Daftar Makanan Yang Dapat Membantu Membersihkan Arteri Demi Kesehatan Jantungmu

7 bulan lalu, by blogunik

Menurut Center for Disease Control and Prevention, jantung dikenal sebagai penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Salah satu yang menjadi penyebab penyakit jantung ini adalah kelainan pada fungsi arteri. Arteri sendiri adalah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung, sistem sirkulasi ini sangat penting dalam mempertahankan hidup, fungsi utamanya yaitu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke semua sel serta mengangkut zat buangan seperti karbon dioksida.

Sistem sirkulasi arteri ini bisa dibagi menjadi dua cabang yaitu arteri sistemik yang membawa darah mengandung oksigen dari jantung ke seluruh tubuh dan arteri pulmonaris yang membawa darah tanpa oksigen dari jantung ke paru-paru. Namun, jika terjadi plak yang menumpuk dan aliran darah menjadi tersumbat, arteri yang tersumbat ini dapat menyebabkan masalah serius seperti serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. Nah, untuk menghindari kelainan fungsi tersebut ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu membersihkan arteri, berikut ini daftar makanannya

1. Almond

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Almond

Photo via : https://foodrevolution.org

Almond adalah salah satu kacang-kacangan yang dapat membantu menangkal berbagai penyakit berat. Kacang almond sendiri mengandung banyak nutrisi seperti serat pangan, lemak tak jenuh, serta berbagai jenis vitamin B dan vitamin E, selain itu kacang almond juga memiliki kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi dan zinc. Kacang almond ini dapat juga meningkatkan lemak darah yang baik untuk jantung.

2. Alpukat

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Alpukat

Photo via : https://foodrevolution.org

Alpukat adalah salah satu buah yang jika dikonsumsi rutin dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan juga menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Buah alpukat ini juga kaya akan kandungan lemak sehat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat kamu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh hingga 13,5 mg/dL. Sehingga akan lebih baik dalam membersihkan pembuluh darah dan resiko terkena penyakit jantung pun menurun dengan signifikan.

3. Apel

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Apel

Photo via : http://www.superhdfx.com

Apel menjadi salah satu buah yang dapat membantu membersihkan arteri demi kesehatan jantung. Apel sendiri memiliki kandungan gizi yang kaya, selain itu apel juga memiliki kandungan senyawa alami seperti epicatechin, epigallocatechin, kaempferol dan quercetin yang memiliki peranan penting dalam mencegah peradangan pada dinding arteri. Kandungan tersebut juga dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi yang jika dibiarkan akan memicu rangkaian proses pentumbatan pada arteri.

4. Asparagus

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Asparagus

Photo via : https://www.fitfoods4u.com

Asparagus adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak nutrisi, asparagus ini memang tidak mudah di dapatkan di pasar namun mudah ditemukan di supermarket. Asparagus ini memiliki kandungan seperti protein, lemak, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin E, foolat, kalium dan fosfor. Selain itu, asparagus juga memiliki sejumlah kecil kandungan mikronutrien seperti zat besi, zinc dan riboflavin. Asparagus juga memiliki manfaat vitamin B yang akan membantu mengurangi resiko terhadap penyakit jantung, tak hanya itu saja asparagus juga mengandung serat larut yang bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

5. Brokoli

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Brokoli

Photo via : http://www.derizio.it

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat, jika secara rutin mengkonsumsi brokoli maka dapat membantu membuat jantung lebih sehat dan jauh dari beragam penyakit berbahaya. Brokoli sendiri tergolong sayuran tanpa lemak yang rendah sodium, kalori dan tinggi akan serat, vitamin C, potasium, B6 dan vitamin A. Brokoli juga dapat mengurangi kolestrerol dan secara tidak langsung dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menjaga pembuluh darah agar tetap kuat. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang merupakan anti-inflamasi yang dapat mencegah atau membalikan kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang disebabkan oleh peradangan karena kronis.

6. Bawang Putih

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Bawang Putih

Photo via : https://www.medicalnewstoday.com

Bawang Putih salah satu bahan makanan yang dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke yang disebabkan oleh hipertensi dan peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung seperti stroke dan serangan jantung. Dalam sebuah penelitian, bawang putih dosis tinggi seperti sekitar 4 siung seharu memiliki efek yang sama dalam menurunkan tekanan darah seperti obat-obatan. Maka dari itu konsumsilah bawang putih dalam makanan rutin agar benar-benar dapat berdampak baik bagi kesehatan jantung.

7. Beri

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Beri

Photo via : https://www.dictionary.com

Beri adalah salah satu buah yang jika dikonsumsi sehari-hari memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan. Buah beri mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan ini memiliki manfaat baik bagi jantung sehingga sangat baik jika dikonsumsi setiap hari. Selain itu mengkonsumsi buah beri efektif memberikan perlindungan terhadap jantung melebihi manfaat yang ditawarkan oleh makanan lain yang mengandung antosianin.

8. Bayam

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Bayam

Photo via : https://www.vegetariantimes.com

Bayam adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin dan juga mineral yang cukup lengkap. Bayam memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K. Tak hanya itu saja, bayam juga memiliki mineral-mineral utama yaitu magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium dan sodium. Banyaknya serat dan vitamin yang terkandung dalam bayam ini mampu menjamin kesehatan jantung.

9. Chia Seeds

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Chia Seeds

Photo via : https://farmviewmarket.com

Chia Seeds merupakan salah satu makanan yang tergolong dalam superfood, dimana makanan superfood ini kelompok makanan yang dianggap memiliki kekayaan nutrisi begitu padat sehingga baik untuk kesehatan, chia seeds salah satunya. Chia Seeds dikenal kaya akan asam lemak omega-3, serat, protein, antioksidan dan kalsium. Asam lemak omega-3 ini bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang membantu mengurangi tekanan darah, penyakit arteri koroner, stroke, resiko kanker payudara, usus besar dan prostat.

10. Coklat Hitam

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Coklat Hitam

Photo via : https://draxe.com

Coklat Hitam atau dark chocolate adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi dibandingkan dengan cokelat susu atau cokelat putih. Coklat hitam ini mengandung flavonol, antioksidan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu, cokelat hitam memiliki senyawa yang menurunkan kadar kolesterol jahat yaitu LDL, sehingga makanan ini dapat meningkatkan kapasitas oksidan kolesterol baik yaitu HDL.

11. Delima

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Delima

Photo via : https://www.joyofkosher.com

Delima atau pomegranate adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan seperti polifenol, tanin dan anthocyanin yang lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah dan teh hitam. Buah delima ini dapat meningkatkan aliran darah ke jantung, selain itu kandungan anti-oksidan dalam buah ini dapat mencegah timbulnya plak di pembuluh darah dan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL.

12. Ikan Salmon

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Ikan Salmon

Photo via : https://www.amazon.com

Ikan Salmon termasuk salah satu ikan yang paling bergizi, ikan salmon ini mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Walaupun manfaat kolesterolnya dibutuhkan tubuh namun hanya dibutuhkan dalam kadar tertentu dari jenus kolesterol baik (HDL). Selain itu, ikan salmon ini juga berperan dalam mengontrol tekanan darah yang berdampak besar pada kesehatan jantung. Tekanan darah yang stabil membuat jantung bekerja normal dan tidak perlu berkerja terlalu keras.

13. Jahe

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Jahe

Photo via : https://foodrevolution.org

Jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah asli Indonesia yang sangat mudah dicari. Selain itu, jahe juga dapat kamu temukan di berbagai supermarket dan pasar. Jahe juga dapat membuat badan jadi hangat ketika dikonsumsi dan sangat cocok untuk kamu yang sering kedinginan. Jahe sendiri memiliki kandungan fluoride, asam amino, antioksidan, polifenol, quercetin, kaempfrol, myricetin, kafein, kalsium, fosfor, zingirona, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Jahe juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, kamu bisa mengkonsumsi air jahe secara rutin sebelum tidur.

14. Jeruk

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Jeruk

Photo via : https://www.medicalnewstoday.com

Jeruk adalah salah satu buah yang sering kita jumpai mulai dari jeruk Bali, jeruk keprok, lemon, jeruk nipis dan laiinya. Jeruk menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan jantung. Jeruk sendiri mengandung flavanon yang juga baik utnuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk ini dapat menjaga jantung dari penyakit mematikan. Selain itu, mengkonsumsi buah jeruk setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 15.5 persen dan trigliserida sebanyak 27 persen.

15. Kesemek

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Kesemek

Photo via : https://cintaihidup.com

Kesemek adalah jenis buah-buahan yang dikenal dengan buah kaki, apel jawa karena bentuknya mirip dengan buah apel dan banyak tumbuh di area pulau Jawa. Buah ini memiliki warna oranye ketika sudah matang dan memiliki rasa yang manis. Buah ini sangat baik untuk kesehatan jantung, kamu bisa mengkonsumsi buah kesemek ini setiap hari untuk mencegah penyakit jantung. Buah kesemek ini baik untuk kesehatan jantung diperoleh dari zat antioksidan yang berfungsi untuk detoksifikasi racun, ditambah dengan serat yang berguna untuk memperlancar aliran darah ke area organ jantung.

16. Kacang Tanah

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Kacang Tanah

Photo via : https://foodrevolution.org

Kacang Tanah adalah makanan yang dapat membantu membersihkan arteri demi kesehatan. Kacang tanah memiliki kandungan protein yang sangat tinggi bahkan protein dalam kacang tanah lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang terkandung di dalam daging, telur dan kacang kedelai. Selain itu, mengandung zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, kalsium, fosfor, lesitin, kolin dan kalsium. Mengkonsumsi segenggam kacang tanah dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain menurunkan gula darah, kacang tanah juga dapat mencegah terjadinya penyakit janutng dengan mengkonsumsinya sebanyak satun ons selama lima kali dalam semingggu. Selain itu zat aktif dalam kacang tanah mampu bekerja untuk meningkatkan kerja jantung dengan meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa darah sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

17. Kiwi

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Kiwi

Photo via : https://www.medicalnewstoday.com

Kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi 2-3 per hari secara teratur terbukti dapat mengurangi potensi pembekuan darah sebesar 18% dan mengurangi trigliserida sebesar 15%. Buah kiwi memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat dan kalium. Kiwi juga dapat menggantikan aspirin dimana yang dapat mengurangi resiko pembekuan darah dan mampu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

18. Minyak Zaitun

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Minyak Zaitun

Photo via : https://hellosehat.com

Minyak Zaitun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan terutama minyak zaitun extra virgin. Minyak ini memiliki kandungan 14 persen lemak jenuh dan 11 persen polyunsaturated seperti omega-6 dan omega-3 fatty acid. Minyak zaitun extra virgin ini salah satu makanan yang dapat melindungi dari penyakit jantung. Minyak zaitun extra virgin ini terbukti menurunkan tekanan darah yang merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk penyakit jantung dann kematian dini.

19. Rumput Laut

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Rumput Laut

Photo via : https://www.hindustantimes.com

Rumput Laut adalah salah satu makanan yang memberikan efek positif bagi kesehatan. Rumput laut ini mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, kalsium, folat, zat besi, yodium, kalium, sodium dan tembaga. Selain itu rumput laut juga mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kolin dan fosfor meskipun dalam jumlah sedikit. Kandungan yang ada dalam rumput laut mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL), menurunkan tekanan darah serta mencegah pembekuan darah.

20. Teh Hijau

Makanan Untuk Kesehatan Jantung - Teh Hijau

Photo via : https://www.eatthis.com

Teh Hijau memang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, dan mampu menurunkan berat badan. Teh hijau ini kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kematian dari serangan jantung dan sstroke karena aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri adalah penyemputan dinding arteri akibat tumpukan lemak, kolesterol dan zat-zat lainnya. Selain itu, kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau bisa memecah dan melarutkan protein berbahaya pada pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *