Daftar Makanan Khas Tahun 90an, Berapakah Harganya Sekarang?

    Kuliner, Info

Dijaman dulu saat anak-anak 90an masih TK atau SD, masa kecil adalah masa yang paling menyenangkan. Saat itu kita hidup dalam suasana yang masih jauh dari gadget. Permainan tradisional hingga jajanan anak sekolahan masih menjadi incaran anak-anak saat itu. Saat itu pula uang jajan Rp.500 rupiah masih begitu banyak bagi kita. Dengan Rp.500 kita bisa membeli berbagai jajanan kesukaan kita. Namun dijaman sekarang Rp.500 bisa buat beli apa ya? secara untuk beli permen saja tidak cukup. Walaupun begitu jajanan-jajanan tersebut masih dijual hingga sekarang walaupun tidak sebanyak yang dulu. Nah berikut Perbandingan Harga Makanan Dan Minuman Dari Dulu Hingga Sekarang.

1. Krip-Krip

photo via : www.bukalapak.com

Anak-anak 90an pasti masih ingat dong dengan snack legendaris satu ini. Yup, krip-krip adalah salah satu makanan ringan yang paling digandrungi oleh anak-anak 90an. Bukan hanya anak-anak, ermaja hingga dewasapun gemar memakan snack satu ini. Dulu harga krip-krip ini dibandrol dengan harga Rp.50/bungkus loh, namun saat ini Krip-krip di jual dengan harga Rp. 13.000/renteng (10 bungkus) atau dengan kata lain Rp. 1.300/bungkus, itupun kalian harus membelinya via online, pasalnya sangat jarang warung-warung terdekat menjual Krip-krip ini.

2. Mie Lidi

photo via : kakilimo.net

Anak-anak jaman dulu sepertinya doyan banget nih ngemil mie lidi. Cemilan yang rasanya pedas ini biasanya dimakan satu-satu sambil dihisap agar pedasnya lebih terasa. Dulu sebungkus mie lidi dijual dengan harga Rp.200-Rp.500/bungkus. Namun sekarang mie lidi dijual dengan harga Rp.2000/bungkus. Bahkan ada yang menjual hingga Rp.8000 hingga Rp.15.000. Untuk soal rasa, saat ini mie lidi tidak hanya memiliki rasa pedas, namun ada juga berbagai varian rasa seperti keju, barbeque, jagung bakar dan lain-lain.

3. Telur Gulung

photo via : travelingyuk.com

Telur gulung merupakan makanan anak SD jaman dulu yang kini kembali menjadi hits. Hampir disetiap bazar makanan atau pasar malam ada yang menjual telur gulung. Bahkan yang membelinya sampai ngantri. Saat ini telur gulung biasanya dijual dengan harga Rp.5000/3 tusuk. Padahal jaman dulu telur gulung ini hanya dijual dengan harga Rp.100/tusuk.

4. Choki Choki

photo via : http://www.behypy.com

Sampai saat ini pasta coklat berlabel Choki Choki masih sering kita temui di warung-warung hingga swalayan dekat rumah. Mungkin bisa dibilang jajanan legend ini merupakan salah satu jajanan yang bertahan dari jaman dulu hingga jaman sekarang. Tak ada yang berubah dengan rasa dari Choki Choki ini, namun yang berubah hanyalah harganya. Jika jaman dulu dijual dengan harga Rp.250/bungkus, makan sekarang dijual dengan harga Rp.1000/bungkus.

5. Arum Manis

photo via : tehnoblogija.com

Mungkin tak sebanyak dulu, namun jajanan manis ini masih sering kita temui di beberapa taman hiburan, didepan sekolah ataupun di berbagai festival jajanan. Nah jajanan yang sekarang dikenal dengan istilah cotton candy alias permen kapas ini dulu di jual dengan harga Rp.500/bungkus loh!, namun sekarang, jajanan ini dijual dengan harga mulai dari Rp.5000 hingga Rp.10.000/bungkus.

6. Permen Kacamata

photo via : www.bukalapak.com

Siapa nih yang dulu sering beli permen coklat dengan kemasan yang menyerupai angka 8 atau kaca mata ini? Dulu hampir setiap warung menjual jajanan satu ini, namun sekarang sangat sulit menemukan permen coklat ini. Dulu harga permen kacamata ini hanya Rp.500/bungkus, namun sekarang walau jarang ditemukan, namun harganya Rp.1000-Rp.1.500/bungkus.

7. Mie Boyki

photo via : www.bukalapak.com

Mie Boyki adalah salah satu snack paling favorit bagi anak-anak 90an. Cara makannya hampir sama dengan mie kremes yakni di kremes dulu baru ditabur dengan bumbunya. Dulu mie Boyki ini dijual dengan harga Rp.250/bungkus, namun sekarang Mie Boyki dijual dengan harga Rp.1000/bungkus.

8. Cireng

photo via : www.pegipegi.com

Dulu hampir disetiap depan sekolah ada saja mas-mas yang menjual Cireng. Jajanan anak sekolah khas Bandung ini memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang gurih. Dulu jajanan ini hanya dijual dengan harga Rp.500/bungkus, namun dijaman sekarang cireng bukan lagi jajanan pinggir jalan, pasalnya saat ini cireng telah menjadi salah satu menu di beberapa cafe dan kini harganya pun dibandrol dengan harga Rp.25.000/porsi lengkap dengan saus rujaknya yang lezat.

9. Anakmas

photo via : www.bukalapak.com

Anak-anak tahun 90an pasti masih ingat betul dengan makanan ringan satu ini. Yup Anakmas memang jajanan yang menjadi idola di tahun 90an. Rasanya yang enak antara gurih-gurih dan asin memang mampu membuat siapa saja ketagihan. Dulu harganya cuma Rp.150 hingga Rp.300/bungkus. Namun sekarang Anakmas dijual dengan harga Rp.1.500-Rp.2000/bungkus, itupun kalian harus membelinya dengan online karena diwarung ataupun diswalayan sudah sangat langka yang menjual Anakmas, selain itu kemasannya pun sudah banyak berubah.]

10. Es Tong Tong Roti

photo via : http://lalaaff.blogspot.com

Jaman dulu, dikala siang menjelang sore, anak-anak akan setia nongkrong didepan rumah untuk menunggu bapak-bapak penjual es Tong Tong Roti lewat dididepan rumah mereka. Es Tong Tong Roti ini memang menjadi primadona dikalangan anak-anak saat kepanasan sehabis bermain. Dulu dengan uang Rp.200 hingga Rp.500, kita sudah bisa membeli es super enak ini. Namun dijaman sekarang es ini dijual dengan harga Rp.10.000 hingga Rp.15.000/potong.

11. Kue Cubit

photo via : http://berita.upi.edu

Kue cubit adalah jajanan populer buat anak SD. Hampir setiap depan sekolohan ada saja bapak-bapak yang menjual kue cubit yang rasanya manis lezat ini. Dulu kue cubit ini harganya hanya Rp.500 loh!, namun sekarang kur cubit sudah masuk jajanan anak kekinian yang dijual bukan hanya digerobak pinggir jalan, namun kue cubit juga dijual di cafe-cafe sebagai menu andalan mereka. Kini harganya pun tak semurah dulu. Kue cubit sekarang dijual dengan harga Rp.7000-Rp.12.000/kotak tergantung topping yang kalian pilih.

12. Sate Tahu

photo via : www.ideresepmasak.com

Gak mampu beli sate ayam, anak-anak jaman dulu lebih memilih untuk membeli sate tahu yang gak kalah enak dengan sate ayam. Sate ini populer dikalangan anak-anak SD, yah walaupun gak semua kota di Indonesia yang menjual sate tahu ini. Dulu sate tahu ini dijual dengan harga yang sangat murah yakni, Rp.500/10 tusuk. Namun sekarang seporsi sate tahu dijual dengan harga Rp.5000.

13. Rambut Nenek

photo via : http://instajogja.com

Bukan rambut nenek ubanan ya!. Jajanan yang trend dikalangan anak-anak jaman dulu ini memiliki rasa yang manis seperti permen kapas. Hanya saja, rambut nenek memiliki serat yang lebih kasar dari pada permen kapas atau harum manis. Rambut nenek ini biasanya dilengkapi dengan 2 keping roti tipis yang garing hingga mirip dengan kerupuk. Nah Rambut nenek ini dulu harganya hanya Rp.200 saja, namun sekarang Rambut nenek dijual dengan harga Rp.2000 hingga Rp.5000 dipasaran.

14. Gulali

photo via : food.detik.com

Dulu, hampir disetiap kampung di Indonesia ada yang menjual gulali. Permen yang terbuat dari lelehan gula dan dibentuk sedemikian rupa ini memang menjadi favorit anak-anak jaman dulu. Dulu harga permen ini hanya Rp.100 hingga Rp.200 saja, namun sekarang gulali telah berkembang menjadi lebih tahan lama dan dijual dengan harga Rp.5000 hingga Rp.10.000.

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >