pada tahun 2003.

6. Zaldy Armendaris

photo via : http://downloadbacakomikgratis.blogspot.com

Zaldy Armendaris lebih dikenal dengan nama Zaldy di dunia komik. Zaldy merupakan komikus spesialis genre roman dan tokoh yang diciptakannya selalu ganteng dan cantik. Tak heran jika karyanya selalu dinantikan oleh penggemar komik Indonesia. Bahkan salah satunya komiknya, Setitik Air Mata Buat Peter, diangkat ke layar lebar oleh Rapi Film dan berganti judul menjadi “Air Mata Kekasih” pada tahun 1971. Karya lain Zaldy, antara lain Murni Nama Gadis Itu, Kekasih bersemi, dan Episode Kedua.

7. Teguh Santosa

photo via : http://koalisiseni.or.id

Teguh Santosa merupakan salah satu komikus legendaris Indonesia yang karya-karyanya masih diingat hingga gini. Ia terkenal dengan karyanya Mahesa Jenar. Komik ini dimuat bersambung di harian Merdeka, Semarang di Era 1980 –an. Setelah ditotal, karya ini berjumlah 537 halaman yang disusun dalam 16 jilid. Mahakarya lainnya yang diciptakan oleh Teguh adalah Trilogi Shandora. Pria kelahiran Malang, 1 Februari 1942 ini dijuluki sebagai Bagawan Komik Indonesia. Namun sayang, pada 25 Oktober 2000 lalu, Teguh Santoso Harus berpulang ke sisi Tuhan diusia 58 tahunn.

8. Dwi Koendoro

photo via : www.kaskus.co.id

Yang dulu suka baca komik strip di Surat Kabar Kompas pastinya udah gak asing dong dengan komik berjudul Panji Koming. Komik tersebut adalah ciptaan Dwi Koendoro. Selain di Kompas, ia juga sempat menjadi komikus strip untuk majalah Stop.

9. Chris Lie

photo via : kantormeme.blogspot.com

Di jaman sekarang ini, walaupun tak terlalu diekpos ke publik, namun komikus Indonesia tetap ada dan semakin bertambah, bahkan mereka lebih maju dalam bidang teknik, ilustrasi dan cerita. Kebanyakan dari mereka bahkan telah diakui di kancah internasional. Salah satunya adalah Chris Lie. Kamu bisa melihat karya-karya internasional dari Chris Lie di komik GI Joe dan Transformers. Salah satu karya dari Chris Lie diterbitkan Tokyopop berjudul ‘Return of The Labyrinth’ Komik ini jadi salah satu komik terlaris di Amerika dan bisa bersaing denga komik Naruto loh. Sekarang Chris Lie sedang ingin membangkitkan komik Indonesia bersama dengan komikus-komikus Indonesia lainnya.

10. Ardian Syaf

photo via : http://mouse.latercera.com

Selain Chris Lie, Indonesia juga memiliki komikus bertaraf internasional yakni Ardian Syaf. Ardian memulai karirnya sebagai komikus di majalah anak-anak Bobo berkat keuletannya ia akhirnya mendapatkan kontrak dari Marvel dan DC Comics. Ia sempat menggarap komik Batman dan yang terakhir X-Men. Tak heran jika Ardian menjadi salah satu orang Indonesia yang mendunia berkat karyanya.

11. Alti Firmansyah

photo via : www.shopback.co.id

Kalau kamu penggerar X-Men mungkin kamu sudah pernah melihat hasil karya Alti Formansyah di komik X-Men 92. Yup, komik X-Men 92 ini diciptakan oleh Alti Fimrnasyah, sosok permepuan inilah yang menggambar sosok X-Men dan membangkitkan nostalgia. Gambar Alti di komik X-Men 92 ini bahkan menuai banyak pujian di luar negeri.

12. Iwan Nazif

photo via : www.socimage.net

Sesukses filmnya, komik How To Train Your Dragon pun menuai sukses. Perlu kamu ketahui bahwa dibalik kesuksesan komik tersebut ada sepasang tangan lincah milik Iwan Nazif. Salah satu komikus kebanggaan Indonesia ini berhasil melibatkan diri pada proyek komik besar bersama perusahaan raksasa. Karya Iwan yang paling banyak dikenal adalah komik How To Train Your Dragon yang diterbitkan oleh Dreamworks.

13. Yasmine Putri

photo via : medium.com

Sama seperti Alti Firmansyah, Yasmine Putri juga banyak terlibat di banyak komik Marvel. Kamu bisa melihat karya dari Yamine Putri di komik Star-Lord, Kitty Pride, Invicible Iron Man dan Secret Wars. Yasmine Putri mampu menghidupkan kembali tokoh superhero Marvel yang bahkan sempat tampil di film-film Marvel terbaru.

14. Ario Anindito

photo via : www.kaorinusantara.or.id

Ario Anindito juga berhasil menjadi komikus Indonesia yang sukses bekarir dan dipercaya menjadi ilustrator di komik-komik Marvel dan DC Comics. Ario pernah menghidupka karakter Wolverines di seri komik Wolverines tahun 2014. Salah satu yang terbaru ia mendapatkan kepercayaan menggarap komik Hyperion di tahun 2016.

15. Annisa Nisfihani

photo via : www.akibanation.com

Yang suka baca webtoon, pastinya udah gak asing lagi dengan salah satu komiknya yang berjudul My Pre-Wedding. Komik ini ternyata diciptakan oleh Annisa Nisfihani. Komiknya tersebut banyak dibaca oleh penggemar komik webtoon lantaran memiliki karakter yang kuat dan jalan cerita yang asik.

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >