Daftar Makanan Khas Jepang Yang Sesuai Dengan Lidah Orang Indonesia

4 minggu lalu, by blogunik

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia

Lahir dan tumbuh di negara yang kaya akan rempah-rempah membuat orang Indonesia terbiasa dengan makanan yang mengandung rempah-rempah yang sangat kuat. Sebagian besar penduduknya bahkan akan merasa puas jika makanannya mengandung rasa pedas dan juga gurih. Namun meskipun begitu, bukan berarti warga Indonesia tidak bisa memakan makanan khas negara lain. Pasalnya, ada banyak jenis makanan khas negara lain yang laris manis ketika di jual di Indonesia. Sebut saja seperti makanan khas Jepang yang kita tau sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan restoran Jepang sangat banyak dan juga mudah ditemukan di hampir semua kota di Indonesia.

Sama seperti Indonesia, Jepang juga memiliki kuliner yang sangat beragam. Namun bila dibandingkan dengan negara lain, rasa dari makanan Jepang memang berbeda dari makanan lain karena makanan Jepang memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih original. Banyak sekali jenis makanan khas Jepang yang sudah dikenal luas oleh para pecinta kuliner Indonesia, namun hanya beberapa saja yang sangat populer di indonesia dan sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Nah berikut beberapa makanan khas Jepang yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Check it out guys!

1. Ramen

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-ramen

photo via luno.me

Ramen merupakan salah satu makanan khas Jepang yang paling populer di Indonesia bahkan didunia. Di Indonesia sendiri ada banyak restoran ataupun outlet makanan khas Jepang yang menjual ramen sebagai menu utama mereka. Nggak heran sih, pasalnya ramen merupakan makanan khas Jepang yang rasanya sesuai dengan lidah orang Indonesia. Ramen dikenal sangat enak karena kuahnya yang penuh dengan bumbu beserta tekstur mie yang lebih lembut. Jika di Jepang ramen dikenal dengan kuah dari kaldu babi, maka di Indonesia kaldu tersebut bisa diganti dengan kaldu daging lain. Olahan mie yang disajikan dengan kuah kaldu ini biasanya berisi daging, ikan dan juga irisan daun bawang sehingga rasanya semakin gurih.

2. Soba

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Soba

 

photo via keywordbasket.com

Selain ramen ada juga Soba. Soba juga merupakan makanan khas Jepang berupa mie yang cukup sesuai dengan lidah orang Indonesia. Soba sendiri merupakan olahan mie yang terbuat dari gandum hitam. Makanan Jepang yang satu ini biasanya disajikan bersama dengan kuah khusus Soba atau disebut kakesoba yang ditempatkan secara terpisah. Dengan irisan daun bawah dan biji wijen, makanan khas Jepang ini semakin terasa gurih dan lezat bagi lidah orang Indonesia.

3. Yakisoba

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Yakisoba

photo via erecipe.com

Yakisoba adalah satu-satunya mie Jepang yang tidak disajikan dengan kuah karena yakisoba disajikan dengan cara di goreng. Dalam bahasa Jepang sendiri yakisoba berarti mie goreng. Yakisoba adalah masakan mi goreng Jepang dengan bahan mie, kol, sayur-sayuran dan daging, ditambah bumbu saus uster atau saus yakisoba. Sekilas mirip dengan mie goreng khas Indonesia, tentunya orang Indonesia tak akan ragu untuk menikmati yakisoba, makanan khas Jepang yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

4. Udon

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-udon

photo via questionjapan.com

Satu lagi makanan Jepang berupa mie yang bisa diterima dengan lidah orang Indonesia yakni udon. Udon merupakan salah satu jenis mie yang sudah dikenal sejak lama bahkan popularitasnya hampir sama dengan ramen. Berbeda dari olahan mie Jepang lainnya, Udon memiliki ukuran mie yang lebih tebal dan juga bulat. Di Jepang, udon merupakan makanan rakyat, berharga murah dan banyak dimakan sebagai pengganti nasi. Udon biasanya dimakan bersama kuah yang dibuat dari dashi dengan tambahan kecap asin yang disebut tsuyu. Di Jepang bagian barat, kuah udon berwarna coklat muda hampir bening karena memakai kecap asin encer (usukuchi shyu). Sedangkan di Jepang bagian timur, kuah udon berwarna gelap hampir hitam karena memakai kecap asin kental (koikuchi shyu).

5. Tempura

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Tempura

photo via filgezi.com

Siapa sih yang nggak tau tempura? Tempura termasuk sajian yang paling terkenal dari Jepang. Bahkan banyak warga Indonesia yang membuat tempura sebagai menu sehari-hari. Kalau di Indonesia, biasanya tempura adalah udang yang digoreng dengan adonan tepung, namun sejatinya, makanan asal Jepang ini merupakan makanan yang dibuat dari aneka macam ikan atau sayuran seperti ikan, udang, asparagus, terong dll yang dibalut dengan campuran tepung gandum, air dan telur lalu digoreng dengan minyak sayur. Mungkin bisa dibilang seperti gorengan ala Jepang. Nggak heran banyak orang Indonesia yang menyukai makanan khas Jepang satu ini.

6. Ebi Furai

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Ebi-Furai

photo via wikihow.com

Hampir mirip dengan tempura, namun sesuai namanya, Ebi Furai ini merupakan hidangan yang terbuat dari udang yang kemudian digoreng dengan tepung roti atau panir sehingga renyah. Salah satu makanan khas negeri sakura ini terkenal akan rasanya yang enak, gurih serta garing ketika dimakan. Di Indonesia sendiri makanan ini terbilang cukup digemari, terutama oleh para penikmat masakan Jepang. Namun banyak juga kalangan umum yang sering menikmatinya hanya dengan menggorengnya dengan tepung biasa. Jadi nggak salah kalau kita memasukan Ebi Furai ke dalam daftar makanan khas Jepang yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

7. Okonomiyaki

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Okonomiyaki

photo via jnto.go.jp

Makanan khas Jepang berikutnya yang memiliki rasa sesuai dengan lidah orang Indonesia adalah Okonomiyaki. Pasalnya Okonomiyaki ini nyaris sama persis dengan martabak telur yang ada di Indonesia. Bedanya okonomiyaki tidak memiliki kulit dari tepung seperti martabak telur. Makanan khas Jepang yang disukai warga Indonesia ini berbahan dasar tepung terigu yang di encerkan dengan menggunakan air dan di mix dengan daging, telur, kol dan kemudian di masak diatas wajan dengan sedikit minyak. Daging yang di pakai untuk okonomiyaki adalah daging babi dan daging cumi. Biasanya okonomiyaki di makan dengan kote atau sendok datar yang juga berfungsi untuk membolak-balikkan okonomiyaki saat di wajan.
Uniknya setelah matang okonomiyaki ditambahkan dengan saus khusus dan mayones kemudian ditaburinori dengan ikan kering serpih (katsuobushi) sebagai toping. Rasa gurih akan memenuhi lidah kamu saat mencoba makanan khas Jepang satu ini.

8. Takoyaki

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Takoyaki

photo via instagram.com/lizzzeats

Takoyaki termasuk makanan khas Jepang yang populer di Indonesia. Makanan khas Jepang yang bernama takoyaki ini sangat di gemari oleh banyak orang, terlebih lagi saat ini takoyaki merupakan makanan yang sudah menjamur di Indonesia. Kita bisa dengan mudah menemukan penjual takoyaki di pinggir jalan di Jepang maupun kota besar di Indonesia. Takoyaki sendiri memiliki arti ‘gurita panggang’. Takoyaki merupakan makanan khas Jepang yang termasuk ke dalam kategori cemilan. Adonan takoyaki berbahan dasar tepung terigu.

Saat proses memasaknya, adonan takoyaki dimasak diatas cetakan khusus, dibentuk bulat-bulat kecil dan di dalamnya di isi dengan berbagai isian salah satunya yang menjadi ciri khas adalah daging gurita yang membuat takoyaki dijuluki sebagai camilan yang sangat lezat. Selain gurita, takoyaki juga biasanya diisi dengan isian potongan ikan tuna, ayam, udang, daun bawang dan masih banyak lagi. Setelah matang, takoyaki diberi tambahan topping seperti beni shoga, katsuobushi, serpihan nori, mayones dan saus khusus takoyaki, yang membuat rasa takoyaki semakin lezat. Nggak heran makanan khas Jepang ini sesuai dengan lidah orang Indonesia yang suka dengan makanan yang gurih.

9. Yakiniku

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Yakiniku

photo via hasshe.com

Yakiniku merupakan istilah bahasa Jepang yang merujuk pada daging yang dipanggang atau dibakar di atas bara api. Dapat dikatakan bahwa yakiniku adalah teknik memasak dengan cara membakar bahan makanan layaknya barbeque. Biasanya daging yang akan dibakar sebelumnya sudah direndam terlebih dahulu dalam saus yakiniku. Namun, untuk daging yang berkualitas umumnya langsung dibakar tanpa direndam bumbu. Daging yang digunakanpun biasanya daging sapi, daging domba, babi bahkan jeroan.

Setelah dibakar, daging tersebut dimakan dan dicocol dengan saus yakiniku lagi. Saus yakiniku memiliki banyak jenis, akan tetapi biasanya hasil akhirnya akan menciptakan cita rasa yang cenderung gurih dan sedikit manis dengan aroma wijen yang kuat. Saus yakiniku sendiri terbuat dari shoyu atau kecap asin khas Jepang, mirin, gula, bawang putih, minyak wijen dan biji wijen yang sudah disangrai. Dengan rasa yang gurih dan sedikit manis tentu yakiniku menjadi makanan khas Jepang yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

10. Sukiyaki

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Sukiyaki

photo via foodrepublic.com

Sukiyaki adalah sup sayuran lezat dengan irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu yang dimasukkan kedalam kuah kaldu yang berisi bumbu kecap asin, gula pasir dan mirin yang dimasak dalam panci besi dari atas meja makan dengan cara direbus. Sayur-sayuran untuk Sukiyaki misalnya bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku atau daun krisan, jamur shiitake, dan jamur enoki.

Sebagai pelengkap ditambahkan ito konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun berwarna bening atau sedikit abu-abu. Sukiyaki dimakan dengan mencelup irisan daging ke dalam kocokan telur ayam. Seperti halnya ramen dan tempura, sukiyaki juga dikenal sebagai makanan tradisional Jepang dengan rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Sukiyaki dapat dikatakan merupakan hidangan rumahan yang dimakan bersama-sama keluarga terutama di malam-malam kala musim dingin.

11. Shabu-shabu

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Shabu-shabu

photo via plaza.rakuten.co.jp

Kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan shabu-shabu, yup makanan khas Jepang ini termasuk salah satu makanan Jepang yang populer di Indonesia. Bahkan restoran Jepang dengan hidangan Shabu-shabu bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Nggak heran, pasalnya makanan khas Jepang satu ini juga merupakan makanan khas Jepang yang sesuai dengan lidang orang Indonesia.

Shabu-shabu sendiri merupakan makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air atau kaldu panas yang disajikan di atas meja makan. Biasanya daging akan dicelup atau dilambai-lambaikan beberapa detik kedalam kuah kaldu sebelum dimakan. Biasanya sebelum disantap, irisan daging yang telah matang dicelupkan ke dalam saus yang mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Biasanya, makanan ini disajikan bersama sayuran, tahu, jamur enoki dan daging lain seperti daging ayam, ikan salmon, ikan kakap, gurita, ikan fugu bahkan daging domba.

12. Teriyaki

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Teriyaki

photo via sushi-blog.pl

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan teriyaki, yup makanan ini identik dengan saus kental nan lezat yang dibalurkan di atas daging khas Jepang sehingga menjadikan teriyaki populer di kalangan nama menu masakan Jepang. Bahkan rasa gurif dan asam manis dari teriyaki sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Teriyaki sendiri merupakan cara memasak makanan Jepang berupa daging sapi atau ayam pilihan yang biasanya akan dipanaskan atau dipanggang di atas wajan besi lebar. Saat daging dipanggang, daging akan dilumuri dengan saus teriyaki (tare). Saus ini terbuat dari kecap asin atau yang biasa disebut shoyu oleh masyarakat Jepang, kemudian sake yang digunakan untuk memasak, serta bahan terakhirnya yaitu gula pasir dengan takaran yang berimbang. Kata teriyaki sendiri berasal dari kata teri yang artinya bersinar (karena mengandung gula), dan kata yaki yang artinya dibakar atau dipanggang.

Berbagai jenis pilihan daging dapat diaplikasikan untuk menu yang menggunakan cara teriyaki. Di negeri Jepang sendiri, terdapat banyak pilihan daging yang bisa dimasak, seperti kebanyakan dilakukan dengan daging ikan salem, mackerel, tongkol, marlin, hingga ikan trout. Namun di negara lainnya menggunakan jenis daging yang lebih awam dikenal masyarakat seperti ayam, sapi, maupun cumi-cumi.

13. Gyoza

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Gyoza

photo via lafujimama.com

Mengingat orang Indonesia suka makan pangsit, maka dipastikan orang Indonesia juga akan menyukai Gyoza. Salah satu makanan khas Jepang yang sebenarnya berasal dari China. Biasanya gyoza terbuat dari sayuran yang dicincang seperti bawang putih, kubis dan kucai dan kemudian dicampur dengan daging cincang babi maupun ayam kemudian dibungkus dengan kulit pangsit tipis yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan air. Salah satu keistimewaan gyoza adalah dipping saucenya. Saus ini terbuat dari campuran kecap asin, cuka dan minyak cabenya yang tajam yang disebut raayu. Tanpa saus ini sekalipun, gyoza masih tetap lezat, tetapi kamu bisa merasakan rasanya agak sedikit hambar dan dipping sauce inilah yang akan memberikan sensasi kelezatan gyoza.

14. Kare Raisu/Nasi Kari Jepang

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Kare-Raisu

photo via rebtel.com

Makanan khas Jepang berikutnya yang sesuai dengan lidah orang Indonesia adalah Kare Raisu atau nasi kari Jepang. Berbeda dengan kare yang ada di Indonesia yang biasanya berkuah santan yang pekat, kare Jepang cenderung seperti saus kental berwarna coklat dengan isian daging dan sayuran. Kari Jepang disajikan diatas nasi putih dan cenderung berkuah kental. Biasanya kari ini berisi daging sapi atau daging babi, wortel, bawang bombay, dan kentang. Sebagai pelengkap, ada kalanya disajikan juga fukujin dan rakkyo (sejenis acar). Makanan khas Jepang ini berada di peringkat teratas hidangan terpopuler di Jepang yang disajikan di sekolah maupun hidangan yang disajikan di rumah.

15. Omurice

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Omurice

photo via kitchenmisadventures.com

Salah satu makanan khas Jepang yang nggak kalah populer dari Kare Raisu adalah Omurice. Sama-sama hidangan yang mengutamakan nasi, omurice justru terlihat seperti nasi goreng asal Indonesia. Bedanya nasi goreng pada omurice di selimuti oleh omelet atau telur dadar. Omurice merupakan makanan yang terdiri dari nasi goreng Jepang yang disajikan dengan omelet setengah matang di bagian atasnya. Sesuai namanya yang merupakan perpaduan dari kata “omu” dan “rice” makanan ini terdiri dari omelet dan nasi. Hidangan tersebut kemudian diberi siraman saus tonkatsu Jepang, saus tomat dan mayones. Agar lebih lezat, nasi untuk omurice biasanya diberi daging ayam, udang, cumi-cumi, jamur, dan bawang bombay. Dengan rasa yang gurih namun minimalis, tentu omurice menjadi makanan khas Jepang yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

16. Karaage

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Karaage

photo via kenh14.vn

Buat kamu yang suka dengan hal-hal berbau Jepang, pasti udah nggak asing lagi dengan Karaage. Yup, pasalnya di Indonesia sendiri makanan bernama Chicken Karaage cukup populer dikalangan masyarakat. Karaage sendiri merupakan teknik memasak ala Jepang di mana berbagai jenis bahan makanan seperti ayam, daging babi atau sapi hingga ikan yang direndam didalam saus asin yang terbuat dari campuran kecap asin, bawang putih, dan jahe, kemudian dilapisi tepung terigu atau tepung kentang, lalu digoreng dalam minyak goreng yang banyak. Rasa dari Karaage tentu sangat gurih dan cocok untuk lidah orang Indonesia.

17. Tori Katsu dan Tonkatsu

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Tori-Katsu-dan-Tonkatsu

photo via hungryris.com

Chicken katsu atau yang memiliki nama asli tori katsu merupakan hidangan asal Jepang berupa irisan daging ayam dengan balutan tepung roti. Daging ayam dibumbui garam dan lada lalu dibalur telur dan tepung roti sebelum akhirnya digoreng dengan teknik deep-frying. Makanan khas Jepang ini cukup populer di Indonesia karena rasanya yang lezat dan cocok dengan lidah Indonesia. Selain Tori Katsu yang terbuat dari ayam, ada juga Tonkatsu yang terbuat dari daging babi yang diiris tipis yang kemudian diolah sama seperti proses mengolah Tori Katsu. Hidangan ini umumnya disajikan bersama nasi putih, irisan kubis, serta saus pedas, saus teriyaki, atau kari.

18. Yakitori

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Yakitori

photo via kknews.cc

Jepang juga memiliki makanan khas yang serupa dengan sate khas Indonesia, disebut dengan Yakitori. Yakitori adalah salah satu masakan Jepang yang terbuat dari daging ayam dan bahan-bahan lainnya yang dipotong kecil-kecil, ditusuk seperti sate, kemudian dibakar. Biasanya terdapat 5 potong bahan dalam setusuk yakitori. Yakitori dibumbui saat dibakar. Bumbu yang digunakan terdiri dari dua macam, yaitu saus (tare) dan garam (shio). Bumbu garam menghasilkan rasa yang sederhana, sedangkan bumbu saus berbahan dasar shoyu menghasilkan rasa manis dan asin. Tentu makanan khas Jepang satu ini sesuai dengan lidah orang Indonesia karena rasanya yang manis dan gurih.

19. Kamaboko

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Kamaboko

photo via industrious.info

Kamaboko merupakan sebutan untuk berbagai makanan olahan dari ikan yang dihaluskan, dicetak di atas sepotong kayu, dan dimatangkan dengan cara dikukus. Bisa dibilang kamaboko ini adalah bakso ikan versi Jepang yang tidak berbentuk bulat tetapi pipih bundar atau setengah bundar. Ada yang putih ada juga yang berwarna pink serta berbagai sapuan warna-warna cantik. Rasanya kenyal-kenyal gurih seperti bakso ikan. Dalam makanan Jepang, irisan kamaboko bisa langsung dimakan begitu saja atau digunakan sebagai pelengkap dan hiasan berbagai macam makanan berkuah, seperti ramen, soba, atau udon. Mengingat kamaboko memiliki rasa yang mirip seperti bakso ikan dan juga gampang ditemui dalam hidangan ramen, sehingga banyak orang Indonesia yang menyukai makanan khas Jepang satu ini.

20. Gyudon

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Gyudon

photo via tokyotreat.com

Pasti kalian udah nggak asing lagi dengan yang namanya ricebowl, pasalnya saat ini, ricebowl menjadi menu praktis yang mengenyangkan yang sedang populer dikalangan masyarakat. Nah Jepang juga memiliki ricebowl khasnya lho. Disebut dengan Gyudon. Gyudon merupakan sajian nasi dengan topping irisan tipis daging sapi dengan rasa manis gurih. Biasanya, hidangan ini disajikan bersama miso soup, gari atau acar jahe, dan cabai bubuk. Nama gyudon berasal dari kata gyuniku yang artinya daging sapi dan don, kependekan dari donburi atau mangkuk. Makanan khas Jepang satu ini juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

21. Mochi

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Mochi

photo via bbs.powerapple.com

Siapa sih yang nggak tau kue mochi? Di Indonesia sendiri, kue asal Jepang ini sudah menjadi jajanan favorit bagi sebagian orang. Bahkan banyak dijual toko oleh-oleh dan supermarket. Mochi adalah sejenis kue yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk hingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Biasanya ditengahnya diisi dengan isian seperti pasta kacang dan sebagainya. Ada banyak pilihan rasa mochi yang bisa kita temukan di Jepang, ada rasa matcha, strawberi dll. Jika digigit, akan terasa manis yang berasal dari adonan gula. Di Jepang, mochi biasanya dimakan untuk merayakan acara tahun baru. Namun di Indonesia, mochi dapat dimakan kapan saja.

22. Dorayaki

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Dorayaki

photo via great-cook.ru

Kalau kamu penggemar film kartun Doraemon, pastinya kamu nggak asing lagi dengan Dorayaki, kue favoritnya Doraemon. Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi). Kue ini bentuknya bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. Di Indonesia sendiri Dorayaki sudah disesuaikan dengan selera lokal seperti rasa coklat, keju,bluberi, stroberi, kacang merah, dan srikaya. Jadi nggak heran kenapa Dorayaki bisa menjadi salah satu makanan khas Jepang yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

23. Taiyaki

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Taiyaki

photo via tumbex.com

Pernahkan kamu melihat ataupun memakan kue berbentuk ikan? Jika iya, berarti kamu nggak asing lagi dengan Taiyaki. Taiyaki merupakan kue khas Jepang berbentuk ikan. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dengan selai kacang merah. Kue ini juga sering diisi dengan cokelat, vla, keju, atau sosis. Adonan taiyaki dibuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, bakpuder, telur ayam, dan air. Kue berbentuk ikan ini terasa lembut dan gurih saat digigit dipadu dengan rasa kacang merah yang tidak terlalu manis, pokoknya sesuai dengan lidah orang Indonesia deh! Kue ini sangat cocok dimakan selagi panas lho.

24. Dango

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Dango

photo via buscarfoto.com

Makanan khas Jepang yang sesuai dengan lidah orang Indonesia berikutnya adalah Dango. Dango sendiri adalah kue khas Jepang yang berbentuk bulat seperti bola kecil. Dango terbuat dari tepung beras yang diulen dengan air panas. Kemudian dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus dalam air. Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus. Dango juga bisa dimakan dengan taburan bubuk kacang kedelai, atau dimasukan kedalam selai kacang merah yang diencerkan dengan air.

25. Onigiri

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Onigiri

photo via justonecookbook.com

Onigiri adalah salah satu jenis makanan tradisional Jepang yang setiap orang Jepang pasti pernah memakannya. Onigiri merupakan nasi kepal, yakni nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga dapat dibentuk segitiga atau bulat kemudian dilapisi dengan nori atau rumput laut. Tujuannya, agar kepalan nasi tidak berantakan dan menempel ke tangan saat dimakan. Biasanya onigiri terdiri dari berbagai macam isian, mulai dari ikan salmon, tarako atau mentaiko (telur ikan), tsuna-mayo (ikan tuna dengan mayonnaise), ebi-mayo (udang dengan mayonnaise), serta masih banyak lagi. Dan ada juga onigiri yang dibuat dengan cara dipanggang. Sebagian orang Indonesia menyukai makanan khas Jepang satu ini karena terasa gurih dan praktis sebagai makanan pengganjal perut ketika terlalu sibuk bekerja.

26. Sushi

Makanan-Khas-Jepang-Yang-Sesuai-Dengan-Lidah-orang-indonesia-Sushi

photo via discovermoab.com

Siapa sih yang nggak tahu sushi? Salah satu makanan khas Jepang yang sangat populer di dunia termasuk Indonesia ini memang memiliki rasa yang unik. Banyak orang Indonesia yang menyukai rasa segar dari sushi ini. Sushi sendiri merupakan makanan khas asal Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk yang berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras (mizkan), garam, dan gula. Nggak heran kalau restoran Jepang di Indonesia kebanyakan menyedian sushi, pasalnya makanan khas Jepang satu ini juga cukup banyak peminatnya di Indonesia.

Nah itulah beberapa jenis makanan khas Jepang yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Kini kamu nggak akan kebingungan lagi memilih makanan yang sesuai dengan lidahmu saat berkunjung ke negeri sakura tersebut. Semoga artikel kali ini bermanfaat guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait