Daftar Makanan Alternatif Dimasa Depan



Semakin hari, dunia ini semakin canggih dan modern, banyak pembangunan disana-sini dan produk-produk canggih mengelilingi kita. Namun disadari atau tidak, lahan untuk pertanian ataupun perkebunan semakin menipis lantaran adanya pembangunan yang berkembang pesat. Hal ini membuat lambat laun kita akan mengalami krisis bahan pangan untuk mencukupi semua kebutuhan manusia. Asal kalian tau, beras diprediksi akan mulai habis seiring berkurangnya lahan pertanian yang dibangun untuk dijadikan perumahan. Bukan hanya beras, daging seperti sapi dan ayam juga lambat laun akan menipis karena hanya sedikit orang yang beternak hewan ini. Dan yang paling parah, sayuran hijau juga diprediksi akan habis dimasa depan. Nah loh yang vegie apa kabar?

Untuk menghindari hal itu para ilmuwan terus berinovasi untuk menemukan bahan makanan baru. Beberapa diantaranya kini tengah dikembangkan, ada pula yang sudah bisa kita coba. Berikut ini beberapa makanan yang di prediksi bisa menggantikan nasi di masa depan!

1. Alga

photo via : http://www.globalaginvesting.com

Saat ini alga menjadi bahan perbincangan para ilmuan dan juga para warganet. Lantaran alga dikatakan dapat membantu memecahkan masalah pangan dunia untuk dimasa yang akan datang. Alga yang tumbuh bebas dilautan dapat menjadi bahan makanan yang aman untuk manusia dan juga hewan. Selain itu alga juga dapat menghasilkan bahan bakar yang jauh lebih murah daripada minyak.

2. Serangga

photo via : www.smithsonianmag.com

Selama ini kita sering mendengar bahwa serangga seperti belalang, ulat, atapun jangkrik bisa dimakan untuk dijadikan snack ataupun cemilan enak. Namun hanya beberapa negara atau daerah yang melakukannya. Tapi diperkirakan puluhan tahun nanti akan ada banyak peternakan yang khusus membudidayakan ternak mini seperti kumbang, belalang dan serangga lainnya untuk dijadikan bahan pangan. Daging serangga sangat bergizi dan mengandung protein. Biaya pemeliharaan seranggapun sangat murah berbeda dengan ternak hewan selama ini mengingat serangga tak begitu membutuhkan air seperti peternakan atau pertanian lain. Saat ini para ilmuan sedang mempelajari sekitar 1400 spesies serangga yang dapat dimakan.

3. Seafood

photo via : www.gladstoneregion.info

Berkurangnya peternak hewan untuk bahan pangan memang menjadi permasalahan saat ini. Tak heran jika harga-harga daging semakin melonjak tinggi, Selain itu biaya pemeliharaan yang mahal juga menjadi salah satu alasan kenapa harga daging begitu mahal. Namun laut memberi kita makanan yang berlimpah. Segala jenis seafood bisa kita dapatkan di lautan dan seafood bisa menjadi makanan alternatif pengganti daging di masa depan. Hanya saja kita perlu menjaga kebersihan laut agar tak terkena polusi atau limbah yang membahayakan kehidupan alam laut yang sama saja berimbas ke kita juga.

4. Krokot atau Gulma

photo via : http://strategidanbisnis.com

Siapa nyangka jika rumput pengganggu alias gulma yang selama ini kamu basmi dan injek-injek ternyata bisa menjadi penyelamat di masa depan. Salah satu jenis gulma yakni krokot saat ini dikenal sebagai ramuan juicy menguntungkan ditemukan sebagai gulma di seluruh dunia. Krokot biasanya digunakan sebagai potherb atau sebagai bahan untuk salad. Krokot telah baru-baru ini diidentifikasi sebagai sumber yang sangat baik dari asam alfa-linolenat.Alpha-linolenat adalah asam lemak omega-3, juga dikenal sebagai minyak ikan. Penelitian medis modern juga mengklaim bahwa herbal krokot adalah lima kali lebih kaya asam lemak omega-3 dari bayam, dan tinggi vitamin C juga. Jadi dimasa depan krokot ini memainkan peran penting dalam pertumbuhan manusia, dan juga dapat mencegah penyakit.

5. Sayuran Hasil Rekayasa

photo via : opinion.premiumtimesng.com

Pernahkah kamu mendengar tentang Genetically Modified (GMO) Food? Dalam bahasa kita, GMO Food berarti tanaman pangan yang direkayasa dengan teknologi tinggi melalui modifikasi sel-sel tertentu dalam tanaman hingga menghasilkan tanaman super. Dengan rekayasa biologis menjanjikan lebih sedikit pemakaian bahan kimia, hasil panen besar, nutrisi lebih baik dan kesehatan juga lebih bagus. Bayangkan saja, dengan adanya GMO Food ini, kamu bisa menanam sayuran di tanah yang kandungan alumuniumnya tinggi atau mampu bertahan hidup lama di dalam air. Selain itu dalam kasus minyak goreng, pohon kelapa sawit bisa dimanupulasi untuk menghasilkan lebih banyak asam tak jenuh ganda

6. Uap

photo via : www.finedininglovers.com

Dimasa depan, uap adalah salah satu makanan yang wajib dicoba untuk para wanita. Kebanyakan wanita tak mau makan lantaran takut gemuk. Oleh karena itu, sebuah makanan ‘masa depan’ diciptakan demi mengakomodasi kepuasan menyantap makanan tanpa memikirkan kalori. Menggunakan mangkok futuristik yang disebut ‘Le Whaf’, kamu bisa mencoba berbagai macam makanan tanpa takut akan gemuk. Kamu hanya perlu menghirupnya, dan rasa nikmat dari makanan bisa kalian rasakan.

7. Daging Hasil Dari Laboratorium

photo via : http://hightechdeck.com

Lab Grown Meat alias daging yang ditumbuhkan di dalam laboratorium bisa menjadi makanan sehari-hari kalian dimasa depan. Daging ini berasal dari sel hewan yang ditumbuhkan di lab dengan perlakuan tertentu, hingga akhirnya membentuk jaringan otot yang bisa dimakan. Daging ini memiliki kandungan nutrisi lebih besar dibanding dengan daging-daging hasil dari hewan ternak, sebab energi yang diberikan tidak digunakan untuk mengkontraksi otot. Daging ini juga bisa ditumbuhkan di tempat yang terbatas dalam skala industri, berbeda dengan peternakan yang membutuhkan lahan luas. Meskipun terlihat menjanjikan, beberapa orang mungkin sedikit ragu untuk memakan daging yang bukan berasal dari hewan hidup. Pakar kuliner juga meragukan rasa dan tekstur daging ini mirip dengan daging asli. Namun mengingat situasi bisa saja berubah dan menjadi terdesak, mungkin daging ini bisa menjadi pemecah permasalahan pangan dimasa depan.

8. Botol Air yang Bisa Dimakan

photo via : http://www.futurix.it

Pernahkan kalian membayangkan jika dimasa depan, kalian akan meminum air sekaligus dengan botolnya? Jika pernah, hal itu akan menjadi kenyataan lantaran para ilmuwan telah menciptakan botol air mineral yang bisa langsung dimakan yang disebut dengan Ooho. Botol ini berbahan rumput laut yang bisa dimakan sekaligus menjadi cara untuk mengurangi sampah plastik yang kian hari semakin mengkhawatirkan.

9. Makanan Sonic-enchanced

photo via : www.2kreviews.com

Kita saja sudah hidup dijaman serba canggih dan modern, bisa kalian bayangkan bagaimana canggih dan modernnya masa depan? Satu bukti yang memperlihatkan betapa canggihnya masa depan adalah Makanan Sonic-enchanced. Studi terakhir yang dilakukan oleh Oxford University membuktikan jika suara mampu memberikan rasa pada makanan. Misal suara yang memiliki frekuensi agak tinggi akan memberikan efek agak manis atau suara yang agak gemuruh membuat rasa menjadi lebih pahit. Di masa depan, diprediksi makanan sonic-enchanced ini akan mulai dikembangkan. Kamu bisa makan sesuatu yang tawar lalu mendengarkan musik untuk mendapatkan efek rasa yang kamu inginkan.

10. Transedermal Nutrient Delivery System

photo via : en.wikipedia.org

Satu lagi alat canggih yang bisa menyelamatkanmu dari krisis bahan pangan dimasa depan. Alat ini bernama Transedermal Nutrient Delivery System. Melalui alat ini, makanan tidak akan masuk melalui mulut manusia lalu diproses agar menjadi energi, melainkan makanan akan diubah menjadi sebuah chip kecil yang nantinya akan ditempelkan di kulit. Alat ini akan langsung mendeteksi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia dan langsung menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh. Alat ini sangat membantu bagi orang-orang yang berperang agar tak harus memikirkan makanan untuk bertahan hidup.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >